cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan
ISSN : 20872607     EISSN : 26544911     DOI : -
Jurnal aplikasi pelayaran dan kepelabuhanan merupakan jurnal ilmiah untuk penelitian di bidang Nautika, Teknika, Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 1 (2016): September" : 6 Documents clear
Pentingnya Perawatan Alat Bongkar Muat Terhadap Proses Bongkar Muat Pada Kapal General Cargo Kuncowati, -
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 7, No 1 (2016): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.615 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada kapal general cargo dengan sampel sebanyak 30 orang, mengenaipengaruh perawatan alat bongkar muat terhadap proses bongkar muat karena diduga perawatan alat – alatbongkar muat yang tidak baik, mengganggu kelancaran proses bongkar muat. Dari uji regresi linier diperolehkoefisien regresi variabel bebas perawatan alat bongkar muat sebesar 0,871. Perawatan alat bongkar muatberpengaruh positif dan signifikan terhadap proses bongkar muat, jika variabel perawatan alat bongkar muatditingkatkan sebesar 1 (satu) satuan, maka akan berpengaruh terhadap peningkatan pada proses bongkarmuat sebesar 0,871. Uji koefisien determinasi diperoleh R2 sebesar 0,781. Hal ini berarti 78,1 variasivariabel proses bongkar muat dipengaruhi oleh perawatan alat bongkar muat, sedangkan sisanya 21,9%diterangkan variabel lain di luar model persamaan.
Dampak Tax Amnesty Terhadap Pembangunan di Indonesia Setiono, Benny Agus
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 7, No 1 (2016): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.624 KB)

Abstract

Dana Warga Negara Indonesia (WNI) yang ditanamkan di luar negeri cukup besar. Melalui kebijakantax amnesty diharapkan dana-dana tersebut dapat kembali ke tanah air (dana repatriasi). Jika dana ini bisamasuk ke Indonesia, dana tersebut dapat ditanamkan pada instrumen-instrumen seperti saham, obligasi, danderivatif (turunan dari saham dan/atau obligasi seperti opsi, warrant, dan danareksa). Untuk mendorong parapemilik dana tersebut mau memulangkan dananya ke Indonesia, selain kebijakan tax amnesty juga perludidukung oleh perekonomian nasional yang kondusif seperti faktor kemudahan bisnis, kepastian hukum,stabilitas politik, produktivitas tenaga kerja, dan kesiapan infrastruktur. Dana repatriasi ini diperkirakan akanmenghasilkan efek multiplier yang besar terhadap sektor-sektor ekonomi. Oleh karena itu Undang-Undang(UU) Tax Amnesty menjadi penting sehingga DPR RI melalui fungsi legislasinya perlu segera menyelesaikanpembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tax Amnesty tersebut.
Pengaruh Komitmen Terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya Yanti, Dyah Agustin Widhi
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 7, No 1 (2016): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.944 KB)

Abstract

Melalui penerapan kesehatan dan keselamatan kerja yang dilaksanakan di PT. Pelabuhan Indonesia III(Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya kejadian yang tidak diinginkan atau dapat menimbulkan kerugiandapat dicegah. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, yangmenyatakan kewajiban pengusaha melindungi tenaga kerja dari potensi bahaya yang dihadapi. Dalampelaksanaan Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja itu sendiri juga mengacu pada Permenaker RI Nomor :Per.05/MEN/1996 pasal 3 ayat 1 dan 2 tentang Sistem Manajemen Keelamatan dan Kesehatan Kerja yangmenyatakan bahwa “Setiap perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja sebanyak 100 orang atau lebih danatau mengandung potensi bahaya (Depnakertrans, 2011). Rumusan masalah, Apakah Komitmen BerpengaruhTerhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang TanjungPerak Surabaya? Hasil Penelitian, peranan komitmen perusahaan terhadap penerapan kesehatan dankeselamatan kerja. Perusahaan berkomitmen untuk menyediakan tempat kerja yang sehat dan aman,mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta mencegah polusi lingkungan. Hal ini merupakantanggung jawab bersama antara perusahaan dan karyawan, dimana keberhasilan dari kebijakan inisepenuhnya terletak pada keterlibatan dari semua karyawan dengan cara menjalankan kebiasaan kerja yangbaik dalam bidang kualitas lingkungan, kesehatan, dan keselamatan kerja, perlindungan K3 terhadapkaryawan dan operasional di PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya. Sesuaidengan observasi langsung yang dilakukan peneliti, para karyawan dan operasional PT. Pelabuhan IndonesiaIII (Persero) cabang Tanjung Perak Surabaya mendapatkan tunjangan kesehatan untuk karyawan danoperasional. Untuk pekerja di lapangan diberikan safety shoes, life jacket, helmet, dll. Kesehatan dankeselamatan kerja sangat diperhatikan oleh pihak PT. Pelindo salah satunya pemakaian tanda pengenal diri,apabila terjadi insiden segera dikenali dan bisa ditindaklanjuti. Kegiatan K3 dan kegiatan dalampemeliharaan lingkungan hidup kerja yang berwawasan Eco port. Menurut observasi langsung ada banyakkegiatan K3 di PT. Pelabuhan Indonesia III cabang Tanjung Perak Surabaya seperti pemasangan ramburambuK3, inspeksi yang bertujuan sebagai controlling apakah sudah memenuhi standar lingkungan hidupyang berwawasan lingkungan hidup (Eco port) atau tidak. Kegiatan ini adalah salah satu komitmenperusahaan yang bertujuan untuk mengurangi dampak global warming dan pencemaran di area pelabuhandan PT. Pelindo itu sendiri. Peningkatan K3 yang sesuai dengan SMK3 (Sistem Manajemen Kesehatan danKeselamatan Kerja) dalam peraturan Menteri Tenaga kerja yang tertuang dalam PER 05/MEN/1996mensyaratkan agar perusahaan menunjukkan komitmennya terhadap pelaksanaan SMK3 dengan menetapkankebijakan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3). Upaya-upaya yang dilakukanperusahaan dalam meningkatkan keselamatan kerja. Menurut hasil observasi langsung di lapangan upayaupayayang dilakukan oleh perusahaan PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) cabang Tanjung PerakSurabaya adalah melakukan pemeriksaan gerbang area terbatas gate dedicated area salah satu pemeriksaanyang dilakukan adalah kelengkapan pemakaian APD (alat pelindung diri). Menurut hasil pengamatan,perusahaan sudah menyiapkan ID card berlangganan dan ID card tamu bagi pengunjung yang memasukidedicated area tersebut.
Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya Ariesanto Akhmad, Ekka Pujo
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 7, No 1 (2016): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.544 KB)

Abstract

Hingga saat ini jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (KPN) Program Diploma Pelayaran(PDP) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya masih menangani data akademik dengan komputer tanpajaringan. Penggunaan komputer untuk membantu pengolahan data akademik belum dapat dilakukan secaraoptimal. Hal ini dikarenakan adanya beberapa kelemahan, yakni pengolahan data yang terpisah-pisah, terjadiduplikasi data (data yang berulang), keterlambatan dalam proses pencarian data, dan laporan yang disajikantidak tepat waktu. Masalah pengolahan data akademik akan diselesaikan dengan metode Research andDevelopment. Langkah-langkah penelitian meliputi potensi masalah, analisis kebutuhan, desain,implementasi, validasi ahli, revisi produk, uji coba pengguna, revisi produk, dan publikasi masal. Padapenelitian ini juga ditentukan tingkat kelayakan perangkat lunak yang telah dibuat dengan uji kelayakansistem informasi akademik berbasis web di Jurusan KPN PDP UHT menggunakan beberapa instrumenpenelitian sesuai dengan standar ISO 9126. Model pengembangan sistem informasi akademik berbasis webmengacu pada model air terjun (waterfall) pada rekayasa perangkat lunak. Responden uji coba terdiri dari 78mahasiswa semester II dan 8 dosen jurusan KPN PDP UHT. Metode pengumpulan data dilakukan dengandokumentasi dan kuesioner. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisisdeskriptif kuantitatif berupa skor dan persentase pada skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa sistem informasi akademik berbasis web mampu mengelola data akademik yaitu,menambah, mengubah, menghapus, mencari, mencetak data; mahasiswa, dosen, kalender akademik,kurikulum, mata kuliah, jadwal kuliah, registrasi ulang mahasiswa, jadwal ujian, dan penilaian. Penilaiantingkat kelayakan perangkat lunak oleh ahli menunjukkan bahwa sistem informasi layak. Berdasarkanpenilaian dari mahasiswa dan dosen, tingkat kelayakan sistem informasi akademik adalah sangat layak.Persentase kelayakan menurut ahli rekayasa perangkat lunak dan pengguna secara berurutan memperolehpersentase sebesar 75,83% dan 84,56%. Sistem informasi akademik berbasis web memiliki kualitas baik danlayak untuk proses pengolahan data akademik mahasiswa jurusan KPN PDP UHT.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Dosen Universitas Kadiri Kota Kediri Jawa Timur Yanuarita, Heylen Amildha
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 7, No 1 (2016): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.708 KB)

Abstract

Daya saing suatu bangsa ditentukan oleh kualitas pendidikan tinggi, terutama dalam teknologi daninovasi. Peningkatan kualitas pendidikan tinggi terkait dengan kinerja dosen dalam bidang pendidikan, penelitiandan publikasi, serta pengabdian kepada masyarakat. Peningkatan kinerja dosen memerlukan kompetensi dankomitmen dari pimpinan universitas. Pemimpin di perguruan tinggi harus membuat iklim organisasi yang baikuntuk menumbuhkan rasa memiliki dari dosennya serta pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkankompetensi dosennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari gaya kepemimpinan terhadapkinerja dosen. Penelitian dilakukan di Universitas Kadiri, Kediri Jawa Timur dengan sampel dari 60 dosen. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dalam pendidikan tinggi yang dapat meningkatkan kinerjadosen. Variabel yang berpengaruh nyata adalah kemampuan memberikan teladan, membuat keputusan dengancepat, memberikan delegasi wewenang, dan tingkat optimisme yang tinggi.
Pengembangan Program Tutorial Untuk Pembelajaran Sistem Perawatan Permesinan di Jurusan Teknika Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya Taufik, Mochammad; Ariesanto Akhmad, Ekka Pujo
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 7, No 1 (2016): September
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.73 KB)

Abstract

Pembelajaran sistem perawatan permesinan yang dilakukan di jurusan Teknika Program DiplomaPelayaran (PDP) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya selama ini masih menggunakan metode ceramahdan presentasi menggunakan slide OHP (Over Head Projector). Presentasi slide OHP memiliki kelemahanpada materi, tampilan presentasi, interaksi pemakai, dan interaksi program. Oleh karena itu dirasa perlu untukmengembangkan program tutorial guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembelajaran sistemperawatan permesinan. Masalah efisiensi dan efektifitas pembelajaran sistem perawatan permesinan akandiselesaikan dengan metode Research and Development. Langkah-langkah penelitian meliputi potensimasalah, analisis kebutuhan, desain, implementasi, validasi ahli, revisi produk, uji coba pengguna, revisiproduk, dan publikasi masal. Responden uji coba terdiri dari 30 mahasiswa jurusan Teknika semester II dan 4dosen jurusan Teknika PDP UHT. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan kuesioner.Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif berupaskor dan persentase pada skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwaprogram tutorial pembelajaran sistem perawatan permesinan mampu meningkatkan efektifitas pembelajaransistem perawatan permesinan. Berdasarkan penilaian dari mahasiswa dan dosen, program tutorialpembelajaran sistem perawatan permesinan memiliki persentase rata-rata nilai indikator; materi sebesar68,5% (efektif), tampilan sebesar 68,66% (efektif), interaksi pemakai sebesar 79,83% (sangat efektif), daninteraksi program sebesar 79% (sangat efektif).

Page 1 of 1 | Total Record : 6