cover
Contact Name
Fatkhul Arifin
Contact Email
adpgmiindonesia@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
adpgmiindonesia@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
ISSN : 2580086     EISSN : 25802739     DOI : -
Core Subject : Education,
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) se Indonesia. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada bulan Mei dan November. Redaksi menerima karya ilmiah tentang hasil penelitian, survey dan telaah pustaka yang erat kaitannya dengan bidang pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 90 Documents
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BAHASA INDONESIA BERMUATAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR Sobirin, Ma’as
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 2 (2017): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1552.212 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i2.39

Abstract

Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu bahan ajar yang mampu memberikan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Indonesia. Siswa membutuhkan LKS yang memiliki kebermaknaan dan penghayatan nilai karakter. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih minimnya LKS bermuatan nilai karakter dan keberadaannya belum memenuhi kriteria penyusunan LKS yang baik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan terhadap LKS, merumuskan prinsip penyusunan LKS, mengukur kevalidan LKS dan membuktikan keefektifan LKS bahasa Indonesia bermuatan nilai karakter siswa kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini mengikuti model Borg and Gall. Data penelitian yang diperoleh melalui teknik angket kebutuhan dan angket penilaian dan tes, kemudian dianalisis menggunakan statistik t-tes dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS bahasa Indonesia bermuatan karakter sangat efektif berdasarkan hasil perhitungan t test dan N-gain.
QUALITY OF EDUCATIONAL MANAGEMENT AT THE ELEMENTARY SCHOOL (CASE STUDY ON MADRASAH IBTIDAIYAH JAKARTA) Maisaroh, Maisaroh
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 2, No 1 (2018): JMIE: JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.149 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v2i1.63

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Bagaimanakah pelaksanaan pengelolaan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, (2) Masalah- masalah apakah yang ditemui di dalam pelaksanaan pengelolaan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah,  (3) Perbaikan apa yang dilakukan sekolah  untuk memperbaiki mutu sekolah.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan melakukan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Sedangkan unit analisis dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru dan staf serta warga Madrasah Ibtidaiyah Al Jihadiyah Bintaro. Intrumen yang digunakan untuk menjaring data-data yang dibutuhkan dalam penelitian pelaksanaan pengelolaan dan masalah-masalah yang dihadapi di Madrasah Al Jihadiyah Bintaro, diolah dan dianalisis sesuai dengan rumusan masalah yang telah ditetapkan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh unsur pokok perbaikan dalam pelaksanaan Madrasah Ibtidaiyah Bintaro. Hasil perbaikan ini berguna bagi perbaikan mutu sekolah.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SD/MI Prasetyo, Sigit
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 1 (2017): JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.988 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i1.29

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran IPA berbasis android untuk siswa SD/MI, 2) memperoleh media pembelajaran IPA berbasis android yang layak digunakan untuk siswa SD/MI, dan 3) mengetahui respon siswa SD/MI terhadap  media pembelajaran IPA berbasis android.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D). Prosedur pengembangan meliputi enam langkah, yaitu: analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar angket untuk uji kualitas produk media pembelajaran IPA berbasis android. Penilaian kualitas produk media pembelajaran IPA berbasis android dilakukan oleh reviewer, peer reviewer, guru SD/MI, dan respon siswa kelas VI SD/MI.Hasil penelitian pengembangan ini adalah: 1) telah dikembangkan produk media pembelajaran IPA berbasis android materi perkembangbiakan pada makhluk hidup untuk siswa kelas VI SD/MI, 2) media pembelajaran IPA berbasis android untuk siswa kelas VI SD/MI pada materi perkembangbiakan pada makhluk hidup dengan kelayakan sesuai hasil penilaian reviewer, peer reviewer, dan guru SD/MI, yaitu kategori Sangat Baik (SB) dengan skor 631 dan persentase penilaian 86,85%, dan 3) respon atau tanggapan siswa kelas VI SD/MI terhadap  media pembelajaran IPA berbasis android mempunyai kategori interval antara “Setuju dan Sangat Setuju”, yaitu menghasilkan skor 635 dengan persentase penilaian 88,23%.
PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA NUMBER MACHINE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH Firdaus, Fery Muhamad; Prastya, Budi
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 2, No 1 (2018): JMIE: JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.846 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v2i1.57

Abstract

This study aims to determine the effect of the use of number machine props to the mathematical reasoning ability of students of grade IV MIN 2 of South Tangerang City on the matter of integers. The number machine tool is a semi-concrete tool or a function engine that performs mathematics on the task of operation. This research was conducted in class IV MIN 2 Tangerang Selatan City. The method used in this research is quasi experimental method with the design of Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. The sample in this study consisted of 30 experimental students and control class which consisted of 29 students. The results showed that students taught by using number machine tools obtained the average value of students 'mathematical reasoning ability is higher than the average value of students' mathematical reasoning skills taught without using the number machine tool that is the significance value t_hitung <0.05. Based on result of calculation of influence test (effect size) obtained d value equal to 0,59. The value of the effect size obtained interprets that the use of number machine tool has an influence in the medium category. Thus, this indicates that there is a moderate effect of using number machine props to the students' mathematical reasoning abilities in Class IV MIN 2 Tangerang Selatan City
PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNA GRAHITA USIA SD AWAL Sa’diyah, Rika; Rochmah, Siti Khosiah
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 1 (2017): JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.017 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i1.24

Abstract

Anak tuna grahita termasuk anak berkebutuhan khusus (special need) yang sebelumnya dikenal dengan istilah tuna mental, cacat mental atau retalisasi mental. Anak tuna grahita usia SD awal adalah anak kelas 1-3 SD yang memiliki kecerdasan di bawah kecerdasan anak normal, yang tidak memungkinkan untuk mengikuti pelajaran atau pendidikan di sekolah umum karena intelegensi di bawah rata-rata anak normal, sehingga perkembangan berfikirnya sangat lamban. Peran guru PAI dalam membantu kesulitan anak tuna grahita usia SD awal agar memperoleh bekal untuk hidup di tengah-tengah masyarakat secara normal, termasuk perihal pengamalan agama penting diperhatikan mengingat Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang menghasilkan calon guru agama seperti Fakultas Tarbiyah tidak dibekali dengan berbagai keahlian khusus untuk mengajar di Sekolah Luar Biasa.
PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK KELAS IV BERBASIS INTEGRASI ISLAM PADA SUBTEMA PEMANFAATAN ENERGI DI SEKOLAH DASAR Walid, Muhammad; Hanifah, Nur Hidayah
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 2 (2017): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2229.637 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i2.45

Abstract

The development of thematic teaching book with subtheme energy utilization is one of the facilities to help students understand during learning process. By using teaching book, the purpose is to motivate and initiate the creativity of the students, and an effort to form their habit to work hard in order to gain knowledge, without teacher’s assistance. The teaching book to support the learning process with subtheme energy utilization is Islam-integration-based teaching book, in the form of teaching book for IV grader of elementary school.Product specification resulting from research and development is to produce a textbook integration of Islam based thematic sub-themes of energy utilization. Textbooks thematic sub-themes of energy in it presses right on the breadth of material content and concept of learning so that students can better understand the lesson. In addition to emphasis the concept, teaching materials fitted with the integration of Islam and the end of each lesson there is a verse of the Qur'an that can foster a love of students of the Qur'an.The result of the study has validity criteria score from the material expert is 94%, media expert is 90%, subject expert is 94&, and the result of the field testing is 92%. The students’ average score for the pre-test is 71 and for the post-test is 91. In manual t-test with significance level 0,05, the result shows that t hitung ≥ t tabel is 3,891015 ≥ 1,701, means that Ho is rejected and Ha accepted. Thus, it shows that there is significant difference toward the teaching book which is developed. It shows that the developed product has high validation level of qualification, means that the book is appropriate to be used in learning processes.
PENGEMBANGAN E-MODUL (MODUL DIGITAL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR -, Kuncahyono
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 2, No 2 (2018): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.25 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v2i2.75

Abstract

Based on needs analysis, teachers have not fully utilized technology-based media and teaching materials. The teacher also has not fully produced technology-based media and teaching materials. The purpose of this research is to produce practical e-module teaching materials in thematic learning. This research method uses ADDIE research and development model. The results of the study that e-modules were developed through stages of needs analysis, prototype design, prototype development, field testing, and product evaluation. The results of field trials related to practicality resulted in a score of 86,5% with practical criteria. The response of students and teachers shows that the use of e-modules is easy to use because it is user-friendly with the support of integrated e-module content with internet links web based learning.
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI METODE QUANTUM TEACHING DI MADRASAH IBTIDAIYAH Khotimah, Sita Husnul; Mubarok, Faiz
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 2 (2017): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1620.156 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i2.40

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Quantum Teaching pada pel ajaran PKN pada siswa kel as V MI Miftahul Falah Cipulir, (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar melalui metode Quantum Teaching pada pel ajaran PKN pada siswa kal as V MI Miftahul Fal ah r, (3) A pa sajakah hambatan yang dihadapi dalam penerapan Quantum Teaching pada pelajaran PKN pada siswa kelas V MI Miftahul Falah Cipulir. Penel itian ini adalah Penel itian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara maka penerapan Quantum teaching, mampu meni ngkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan dari hasil observasi yang dilakukan terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang semula nilai rata-rata dari pretest sebesar 6,55 pada siklus I ini meningkat menjadi 7,93 atau sekitar 4%. Sedangkan pada siklus II peningkatan prestasi belajar siswa yang semula nilai rata-rata pretest sebesar 6,55 pada siklus II ini meningkat menjadi 8,66 atau sekitar 35%. Hal ini menunjukkann bahwa 95% siswa berhasil meningkatkan prestasi belajar PKN dengan hasil belajar yang baik, walaupun selama penerapan masih mengalami beberapa hambatan, akan tetapi hal ini bukan berarti menafikan keberhasilan penerapan quantum teaching dalam pelajaran PKN pada siswa kelas V di MI Miftahul Falah Cipulir karena dalam penerapan quantum teaching telah menunjukkan hasilnya yaitu kegairahan dan kesenangan siswa dalam belajar, suasana yang terlihat dinamis dan siswa menjadi aktif.
Efektivitas Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Ekosistem Dafit, Febrina; Mustika, Dea; Ain, Siti Quratul
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 2, No 2 (2018): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.466 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v2i2.71

Abstract

The purpose of this study was to examine and describe the multiliteracy learning on the critical thinking skills of elementary school students on ecosystem material. The study was conducted in the sixth grade of elementary school and began with preliminary observations and discussions with the teacher to find out whether multiliteracy learning had already been implemented or not before. The design of learning carried out is multiliteracy learning by teachers in grade 6th elementary school. Data collection techniques were observation, tests, interviews, and observation sheets. Observations were made on the learning process which includes teacher activities and student activities during the implementation of multiliteracy learning. The test was used to measure the level of students' critical thinking skills after multiliteracy learning. Question and interviews are used to assess the effectiveness of multiliteracy learning from the point of view of students and teachers. Multiliteracy learning gives multiliteracy to students' critical thinking skills, it can be seen that the average ability score of students in the experimental class is 17 while the control class is 14.71. Students who learn with multiliteracy learning provide positive responses to learning models that have influenced their critical thinking skills. Teachers who use multiliteracy learning models in the learning process also provide a positive response because they have helped in improving students' critical thinking skills and facilitate the learning process.
PENGARUH METODE PENYEKORAN DAN KECEMASAN TES TERHADAP INDEKS KETIDAKWAJARAN SEKOR TES MATEMATIKA SETELAH MENGONTROL PENGETAHUAN AWAL Ansori, Ari Hasan
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 1 (2017): JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.742 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i1.30

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penyekoran dan kecemasan tes terhadap ketidakwajaran sekor tes setelah mengontrol pengetahuan awal. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Penelitian ini dilaksanakan pada MTs Negeri Pandeglang 1, Banten dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang siswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel multi stage random sampling. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan teknik Analisis Kovarian (ANAKOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengontrol pengetahuan awal: (1) indeks ketidakwajaran sekor tes matematika antara kelompok siswa yang di sekor dengan menggunakan metode penalty lebih tinggi daripada kelompok siswa yang di sekor dengan menggunakan metode correct, (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode penyekoran tes dan kecemasan tes terhadap indeks ketidakwajaran sekor tes matematika, (3) untuk kelompok siswa yang memiliki kecemasan tes ringan, indeks ketidakwajaran sekor tes matematika antara kelompok siswa yang di sekor dengan menggunakan metode penalty lebih tinggi daripada kelompok siswa yang di sekor dengan menggunakan metode correct, dan (4) untuk kelompok siswa yang memiliki kecemasan tes berat, indeks ketidakwajaran sekor tes matematika antara kelompok siswa yang di sekor dengan menggunakan metode penalty lebih rendah daripada kelompok siswa yang di sekor dengan menggunakan metode correct.AbstractThis study is aimed to determine the effect of scoring method and test anxiety toward inappropriacy index of math test score after controlling the prior knowledge. This research method was experimental design with treatment by level 2x2. The research was conducted at MTs Pandeglang 1, Banten with sample of 80 students were using multi stage random sampling technique. Data analysis was done by using Analysis of Covariance (ANCOVA). The results of this study after controlling prior knowledge showed that: (1) the inappropriacy index of math test scores between groups of students whom are scored using penalty test method is higher than those whom are scored using correct test; (2) there is an interaction effect between scoring method and the test anxiety toward inappropriacy index of math test scores; (3) for the group of students having of anxiety easy test, the inappropriacy index of math test scores between groups of students whom are scored using penalty is higher than those who are scored using correct method; and (4) for the group of students who having of anxiety difficult test, the inappropriacy index of math test scores between groups of students whom are scored using penalty test is lower than those whom are scored using correct.