cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan
ISSN : 20872607     EISSN : 26544911     DOI : -
Jurnal aplikasi pelayaran dan kepelabuhanan merupakan jurnal ilmiah untuk penelitian di bidang Nautika, Teknika, Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2019): Bulan Maret" : 9 Documents clear
Kemampuan Manajerial dan Fungsi Kepemimpinan Direktur Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Dosen di Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya Supangat, -
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 2 (2019): Bulan Maret
Publisher : Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.587 KB) | DOI: 10.30649/jurapk.v9i2.66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kemampuan manajerial dosen dan fungsi kepemimpinan Direktur Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya yang berorientasi pada hubungan secara bersama-sama (simultan) atau sendiri-sendiri ( parsial) mempunyai pengaruh terhadap Kinerja Dosen di Progam Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya. Selain itu diantara Kemampuan Manajerial Dosen dan Fungsi Kepemimpinan Direktur Program Diploma Surabaya, mana yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Kinerja Dosen. Dengan mengambil sampel 40 dosen di lingkungan Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya dan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, diketahui bahwa faktor Kemampuan Manajerial Dosen dan Fungsi Kepemimpinan Direktur Program Diploma Pelayaran secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen. Sedangkan secara sendiri-sendiri, Kemapuan manajerial dosen berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen dan berpengaruh lebih dominan daripada variabel fungsi kepemimpinan Direktur Program Diploma Pelayaran. Fungsi kepemimpinan Direktur tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen. Implikasi hasil penelitian yang penting antara lain perlu mengaplikasikan secara efektif dan optimal terhadap fungsi kepemimpinan Direktur dan meningkatkan kemampuan manajerial dosen melalui training atau peningkatan strata pendidikan dengan partisipasi aktif setiap dosen. Selain itu perlu tindak lanjut penelitian terhadap variabel yang sama.
Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Setiono, Benny Agus
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 2 (2019): Bulan Maret
Publisher : Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.264 KB) | DOI: 10.30649/jurapk.v9i2.67

Abstract

Artikel ini bermaksud untuk mengkaji Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Perumusan masalah adalah: 1). Apa yang harus dilakukan pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan diri terhadap revolusi industri 4.0 ? 2). Apa yang akan terjadi jika kedua hal tersebut tidak dilakukan? 3). Bagaimana langkah Indonesia menghadapi Industri 4.0 ? Metode analisis data kajian dilakukan dengan metode deskriptif, analitik dan kualitatif yang dilengkapi dengan studi literatur dan pengamatan praktik-praktik yang ada. Kajian ini menyimpulkan bahwa Indonesia tengah berbenah dalam mempersiapkan diri menyambut revolusi industri 4.0, dimana akan banyak terjadi perubahan, termasuk lapangan kerja. Tantangan ke depan nantinya akan terjadi otomasi besar-besaran, di mana antar komputer bisa saling berkomunikasi melalui cloud server. Lapangan pekerjaan baru dipastilan akan muncul dalam era industri ini.
Analisis Cara Pengajaran Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya Khusniawati, Faulina
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 2 (2019): Bulan Maret
Publisher : Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.816 KB) | DOI: 10.30649/jurapk.v9i2.65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara pengajaran dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dengan sampel sebanyak 100 orang. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel cara pengajaran dosen (x) berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi mahasiswa (y) dimana konstanta adalah 2,815 dan koefisien regresinya adalah 0,34. Koefisien regresi memiliki arti, yaitu apabila nilai variabel cara pengajaran dosen (x) meningkat satu satuan, maka nilai variabel motivasi (y) akan naik sebesar 0,34 dengan asumsi nilai variabel bebas lainnya tidak berubah atau tetap. Tingkat signifikansi pada uji hipotesis sebesar 0,000 dengan keputusan tolak Ho, sehingga dapat disimpulkan bahwa cara pengajaran dosen mempunyai pengaruh yang positif terhadap motivasi mahasiswa di lingkungan Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya.
Analisis Capital Budgeting Dalam Rencana Investasi Aktiva Tetap di Perusahaan Pelayaran (Studi Kasus Pembelian Kapal Peti Kemas di PT. SI) Ariesanto Akhmad, Ekka Pujo
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 2 (2019): Bulan Maret
Publisher : Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.58 KB) | DOI: 10.30649/jurapk.v9i2.61

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menerapkan analisis capital budgeting dalam rencana investasi aktiva tetap di perusahaan pelayaran, dari penelitian tersebut dapat diketahui apakah penambahan aktiva tetap tersebut dapat dikatakan layak atau tidak untuk dilaksanakan. Ditinjau dari aspek keuangan, data yang digunakan adalah data kebutuhan investasi, rencana produksi, penyusutan, hasil usaha, laba dan arus kas. Metode capital budgeting atau penilaian kelayakan investasi yang digunakan adalah Payback Period, Net Present Value, Internal Rate of Return, dan Benefit Cost Ratio. Hasil penelitian investasi pembelian kapal petikemas PT. SI layak menurut perhitungan Payback Period, Net Present Value (NPV), dan Internal Rate of Return (IRR). Payback Period selama 3,5 bulan lebih cepat dari umur ekonomis kapal petikemas, yakni selama 20 tahun. NPV mempunyai nilai yang positif, yaitu $ 170.007.712, dan IRR memiliki nilai 13,47% atau 0,47% di atas bunga bank, yaitu 13%. Namun, dari perhitungan Benefit ? Cost Ratio menghasilkan nilai 0,161. Oleh karena itu, investasi pembelian kapal petikemas PT. SI akan ditolak.
Aplikasi Plasma Atmosfer pada pH dan TDS Air Limbah Domestik Putro, Triswantoro; Prastiwi, Afita Dewi
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 2 (2019): Bulan Maret
Publisher : Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.677 KB) | DOI: 10.30649/jurapk.v9i2.63

Abstract

Sumber air bersih yang berasal dari sungai sudah tercemar dan tidak bisa digunakan untuk kebutuhan sehari - hari. Salah satu penyebab pencemaran air sungai adalah limbah kamar mandi. Sifat air limbah kamar mandi yang basa dan mengandung banyak deterjen mengakibatkan air tersebut susah diurai oleh mikroorganisme yang ada dalam air, agar air limbah tersebut dapat digunakan, maka perlu adanya proses daur ulang. Penelitian dilakukan menggunakan teknologi plasma untuk mengolah air limbah. Plasma dibangkitkan dengan menggunakan memodifikasi transformator flyback berfrekuensi 7 KHz, 8 KHz dan 10 KHz. Tegangan yang dihasilkan berupa tegangan tinggi (High Voltage) antara 5 ? 24 KV. Variabel yang diteliti dari air limbah kamar mandi adalah pH dan TDS (Total Dissolve Solid). Proses daur ulang dimulai dengan dipaparkannya plasma pada permukaan air selama 20 menit dan dijaga pada suhu konstan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi penurunan pH air dari 10,0 menjadi 8,1 dengan menggunakan teknologi plasma (electron discharge). Sedangkan untuk pengukuran TDS mengalami kenaikan dari nilai 135 ppm menjadi 210 ppm.
Penerapan Google Form Untuk Evaluasi Kehadiran Perkuliahan Taruna-Taruni Teknika PDP UHT Ari Saktiono, Maxima
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 2 (2019): Bulan Maret
Publisher : Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.536 KB) | DOI: 10.30649/jurapk.v9i2.70

Abstract

Absensi adalah suatu kegiatan pencatatan jumlah kehadiran pada suatu acara yang menghasilkan data kehadiran yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Pada setiap kegiatan pasti dilakukan absensi kehadiran untuk mengetahui informasi peserta. Demikian juga dengan proses belajar mengajar di kampus dilakukan juga absensi. Kegunaan absensi ini adalah untuk mengetahui jumlah kehadiran mahasiswa/taruna untuk menentukan apakah mahasiswa/taruna tersebut bisa mengikuti ujian akhir semester dan untuk penambahan nilai. Sistem absensi yang dilakukan sampai saat ini di Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah masih menggunakan absensi manual dengan kertas yang menjadi satu dengan dokumen perkuliahan. Setiap perkuliahan akan dimulai Taruna mengambil dokumen perkuliahan di ruang Tata Usaha (TU) yang ditaruh dalam satu map. Absensi kehadiran wajib dilakukan oleh Taruna yang hadir dan tidak boleh diwakilkan. Apabila Taruna tidak bisa hadir menigkuti perkuliahan dikarenakan sakit, ijin dianggap masuk apabila disertai dengan surat dari dokter atau dari wali murid dan diketahui/diparaf oleh dosen pengampu mata kuliah pada saat perkuliiahan. Setelah selesai perkuliahan map perkuliahan dikembalikan lagi ke ruang TU. TU akan merekap semua absensi perkuliahan secara manual. Pengambilan data absensi yang dilakukan secara manual memiliki banyak kekurangan, seperti kecurangan Taruna dalam mengisi absensi, data yang tidak valid ketika data masuk salah, hilangnya atau rusaknya data yang ada, kurang efisiensi dan efektifitas pada pengolahan data. Pada penelitian ini penulis memanfaatkan teknologi sistem informasi untuk membuat absensi bagi Taruna di PDP dengan memanfaatkan salah satu fitur pada Google yaitu Google Form. Google Form atau yang disebut google formulir adalah alat yang berguna untuk membantu merencanakan acara, mengirim survei, memberikan mahasiswa atau orang lain kuis atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisien. Form juga dihubungkan dengan spreadsheet, google form merupakan sebagai bagian dari Google Drive.
Analisis Perencanaan Perkerasan Kaku ( Rigid Pavement ) Jalan Plosoklaten - Gedangsewu Kabupaten Kediri Ridwan, Ahmad; Romadhon, Fajar
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 2 (2019): Bulan Maret
Publisher : Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1575.074 KB) | DOI: 10.30649/jurapk.v9i2.62

Abstract

Perkerasan jalan adalah merupakan salah satu unsur konstruksi jalan raya sangat penting dalam rangka kelancaran transportasi darat, sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya, sehingga perlu direncanakan dengan baik berdasarkan standar dan kriteria perencanaan yang berlaku di Indonesia. Pada penelitian ini akan dibahas tentang analisa perencanaan perkerasan kaku (rigid pavement) untuk pembangunan prasarana jalan di daerah perkotaan maupun di pedesaan, mengingat perkerasan jalan ini lebih mampu mendukung beban kendaraan berat serta tahan terhadap genangan air. Dari data lapangan yang telah dikumpulkan, dan melalui analisa dan perhitungan didapat Perencanaan Perkerasan Jalan dengan nilai CBR 90% adalah 3.5%. Lalulintas Harian Rata-rata pada jalan tersebut yaitu, 1. MPV, sedan, jeep, pick up: 796 buah; mini bus, truck kecil: 547 buah; bus, truck as 2: 486 buah; truck 3 as, trailer: 51 buah; sepeda motor: 11.687 buah; sepeda/becak: 288 buah; gerobak: 5 buah. Beton yang digunakan untuk struktur atas menggunakan beton mutu K.350 tebal: 19 cm; untuk pondasi bawah menggunakan mutu K.175 tebal: 10 cm; urugan pasir bawah pondasi menggunakan agregat kelas A tebal: 5 cm. Tulangan yang digunakan untuk tulangan memanjang D-13 mm, jarak 200 mm; tulangan melintang D-13 mm, jarak 400 mm; dowel (ruji) D-25 mm, panjang 450 mm, jarak 300 mm; tie bar D-16 mm, panjang 600 mm, jarak antar batang 750 mm. Bahu jalan menggunakan urugan pilihan 1 m di sisi kanan dan kiri badan jalan, drainase menggunakan U-Ditch tinggi: 70 cm dan lebar: 60 cm. Dari perhitungan analisis tersebut besar biaya pekerjaan perkerasan kaku (Rigid Pavement) sebesar Rp. 89.975.955.000,00 atau terbilang: Delapan puluh sembilan milyar sembilan ratus tujuh puluh lima juta sembilan ratus lima puluh lima ribu rupiah.
Pentingnya Perawatan Mooring Line di MV. Bali Kuta untuk Kelancaran Berthing Mudiyanto, -; Pamungkas, Putra Anugerah
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 2 (2019): Bulan Maret
Publisher : Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.973 KB) | DOI: 10.30649/jurapk.v9i2.69

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pentingnya perawatan Mooring Line di MV. Bali kuta untuk kelancaran sandar. Adapun latar belakang adalah kurangnya perawatan Mooring Line dan Ship Harbour Kit sehingga berdampak pada kelancaran saat sandar. Kurangnya perawatan Mooring Line dapat menyebabkan keterlambatan sandar pada kapal dan kerusakan pada Mooring Line tersebut yang berakibat fatal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan menerapkan cara merawat Mooring Line yang baik dan benar di MV. Bali Kuta.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah pendekatan deskriptif. Apabila datanya telah terkumpul lalu diklasifikasikan menjadi dua kelompok data, yaitu kuantitatif yang berbentuk angka-angka dan data kualitatif yang dinyatakan dalam kata-kata atau simbol. Data kualitatif yang berbentuk kata-kata tersebut disisihkan untuk sementara, karena akan sangat berguna untuk menyertai dan melengkapi gambaran yang diperoleh dari analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah  menghindari adanya malfungsi ataupun kesalahan pada tali dan ship harbour kit, maka diperlukan berbagai cara dan tindakan untuk perawatan pada peralatan ship harbour kit sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam pelaksanaan perawatan tali dibutuhkan pengetahuan tentang tali, dilandasi dari pendidikan dan pengalaman dalam penanganan tali tersebut, serta dilaksanakan dengan disiplin dalam pelaksanaannya. Kedisiplinan tersebut merupakan faktor penentu dalam keberhasilan suatu pekerjaan perawatan.
Pentingnya Peran Pendidikan terhadap Kinerja Pelaut Ditinjau dari Tingkat Pendidikan dan Status Pernikahan Utami, Dessy Nur; Nurahaju, Rini
Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan Vol 9, No 2 (2019): Bulan Maret
Publisher : Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.226 KB) | DOI: 10.30649/jurapk.v9i2.64

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendapat para pelaut tentang seberapa penting peran pendidikan terhadap kinerja pelaut jika ditinjau dari tingkat pendidikan dan status pernikahan pelaut itu sendiri. Sebagai subyek penelitian adalah 69 pelaut aktif yang sedang menempuh pendidikan di suatu politeknik. Hasil penelitian yang diolah dengan uji chi square menunjukkan bahwa jika ditinjau dari tingkat pendidikan para pelaut, mereka menyatakan bahwa pendidikan tidak berperan secara signifikan pada kinerjanya. Sebaliknya jika ditinjau dari status pernikahan, pelaut yang sudah menikah menilai bahwa pendidikan berperan penting sedangkan pelaut yang belum menikah menilai bahwa pendidikan tidak berperan signifikan terhadap kinerja pelaut.

Page 1 of 1 | Total Record : 9