cover
Contact Name
Fiki Alghadari
Contact Email
lppm@stkipkusumanegara.ac.id
Phone
+6281949266491
Journal Mail Official
lppm@stkipkusumanegara.ac.id
Editorial Address
Lambaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP Kusuma Negara Jakarta Jalan Raya Bogor KM.24 Cijantung, Jakarta Timur, 13770 Telp: (021) 87791773 E-mail: lppm@stkipkusumanegara.ac.id
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Published by STKIP Kusuma Negara
ISSN : 20857144     EISSN : 26230380     DOI : 10.37640/jip
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state of the art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new technologies in the field of education. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a scientific journal containing and disseminating research findings, in-depth study, and innovative ideas in the field of education. Teacher and lecturer innovation in educational sector development can make a positive contribution to schools and educational institutions. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is published periodically (twice a year in January and July) by Research and Community Services in STKIP Kusuma Negara, with a total of 10 articles published every time (20 articles annually). The scope of this journal is: 1) English Education; 2) Civic Education; 3) Mathematics Education; 4) Science Education; 5) Early Childhood Education; 6) Primary Education; 7) Physical Education; 8) Any Education subject areas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 112 Documents
Hubungan Lingkungan Kerja Dengan Kinerja Guru: di SMA Negeri di Kota Depok, Jawa Barat Wulan, Sarah
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine: relationship between the work environment with performance of teachers The research was conducted on the state senior high school of Depok, West Java. The method used was survey research. The instrument used is questioner. The results of research found that: there is a positive correlation between work environment with performance of teachers. This research concluded that the more condusif of work environment, the performance of teachers is higher.
Upaya Pembentukan Jiwa Kepemimpinan Peserta Didik melalui Kegiatan Paskibra Putra, Nanda Lega Jaya
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Figur kepemimpinan saat ini kurang mendapat respon baik dari masyarakat khususnya peserta didik, mengingat banyak pemimpin yang saat ini banyak melakukan penyimpangan, dalam suatu organisasi baik itu sosial maupun pendidikan dihadapkan pada ketidakpastian yang kadangkala pemimpin mengambil keputusan secara cepat tanpa melakukan musyawarah. Melalui kegiatan paskibra ini diharapkan peserta didik dapat terbentuk jiwa kepemimpinannya khususnya peserta didik di SMK Era Pembangunan Umat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang upaya pembentukan jiwa kepemimpinan peserta didik melalui kegiatan paskibra di SMK Era Pembangunan Umat Jakarta. Penelitian ini menggunakan action research dengan responden anggota Paskibra SMK Era Pembangunan Umat yang dilakukan dalam 3 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Dari hasil penelitian pada siklus I, siklus II dan Siklus III disimpulkan bahwa melalui kegiatan Paskibra dapat membentuk jiwa kepemimpinan peserta didik di SMK Era Pembangunan Umat Ciracas Jakartra Timur.
Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Metode Problem Posing dan Metode Ekspositori SMA N 58 Jakarta Ma’ruf, Abdul Hakim
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa antara metode problem posing dan metode ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 58 Jakarta pada semester 2. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil sebanyak 60 siswa dari populasi sebanyak 79 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 40 butir soal. Instrumen terlebih dahulu diuji cobakan kepada 38 siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 99. Dari uji validitas hasil belajar matematika siswa didapat 25 butir soal yang valid dan reliabel. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,452 pada taraf signifikan ? = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 58 didapat thitung = 3,452 > 2,002 = ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode problem posing dan metode ekspositori di SMA Negeri 58 Jakarta
Pola Pemanfaatan Ruang Rumah Susun dalam Bermain Anak Usia Dini: Penelitian Kualitatif di RT 08 RW 10 Kompl PU Pasar Jumat Pondok Pinang Mappapoleonro, Andi Musda
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapat data tentang pola pemamfaatan ruang rumah susun dalan bermain anak usia 5-8 tahun di komplek PU Pasar Jumat Pondok Pinang. Penelitian ini dilakukan pada bulan juli 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Hasil penelitian pola pemanfaatan ruang untuk bermain pada rumah susun yang ada di Kelurahan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan didasari dengan bentuk interaksi sosial yang cukup baik pada warga sehingga mempengaruhi anak-anak di komplek ini untuk saling bermain dengan memanfaatkan sudut-sudut ruangan yang ada, baik yang berupa halaman parkir, taman bermain, halaman yang ada di belakang rumah, maupun di anak-anak tangga yang menuju ke lantai atas, serta ruangan yang ada dalam rumah. Anak-anak memanfatkan sudut-sudut ruangan tersebut sesuai dengan jenis permainan yang dikuasai. Merekapun juga mengembangkan daya kreatifitasnya dalam bermain dengan menggunakan alat permainan yang ada dan membuat aturan permainan sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan waktu yang ada. Bentuk permainan yang digunakan adalah permainan besar dan permainan kecil
Pengaruh Semangat Kerja dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru SMP Swasta di Kecamatan Jati Asih Bekasi Azwar, Edy
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian survey ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui: 1) Pengaruh semangat kerja terhadap kinerja guru SMP Swasta di Kecamatan Jati Asih Bekasi. 2) Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru SMP Swasta di Kecamatan Jati Asih Bekasi. 3) Pengaruh semangat kerja dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Swasta di Kecamatan Jati Asih Bekasi. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji hipotesis, diketahui bahwa variabel semangat kerja (X1) menunjukan adanya pengaruh positif terhadap variabel kinerja guru (Y). Hal ini ditunjukan dari hasil pengujian hipotesis melalui uji t, diperoleh thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Artinya, makin tinggi semangat kerja guru, maka akan semakin baik pula kinerja guru pada SMP Swasta di kecamatan Jati Asih Bekasi. 2) berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji hipotesis, diketahui bahwa variabel kompetensi guru (X2) menunjukkan adanya pengaruh positif terhadap variabel kinerja guru (Y). Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis melalui uji t, diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Artinya, makin baik kompetensi guru, maka akan semakin baik pula kinerja guru pada SMP Swasta di kecamatan Jati Asih Bekasi. 3) berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan regresi ganda, diketahui bahwa semangat kerja guru (X1) dan kompetensi guru (X­2) secara bersama-sama menunjukan adanya pengaruh positif terhadap kinerja guru pada SMP Swasta di kecamatan Jati Asih Bekasi (Y). Hal ini ditunjukan dari hasil pengujian hipotesis melalui uji F, yang ternyata bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima
Pengaruh Pembelajaran dengan Teknik Mencatat Mind Mapping tehadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Energi dan Penerapannya Misbahudin, M
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan teknik mencatat mind mapping memiliki pengaruh bagi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk desain penelitian, digunakan desain penelitian pretest-postest one group design. Dalam desain ini observasi dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Observasi yang dilakukan sebelum eksperimen (O1) disebut pretest dan observasi sesudah eksperimen (O2) disebut posttest. dan disain kelompok kontrol hanya pretest-postes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes berbentuk uraian untuk mengetahui pengaruh mind mapping yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Subjek penelitian adalah siswa SMP AL-Hidayah Lebak bulus yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data hasil belajar menggunakan uji-t untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari variable X terhadap variable Y. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif pembelajaran dengan teknik mencatat mind mapping terhadap keterampilan berpikir siswa pada materi energi dan penerapannya. Teknik mencatat mind mapping bisa meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Motivasi Mahasiswa Menjadi Start Up Digital Entrepreneur: Technopreneurship Hardiyanto, Lutfi
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 10 No 1 (2018)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran perguruan tinggi dalam persaingan global untuk menyiapkan generasi muda yang memiliki jiwa wirausaha saat ini sangat diperlukan. Technopreneurship atau kewirausahaan digital menjadi umum digunakan pada saat ini untuk mendefinisikan pemanfaatan teknologi pada kegiatan berwirausaha. Pemanfaatan teknologi dalam hal ini dipahami mulai dari proses produksi (dengan mesin dan teknologi terbarukan) hingga pemasaran (memanfaatkan media sosial, platform online, aplikasi, dan lain-lain). Istilah lain yang lebih umum digunakan oleh generasi millennial adalah start-up atau bisnis pemula. Start-up pada dasarnya aktivitas perintisan bisnis yang memiliki model bisnis yang terencana dan memanfaatkan teknologi dalam bentuk platform dana atau aplikasi. Yang dapat menunjukkan faktor-faktor dalam mempengaruhi motivasi mahasiswa menjadi Start Up Digital Entrepreneur / technopreneurship. Faktor-faktor tersebut terdiri dari semangat, kreatifitas, inovasi, dan adanya keberanian mengambil resiko, serta harus peka terhadap inovasi teknologi yang didukung dengan penemuan ide kreatif.
Peningkatan Kompetensi Guru melalui Supervisi Akademik di SMA Negeri 43 Jakarta Sutopo, Agus Wahyu
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kompetensi guru-guru SMA Negeri 43 Jakarta khususnya kompetensi guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajarna, dan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran siswa. Subjek penelitian adalah 15 orang guru SMA Negeri 43 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah model Kemmis yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian diperoleh dari instrumen kompetensi guru. Hasil penelitian diperoleh data hasil penilaian terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah guru buat diperoleh skor rata-rata pada siklus I sebesar 83,53 meningkat pada siklus II menjadi 92,67, penilaian praktik pelaksanaan pembelajaran diperoleh skor rata-rata pada siklus I sebesar 85,40 meningkat pada siklus II menjadi 92,00, dan penilaian kemampuan guru terhadap hasil pembelajaran siswa diperoleh skor rata-rata pada siklus I sebesar 85,33 meningkat pada siklus II menjadi 92,80. Perolehan skor tersebut menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian telah tercapai. Simpulan penelitian ini adalah melalui supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru di SMA Negeri 43 Jakarta.
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn pada Materi Sikap Positif terhadap Norma melalui Model Pembelajaran Problem Solving Putra, Nanda Lega Jaya
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model Pembelajaran Problem Solving merupakan salah satu pendekatan yang dikemas dalam sebuah pembelajaran kelompok dan membutuhkan kemampuan yang sederhana serta bisa dilakukan oleh semua peserta didik dalam mengemukakan pertanyaan tersebut sesuai dengan materi yang dipelajarinya. Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran problem solving yang dapat meningkatkan prestasi belajar PKn dengan materi sikap positif terhadap norma pada peserta didik kelas VII (Tujuh) di MTs. Ar-Rasyidiyyah, Koja Jakarta Utara. Tujuan penelitian dalam penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan tentang model pembelajaran Problem Solving pada materi Sikap Positif Terhadap Norma dikelas VII Ar-Rasyidiyyah, Koja, Jakarta Utara tahun pelajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus, yang mana dalam satu siklus ada satu pertemuan. dalam satu siklus ada empat tahap, yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara dan Tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang bersifat deskriptif. langkah – langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1.) Persiapan Penelitian, 2.) Membuat perencanaan Penelitian, 3.) Instrumen Penelitian. Subjek pengumpulan data pada penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas VII, MTs Ar-Rasyidiyyah, Koja, Jakarta Utara Tahun Pelajaran 2017 – 2018. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik, dapat dilihat peningkatannya pada hasil sebagai berikut, Siklus I rata-rata nilai 68 %, Siklus II rata-rata nilai 77,22 % dan Siklus III rata-rata nilai 87,22 %, Sehingga kesimpulannya bahwa prestasi belajar peserta didik pada materi sikap positif terhadap norma kelas VII meningkat dengan diterapkan model Pembelajaran Problem Solving.
Semangat Literasi Matematika pada Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Guna Meninggkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Syafi’i, Mohamad
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament(TGT) di SMP Pangudi Luhur Jakarta kelas VII A pada materi Himpunan. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subjek sebanyak 30 orang siswa. Model pembelajaran TGT merupakan salah satu model pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya menekankan pada pengembangan langkah-langkah model pembelajaran TGT. Pada penelitian sebelumnya langkah awal pada pembelajaran TGT adalah guru menyajikan materi, sedangkan pada penelitian ini memberikan kesempatan siswa lebih menggali pemahaman materi himpunan dengan literasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan presentase ketuntasan kemampuan literasi matematika siswa selalu meningkat setiap siklus. Pada siklus I presentase ketuntasan hasil kemampuan literasi matematika (level 1 dan 2 adalah 20%, sedangkan pada siklus 2 sebesar 45%, dan pada siklus III Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran TGT selalu meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar matematika siswa adalah 40% (12 siswa), sedangkan pada siklus 2 sebesar 60% (18 siswa), dan pada siklus III sebesar 70% (21 siswa).Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semangat literasi pada pengembangan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Page 1 of 12 | Total Record : 112