cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan
ISSN : 20872607     EISSN : 26544911     DOI : -
Jurnal aplikasi pelayaran dan kepelabuhanan merupakan jurnal ilmiah untuk penelitian di bidang Nautika, Teknika, Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 2 (2017): Maret" : 6 Documents clear
Analisis Dampak Pembangunan Pelabuhan Perikanan Gorontalo Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Gorontalo dengan Analisis Input Output (I/O) Habibi, -
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 7, No 2 (2017): Maret
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.479 KB)

Abstract

Gorontalo merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi perikanan dan kelautan cukup melimpah. Tiga daerah perairan yang menjadi sentra penghasil sumber daya perikanan antara lain Teluk Tomini, Laut Sulawesi, dan Zone Ekonomi Eksklusif Laut Sulawesi. Setidaknya sektorperikanan tangkap di Gorontalo bisa memproduksi 37.036 ton/tahunnya, budidaya laut menghasilkan 5.648,3 ton/tahun, budidaya air payau sebesar 1.553,2 ton/tahun, serta ditambah dengan budidaya ikan air tawar yang terus mengalami peningkatan hingga mampu menghasilkan 928,6 ton/tahun. Analisis Input–Output adalah suatu analisis atas perekonomian negara secara komprehensif karena melihat keterkaitan antar sektor ekonomi di negara tersebut secara keseluruhan. Tujuan penyusunan Analisis Input-Outputbidang kelautan terhadap pembangunan nasional adalah untuk menyediakan data tabel Input Output kelautan yang cukup rinci dan up to date, sehingga dapat dijadikan dasar perencanaan kebijakan dalam pengembangan sektor kelautan di Indonesia. Total konsumsi masyarakat yang dihasilkan perekonomian Gorontalo pada tabel input output tahun 2009 sebesar Rp 628.757.080 milyar atau 100 % (Impor hasil perikanan tidak ada). Secara keseluruhan neraca perdagangan pada perekonomian Gorontalo mengalamisurplus perdagangan.
Penerapan Teknologi Informasi Pada Sistem Pemeliharaan Kapal Terencana Ardhi, Eka Wahyu; Nugroho, Setyo; Pribadi, Triwilaswandio Wuruk
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 7, No 2 (2017): Maret
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.144 KB)

Abstract

Biaya operasi kapal yang tinggi merupakan tantangan bagi setiap industri maritim, dalam beberapa studi ditemukan bahwa komponen biaya untuk perawatan kapal mencapai 40% dari keseluruhan biaya operasi kapal, untuk itu diperlukan suatu perbaikan sistem perawatan kapal untuk menekan biaya ini, namun tidak mengakibatkan kualitas pelayanan menurun. Sistem Pemeliharaan Kapal Terencana/Planned Maintenance System (SPKT/PMS) adalah suatu sistem yang menyangkut/mengenai rencana-rencana, prosedur-prosedur, dan langkah-langkah untuk mengurangi pemeliharaan tak terduga/darurat (emergency) menjadi sekecil mungkin, sehingga dapat menekan biaya pemeliharaan menjadi sekecil mungkin. SPKT juga merupakan suatu sistem yang akan menolong untuk dapat mengetahui lebih awal kebutuhan-kebutuhan pemeliharaan yang akan datang, mengurangi pemakaian suku cadang (spare parts) dan inventaris (inventory), menghindari pemborosan pemakaian tenaga kerja/jam orang untuk pemeliharaan, menekan waktu dan biaya docking, dan secara umum dapat menghemat biaya pemeliharaan kapal, serta menjamin kondisi teknis kapal sehingga meningkatkan waktu pengoperasian kapal karena kondisi layak laut kapal yang lebih lama. Pemeliharaan terencana rneliputi pekerjaan pemeliharaan perbaikan (corrective maintenance) dan pekerjaan pemeliharaan pencegahan (preventive maintenance). Standard Operation Procedure Planned Maintenance System yang telah dibuat didesain untuk kegiatan PMS yang bersifat manual, dalam artian menggunakan media form-form berbasis kertas yang harus diisi secara manual oleh semua entitas sistem PMS. Proses PMS secara manual membuat user harus lebih aktif dalam melakukan isian form yang sudah ada, diantaranya adalah memilah-milah perawatan harian, mingguan, bulanan dan lain sebagainya. Tantangan terbesar implementasi teknologi informasi pada Sistem Pemeliharaan Kapal Terencana adalah bagaimana mentransformasikan SOP yang bersifat manual menjadi berbasis elektronik sehingga meningkatkan kualitas sistem menjadi lebih baik. Jurnal ini menguraikan langkah-langkah implementasi teknologi informasi pada Sistem Pemeliharaan Kapal Terencana mulai dari transformasi SOP, arsitektur jaringan, dan metode pelaporan.
Pengaruh Utilisasi Alat Continuous Ship Unloaders Terhadap Produktivitas Bongkar Muat Curah Kering (Phospate Rock) di Pelabuhan Khusus Petrokimia Gresik Pratama, Matius Eka; Ariesanto Akhmad, Ekka Pujo; Novianto, Iful
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 7, No 2 (2017): Maret
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.302 KB)

Abstract

Bongkar muat adalah salah satu kegiatan yang dilakukan dalam proses forwarding (pengiriman) barang. Beberapa faktor yang mempengaruhi produktivitas bongkar muat curah kering antara lain, kinerja dari sumber daya manusia, peralatan-peralatan bongkar muat, produktivitas pabrik, dan juga cuaca. Dalam meningkatkan pelayanan maka perusahaan dituntut untuk dapatmencapai produktivitas yang tinggi untuk memenuhi standar seperti ditetapkan perusahaan, maka perlu dilakukan sebuah evaluasi tiap kurun waktu tertentu untuk menetapkan standar yang baru. Di PT Adhiguna Putera (Persero) cabang Gresik merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang bongkar muat dan diperkenankan untuk melaksanakan kegiatan bongkar muatcurah kering dari dan ke kapal di Pelabuhan Khusus Petrokimia Gresik. Continous Ship Unloaders (CSU) adalah alat yang digunakan untuk bongkar saja dan sangat mempengaruhi produktivitas pada kegitan bongkar yang ada di Pelabuhan Petrokimia Gresik khususnya untuk barang curah kering (Phospate Rock). Tujuan dari penelitian in iadalah untuk mengetahui utilisasi alat Continuous Ship Unloaders terhadap produktivitas bongkar muat curah kering (Phospate Rock) di Pelabuhan Khusus Petrokimia Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang dilakukan selama tiga bulan PRADA di Pelabuhan Khusus Petrokimia Gresik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua dokumen kegiatan alat continuous ship unloader dalam produktivitas bongkar muat curah kering (phospate rock) di Pelabuhan Khusus Petrokimia Gresik Tahun 2017.Dan sampel dalam penelitian ini adalah dokumen kegiatan alat continuous ship unloaders dalam produktivitas bongkar muatcurah kering (phospate rock) pada bulan Maret – April 2017 di Pelabuhan Khusus Petrokimia Gresik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat CSU sangat berpengaruh terhadap produktivitas kegiatan bongkar muat, dikarenakan hasil tonase yang dicapai jika melakukan pembongkaran memakai alat CSU ini lebih besar dari pada menggunakan alat lainnya, dan pembongkaran akan selesai lebih cepat.
Pengaruh Lingkungan Kerja dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Depo JAPFA PT. Salam Pasific Indonesia Lines (SPIL) di Surabaya Shidiq, Hasby Ash; Purwanto, F.X. Adi; Poli, Sofyan
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 7, No 2 (2017): Maret
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (686.669 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT Salam Pasific Indonesia Lines (SPIL) di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan karakteristik individu pada kinerja karyawan. Salah satu bagian dari PT Salam Pacific Indonesia Lines (PT SPIL) Surabaya adalah depo JAPFA. Beberapa hal yang peneliti amati di depo JAPFA PT Salam Pacific Indonesia Lines (PT SPIL) Surabaya antara lain adanya beberapa kekurangan dalam hal lingkungan kerja. Selain itu, variabel lain yang menjadi fokus penelitian ini adalah karakteristik individu yang meliputi perbedaan usia, kemampuan, dan masa kerja setiap individu atau karyawan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan 2 variabel independen, yaitu lingkungan kerja (X1) dan karakteristik individu (X2) dengan variabel dependen yaitu kinerja karyawan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan depo JAPFA PT Salam Pacific Indonesia Lines (PT SPIL) di Surabaya. Analisa data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari uji validitas adalah valid, uji reliabilitas adalah reliabel. Dari hasil analisis regresi berganda, hasil dari uji koefisien determinasi diperoleh sebesar 50,3% dimanavariabel lingkungan kerja dan karakteristik individu mampu menjelaskan kinerja karyawan sebesar 50,3%. Selain itu, hasil uji t dan uji F menunjukkan bahwa lingkungan kerja dan karakteristik individu berpengaruh terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) Terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR) Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Setiono, Benny Agus
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 7, No 2 (2017): Maret
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.138 KB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk meneliti “Pengaruh Rentabilitas terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR) Sektor Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015”. Perumusan masalah adalah Bagaimana pengaruh Rentabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset terhadap Capital Adequacy Ratio sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia ? Bagaimana pengaruh Rentabilitas yang diproksikan dengan Return On Equity terhadap Capital Adequacy Ratio sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia ? Data penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan publikasi masing-masing bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011 sampai dengan 2015.Sampel yang digunakan adalah 26 perusahaan perbankan yang dipilih dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan Return on Asset (ROA) secara parsial mempunyai pengaruh terhadap CAR. Karena nilai keseluruhan Bank Konvensional sudah di atas standar nilai minimum yangdiberikan Bank Indonesia yaitu minimal 1,5%. Pihak menejemen bank tersebut sudah bekerja dengan efisien dalam menggunakan aset bank, sehingga menghasilkan laba atau keuntungan yang sangat besar. Hal ini mengindikasikan bahwa perubahan yang terjadi pada ROA akan berpengaruh terhadap CAR.Pengaruh yang ditunjukkan oleh ROA mengindikasikan bahwa apabila ROA mengalami kenaikan, maka CAR akan mengalami kenaikan, dan sebaliknya apabila ROA mengalami penurunan, maka CAR akan mengalami penurunan. Return on Equity (ROE) secara parsial tidak pengaruh terhadap CAR, hal inidisebabkan karena penurunan laba bersih setelah pajak dan total ekuitas, sehingga berdampak pada rasio modal yang tidak baik dan mempengaruhi kecukupan modal dan bila dihubungkan dengan regulasi Bank Indonesia nilai ROE seharusnya lebih besar dari 12%. Berdasarkan dari penelitian ini ROE tidakberpengaruh terhadap CAR.
Pengembangan Sistem Informasi Impor Barang Ariesanto Akhmad, Ekka Pujo
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 7, No 2 (2017): Maret
Publisher : Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.046 KB)

Abstract

PT. “R” Surabaya mengolah data impor barang dengan komputer tanpa jaringan, kecuali pemberitahuan impor barang ke Bea Cukai menggunakan internet. Pengolahan data impor memiliki beberapa kelemahan, yakni terjadi data yang berulang, data yang terpisah-pisah, dan lambat dalam proses pencarian data. Perusahaan ingin mengembangkan sistem informasi impor barang berbasis web. Masalah pengolahan data impor barang akan diselesaikan dengan model air terjun. Hasil penelitian menunjukkan analisis sistem mampu mengenali kelemahan sistem informasi impor yang lama dan memberikan usulan perbaikan pada sub sistem; user, grup, login, pemesanan, pengiriman, pembayaran, dan laporan. Desain sistem informasi impor yang telah dibuat dapat menggambarkan Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD) level 0, DFD level 1, Entity Relational Diagram (ERD), dan Model Relasional untuk sub sistem; user, grup, login, pemesanan, pengiriman, pembayaran, dan laporan. Hasil dari perancangan sistem dapat menyediakan informasi mengenai laporan; user terdiri dari pengguna dan grup, pemesanan terdiri dari pengirim, penerima, pihak yang diberitahu, pemesanan, barang, dan stuffing, pengiriman terdiri atas perusahaan pelayaran, peti kemas, kapal pengangkut, kapal penjemput, pengiriman, dan pembayaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 6