cover
Contact Name
Firda Zulivia Abraham
Contact Email
fird007@kominfo.go.id
Phone
-
Journal Mail Official
fird007@kominfo.go.id
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan
ISSN : 14108283     EISSN : 2527693X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Journal of Press Research and Development Communicatarion is a journal aims to be a leading peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on Communication and Informatics as well as related topics that has neither been published elsewhere in any language, nor is it under review for publication anywhere
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 18 No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan" : 5 Documents clear
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) OLEH RUMAH TANGGA UNTUK KEHIDUPAN SEHARI-HARI Misbahruddin, A
Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan Vol 18 No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan
Publisher : Balai Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1898.685 KB)

Abstract

Research of Information and Communication Technology (ICT) utilization by the household for daily activity beheld at South Kalimantan, Central Kalimantan and Central Sulawesi. The Research objective to knowing the ICT (utilization) by household to daily activity. This research using descriptive method, with the location be determined purposively. For South Kalimantan, research location at Banjarmasin City, Balangan Regency, South Hulu Sungai Regency, Kotabaru Regency, for Central Kalimantan is a: Palangkaraya City, East Kotawaringin Regency, East Barito Regency. For Central Sulawesi research location at: Palu City Donggala Regency, Poso Regency, and Buol Regency. The respondents determining with disproportional strata sampling, that is a some society were living at selected of RT/RW as much as 704 people, whoâ??s selected by the random house each 8 homes, using the systematic sampling with 8 people in every RT. The research result showing the ICT utilization for daily activity very varies, among other for search social society information, health, opening the social networking services, learning activity, sent and received email, downloading movie, music, listening the music, and all. But in term of the ICT ownership, mainly not have the ICT access. So that to can accessing the internet at office, school, friend house, family house, internet café, and through mobile phone. The Local Government should be provide the free internet access to society to can accessing daily life information. Keyword : Utilization, Internet, Daily activity Penelitian pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh rumah tangga untuk kehidupan sehari-hari berlokasi di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tengah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan TIK (Internet) oleh rumah tangga untuk kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif, dengan lokasi ditentukan secara purposif, untuk Kalimantan Selatan: Kota Banjarmasin. Kabupaten  alangan,Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Tengah: Kota Palangkaraya Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Barito Timur. Sulawesi Tengah: Kota Palu. Kabupaten Donggala, Kabupaten Poso dan Kabupaten Buol. Responden ditentukan secara sampling strata disprosional yaitu masyarakat yang tinggal di RT/RW terpilih sebanyak 704 orang, yang dipilih secara acak masing-masing 8 Rumah Tangga (RT) menggunakan teknik systematic sampling dengan rincian masing-masing RT 8 orang. Hasil penelitian menunjukan pemanfaatan TIK untuk kehidupan sehari-hari sangat bervariasi, antara lain untuk mencari informasi masalah sosial kemasyarakatan, mencari informasi mengenai kesehatan, membuka situs jejaring sosial, melakukan aktivitas belajar, mengirim dan menerima email, mengundul film, music, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Namun dari segi kepemilikan TIK sebagian besar belum memiliki. Sehingga untuk keperluan akses internet lebih banyak dilakukan di tempat lain seperti kantor, sekolah/kampus, rumah teman, rumah saudara, warung internet (Warnet) dan melalui telepon selular. Hendaknya pemerintah daerah, dalam hal ini instansi terkait menyediakan fasilitasi internet secara gratis bagi masyarakat untuk mengakses berbagai informasi untuk menunjang kehidupan sehari-hari.Kata kunci : Pemanfaatan, Internet, Kehidupan Sehari-hari
SOSIALISASI UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG ITE OLEH PEMERINTAH JAWA BARAT Sumiaty, Noneng; Syaidah, Syaidah
Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan Vol 18 No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan
Publisher : Balai Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1732.681 KB)

Abstract

This Research be held at ten city and regency on West Java Province. This study aims to determine the attitude of Local Government in the implementation, barriers and solutions about the ITE Law socialization.This research method is descriptive qualitative approach. Technique Data collected through observation, depth interviews with key informants, namely the Regional Officer or a representative who knows about the socialization of the ITE Law.The results showed that the attitude of the West Java Regional Government on the implementation of socialization, when viewed from the aspect of understanding, aspects of interest and awareness of the importance of socialization, expressed understanding, interest and was well aware that the ITE Law socialization is very important. Only two areas that have been carried out socialization. Barriers in socialization, lack of stakeholder-led policy makers and policy-making, and the absence of a special fund allocation. The solution is to send a representative from the Region to participate in the Central or Provincial socialization and prepare materials and a special fund to socialize UU ITE.Keywords: Socialization, UU ITE, Local Government. Penelitian ini dilakukan di sepuluh kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan mengetahui sikap Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan, hambatan dan solusinya tentang sosialisasi UU ITE. Metode penelitian ini bersifat deskriptif melalui pendekatan kualitatif, teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam kepada informan kunci, yaitu para Pejabat Daerah atau yang mewakili yang mengetahui tentang sosialisasi UU ITE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap Pemerintah Daerah Jawa Barat terhadap pelaksanaan Sosialisasi, bila dilihat dari aspek pemahaman, aspek ketertarikan dan kesadaran terhadap pentingnya pelaksanaan sosialisasi, menyatakan paham, tertarik dan sadar betul bahwa sosialisasi UU ITE sangat penting.Sejauh ini hanya dua daerah yang telah melaksanakan sosialisasi. Solusinya dengan mengirim perwakilan dari Daerah untuk ikut sosialisasi di Pusat atau Propinsi dan menyiapkan materi dan dana khusus untuk sosiali UU ITE.Kata Kunci: Sosialisasi, UU ITE, Pemerintah Daerah
PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG DAMPAK ISI ULANG PULSA DI ATM TERHADAP UMKM PENJUAL PULSA SELULER Hamjen, Hilarion
Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan Vol 18 No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan
Publisher : Balai Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.872 KB)

Abstract

This research was conducted in the city of Palangkaraya in Central Borneo and city of Banjarbaru in South Borneo in order to describe the perception of public, especially in the city of Palangkaraya and the city of Banjarbaru about the Impact of Pulse Top up by ATM to the SMEs mobile pulse seller. The research was conducted by survey method and quantitative approach, while the sampling technique used was quota sampling and quantitative descriptive analysis performed. The results showed the less Impact of Pulse Top  up by ATM to the SMEs mobile pulse seller because Pulse Top up by ATM have certain customer segment.However, the pulse top up by ATM economically very positive impact for the people, eventhough its needs long time transistion of pulse top up SMEs to the ATM. According to the most of people and SMEs need regulation and oversight to create more conductive business for SMEsKeywords : Impact, SMEs, Mobile Pulse Seller, Top Up Pulse, ATM  Penelitian ini dilakukan di kota Palangkaraya Kalimantan Tengah dan kota Banjarbaru Kalimantan Selatan dengan tujuan untuk menggambarkan persepsi masyarakat khususnya di kota Palangkaraya dan kota Banjarbaru tentang dampak isi ulang pulsa di ATM terhadap UMKM penjual pulsa seluler. Penelitian dilakukan dengan metode survey dan pendekatan kuantitatif sementara teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling dan analisa dilakukan secara deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi ulang pulsa seluler di persepsikan kurang berdampak terhadap UMKM penjual pulsa seluler dikarenakan isi ulang pulsa di ATM maupun isi ulang pulsa di kios pulsa memiliki segmen pelanggannya masing-masing. Namun demikian dengan adanya isi ulang pulsa di ATM sangat berdampak positif secara ekonomi bagi masyarakat meskipun peralihannya dari kios pulsa ke ATM atau pola pembelian pulsa berlangsung dalam waktu yang lama. Menurut sebagian besar masyarakat dan pelaku UMKM penjual pulsa seluler bahwa perlu pengawasan dari pemerintah untuk menciptakan iklim usaha yang lebih kondusif bagi UMKM penjual pulsa seluler.Kata Kunci: Dampak, UMKM, Penjual Pulsa, isi ulang pulsa, ATM
MASYARAKAT TERHADAP DEBAT CALON PRESIDEN/WAKIL PRESIDEN TAHUN 2014 MELALUI TELEVISI DI KABUPATEN SUBANG JAWA BARAT Suryana, Nana
Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan Vol 18 No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan
Publisher : Balai Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.623 KB)

Abstract

This research focus on Subang Regency, West Java Province. This research objective is to knowing, discuss, and descripting about society appreciation of President/Vice President debates on television. This research using descriptive analytical with quantitative approach and supported by qualitative approach, the data collection technique using questionnaire, depth interview, literature study, and observation at research location. The result, majority of respondent classified as productive ages who has a fairy high political sensitivity. The agree and have need of President/VP debates show at television, although the debates show have a short running time, but the effect can increase the knowledge and insight about 2014 election, and can grow awareness and political maturity, can knowing the figure and debates topic to needed by society, include the work program and political appointments, knowing political image, popularity and capability of President/VP candidates. To popularity, closely related with electability but not can get the electability automatically, because one of candidate not have the popularity but they have the electability. Therefore the debates show need to be scheduled, not only at during campaign season, can be scheduled out of campaign season yet.Keyword: appreciation, debates candidate, popularity, electability Penelitian ini berfokus di Kabupaten Suang, Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui, membahas dan mendeskripsikan tentang apresiasi masyarakat terhadap acara debat Capres/Cawapres melalui televisi. Penelitian ini sifatnya deskriptif analitis dengan pendekatan kuantitaif ditunjang kualitatif yang dipusatkan di  Kabupaten Subang Jawa Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, wawancara mendalam, studi kepustakaan dan pengamatan langsung di lapangan. Hasilnya, sebagian besar responden tergolong usia produktif yang memiliki kepekaan terhadap dunia politik cukup tinggi. Mereka setuju dan perlu dengan acara debat Capres/Cawapres melalui televisi, alasannya walaupun acara debat waktunya pendek, tapi efek (manfaat) nya dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang Pilpres 2014, serta dapat menumbuhkan kesadaran dan kedewasaan berpolitik. Kemudian dapat mengetahui figur dan tema debat yang dibutuhkan masyarakat, termasuk di dalamnya program kerja dan janji politik. Selanjutnya mengetahui pula tentang citra politik, popularitas dan kapabilitas, popularitas dan elektabilitas Capres/Cawapres. Untuk popularitas erat sekali kaitannya dengan elektabilitas, tapi tidak otomatis memperoleh elektabilitas, sebab yang memiliki popularitas tidak otomatis memperoleh elektabilitas, sebab kenyatannya ada yang tidak memiliki popularitas tapi memperoleh elektabilitas. Untuk itu acara debat perlu diagendakan, tidak hanya diselenggarakan pada musim kampanye pilpres, tapi juga dapat dilaksanakan di luar musim kampanye.Kata kunci : apresiasi, debat kandidat, popularitas, elektabilitas
PEMANFAATAN TWITTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI MASSA Abraham, Firda Zulivia
Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan Vol 18 No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan
Publisher : Balai Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1938.511 KB)

Abstract

Research of Twitter Utilization as media of mass communication be held at Banjarmasin City and Banjarbaru City onSouth Kalimantan, and at Palangkaraya City at Central Kalimantan. The Research objective is to know who function is and utilization of social networking services as media of mass communication and how to form of the communication has made from communication media who is formatted caused by innovation of technology. This research with descriptive, be held with qualitative approach with depth interview with the admin twitter account who have a choice and be held the observation againts that accounts during three months started on August until October 2013.The Research objective showed five twitter account with the most number of followers who's helped with twitter to mass of communication. The communication pattern has founded is a pattern of hybrid communication who depend on interactivity and cannot be limited by time and location. It's have different against pattern of communication hybrid from five account. Indonesia is a country with the most of twitter user, Ministry should be pushing the twitter, to registered twitter with .id domain, in order twitter can be easy to accessing in Indonesia.Keyword : utilization, twitter, hybrid media, mass communication, SNS Penelitian pemanfaatan twitter sebagai media komunikasi massa dilakukan di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan, serta di Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana fungsi dan pemanfaatan jejaring sosial sebagai media komunikasi massa dan bagaimana pola komunikasi yang tercipta dari media komunikasi yang terbentuk akibat innovasi teknologi tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif, dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam dengan admin akun twitter yang berhubungan dan dilakukan observasi terhadap akun-akun tersebut selama tiga bulan mulai dari Agustus hingga Oktober 2013. Informan dipilih dengan metode purposive sampling dengan Judgment Sampling, lalu dipilih akun dengan jumlah followers lebih dari 10,000 sejak bulan Maret 2013. Hasil penelitian menunjukan ada lima akun dengan jumlah followers terbanyak yang terbantu akan twitter untuk berkomunikasi secara massa. Pola komunikasi yang ditemukan juga adalah pola komunikasi hibrida yang mengandalkan interaktivitas tinggi serta tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Terdapat perbedaan pola komunikasi hibrida pada lima akun terbesar di wilayah Kalselteng tersebut. Tingginya penggunaan twitter hendaknya kominfo mendesak untuk mendaftarkan domain dengan domain .id agar twitter dapat mudah diakses di Indonesia.Kata kunci : pemanfaatan, twitter, media hibrida, komunikasi massa, jajaring sosial

Page 1 of 1 | Total Record : 5