cover
Contact Name
Moh Zayyadi
Contact Email
zayyadi@unira.ac.id
Phone
+6285330752474
Journal Mail Official
math@unira.ac.id
Editorial Address
Jalan Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
SIGMA
Published by Universitas Madura
ISSN : 25090919     EISSN : 26847698     DOI : http://dx.doi.org/10.36513/sigma
Core Subject : Education,
Jurnal SIGMA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. Artikel yang dimuat meliputi tulisan tentang pembelajaran baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi dalam bentuk: Temuan Penelitian, pembelajaran bidang studi Matematika, pengalaman praktis, kajian kepustakaan, gagasan konseptual.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2020): SIGMA" : 9 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI Asifa, Siti Nur
SIGMA Vol 5, No 2 (2020): SIGMA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36513/sigma.v5i2.733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan  siswa dalam menyelesaikan soal materi trigonometri. Metode penelian adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas X MAN 1 Cimahi. Populasi dari sample  penelitian dipilih secara acak berdasarkan kriteria yang sesuai dengan permasalahan penelitian. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes dan wawancara. Dalam penelitian ini yang dimaksud dengan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri adalah kemampuan siswa untuk menjawab tes soal trigonometri. Kemudian, di analisis kesalahan hasil tes siswa untuk mengetahui seberapa banyak kesalahan yang dilakukan siswa. Analisis data yang digunakan mengacu pada analisis data menurut Miles dan Huberman (Zain, Supardi, & Lanya, 2017:14) yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukan bahwa siswa banyak mengalami kesalahan pengerjaan soal dalam operasi matematika dan terdapat beberapa siswa yang masih kurang paham materi trigonometri.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARJO SUWATRI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS Ervina, Ristia Havadoh; Widadah, Soffil; Agustina, Eka Nurmala Sari
SIGMA Vol 5, No 2 (2020): SIGMA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (804.345 KB) | DOI: 10.36513/sigma.v5i2.753

Abstract

Sarana pendukung dalam proses pembelajaran submateri nilai rasio sudut istimewa trigonometri adalah media pembelajaran, mengajak siswa bermain sambil belajar merupakan upaya menciptakan situasi belajar yang menyenangkan, hidup, dan santai dalam proses belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran permainan “Karjo Suwatri” (Kartu Jodoh Sudut Istimewa Trigonometri). Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Dick dan Carry. Subjek ujicoba pada penelitian pengembangan media berupa “Karjo Suwatri” adalah siswa SMK Kemala Bhayangkari 1 waru dan siswa SMK Informatika Sumber Ilmu Tulangan. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2018/2019 Semester Gasal. Tahapan pengembangan dalam penelitian ini yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penilaian dari validator diperoleh rata-rata skor total yaitu 3,55 atau termasuk dalam kategori valid. Penilaian dari observer menunjukkan persentase aktivitas siswa adalah 85% tercapai atau termasuk dalam kategori praktis. Persentase respon siswa adalah 86,5% atau termasuk dalam kategori sangat positif serta 86,67% siswa memperoleh nilai tuntas atau 39 dari 45 subjek mendapatkan nilai 70. Berdasarkan hasil penelitian tersebut media pembelajaran permainan “Karjo Suwatri” dapat dikatakan valid, praktis dan efektif.
PENGGUNAAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA Sukmawati, Rika
SIGMA Vol 5, No 2 (2020): SIGMA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36513/sigma.v5i2.752

Abstract

PENGGUNAAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA Rika Sukmawati1, Yenni2,1,2Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah TangerangEmail : rikasukma75rika@gmail.com Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui gambaran peningkatan kemandirian belajar  mahasiswa dalam penggunaan lembar aktivitas siswa (LAS) pada pembelajaran matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa semester 1 tahun akademik 2019/2020 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiyah Tangerang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket, lembar observasi, lembar Aktivitas Siswa dan pengamatan dokumen dengan pengolahan data menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian   mahasiswa meningkat berdasarkan indikator kemandirian belajar adalah kepercayaan diri 72%, disiplin 79%, inisiatif 61%, tanggung jawab 81% dan motivasi 97%. Kata Kunci: Lembar Aktivitas Siswa; Matematika; Kemandirian Belajar
ANALISIS KESALAHAN MATEMATIKA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR Anugrahana, Andri
SIGMA Vol 5, No 2 (2020): SIGMA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (947.272 KB) | DOI: 10.36513/sigma.v5i2.791

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat serta mencari faktor mahasiswa melakukan kesalahan. Masalah utama dalam penelitian ini adalah kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika khususnya operasi hitung bilangan bulat. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru sekoah dasar. Mahasiswa diberikan soal-soal dan dianalisis kesalahan-kesalahan dari mahasiswa dan dicari alasannya mengapa terjadi kesalahan dari mahasiswa calon guru sekolah dasar. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif sehingga data yang ada dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif, yaitu proses mencari serta menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil tes tertulis jawaban mahasiswa dan yang salah diidentifikasi kedalam beberapa bentuk kesalahan. Setelah itu dipilih beberapa siswa untuk diwawancarai untuk mencari alasan mahasiswa melakukan kesalahan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: Kesalahan konseptual yang dilakukan mahasiswa : kesalahan konsep (1) operasi hitung campuran perkalian, penjumlahan dan pengurangan, (2) operasi hitung perkalian dan pengurangan, (3) operasi distribusi, (4) kurang memahami penjumlahan dan pengurangan sama kuat. (5) operasi hitung dari sebelah kiri dan menyamakan semua operasi hitung memiliki bentuk yang sama. Kesalahan prosedural yang dilakukan mahasiswa: (1) tidak melihat perbedaan antara operasi hitung campuran, melakukan kesalahan dengan operasi pengurangan terlebih dahulu, (2) mengumpulkan dengan subtitusi terlebih dahulu lalu dioperasikan, (3) tidak dapat menjumlahkan operasi hitung pengurangan dengan bilangan negatif. Faktor-faktor mahasiswa melakukan kesalahan: (1) mahasiswa tidak teliti dalam mengoperasikan operasi bilangan bulat, (2) mahasiswa buru-buru dalam mengerjakan soal, (3) mahasiswa binggung atau belum bisa membedakan setiap tanda operasi yang diberikan dalam soal, (4) mahasiswa tidak memahami aturan dalam operasi hitung campuran
PROFILE OF MATHEMATICAL COMMUNICATION’S ABILITY BASED ON LEVEL OF PROBLEM SOLVING’S ABILITY Perbowo, Krisna Satrio; Hadi, Windia; Haryati, Tuti
SIGMA Vol 5, No 2 (2020): SIGMA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36513/sigma.v5i2.647

Abstract

Abstract : This study was aimed to define profile of mathematical communication based on the level of problem solving ability on secondary students. This study used mixed methods model with explanatory type. This sample used 30 secondary school students who was chosen based on teachers’ recommendation. The result shown that there are 16,67% students whose problem solving’s ability  were placed on low level If we look on mathematical communication ability’s side, most of students faced on the diffulties of projecting figures into mathematical ideas. Students still made mistakes on calculating and the indicators was difficult when it stated to project any figures into mathematical ideas while the indicator that appear frequently was stated events or ideas in mathematical laguage. There are 70% students that whose problem solving ability were placed on medium level. If we look on mathematical conection ability most of information as shown unclearly and faced on difficulties when they summarize conclusion, they stated it into mathematical symbol. There are 13,33% students whose problem solving ability were pleced on high level and unclear to every single information that was told within solving strategy which directly on solving essentials. Keywords: Profile of mathematical Ability, Mathematical Communication, Problem Solving  
ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK KELAS XI PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA Sawitri, Wulan Yuni
SIGMA Vol 5, No 2 (2020): SIGMA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (782.966 KB) | DOI: 10.36513/sigma.v5i2.692

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa SMK kelas XI pada materi Logika Matematika. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini siswa SMK kelas XI  dengan jumlah siswa 32 orang. Soal tes yang diberikan berupa 4 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan dari 3 indikator yang terdapat pada soal,  hanya 1 indikator yang memiliki kriteria data baik sedangkan sisanya memiliki kriteria data kurang dan kurang sekali ini disebabkan karena kurang telitinya siswa ketika membaca soal,  kurangnya pemahaman materi logika matematika serta kurangnya siswa dalam latihan-latihan soal logika yang menyebabkan siswa kesulitan ketika mengerjakan soal logika ini.
PROSES TRANSLASI REPRESENTASI ALJABAR KE GRAFIK Prayogo, Prayogo
SIGMA Vol 5, No 2 (2020): SIGMA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (941.541 KB) | DOI: 10.36513/sigma.v5i2.789

Abstract

Representasi merupakan alat untuk membangun dan mengomunikasikan ide dan pemahaman matematika. Translasi merupakan komponen penting dalam proses pemecahan masalah terutama ketika siswa diminta untuk menentukan persamaan garis dan menggambarkannya. Penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan menggambarkan proses translasinya secara alami. 42 siswa SMP kelas VIII terlibat dalam penelitian ini, dan 15 siswa berada pada kategori kemampuan rendah. Subjek dipilih berdasarkan siswa kemampuan rendah yang mampu berkomunikasi dengan baik, yaitu ARD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengubah representasi aljabar ke grafik melibatkan dua metode berbeda, yaitu representasi simbolik terlebih dahulu baru menuju representasi grafik. Representasi simbolik digunakan ARD pada proses unpacking source, preliminary coordination, construction the target, dan determination of equivalent. Sedangkan representasi grafik digunakan ARD ketika mengonstruksi masalah target sesuai dengan keinginan dari masalah.
PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA Nurhayati, Leni; Ernawati, Ernawati; Afrilianto, Muhammad; Zanthy, Luvy Sylviana
SIGMA Vol 5, No 2 (2020): SIGMA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.361 KB) | DOI: 10.36513/sigma.v5i2.713

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menelaah peningkatan kemampuan siswa SMA dalam memecahkan masalah matematis pada materi pokok program linear dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Leppesa 2 Cililin dengan jumlah 23 orang pada tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes tulis yaitu pretes dan postest. Prosedur penelitian ini terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan evaluasi, dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis khususnya pada materi program linear dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual yang dikolaborasikan dengan media ICT yaitu aplikasi  geogebra.
REVOLUSI GURU DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21 Hariyanto, Agus Budi; Jannah, Ukhti Raudhatul
SIGMA Vol 5, No 2 (2020): SIGMA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36513/sigma.v5i2.771

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis berbagai bentuk tugas baru guru di abad yang serba canggih dan bagaimana guru harus dapat bertransformasi mengikuti perkembangan zaman. Keberadaan Information Communication and Information (ICT) yang melejit mengubah banyak hal, mulai dari kehidupan sosial sampai pendidikan, dimana peran guru sangat menentukan bagaimana semua aspek tersebut tetap berjalan dengan baik tanpa harus menolak segala perubahan yang hampir selalu terjadi. Mengingat guru memiliki peran vital dalam perubahan sebuah bangsa, terdapat berbagai hal yang perlu guru lakukan sebagai bentuk revolusinya di era serba digital ini, seperti menjadi motivator dan fasilitator, yaitu membantu dan memfasilitasi siswanya mencari informasi dari berbagai sumber yang lebih beragam

Page 1 of 1 | Total Record : 9