cover
Contact Name
Fitrianingsih
Contact Email
infokom@gunadarma.ac.id
Phone
+6221-78881112 ext. 516
Journal Mail Official
infokom@gunadarma.ac.id
Editorial Address
Jalan Margonda Raya 100
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Informatika Komputer
Published by Universitas Gunadarma
ISSN : 08538638     EISSN : 20898045     DOI : http://dx.doi.org/10.35760/ik
Core Subject : Science,
This journal is published periodically three times a year, April, August, and December. It publishes a broad range of research articles on Information Technology and Communication, whether in Indonesian Language or English.
Articles 189 Documents
IMPACT OF WEB QUALITY ON EMPLOYEES’ SATISFACTION IN INDONESIA STATE EMPLOYMENT DEPARTMENT Novanto, Adhitiro; Siregar, Tety Elida; Hidayat, Taufik
Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Vol 24, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (841.552 KB) | DOI: 10.35760/ik.2019.v24i3.2278

Abstract

The State Employment Department (BKN) had applied information technology in employee data management since 2011. However, flaws were found in the system, such as occurrence of inaccurate data and complicated navigation. This study was aimed at analyzing the satisfaction of BKN staffs in using DMS web. Web quality was assessed using 3 dimensions: usability, information quality and service information quality. These 3 dimensions were then associated with the satisfaction of BKN staffs as the users. Data was collected through questionnaires to 206 staffs with authorized accesses to the web. The results showed that the quality of three dimensions of the web influenced users’ satisfaction.
PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE FASHION E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 Kusumawijaya, Ike Putri; Karyati, Cut Maisyarah
Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Vol 21, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis kualitas website dibutuhkan untuk pengembangan kualitas website fashion e-commerce di masa mendatang dan sebagai feedback agar mengetahui kekurangan dan kelebihan dari masing-masing website dari perspektif pengguna akhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis website fashion e-commerce menggunakan metode WebQual 4.0. Objek penelitian ini adalah satu website perusahaan fashion e-commerce di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data primer pada penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah daftar pertanyaan dengan pendekatan WebQual 4.0. Hasil analisis deskriptif untuk data penilaian kualitas terhadap setiap item pertanyaan. Kelompok pertanyaan paling tinggi meliputi reputasi yang baik, tampilan yang menarik, meningkatkan kompetensi atau persaingan, dan desain website sesuai dengan tipe website. Sebaliknya, kelompok pertanyaan yang memiliki nilai rendah meliputi nuansa komunitas, menciptakan rasa personal, informasi yang akurat, dan komunikasi dengan perusahaan. Kata kunci: Analisis Deskriptif, Fashion E-Commerce, Kualitas Website, Kuesioner, WebQual 4.0
PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE PADA TOKO TAWAZUN OUTDOOR DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS Zahra, Fidelia Savira; Mardhiyah, Iffatul
Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Vol 22, No 3 (2017)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi disebut sebagai e-commerce. Teknik sistematis yang biasa digunakan oleh marketing professional untuk menyatakan kesamaan antara produk individu atau kelompok produk pada penelitian ini adalah market basket analysis. Penelitan ini membahas tentang website e-commerce yang dirancang menggunakan DreamWeaver CS6 dan bahasa pemrograman PHP. Website E-commerce Tawazun Outdoor Online bertujuan mempermudah pengunjung untuk berbelanja di toko Tawazun Outdoor. Pemilik toko Tawazun Outdoor dapat menentukan barang restock (barang yang akan disediakan selanjutnya) dengan melakukan Market Basket Analysis agar lebih efisien. Website e-commerce Tawazun Outdoor Online terdiri dari halaman member dan halaman admin. Pembuatan website e-commerce Tawazun Outdoor Online terdiri dari proses perencanaan, analisa sistem, perancangan tampilan website, implementasi. Proses uji coba website e-commerce dilakukan dengan cara menguji setiap halaman website dengan metode pengujian white box. Website e-commerce ini dapat memudahkan pemilik toko Tawazun Outdoor dalam berjualan melalui internet dan untuk membantu menginformasikan barang yang harus disediakan pada hari berikutnya dengan halaman bestseller dengan menggunakan Market Basket Analysis. Kata Kunci: E-commerce, Market Basket Analysis, Website.
RANCANG BANGUN ABSENSI MAHASISWA MENGGUNAKAN SIDIK JARI PADA RASPBERRY PI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) SECARA REAL TIME Rachman, Rasyid Abdul; Haryatmi, Emy
Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Vol 23, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/ik.2018.v23i3.2371

Abstract

Absensi mahasiswa merupakan salah satu hal penting dalam perkuliahan. Absensi mahasiswa dengan sistem manual dapat menimbulkan masalah dalam proses pencatatan kehadiran mahasiswa. Beberapa masalah yang terjadi seperti, mahasiswa sering memanfaatkan kondisi dengan bekerjasama antara teman dalam melakukan kecurangan. Menyikapi permasalahan tersebut, penggunaan pemindai sidik jari (fingerprint) diperlukan untuk pencatatan kehadiran mahasiswa sehingga tidak dapat dimanipulasi. Perancangan absensi mahasiswa dengan menggunakan pemindai sidik jari menggunakan sensor fingerprint scanner ZFM-20 dan keluaran dari sensor tersebut diproses dalam raspberry pi. Keluaran dari raspberry pi ditampilkan pada LCD yang terhubung ke raspberry pi. Tampilan keluaran juga ditampilkan pada ponsel pintar dan web dengan menggunakan Internet of Things (IoT). Pada ponsel pintar dan web digunakan aplikasi untuk menampilkan absensi mahasiswa. Pada aplikasi terdapat kolom Keterangan yang menandakan kehadiran dari mahasiswa. Apabila mahasiswa melakukan absensi tepat waktu atau sebelum batas waktu yang telah ditentukan maka dinyatakan “Hadir” dalam kelas. Apabila mahasiswa yang telah melewati batas waktu yang telah ditentukan dan yang tidak masuk perkuliahan maka dinyatakan “Tidak Hadir”. Kolom Total Kehadiran merupakan rekap kehadiran mahasiswa dalam 1 semester. Total seluruh kehadiran adalah 14 pertemuan dalam 1 semester. Total kehadiran ini ditampilkan pada LCD, aplikasi pada ponsel pintar dan web.
PREDIKSI PERGERAKAN PENGGUNA MENGGUNAKAN PENDEKATAN GERAKAN TERMINAL BERGERAK Hadi, Muhammad; Prihandoko, Prihandoko
Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Vol 12, No 1 (2007)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan metode prediksi berdasarkan gerakan terminal bergerak yang digunakan untuk memprediksi pergerakan user mobile yang sedang bergerak untuk mengetahui proses selanjutnya, agar dapat disediakan sumber daya yang mencukupi untuk berlangsungnya komunikasi pada sel yang akan diuji tersebut. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan bahwa penggunaan pendekatan gerakan terminal bergerak dapat memberikan informasi yang cukup efektif dalam memprediksi arah gerakan terminal bergerak.Kata kunci : pergerakan, prediksi
THE DEVELOPMENT OF LOCATION BASED SERVICES MOBILE APPLICATION FOR PROVIDING HEALTH FACILITIES INFORMATION IN SOUTH JAKARTA Prasetyo, Dimas Bagus; Wulandari, Lily
Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Vol 23, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/ik.2018.v23i2.2352

Abstract

Location based services application for Android devices can help users to know the location of health facilities that are located in South Jakarta area quickly and efficiently. Through smartphone or Android-based mobile devices that have been connected to the Internet network, the user directly treated display a map showing the location of where users are located with a radius as a reference to show the location of the nearest health facilities of the location user. Software development model used to build applications in this research is a prototyping model. The steps taken include planning, data collection, requirement analysis, application design, implementation, and testing. Application testing has been done in two ways, namely using black box testing and user acceptance testing. The testing results of applications using black box testing performed on five Android mobile devices, and the results obtained show that the application can be run properly. Results obtained after rounding is 4.00, so it can be concluded that the user approve this application easy to use and can help in finding information about health facilities.
THE LATEST GEOGRAPHY INFORMATION SYSTEM (A REVIEW) Prananingrum, Lely
Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Vol 13, No 3 (2008)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Geographic Information System (GIS) is a management tools in the form of information with the help of computers which related tightly to mapping system and analysis of any events taken place on earth. GIS is not only presenting data, but also merging the user interface, thematic information system and mapping system based-on structure and network of road traffic. Furthermore, it has the capability of analysis of specific geographic and information for a certain location. The existing problem with GIS is that the interoperabilty among applications and data. One of the solution is using Geographic Markup Language, proposed by W3C. In this paper, benefits, use, and recent approach to GIS will be explained.Keyword(s): GIS, Mapping, Location, Map.Subject Description : H.2.Database Management | H.2.8.Database Application | Spatial databases and GIS
IMPLEMENTASI METODE EUCLIDEAN DISTANCE UNTUK EKSTRAKSI FITUR JARAK PADA CITRA SKELETON Jannah, Miftahul; Humaira, Nurul
Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Vol 24, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/ik.2019.v24i2.2368

Abstract

Gait adalah cara atau sikap berjalan kaki seseorang. Tiap orang memiliki cara berjalan yang berbeda, sehingga gerak jalan seseorang sulit untuk disembunyikan ataupun direkayasa. Analisis gait adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kemampuan atau cara bergerak manusia. Dalam bidang kedokteran, analisis gait digunakan untuk menentukan penanganan dan terapi bagi pasien rehabilitasi medik. Dalam penelitian ini digunakan fitur jarak pada citra skeleton. Ekstraksi fitur jarak pada citra skeleton menggunakan metode euclidean distance terbagi dalam  beberapa tahapan, dimulai dengan mengambil citra skeleton, konversi citra RGB menjadi citra Biner, proses menemukan titik koordinat dari titik akhir dan titik percabangan, dan ekstraksi fitur pada skeleton. Metode yang digunakan menghasilkan persentase tingkat keberhasilan sebesar 87.84%.
DEVELOPMENT OF CLUSTER-BASED VR-APPLICATIONS USING OPENSCENEGRAPH Wardijono, Bheta Agus; Löwen, Johann
Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Vol 14, No 2 (2009)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In this paper we will describe about a development the cluster-based VR-Applications using OpenSceneGraph. The OpenSceneGraph does not support cluster, so it is not possible to use the OpenSceneGraph without modifications for development of cluster-based VR-Applications. In this paper we will show how the OpenSceneGraph could be extended to be used for the development of cluster-based VR-ApplicationKeyword(s): OpenSceneGraph, CAVE, Cluster, VR-Applications, computer graphicsSubject description: I.3. Computer Graphic | I.3.7.Three-Dimensional Graphics and Realism | Virtual Reality
Aplikasi Sistem Informasi Keuangan Mahasiswa Pada Telepon Pintar Febriani, Febriani; Fauzi, Akhmad
Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Vol 20, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di zaman sekarang beberapa kendala sering dihadapi oleh mahasiswa dalam menuntut ilmu, salah satunya pengelolaan keuangan pribadi. Informasi pencatatan biaya pengeluaran serta pemasukan mahasiswa tiap hari yang kurang terkontrol, dapat  mengakibatkan mahasiswa yang memiliki pemasukan keuangan yang tidak besar dapat tidak menyadari bahwa pengeluaran biaya untuk memenuhi kebutuhan perkuliahannya tidaklah sedikit. Masalah tersebut menjadi landasan penelitian mengenai pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Keuangan Mahasiswa pada telepon pintar. Keberadaan aplikasi ini  dapat membantu mahasiswa dalam mengatur dan mencatat informasi keuangan, serta mengontrol kondisi keuangan, baik harian maupun periodik. Aplikasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL dan dapat dijalankan pada perangkat telepon pintar, sehingga mahasiswa dapat dengan mudah menggunakannya.  Kata kunci :  Aplikasi, Sistem Informasi Keuangan, mahasiswa, telepon pintar, MySQL, PHP  Nowadays, there are many obstructions faced by students in studying. One of them is the personal financial management. The less controlled of daily records of students’ receipts and expenditures results in the students, who have insignificant receipt, become unaware of their high tuition fee. The issue becomes the justification of creating the student’s financial information system application on smartphone. It is expected that the application can help students to manage and to record their financial information, as well as, to control their financial condition, either daily or periodically. The application is created with PHP programming language and MySQL data base and it can be applied to smartphones software so that the student can easily run it. Keywords: Application, Financial Information System, students, smartphone, MySQL, PHP

Page 1 of 19 | Total Record : 189