cover
Contact Name
Ida Riaeni
Contact Email
ida.iswahyudi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jike@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek
ISSN : 26140829     EISSN : 26157950     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek (p-issn: 2614-0829, e-issn: 2615-7950) adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dam Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Cirebon. JIKE menerima naskah dalam kajian ilmu komunikasi seperti: komunikasi pendidikan, komunikasi kesehatan, komunikasi politik, komunikasi bisnis, komunikasi pembangunan, hubungan masyarakat, jurnalistik, kajian media, media pembelajaran, dan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2020): JUNI" : 9 Documents clear
DINAMIKA KOMUNIKASI ORANGTUA DENGAN ANAK REMAJA DI KOTA PADANG Susanta, Henny Suryani; Arief, Ernita; Sarmiati, Sarmiati
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 3 No 2 (2020): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.153 KB) | DOI: 10.32534/jike.v3i2.928

Abstract

Komunikasi dapat membangun interaksi dalam keluarga, baik antar pribadi anggota keluarga, suami dengan isteri atau sebaliknya, orang tua dengan anak maupun dengan anggota keluarga yang lain. Keluarga adalah kesatuan unit terkecil di dalam masyarakat dan merupakan suatu lembaga yang sangat penting dalam pembangunan dan perkembangan kualitas anak bangsa. Keluarga juga merupakan satu-satunya lembaga sosial yang diberikan tanggungjawab untuk mengubah suatu organisme biologis menjadi manusia. Pada saat sebuah lembaga mulai membentuk kepribadian seseorang dalam hal-hal penting, keluarganya tentu lebih banyak berperan dalam persoalan perubahan itu, dengan mengajarkan berbagai kemampuan dan menjalankan banyak fungsi-fungsi sosialnya.Di Era digital banyak sekali persoalan ? persoalan anak yang tidak terselesaikan, disebabkan komunikasi dalam keluarga tidak terbangun dengan baik, akhirnya mereka merasa tidak diperhatikan dan beralih pada teknologi. Observasi awal dengan salah satu guru di Kota Padang bahwa anak remaja yang aktif menggunakan media internet dalam kehidupan sehari-hari bahwa anak dapat memiliki prestasi di bidang akademis maupun ekstrakurikuler selama ada ketegasan dan batasan yang dipatuhi si anak menuju kemandiriannya beraktifitas contohnya, adanya kebebasan dari ortu dalam mengakses internet selama itu tidak merusak kesehatan dan waktu istirahat serta memiliki respon yang baik saat orang dewasa atau lawan bicaranya berbicara.
KEGIATAN MEDIA TRIP MANCANEGARA OLEH BAGIAN PUBLIKASI MANCANEGARA KEMENTERIAN PARIWISATA Setianti, Yanti; Budiana, Heru Ryanto; Arifah, Oklitha
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 3 No 2 (2020): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (764.814 KB) | DOI: 10.32534/jike.v3i2.939

Abstract

Media Trip Mancanegara is a media relations activity by Director for International Publication due to the lowest news coverage about Indonesian tourism destinations on the foreign media. The target of Media Trip Mancanegara is foreign media who has etchic code, news segmentation, news standard and policy linked to their native country. The research aims to know the planning of Media Trip Mancanegara, communication and action of Media Trip Mancanegara by Director for International Publication. The methodology used is qualitative with descriptive study. The result of the research is the planning of Media Trip Mancanegara started with problem mapping, aim and principle of Media Trip Mancanegara, also deciding foreign media, place and date of Media Trip Mancanegara and making the itinerary. Communication with the foreign media was 2 weeks before the Media Trip Mancanegara. Media Trip Mancanegara held at 10th-13th  September 2018  and visited Londa, Ke?te Kesu?, Rambu Solo and media session with North Toraja Tourism Office. One of the attraction failed to watch because of the miscommunication between Director for International Publication and tour guide. Keywords  : media relations, media trip mancanegara, tourism ministry.
KEGIATAN PRESS CONFERENCE PELUNCURAN LAZMALL OLEH PT ECART WEBPORTAL INDONESIA (LAZADA INDONESIA) Lukman, Syauqy; Pratiwi, Shinta Damai
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 3 No 2 (2020): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2010.186 KB) | DOI: 10.32534/jike.v3i2.940

Abstract

Diluncurkan pada tahun 2012, Lazada merupakan destinasi belanja dan berjualan online nomor satu di Asia Tenggara. Sebagai sebuah perusahaan E-Commerce yang memiliki budaya kerja dinamis, membuat perputaran arus informasi baik di dalam maupun di luar perusahaan terjadi sangat cepat. Sehingga menyebabkan Lazada membutuhkan peran public relations untuk mendukung kinerja dan kegiatan perusahaan khususnya pada kegiatan media relations yang berguna untuk menyampaikan informasi kepada seluruh public Lazada yang bersifat heterogan. Salah satunya adalah press conference peluncurkan LazMall, ?Mall Online? terbesar di Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan PR yang dilakukan Lazada Indonesia dalam rangka menyelenggarakan press conference peluncuran LazMall. Metode yang digunakan pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap perusahaan melakukan tahapan PR yang didasari oleh keadaan dan kebutuhan perusahaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan press conference peluncuran LazMall berjalan sangat baik sesuai dengan konsep Cutlip & Center dan kesuksesan acara ini juga bisa dilihat pada pemberitaan positif yang dimuat baik melalui media cetak maupun media online oleh rekan ? rekan media yang hadir. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya tim PR Lazada memaksimalkan waktu persiapan yang sangat minim dengan mempersingkat proses persetujuan sehingga proses produksi bisa dilakukan lebih cepat.
ANALISIS DEKONSTRUKSI MASKULINITAS DERRIDA DALAM IKLAN BB CREAM PRIA KOREA Widarti, Widarti; Andriana, Dina; Martana, Ketut
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 3 No 2 (2020): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (851.161 KB) | DOI: 10.32534/jike.v3i2.941

Abstract

  Abstract Related to masculinity is inseparable from discussions about gender where gender is differentfrom gender. Gender is considered as a biological construction carried out by eachindividual from birth, while gender is based on social and cultural construction. Stereotypesabout gender are masculine men and feminine women. In the adverts of BB Cream productsfrom Korea, BB Cream is not only used by women but can also be used by men. In theDANDYGUY advertisement they further promote BB Cream products for men's facialtreatments. This product imaged men also need to preen in their daily life by using BBCream. This study uses qualitative methods that can provide details about phenomena thatare difficult to explain by quantitative methods. By analyzing semiotics using Derrida'stheory of deconstruction. This research has an exploratory character, which emphasizes theprocess of the product.Keywords: Derrida, Masculinity, Gender, Semiotics.
INTERAKSI SOSIAL PEREMPUAN MUSLIM BERCADAR Yusron, Ahmad; Shafira, Khalasa; Machsunah, Uun
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 3 No 2 (2020): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (877.291 KB) | DOI: 10.32534/jike.v3i2.942

Abstract

This study aims to determine the social interaction that occurs in veiledMuslim women in the Ummahat Community with the surrounding environmentand to see how the communication behavior of veiled women interacts with thesurrounding environment.This research uses descriptive qualitative method with the informanttechnique using purposive sampling technique. Data collection techniques carriedout by observation, interviews, and documentation. As for data analysis using theinteractive analysis model of Miles and Hubberman.Keywords: Social Interaction, Communication Behavior, Symbolic InteractionTheory, Veils.
OPTIMALISASI FUNGSI PUBLIC RELATIONS DALAM MENDORONG PARTISIPASI PUBLIK Utami, Dewi Nila; Sarmiati, Sarmiati; Roem, Elva Ronaning
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 3 No 2 (2020): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.374 KB) | DOI: 10.32534/jike.v3i2.967

Abstract

Kemajuan sebuah kota tidak terlepas dari sebuah kerjasama yang baik antara pemerintah dan warganya. UPIAK (Unit Pelayanan Informasi Advokasi dan Keluhan) adalah aplikasi yang diluncurkan oleh Pemko Pariaman dalam rangka menerima keluhan dan juga menjaring aspirasi serta partisipasi dari masyarakat. Semua keluhan dan aspirasi direspon dan diharapkan dapat mewujudkan Kota Pariaman yang lebih maju. Meskipun begitu, aplikasi UPIAK belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat di Kota Pariaman. Sebagai public relations pemerintah Kota Pariaman, Dinas Komunikasi dan Informatika bertanggung jawab penuh atas berhasil atau tidaknya aplikasi tersebut dalam menumbuhkan partisipasi masyarakat Kota Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana ASN Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman menerapkan langkah-langkah public relations dalam pengelolaan aplikasi UPIAK serta menganalisis hambatan yang terjadi dalam penerapan aplikasi UPIAK tersebut dalam rangka mendorong partisipasi publik. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pertama, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman melalui UPIAK belum mampu menjaring aspirasi masyarakat secara maksimal. Kedua, hambatan yang terjadi bersifat teknis dan non teknis seperti server yang sering mati atau down, nomor yang dipakai untuk pengaduan tersebut berbatas waktu dan harus diperpanjang, kurangnya koordinasi antara bagian di dalam Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman itu sendiri yang bertanggung jawab, serta keluhan yang tidak bisa direspon dengan cepat karena bukan kewenangan Pemerintah Kota Pariaman.
MEDIA ONLINE DAN DISKRIMINASI RASIAL PAPUA Karlina, Safira Adnin; Wardhani, Nabila Kusuma
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 3 No 2 (2020): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1025.471 KB) | DOI: 10.32534/jike.v3i2.969

Abstract

The siege of Papuan student dormitories on Jalan Kalasan, Surabaya has caused controversy. The actions of the authorities in handling the case of the fall of the national flag into the gutter using tear gas were increasingly controversial when the incident was reported by the media, such as Detik.com and Tirto.id. This study aims to determine the comparison of news framing, especially the application of ideology and the political economy of the media, to approach objective and independent reporting. This study uses a qualitative approach with the Zhongdang Pan and Gerald M. Kosicki framing analysis methods. The results of the study show that Detik.com framed the news by taking sides with the authorities with a single source of news without verifying or confirming to the opposite party and using the phrase  "stubborn" to make Papuan students in the guilty party and also ignore the background of the incident. While the framing of the news carried out by Tirto.id's media provides a point of view of news that does not justify the actions of the authorities handling Papuan students,  and teaches why many reactionary masses outside Papua are demanding racial discrimination and persecution by mass organizations and officials. Keywords: online media, analysis, framing, Papua, racism, Pan and Kosicki.
STRATEGI PUBLIC RELATION MANAGEMEN GRUP MUSIK BASEJAM DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF DI ERA MILENIAL Utomo, Ichsan Widi; Erlangga, Christopher Yudha; Munanjar, Azwar
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 3 No 2 (2020): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (740.097 KB) | DOI: 10.32534/jike.v3i2.975

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan dengan studi deskriptif mengenai Strategi Public Relation. Seperti yang kita ketahui Strategi Public Relation bisa pula digunakan dalam managemen sebuah Grup Musik. Penulis melakukan penelitian dengan objek teliti yaitu sebuah grup musik asal Indonesia yaitu Basejam. Grup music yang sudah ada sejak tahun 1995 melakukan beberapa strategi public relation untuk membangun citra positif di era milenial. Dengan metode penelitian kualitatif, penulis melakukan wawancara observasi dengan mendalam. Hasil penelitian ini terbukti dari beberapa strategi public relation yang ada bahwa managemen grup music  Basejam mampu membangun citra positif di era milenial. Kata Kunci:  Strategi public relation, citra, milenial
PENGALAMAN KOMUNIKASI SISWA MELAKUKAN KELAS ONLINE SELAMA PANDEMI COVID – 19 Hidayat, Dasrun; Noeraida, Noeraida
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 3 No 2 (2020): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (751.585 KB) | DOI: 10.32534/jike.v3i2.1017

Abstract

Artikel ini fokus membahas tentang pembelajaran kelas daring (online) selama COVID-19. Adapun obyek yang dianalisis berupa pengalaman komunikasi siswa selama mengikuti kelas online. Tujuan penulisan artikel yaitu untuk mengkonstruksi pengalaman tersebut sehingga membangun konsensus bersama antar siswa tentang pengalaman komunikasi selama melakukan kelas online.  Artikel ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan di kota Bandung dengan melibatkan beberapa siswa melalui teknik purposif. Pendekatan yang digunakan adalah kualiltatif dengan studi fenomenologi. Pengambilan data melalui wawancara online. Penelitian menemukan pengalaman tentang kekuatan dan kelemahan belajar online. Kekuatan belajar online mampu membantu siswa untuk mendapatkan pengayaan materi melalui akses internet. Kelas online juga lebih fleksibel, tidak terbatas ruang dan waktu. Kelemahan kelas online yaitu tidak mampu membangun motivasi belajar siswa karena keterbatasan komunikasi dua arah. Hal tersebut juga mengakibatkan siswa pasif, berkurangnya interaksi dengan guru maupun dengan teman. Siswa juga menilai pembelajaran tidak dinamis karena siswa maupun guru tidak bisa menangkap pesan secara keseluruhan baik verbal dan nonverbal . Pengalaman tentang kekuatan dan kelemahan belajar online mencerminkan dua karakteristik siswa (1) siswa yang merasa nyaman dengan kelas online dan (2) siswa yang lebih memilih belajar langsung di kelas. Karakteristik siswa nyaman belajar online kecenderungannya adalah siswa pasif, membatasi sosialisasi, tidak terlalu aktif mengikuti kegiatan sekolah seperti ekstrakurikuler. Sedangkan siswa yang memilih belajar secara tatap muka di kelas, memiliki karakteristik sebaliknya seperti ramah, suka bersosialisasi, aktif dikelas maupun aktif bergabung dalam kegiatan sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 9