cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan
ISSN : 20872607     EISSN : 26544911     DOI : -
Jurnal aplikasi pelayaran dan kepelabuhanan merupakan jurnal ilmiah untuk penelitian di bidang Nautika, Teknika, Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 6, No 1 (2015): September" : 6 Documents clear
Pengembangan Sistem Informasi Pengendalian Barang Alat Tulis Kantor di Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya Ariesanto Akhmad, Ekka Pujo
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 6, No 1 (2015): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.063 KB)

Abstract

Pada proses pengendalian barang alat tulis kantor ada beberapa masalah yang muncul yaitu masalah data barang, permintaan, pemesanan, anggaran, dan penyesuaian terpisah atau tidak terpadu, jumlah barang alat tulis kantor yang tercatat tidak sesuai dengan jumlah barang alat tulis kantor yang ada di gudang, yang membuat proses pengendalian barang alat tulis kantor tidak efisien. Masalah pengendalian barang alat tulis kantor akan diselesaikan dengan pengembangan sistem pendekatan atasbawah, yang terbukti efisien digunakan untuk memecahkan masalah seperti pada proses pengendalian barang alat tulis kantor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis sistem informasi pengendalian barang menggunakan analisis kinerja, informasi, ekonomi, kendali, efisiensi, layanan dan analisis kebutuhan sistem mampu mengenali kelemahan sistem informasi pengendalian barang alat tulis kantoryang lama dan memberikan usulan perbaikan pada sub sistem; user, grup, login, barang, permintaan, pemesanan, rencana permintaan barang, tutup buku & pelaporan, dan penyesuaian. Desain sistem informasi pengendalian barang yang telah dibuat dapat menggambarkan Diagram Konteks, Data FlowDiagram (DFD) level 0, DFD level 1, Entity Relational Diagram (ERD), dan Model Relasional untuk sub sistem; user, grup, login, barang, permintaan, pemesanan, rencana permintaan barang, tutup buku & pelaporan, dan penyesuaian. Informasi mengenai laporan terdiri dari, pemesanan barang, permintaanbarang, penyesuaian stok, rencana permintaan barang, rencana permintaan barang per unit kerja, bulanan pengadaan barang, dan tahunan pengadaan barang, apabila diterapkan untuk memecahkan masalah data yang tidak terpadu dan saldo stok barang pada proses pengendalian barang alat tulis kantor.
Pengaruh Pelayanan Keberangkatan (Embarkasi) Terhadap Kepuasan Penumpang di Terminal Penumpang Sementara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Hari Prahoro, Dion Putro; Ariesanto Akhmad, Ekka Pujo; Hardjono, -
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 6, No 1 (2015): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1221.653 KB)

Abstract

Dengan semakin tingginya minat masyarakat untuk menggunakan jasa transportasi laut, maka pihak PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan para pengguna jasa serta berusaha meningkatkan kinerja pelayanan untuk menjaga tingkat kepuasan pengguna jasa. Terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan calon penumpang kapal di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak. Terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan secara simultan terahadap kepuasan calon penumpang kapal di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak. Diantara lima variabel kualitas pelayanan terdapat variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan calon penumpang di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak. Metode pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah dengan cara menyebarkan kuesioner yang kemudian hasilnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan penumpang kapal di Terminal Penumpang Tanjung Perak yang ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 131,138 dan tingkat signifikansi 0,000. Variabel kualitas pelayanan yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan penumpang kapal di Terminal Penumpang Tanjung Perak adalah variabel wujud fisik yang ditunjukkan dengan nilai sumbangan efektif sebesar 32,4%.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Pemanduan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya Kusuma, Nunuk Widyawati; Setiono, Benny Agus; Poli, Sofyan
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 6, No 1 (2015): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.831 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana pengaruh kualitas pelayanan jasa pemanduan terhadap kepuasan pelanggan pada PT (Persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian eksplanasi atau menjelaskan kedudukan dari variabel yang diteliti dengan pendekatan kuantitatif, variabel bebas yang digunakan adalah Tangibles (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), Empathy (X5), sedangkan variabel terikat adalah kepuasan pelanggan (Y). Data utama dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari jawaban responden terhadap kuisioner yang disusun oleh peneliti. Lokasi penelitian di PT (Persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya. Teknik analisis datanya menggunakan uji validitas dan reliabilitas, persamaan regresi linear berganda. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner dengan skala likert. Dari hasil penelitian dengan bantuan program SPSS diperoleh persamaan regresi linear berganda sebagai berikut Y = 0.551 + 0.136 X1 + 0.221 X2 + 0.186 X3 + 0.148 X4 + 0.278 X5 + e , dari hasil uji F yang menunjukkan bahwa nilai Fhitung (2814.983) dengan nilai signifikansi 0.000, sehingga seluruh variabel bebas secara signifikan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan Sesuai dengan hasil perhitungan uji t Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Tangibles (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance ( X4), Empathy (X5), secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y), hal ini diketahui dari nilai signifikansi variabel Tangibles sebesar 0.005 dengan thitung sebesar 2.944, signifikansi variabel Reliability sebesar 0.000 dengan thitung sebesar 4.140, signifikansi variabel Responsiveness sebesar 0.000 dengan thitung sebesar 4.089, signifikansi variabel Assurance sebesar 0.014 dengan thitung sebesar 2.564, signifikansi variabel Empathy sebesar 0.000 dengan thitung sebesar 4.785.
Analisa Kebersihan Fasilitas Kapal Terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang di KM. Binaiya PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) Sugiharto, Tito; Purwanto, F.X. Adi; Poli, Sofyan
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 6, No 1 (2015): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.935 KB)

Abstract

Di dalam kebutuhan jasa transportasi sangatlah penting dan ini dapat dirasakan oleh seluruh dunia. Khususnya dalam masalah angkutan penumpang laut, diarahkan untuk menjamin tersedianya jasa angkutan dalam kualitas dan kuantitas yang memadai, sehingga dapat membantu pemerataan hasil pembangunan, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan ketahanan nasional dalam rangka mewujudkan wawasan nusantara. Terutama kebersihan fasilitas yang tersedia di kapal penumpang. Kebersihan fasilitas sangat mempengaruhi kenyamanan penumpang yang berada di kapal pada saat kapal sedang berlayar maupun bersandar di pelabuhan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh kebersihan fasilitas kapal terhadap tingkat kepuasan penumpang di KM.Binaiya PT. PELNI dengan rute Batulicin-Sampit tahun 2015, dan hambatan-hambatan yang menjadi kendala kebersihan fasilitas umum misalnya seperti kamar mandi, tempat sampah, kamar tidur kelas ekonomi, ruang makan kelas ekonomi yang diberikan terhadap penumpang yang tidak optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi langsung kebersihan dan fasilitas kamar mandi, ruang tidur kelas ekonomi, ruang makan kelas ekonomi, tempat sampah  di dalam KM. Binaiya. Selain itu juga melakukan metode interview dengan Asisten Manajer Pelayanan Jasa dan penumpang serta menggunakan metode dokumentasi. Dari hasil analisa ini dapat disimpulkan bahwa, kebersihan dan fasilitas merupakan elemen terpenting di dalam kapal penumpang, tetapi kebersihan dan fasilitas yang ada tidak sesuai dengan harapan para penumpang sehingga penumpang tidak puas dan tidak nyaman. Di dalam kebersihan fasilitas umum kapal seperti kamar mandi, tempat sampah, ruang makan kelas ekonomi, dan ruang tidur kelas ekonomi sangatlah penting. Upaya untuk peningkatan kebersihan fasilitas umum sangat diperlukan untuk mempertahankan kualitas terbaik PT. PELNI khususnya untuk KM. Binaiya.
Analisis Pengaruh Penggunaan Peralatan Navigasi Elekronik di Kapal dan Persyaratan Pengawakan Pada Kapal Niaga Terhadap Beban Kerja Awak Bagian Deck Kuncowati, -
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 6, No 1 (2015): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (825.654 KB)

Abstract

Perusahaan pelayaran yang memiliki kapal – kapal niaga sebagai pengguna, pelaut harus mengikuti aturan – aturan yang dikeluarkan oleh IMO. Sebagai dampak dari perkembangan teknologi sekarang kapal – kapal niaga peralatannya menggunakan peralatan elektronik ini berpengaruh juga terhadap ketrampilan pelaut dalam mengoperasikan peralatan tersebut sebagai persyaratan untuk mengawaki kapal niaga dan nantinya juga mempengaruhi beban kerja awak kapal. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui apakah variabel – variabel penggunaan peralatan navigasi elektronik dan persyaratan pengawakan kapal berpengaruh terhadap beban kerja awak kapal bagian deck. Melalui metode random sample kepada para responden sebanyak 30 orang, didapat perhitungan statistik dengan uji t, variabel penggunaan peralatan navigasi elektronik (X1) dan persyaratan pengawakan kapal niaga (X2) secara mandiri berpengaruh terhadap beban kerja awak kapal (Y). Berdasarkan perhitungan statistik dengan uji F diketahui bahwa variabel kepemimpinan dan variabel motivasi kerja secara bersama – sama berpengaruh terhadap kinerja, nilai F hitung sebesar 64,565 > F tabel sebesar 3,32. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan hasil sebagai berikut.Y = 1,081+ 0,601 X1 + 0,353 X2 + . Berdasarkan analisis di atas dapat diketahui bahwa konstanta 1,081 walaupun tanpa ada perubahan dari variabel X (penggunaan peralatan navigasi elektronik, persyaratan pengawakan kapal) akan tetap mengalami peningkatan sebesar 1,081, tetapi diharapkan variabel penggunaan peralatan navigasi elektronik lebih ditingkatkan sebesar 0,601 dan persyaratan pengawakan kapal sebesar 0,353.
Strategi Peningkatan Daya Saing Melalui Pendidikan Entrepreneurship Dalam Rangka Menghadapi AEC Setiono, Benny Agus
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 6, No 1 (2015): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.208 KB)

Abstract

Pendidikan wirausaha (educated entrepreneur) memiliki pertumbuhan dalam pola berpikir. Ketika persaingan di satu pasar dirasakan tidak lagi menguntungkan, maka insting bisnis akan mengarahkan pada pencarian pasar baru, termasuk mencoba keberuntungan di negeri orang. Kehadiran ASEAN Economic Community (AEC) akan menjadi solusi bagi pelaku bisnis. Pemberlakuan AEC menciptakan tuntutan bagi pelaku usaha lokal untuk segera bersiap memasuki pasar global. Kehadiran pasar global mensyaratkan sumber daya manusia dan produk yang berkualitas serta berdaya saing. Sains dan teknologi akan membantu meningkatkan kualitas hidup bangsa. Bangsa unggul di dunia saat ini adalah bangsa yang memiliki kemampuan untuk melakukan inovasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6