cover
Contact Name
Herman Setyawan
Contact Email
khazanah@ugm.ac.id
Phone
+62274-6492151
Journal Mail Official
khazanah@ugm.ac.id
Editorial Address
Arsip Universitas Gadjah Mada, Komplek Perpustakaan UGM, Gedung L7 Lantai 2
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan
ISSN : 19784880     EISSN : 25802186     DOI : https://doi.org/10.22146/khazanah
Khazanah:Jurnal Pengembangan Keasipan merupakan media komunikasi dan publikasi bidang kearsipan yang diterbitkan oleh Arsip Universitas Gadjah Mada. Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan terbit sejak tahun 2007 dengan ISSN 1978-4880 (print) dan mulai diterbitkan secara daring sejak tahun 2017 dengan ISSN 1580-2186 (online),
Arjuna Subject : -
Articles 62 Documents
Sekilas Tentang Pemberian Gelar Doktor Honoris Causa/Gelar Kehormatan di Universitas Gadjah Mada Effendi, Ully Isnaeni
Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan Vol 9, No 3 (2016): November 2016
Publisher : Arsip Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/khazanah.22870

Abstract

Sosialisasi Sadar Arsip dan Penyelamatan Memori Melalui Film Agustina, Ftria
Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan Vol 9, No 3 (2016): November 2016
Publisher : Arsip Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/khazanah.22716

Abstract

Arsip sudah semakin dikenal oleh masyarakat. Akan tetapi pengenalan itu hanya sebatas dipermukaan saja. Hal ini disebabkan belum maksimalnya sosialisasi kearsipan yang dilakukan pemerintah, khususnya lembaga pembina kearsipan. Sosialisasi yang sudah dilaksanakan belum menjangkau setiap lapisan masyarakat, kebanyakan hanya kepada orang yang berprofesi dalam dunia kearsipan.Untuk dapat mencapai tujuan sosialisasi sesuai yang diharapakan, salah satu media yang dapat digunakan adalah melalui film cerita. Film cerita dapat dengan mudah menyampaikan pesan kepada para penonton. Beberapa film Indonesia yang ditayangkan pada tahun 2016 telah menampilkan pesan terkait dengan arsip, seperti film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2), Sabtu Bersama Bapak, dan Surat dari Praha.Untuk ke depannya, pemerintah seharusnya bisa menangkap peluang bekerja sama dengan insan perfilman untuk mencipatakan film berkualitas yang dapat mendidik bangsa, terutama untuk mewujudkan masyarakat sadar arsip.
Penggunaan Aplikasi Corel Draw dan Adobe Photoshop untuk Digital Watermarking Arsip Citra Digital Setyawan, Herman
Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan Vol 9, No 3 (2016): November 2016
Publisher : Arsip Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/khazanah.22715

Abstract

Arsip merupakan aset yang tak ternilai harganya. Sewaktu berfungsi sebagai arsip dinamis, arsip cenderung tertutup untuk diakses secara umum. Ketika arsip dinyatakan sebagai arsip statis, arsip tersebut cenderung bersifat terbuka. Keterbukaan secara luas bagi masyarakat untuk mengakses arsip mengakibatkan maraknya akses arsip di lembaga-lembaga kearsipan. Hal ini menyebabkan khasanah arsip statis menjadi rentan terhadap kerusakan.  Dalam rangka melindungi arsip dari kerusakan akibat banyaknya tangan yang menyentuh fisik arsip, lembaga kearsipan dapat menyajikan khasanah arsipnya berupa arsip digital. Arsip digital rentan terhadap penyalahgunaan, sebab sangat mudah disalin dan dimanipulasi. Oleh karena itu, untuk menjaga keutuhan dan keaslian informasinya, dapat diterapkan digital watermark pada arsip digital. Pemberian digital watermark dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi. Adobe Photoshop dan Corel Draw adalah contoh aplikasi yang mudah digunakan untuk memberikan digital watermark pada arsip.
Dari Samudra untuk Dunia: Penominasian Arsip Tsunami Samudera Hindia sebagai Memory of The World (Mow) UNESCO Pambudi, Adhie Gesit
Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan Vol 9, No 3 (2016): November 2016
Publisher : Arsip Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/khazanah.22714

Abstract

Pada 2016, Indonesia menominasikan Arsip Tsunami Samudera Hindia sebagai Memory of the World UNESCO. Peristiwa Tsunami Samudera Hindia pada 2004 merupakan salah satu bencana yang terdahsyat dan mematikan di sepanjang sejarah umat manusia. Peristiwa ini terekam dalam Arsip Tsunami Samudera Hindia yang merupakan warisan dokumenter yang memiliki nilai pembelajaran bagi masyarakat dunia tentang bencana, kemanusiaan, dan pengembangan teknologi penanggulangan bencana.
Arsip dan Jaringan Intelektual: Studi tentang Koleksi Nishijima di Universitas Waseda Jepang Bramantya, Arif Rahman
Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan Vol 10, No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Arsip Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/khazanah.24746

Abstract

Archives can be said to be "inanimate" if we look it from the physical side. On the other hand, archives can be said to be "a living thing" if we look it in terms of the information that is contained in. Archives can explain anywhere, anytime and any purpose, because archives have evidential value, informational value and intrinsic value. In short, archives is a source of knowledge if we look it through academic view point. Archives in relation to the Japanese occupation in Indonesia is very limited.Nowadays, the study related to the Japanese occupation in Indonesia is also decrease. However, the study about the Japanese occupation in Indonesia in the 80s was massive and varied. Nishijima Collection is one of the valuable sources of knowledge related to the Japanese occupation in Indonesia. Unfortunately, many people do not use the collection as source for their Indonesian study. The result of this study provides a new perspective on the materials related with the Japanese occupation in Indonesia contained in Nishijima Collection. Intellectual network was formed through Nishijima Collection. Eventually, the study about Nishijima Collection through the historical method can be an initial foundation to raise the historical awareness that will be able to affect the civilization (of Indonesia).
Program Penyusutan Arsip di Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta Putri, Adhitya Eka
Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan Vol 11, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Arsip Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/khazanah.41262

Abstract

Dalam penyelenggaraan kegiatan administrasi, setiap lembaga perguruan tinggi selalu menghasilkan catatan/rekod. Tidak sedikit rekod, yang juga disebut sebagai arsip dinamis, tercipta melalui kegiatan persuratan. Perguruan tinggi membuat dan menerima surat dalam rangka melaksanakan kegiatan universitas. Seiring dengan waktu, arsip dinamis yang tercipta melalui kegiatan persuratan akan terus bertambah sehingga diperlukan ruangan, sarana dan prasarana, serta biaya yang semakin besar. Dalam rangka merespon persoalan tersebut, perlu dilakukan program penyusutan arsip dinamis agar volume arsip dinamis dapat dikendalikan secara terprogram. Penelitian ini dilakukan terhadap kegiatan penyusutan arsip dinamis di Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2015-2017. Penelitian ini dilakukan dengan metode kaulitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan program penyusutan arsip dinamis serta hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kegiatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pemindahan arsip inaktif dapat dilakukan, namun untuk kegiatan pemusnahan dan penyerahan belum dapat terlaksana karena berbagai sebab.
Agung Bercerita Arsip Musliichah, Musliichah
Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan Vol 9, No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Arsip Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/khazanah.22971

Abstract

Kebun Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan Pertanian (KP4) UGM: Menelisik Perkembangan Kelembagaan Berdasarkan Arsip Zaenudin, Zaenudin
Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan Vol 9, No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Arsip Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/khazanah.22946

Abstract

OMEKA: Aplikasi Pengelola Arsip Digital dalam Berbagai Format Hakim, Heri Abi Burachman
Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan Vol 9, No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Arsip Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/khazanah.22945

Abstract

Arsip memiliki peran penting dalam pengelolaan organisasi atau lembaga. Arsip menjadi salah satu bahan pertimbangan pimpinan untuk mengambil keputusaan. Sejalan dengan perkembangan yang terjadi, informasi tidak hanya disimpan dalam format tercetak, akan tetapi juga disimpan dalam format digital. Pengelolaan arsip digital merupakan usaha yang dilakukan lembaga arsip untuk menyajikan layanan yang sesuai dengan karateristik masyarakat saat ini. Melalui artikel ini penulis ingin berbagi pengetahuan tentang arsip digital serta cara mengelola arsip digital dengan menggunakan Omeka. Omeka merupakan aplikasi pengelolaan arsip digital berbasis open source. Omeka memberikan peluang pengelolaan arsip digital tanpa harus mengeluarkan anggaran pengadaan perangkat lunak. Omeka memberikan peluang pengelolaan arsip digital yang lebih besar. Dengan membaca artikel ini penulis berharap mampu memberikan deskripsi langkah-langkah dalam membangun pengelolaan arsip digital.
Google Drive for Storing Archives: Mengoptimalisasi Penggunaan Google Drive sebagai Tempat Penyimpanan Arsip bagi Pelajar Ni'matussholiha, Anisa
Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan Vol 9, No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Arsip Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/khazanah.22944

Abstract

Arsip merupakan dokumen yang digunakan untuk membuat keputusan yang tepat dalam berkomunikasi dengan orang lain berdasarkan memori yang telah ada. Dengan demikian, pengelolaan arsip harus mudah ditemukan, sederhana, dan aman. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini menyebabkan perubahan dalam bidang pendidikan terutama bagi para pelajar, begitu pula pada arsip yang dahulunya merupakan arsip bermedia kertas namun sekarang berkembang menjadi arsip yang medianya tersaji dalam bentuk media baru seperti film, kaset, video, elektrik, CD, DVD, flashdisk, hard disk, dan lain- lain. Masih banyak persoalan dalam hal pengelolaan dan penyimpanan arsip bagi pelajar, sehingga perlu adanya tempat penyimpanan secara retrieval system, salah satunya adalah dengan menggunakan Google Drive.