cover
Contact Name
Erwin Putera Permana
Contact Email
erwinpermana87@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.pijarnusantara@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran
ISSN : 26212390     EISSN : 24429163     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Pinus is a peer review journal published by Research institutions and community service, The University of Nusantara PGRI Kediri. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of research for academics and researchers. Electronic journal, containing the results of research teachers and lecturers in the field of learning innovation.
Arjuna Subject : -
Articles 114 Documents
Implementation of Picture And Picture Method in Social Sciences Class IV at MIS Al-Istiqomah Atar Bawang Batu Ketulis Lampung Barat Saputra, Rendy Rinaldy; Irawan, Asep; Yulia, Liyan Desi
PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Vol 4 No 2 (2019): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29407/pn.v4i2.12448

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran IPS di MIS Al-Istiqomah Atar Bawang yang lebih rendah dari mata pelajaran lain. Observasi awal memberi gambaran terkait kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut terjadi yang salah satunya adalah motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan dengan metode konvensional dirasa kurang. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada saat melakukan observasi, penulis tertarik untuk memperkenalkan serta mempraktikkan model pembelajaran kooperatif yang dinilai sesuai dengan kriteria siswa SD dengan harapan terjadi peningkatan pada minat siswa dalam mengikuti pelajaran sehingga prestasi siswa di mata pelajaran IPS dapat Meningkat. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan cara mengamati serta menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan yang dilakukan terhadap siswa dan guru terkait metode pembelajaran yang diterapkan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan menghasilkan kesimpulan bahwa model pembelajaran picture and picture mampu meningkatkan minat serta aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasrkan hasil yang pengamatan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran picture and picture merupakan suatu model pembelajaran yang sangat tepat untuk diterapkan pada siswa kelas IV MIS Al-Istiqomah. Penerapan model pembelajaran yang tepat ini diharapkan akan berdampak langsung pada meningkatnya prestasi siswa khususnya pada mata pelajaran IPS. Karenanya, diharapkan agar guru mampu memahami serta menerapkan metode pembelajaran yang tepat bagi anak didik, serta diperlukan adanya upaya dalam memfasilitasi penerapan metode pembelajaran kooperatif khususnya metode picture and picture.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI "KEKUASAAN KEHAKIMAN" DENGAN PENERAPAN METODE READING GUID DAN INDEX CARD MATC PADA SISWA KELAS VI SEMESTER II SDN WOROMARTO II SULISTYANINGSIH, SULISTYANINGSIH SULISTYANINGSIH
PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Vol 1 (2015): Edisi Khusus
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.307 KB) | DOI: 10.29407/pn.v1i2.161

Abstract

ABSTRAK: Metode pembelajaran yang baik adalah metode yang paling dikuasai guru, namun ketika metode yang baik tersebut ternyata tidak menghasilkan hasil belajar yang baik tentunya perlu ditelaah, dikembangkan dan sedapat mungkin ditemukan metode­metode yang baru, agar pembelajaran anak menjadi lebih berhasil. Untuk itulah perlunya dilakukan Penelitian Tidakan Kelas Penelitian ini di laksanakan di SDN Woromarto II Kecamatan Purwoasri, objek tindakan adalah siswa kelas VI dengan jumlah 35 anak. Kesemuanya dijadikan sebagai sample sebagi bentuk objektivitas perlakuan terhadap siswa. Teknik pelaksanaan penelitian dilakukan setelah mendapatkan gambaran hasil belajar anak, kemudian dirancang sebuah tindakan, dilaksanakan, dievaluasi serta ditemukan refleksi untuk mengadakan tindakan lebih lanjut. Analisis data dilakuakn setelah selesai evaluasi, sehingga diketahui keberhasilan tiap siklus yang telah dilaksanakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tindakan dan telah menghasilkan temuan yang memuaskan. Hasil penelitian menunjukkan dengan metode Reading Guid dan Index Card Matc sangat baik untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VI SDN Woromarto II Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri   Kata Kunci : Reading Guid dan Index Card Matc, Pendidikan Kewarganegaraan.
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI LESSON STUDY Upayogi, I NT
PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Vol 2 No 2 (2017): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2017
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.907 KB) | DOI: 10.29407/pn.v2i2.715

Abstract

ABSTRACT This study aimed to describing: 1) quality of lesson study and 2) improvement of science teachers’ ability to apply scientific approach before and after the implementation of lesson study. The kind of this study was case study. Subject of this study are 3 science teacher at SMP Lab Undiksha Singaraja. Object of this study are quality of lesson study and teachers’ ability to apply scientific approach. The data collected by observation, documentation, and interview. Data of this study analyzed by descriptive. The results of this study show that: 1) quality of lesson study is in very good categorized; and 2) an increase of science teachers’ ability to apply scientific approach before and after the implementation of lesson study.   Key words: lesson study, the quality of lesson plan, ability to apply scientific approach
Peningkatan Pemahaman Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving Wibowo, Audi
PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Vol 4 No 1 (2018): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.102 KB) | DOI: 10.29407/pn.v4i1.12183

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan Pemahaman Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan pada mata pelajaran IPA Terpadu siswa setelah penggunaan Metode Pembelajaran Problem Solving dan mengetahui peningkatan keaktifan siswa setelah penggunaan Metode Pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran IPA Terpadu. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII B MTsN Jogorogo Kabupaten Ngawi. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini yaitu Metode Pembelajaran Problem Solving telah dapat meningkatkan Pemahaman Materi pada siswa. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kenaikkan persentase ketuntasan belajar siswa dari setiap siklus. Siklus I mencapai ketuntasan belajar sebesar 71,43% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70,00 sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 85,71%, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77,14. Metode Pembelajaran Problem Solving juga meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan tersebut di atas ditunjukkan dari kenaikkan persentase keaktifan belajar siswa dari setiap siklus. Siklus I mencapai 71,43% (20 orang)  sedangkan pada. siklus II keaktifan belajar mencapai 85,71% (24 orang).
PENGGUNAAN MULTI METODE MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SAINS MATERI POKOK PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WONOJOYO 1 mahmudah, siti
PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Vol 2 No 1 (2016): Volume 2 Nomor 1 Tahun 2016
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.383 KB) | DOI: 10.29407/pn.v2i1.271

Abstract

Abstrak: Penggunaan multi metode adalah metode yang diintegrasikan oleh penulis dari beberapa metode dan beberapa pendekatan pembelajaran yang dikemas menjadi sebuah paket. Metode pembelajaran yang diharapkan dapat menyajikan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menarik, menyenangkan memperhatikan modalitas belajar siswa dan memiliki daya serap yang tinggi, sehingga siswa dapat memasuki daya ingat cukup lama (longterm memory)Sains merupakan hasil kegiatan manusia berupa pengetahuan, gagasan, dan konsep yang terorganisasi tentang diri siswa dan lingkungan, yang diperoleh dari pengalaman melalui pengujian gagasan-gagasan. Mata pelajaran Sains adalah program untuk menanamkan dan mengembangkan pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai ilmiah pada siswa serta rasa mencintai dan menghargai kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.Multi metode (beberapa metode) W.J.S. Poerwadarminta, (1984) yang dimaksud adalah integrasi beberapa metode dan beberapa pendekatan pembelajaran yang dikemas menjadi paket metode pembelajaran yang dapat menyajikan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, menarik dan menyenangkan, serta memperhatikan modalitas anak dan memiliki daya serap dan daya ingat yang tinggi. Metode yang diintegrasikan itu adalah sebagai berikut : 1) Metode ceramah; 2) Metode tanya jawab; 3) Metode diskusi; 4) Metode demonstrasi; 5) Metode pemberian tugas; 6) Metode latihan.
PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN KOLEKSI BACAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI suciati, suciati
PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Vol 1 No 1 (2015): Volume 1 Nomor 1 Tahun 2015
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.728 KB) | DOI: 10.29407/pn.v1i01.108

Abstract

Abstrak: Penggunaan Alat Peraga dan Koleksi Bacaan untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas VI SDN Blabak 1 Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2011/2012. Motivasi belajar yang rendah berpengaruh terhadap presatsi belajar. Alat peraga dan bahan bacaan merupakan kuci utama dalam keberhasilan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi alat peraga, mengetahui kelengkapan koleksi bacaan dan mengetahui kontribusi penyediaan alat peraga dan kelengkapan koleksi bacaan dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas VI SDN Blabak I Kec.Kandat Kab.Kediri. Rancangan penelitian ini dengan menggunakan 3 siklus, dengan teknik validasi trianggulasi. Jumlah subyek penelitian 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif. Siswa mengalami peningkatan, pada siklus I terdapat 19 siswa (59,38%) mencapai ketuntasan belajar dan pada siklus III, 29 siswa (90,63%) mencapai ketuntasan belajar.
Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengurutkan Bilangan 1-10 Melalui Media Pohon Hitung Anak Kelompok B Di TK Baptis Setia Bakti Kota Kediri Erlina, Erlina
PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Vol 3 No 2 (2018): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1459.287 KB) | DOI: 10.29407/pn.v3i2.11867

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan kognitif khususnya kemampuan berhitung dalam membilang lambang bilangan dan mengurutkan bilangan 1-10 kurang diminati anak karena faktor media yang kurang mendukung, selain itu guru belum menerapkan pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak mudah bosan. Media merupakan sarana untuk membangkitkan motivasi belajar sehingga sangat diperlukan untuk pengembangan kemampuan berhitung secara optimal. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu: Apakah penggunaan media pohon hitung dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak terutama dalam membilang dan mengurutkan lambang bilangan 1-10. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan sampel anak didik kelompok B TK Baptis Setia Bakti Kota Kediri sejumlah 20 anak. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, menggunakan penilaian, lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: Melalui pembelajaran menggunakan media pohon hitung terbukti berhasil dan dapat meningkatkan kemampuan kognitif membilang dan mengurutkan lambang bilangan 1-10 anak kelompok B. Implikasi praktis hasil penelitian ini adalah tujuan pendidikan pada satuan pendidikan PAUD lebih diutamakan pada peningkatan kemampuan dasar. Untuk membentuk kemampuan dasar yang kuat diperlukan beberapa hal diantaranya adalah penggunaan Alat Peraga Edukatif yang menarik minat anak. Media pohon hitung terbukti dapat memenuhi tujuan tersebut, untuk itu dinarapkan guru PAUD dapat menggunakannya dalam pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kemampuan dasar.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II PADA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG YANG DIDENGARKAN MELALUI KEGIATAN KOMIDI PUTAR DISKUSI BASUKI, SLAMET
PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Vol 1 No 2 (2015): Volume 1 Nomor 2 Tahun 2015
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.628 KB) | DOI: 10.29407/pn.v1i3.189

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini meningkatkan ketrampilan berbicara siswa dalam menceritakan kembali isidongeng. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas, adalah penelitian yang bertujuanmeningkatkan keterampilan berbicara siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapanperencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan siklus I hari, tanggal : Rabu, 4 Maret 2015 dansiklus II hari, tanggal : Rabu, 11 Maret 2015.Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, unjuk kerja. Teknik analisa data yang digunakanyaitu analisa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai. Siklus I terdapat 16,66% yang tergolong kategori sangat baik, 27, 77% kategori baik. Untuk kategori sedang dan kurang terdapat16,66%. Kategori sangat kurang 22, 22%. Pada siklus II terdapat 27,77% kategori sangat baik, pada kategoribaik terjadi peningkatan menjadi 47, 22%. Untuk kategori sedang 19,44% dan 5,55% kategori kurang. Dapatdisimpulkan kegiatan komidi putar diskusi  meningkatkan keterampilan siswaKata kunci : Keterampilan berbicara, dongeng, komidi putar diskusi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) RINGAN MELALUI PEMBELAJARAAN KOOPERATIF SETTING INKLUSIF sumiyatun, sumiyatun
PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Vol 1 No 1 (2015): Volume 1 Nomor 1 Tahun 2015
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.62 KB) | DOI: 10.29407/pn.v1i01.99

Abstract

Abstrak: Salah satu masalah yang dihadapi dalam pendidikan di sekolah dasar adalah adanya kecenderungan memberikan layanan pendidikan kepada anak berkebutuhan khusus (ABK) ringan kurang maksimal. Padahal ABK tersebut mempunyai hak sama dengan anak pada umumnya dalam hal memperoleh layanan pendidikan dan kemampuan mereka dapat dikembangkan secara maksimal untuk menguasai materi pembelajaran melalui perbaikan pembelajaran dalam setting pembelajaran inklusi. Beranjak dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar pengukuran anak berkebutuhan khusus ringan melalui pembelajaran dalam setting inklusi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 2 sampai dengan 9 Oktober 2013 di SDN Ketami 1 Kota Kediri dengan subjek penelitian sebanyak 38 anak. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulannya melalui observasi.Teknik analisa data yang digunakan yaitu anak kualitatif dan kwantitatif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil tindakan siklus I menunjukkan kemampuan pengukuran pada anak berkebutuhan khusus sejumlah 14, 28 %  anak dengan hasil  baik, 42,85 %  anak dengan hasil  sedang dan 42,85 % anak dengan hasil  kurang. Selanjutnya pada tindakan siklus II mengalami peningkatan kemampuan belajar pengukuran dengan hasil 57, 12 % anak dengan hasil baik, 28,56 %  anak dengan hasil sedang dan 14,28 % anak dengan hasil kurang.  Dengan terselesaikannya penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dalam setting inklusi dapat meningkatkan hasil belajar pengukuran anak berkebutuhan khusus (ABK) ringan Kelas VI SD Negeri Ketami 1 Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Berdasarkan temuan-temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dalam setting inklusi relevan dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus, dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar, dan memiliki tingkat keefektifan yang signifikan dalam membantu anak berkebutuhan khusus mencapai kemampuan belajar pengukuran. Maka dengan demikian model pembelajaran kooperatif dalam setting inklusi juga memiliki kelayakan untuk dikembangkan pada sekolah dasar yang terdapat anak berkebutuhan khusus.   Kata kunci: pengukuran, anak berkebutuhan khusus, kooperatif, inklusi
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester I Di SD Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018 Susilowati, Endang
PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Vol 4 No 1 (2018): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.287 KB) | DOI: 10.29407/pn.v4i1.12494

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Jenis metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Kradenan  dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan.. Teknik pengumpulan data berupa teknik non tes dan teknik tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat di lihat dari aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 59,84 dengan kategori cukup aktif meningkat pada siklus II sebesar 7,78 menjadi 67,62 dengan kategori aktif. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 57,14% dengan kategori cukup aktif meningkat 19,05% pada siklus II menjadi 76,19% dengan kategori aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 63,81 dengan kategori belum tuntas, meningkat sebesar 10,24 pada siklus II menjadi 74,05 dengan kategori tuntas. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61,90% dengan kategori cukup tinggi, meningkat 14,29% pada siklus II menjadi 76,19% dengan kategori tinggi.

Page 1 of 12 | Total Record : 114