cover
Contact Name
Gusti Pandi Liputo
Contact Email
gusti@ung.ac.id
Phone
+6285240306708
Journal Mail Official
jnj@ung.ac.id
Editorial Address
Progrm Studi Ilmu Keperawatan, Kampus 1 Universitas Negeri Gorontalo | Jl. Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo.
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Nursing Journal
ISSN : 26542927     EISSN : 26564653     DOI : 10.37311/jnj
Core Subject :
The Jambura Nursing Journal (JNJ) provides an open access facility for article content that is published with the principle of making research available for free to the public in order to support global scientific exchange. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics, including: Nursing Basic, Management Nursing, Nursing Medicals Surgery, Nursing Critical, Nursing Community, Nursing Psych, Nursing Geriatric, Nursing Family, Nursing Maternity, Health Women, Nursing Children, Education in Nursing, Midwifery, Psychology, Promotion Health, Health Work.
Arjuna Subject : -
Articles 31 Documents
Caring Perawat di RSUD Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo Ilham, Rosmin
Jambura Nursing Journal Vol 2, No 2: July 2020
Publisher : Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Olahraga & Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jnj.v2i2.8104

Abstract

Caring adalah sikap peduli, menghormati dan menghargai orang lain. Caring sangat dibutuhkan dalam tatanan layanan keperawatan, karena caring inti dari praktik keperawatan. Caring perawat merupakan perilaku perawat yang ditunjukan kepada pasien dalam memberikan asuhan keperawatan seperti memberi rasa nyaman, perhatian, peduli, terampil, memberi sentuhan, memenuhi kebutuhan pasien, serta mengunjungi pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran caring perawat di RSUD Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap (interna kelas 1 dan 2, interna kelas 3, bedah, VIP, anak, dan ICU) di RSUD Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo yang berjumlah 247 responden. Sampel penelitian berjumlah 153 responden dengan teknik sampling propotional stratified sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak 109 responden (71,2%) caring perawat tinggi dan sebanyak 44 responden (28,8%) caring perawat rendah. Kesimpulannya sebagian besar caring perawat di RSUD Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo tinggi. Saran bagi perawat perlu ditingkatkan lagi penerapan caring perawat dalam melakukan pelayanan terhadap pasien dan juga bisa dijadikan sebagai acuan untuk evaluasi kinerja perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien minimal 6 bulan sekali.
Faktor yang Berhubungan Dengan Makrosomia Dungga, Elvie Febriani; Husain, Sri Wahyuni
Jambura Nursing Journal Vol 1, No 2: July 2019
Publisher : Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Olahraga & Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jnj.v1i2.2493

Abstract

Makrosomia merupakan salah satu penyulit persalinan dan dapat menimbulkan komplikasi bagi ibu maupun bayi. Insidensi makrosomia rata-rata 0,2-2% dari seluruh kelahiran dengan sehingga perlu adanya deteksi dini penyebab kelahiran bayi makrosomia. Tujuan penelitian mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan makrosomia di RSUD Toto Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian deskriptif observasional. Jumlah populasi 32 ibu dengan kelahiran bayi makrosomia dan sampel sebanyak 32 responden secara total sampling. Data dikumpul melalui hasil wawancara ibu yang melahirkan bayi makrosomia di RSUD Toto Kecamatan Tilongkabila pada tahun 2016. Hasil penelitian menunjukkan, dari 100% responden, 56,2% ibu berusia 31 tahun, 81,2% ibu dengan status multiparitas, 100% kehamilan ibu cukup bulan (37-40 minggu), 96,9% ibu mengalami penambahan berat badan berlebih tidak sesuai IMT ibu sebelum hamil, 59,4% ibu tidak memiliki riwayat melahirkan bayi makrosomia sebelumnya, 96,9% ibu tidak memiliki riwayat melahirkan bayi makrosomia dalam keluarga (genetik), 100% ibu tidak menderita Diabetes Mellitus, 68,8% bayi makrosomia yang lahir berjenis kelamin laki-laki. Disarankan agar meneliti lebih dalam salah satu faktor yang berhubungan dengan makrosomia sehingga dapat menjelaskan lebih rinci mengapa faktor tersebut berhubungan dengan kejadian makrosomia
Analisis Hubungan Kepatuhan Mengontrol Faktor Risiko Kardiovaskuler Dengan Kejadian Infark Miokard Akut Rekuren Ibrahim, Sri A; Moonti, Febrianti; Simbala, Feibiyanti
Jambura Nursing Journal Vol 2, No 1: January 2020
Publisher : Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Olahraga & Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jnj.v2i1.4480

Abstract

Infark Miokard Akut (IMA) merupakan salah satu penyakit kardiovaskuler yang memberikan sumbangsi kematian secara tiba-tiba yang cukup banyak. Kejadian infark miokard akut dapat terjadi berulang yang dapat meningkatkan morbiditas dan mortalitas. Pasien yang pernah mengalami serangan infark miokard akut 50% kemungkinan akan mengalami infark miokard akut recurrent akibat pasien tidak patuh mengontrol faktor resiko kardiovaskuler. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan kepatuhan mengontrol faktor resiko kardiovaskuler dengan kejadian infark miokard akut rekuren di kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien infark miokard akut di RSUD Prof H. Aloe Saboe dan RS Bunda Kota Gorontalo dengan jumlah sampel sebanyak 30 dengan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling. Sampel infark miokard akut kemudian ditelusuri kepatuhan sampel dalam mengontrol faktor resiko kardiovaskuler seperti tekanan darah, gula darah, profil lipid, olahraga, kebiasaan merokok dan berat badan. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif kuantitatif memakai analisis chi square berdasarkan data yang telah diperoleh. Hasil yang dicapai adalah ada hubungan yang signifikan antara kepatuhan mengontrol faktor resiko kardiovaskuler berupa tekanan darah dengan kejadian IMA rekuren dengan P value 0,000, kadar glukosa darah dengan kejadian IMA rekuren dengan P value 0,001 dan kadar kolesterol dengan kejadian IMA rekuren dengan P value 0,000. Disarankan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terutama penderita yang telah mengalami IMA untuk selalu mengontrol faktor resiko kardiovaskuler sehingga dapat mencegah terjadinya IMA yang rekuren.
Hubungan Kecemasan Terhadap Produksi ASI Ibu Dengan Persalinan Seksio Sesaria Wulansari, Ika; Hafid, Ridha; Paramata, Nanang Roswita; Darmayanti, Erni
Jambura Nursing Journal Vol 2, No 2: July 2020
Publisher : Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Olahraga & Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jnj.v2i2.8103

Abstract

Menyusui merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk memberikan nutrisi dan menjaga kesehatan bayi. Pemberian ASI eksklusif juga mampu mengurangi angka kesakitan dan kematian bayi namun saat ini pemberian ASI eksklusif masih rendah presentasinya, Produksi ASI yang tidak mencukupi kebutuhan bayi akan menyebabkan kegagalan pemberian ASI eksklusif. Salah satu faktor penyebab berkurangnya produksi ASI pada ibu postpartum adalah kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan terhadap produksi ASI ibu dengan persalinan seksio sesaria di Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional, yang melibatkan 30 orang responden pasca operasi seksio sesaria di Kota Gorontalo. Hasil uji statistic chi-square menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecemasan ibu postpartum terhadap produksi ASI dengan nilai p value 0,000. Hasil ini membuktikan bahwa kecemasan merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi produksi ASI ibu menyusui.
Pengaruh Stretching Exercise Terhadap Penurunan Skala Nyeri Sendi Lutut Pada Pasien Osteoartrtis Monayo, Edwina R; Akuba, Fenti
Jambura Nursing Journal Vol 1, No 1: January 2019
Publisher : Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Olahraga & Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jnj.v1i1.2074

Abstract

Osteoartritis merupakan suatu penyakit sendi degeneratif yang terjadi karena proses inflamasi kronis pada sendi dan tulang sekitar sendi. Salah satu penatalaksanaan non Farmakologi yaitu dengan stretching exercise. Stretching Exercise dapat mengurangi nyeri sendi lutut dengan mengunakan tekhnik latihan gerakan tubuh baik secara aktif maupun pasif. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Stretching Exercise Terhadap Penurunan Skala Nyeri Sendi Lutut pada Pasien Osteoartritis. Jenis penelitian adalah pra eksperiment dengan pretest and postest one group design. Penelitian dilaksanakan Di Puskesmas Kota Selatan Kota Gorontalo. Populasi seluruh pasien Osteoartritis di Puskesmas Kota Selatan Kota Gorontalo dengan Jumlah sampel yang diperoleh dari tekhnik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh stretching exercise terhadap penurunan skala nyeri sendi lutut pada pasien Osteoartritis dengan p-value (0,000) ? (0,05). Saran diharapkan agar terapi ini dapat diberikan dalam upaya pencegahan serta penanganan nyeri sendi lutut atau gangguan muskuloskeletal.
Dressing Madu Pada Perawatan Diabetic Foot Ulcers Pratama, Eka Firmansyah; Rochmawati, Erna
Jambura Nursing Journal Vol 1, No 2: July 2019
Publisher : Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Olahraga & Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jnj.v1i2.2475

Abstract

Diabetes mellitus (DM) atau disebut diabetes saja merupakan penyakit gangguan metabolik menahun akibat pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang di produksi secara efektif. Madu adalah cairan kental manis yang dihasilkan oleh lebah, bahan ini telah lama di gunakan sebagai obat dan penelitian yang dilakukan pada penelitian dekade terakhir telah menunjukkan manfaat yang besar dari madu. Tujuan review untuk mengkaji lebih lanjut pengaruh penggunaan madu dalam pertumbuhan jaringan baru (granulasi) pada luka, khususnya DFU. Metode pencarian artikel yang relevan menggunakan database PubMed dan search engine Google Schoolar. Hasil tujuh artikel masuk dalam tinjauan literatur.  Penggunaan madu telah terbukti dapat menyembuhkan luka diebetik serta memperpendek periode pengobatan. Efek anti bakteri dari madu dapat membantu mengatasi infeksi pada luka dan anti inflamasinya dapat mengurangi nyeri serta meningkatkan sirkulasi yang berpengaruh pada proses penyembuhan. Kesimpulan: dressing menggunakan madu lebih aman dan lebih efektif untuk perawatan DFU juga memperpendek periode pengobatan, meningkatkan tingkat pembersihan bakteri dan mengurangi resiko amputasi.
Hubungan Pola Makan Dan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Obesitas Pada Anak Dungga, Elvie Febriani
Jambura Nursing Journal Vol 2, No 1: January 2020
Publisher : Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Olahraga & Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jnj.v2i1.4477

Abstract

Obesitas merupakan masalah kesehatan yang penting, selain karena merupakan faktor risiko timbulnya penyakit kronis degenerative dikemudian hari, obesitas juga sudah banyak menimbulkan masalah pada usia anak dan remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola makan dan aktivitas fisik dengan kejadian obesitas di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode observasional analitic melalui pendekatan Cross Sectional. Populasi sebanyak 150 orang. Sampel penelitian sebanyak 121 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian pada analisa bivariat menunjukan bahwa ada hubungan antara pola makan dan aktivitas fisik (P-Value=0,000), dengan kejadian obesitas pada anak di SD Labratorium Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Diharapkan pada pihak sekolah agar memperhatikan status gizi siswa/siswi, karena status gizi yang buruk akan berdampak negatif bagi kondisi kesehatan anak.
Pengaruh Stimulasi Al-Qur'an Terhadap Glasgow Coma Scale Pasien Dengan Penurunan Kesadaran di Ruang ICU Yusuf, Zuhriana K; Rahman, Asriyanto
Jambura Nursing Journal Vol 1, No 1: January 2019
Publisher : Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Olahraga & Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jnj.v1i1.2073

Abstract

AbstrakPasien dengan penurunan kesadaran masih tinggi angka kejadiannya. Salah satu terapi untuk menangani pasien dengan penurunan kesadaran adalah dengan pemberian stimulasi Al-Quran. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh stimulasi Al-Quran terhadap Glasgow Coma Scale pasien dengan penurunan kesadaran diruang Intensive Care Unit (ICU). Jenis penelitian Pre Experiment dengan one grup pre-post test design. Populasi adalah pasien dengan penurunan kesadaran sebanyak 14 pasien. Sampel berjumlah 10 pasien dengan teknik non probability sampling jenis accidental sampling. Data dikumpul melalui observasi, pengukuran Glasgow Coma Scale sebelum dan sesudah intervensi. Dianalisis dengan uji T berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai Glasgow Coma Scale antara sebelum dan setelah pemberian stimulasi Al-Quran dengan hasil uji komputerisasi T Berpasangan didapatkan nilai P value = 0,003 yang lebih kecil dari ? = 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh stimulasi Al-Quran terhadap Glasgow Coma Scale pasien dengan penurunan kesadaran di ruang Intensive Care Unit (ICU).
Gambaran Mental Health Inventory (MHI) Pada Perawat di RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango Soeli, Yuniar Mansye; Mokodompit, Yuni Astuti
Jambura Nursing Journal Vol 2, No 1: January 2020
Publisher : Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Olahraga & Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jnj.v2i1.6862

Abstract

Masalah kesehatan jiwa dapat diketahui melalui beberapa cara diantaranya adalah dengan MHI (Mental Health Invetory). Kesehatan jiwa menurut MHI (Mental Health Invetory) dibagi menjadi psycological well being dan psycohological distress. Psycological being/kesejahteraan mental menggambarkan life satisfaction, emotional ties dan general positive effect sedangkan Psycohological distres/mental distress menggambarkan kesehatan jiwa seseorang dalam tekanan. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran mental health inventory (MHI) pada Perawat di RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain Survey Deskriptif. Sampel 149 orang yang didapatkan dengan teknik Total sampling. Analisis data menggunakan analisisi unvariat. Hasil penelitian didapatkan perawat di RSUD Toto Kabila sebagian besar atau sebanyak 95 perawat (63,8%) memiliki kesehatan mental pada kategori kesejahteraan psikologis dan hanya sebagian kecil atau 54 perawat (36,2%) yang memiliki kategori tekanan psikologis.
Pengaruh Penyeluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan Masyarakat Menghadapi Bencana Banjir Yusuf, Zuhriana K; Kurnia Mangile, Feliks
Jambura Nursing Journal Vol 1, No 2: July 2019
Publisher : Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Olahraga & Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jnj.v1i2.2425

Abstract

Banjir merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di Gorontalo. Pada tahun 2013-2016 Gorontalo mengalami 56 kejadian bencana banjir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan masyarakat menghadapi bencana banjir di Desa Permata Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental design dengan jenis rancangan One Group Pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 140 orang kepala keluarga, sampel sebanyak 30 orang dan pengambilan sampel menggunakan cara non probability sampling jenis purposive sampling. Teknik analisa data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan penyuluhan, tingkat pengetahuan masyarakat dikategorikan cukup (54,12%), setelah diberikan penyuluhan, tingkat pengetahuan masyarakat dikategorikan baik (77,51%), dan setelah dilakukan uji wilcoxon di peroleh hasil nilai z -4.839 dan nilai p-value =0,000 (α 0.05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan masyarakat di Desa Permata Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Diharapkan lebih meningkatkan kerja sama antara dinas kesehatan dengan badan penanggulangan bencana daerah dalam melakukan sosialisasi kepada masyarkat tentang kesiapsiagaan bencana banjir.

Page 1 of 4 | Total Record : 31