cover
Contact Name
Muhammad Arif
Contact Email
muhammadarif@fis.uir.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
syarikat@journal.uir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 26543923     EISSN : 26216051     DOI : -
Core Subject : Economy,
SYARIKAT : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah meliputi hasil penelitian dan non-penelitian (kajian teoritis, aplikasi teori dan review) tentang masalah-masalah keilmuan yang tergabung dalam rumpun ekonomi syariah.
Arjuna Subject : -
Articles 44 Documents
Sistem Pengupahan Buruh Bongkar Muat di Pelabuhan Wira Indah Pekanbaru Menurut Perspektif Ekonomi Islam Nuraini, Putri
Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Syarikat
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sistem pengupahan yang tidak terlepas dari adanya keterkaitan antara pengusaha dengan para pekerja/buruh. Buruh yang bekerja sudah tentu mengharapkan upah dari hasil kerjanya, begitu juga dengan buruh bongkat muat di Pelabuhan Wira Indah Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Tanjung Batu Kelurahan Pesisir Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru Riau. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem pengupahan dan perspektif Ekonomi Islam terhadap sistem pengupahan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Analisa data bersifat deskriptif, setelah data yang diperlukan diperoleh, lalu data tersebut dikelompokkan dan diuraikan sesuai dengan jenisnya dan dianalisa dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam sistem pengupahan buruh bongkar muat menggunakan sistem upah borongan perkapal. Dalam pengupahan ini tidak terdapat standarisasi yang diterapkan oleh pelabuhan. Hal ini mengakibatkan para pekerja/buruh dalam menerima upah masih dikatakan masih belum mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Menurut Ekonomi Islam, sistem pengupahan ini belum memenuhi hukum syariah, karena dalam syariat Islam setiap majikan berkewajiban untuk menetapkan upah minimum/ standar upah bagi para pekerjanya agar dapat memenuhi kebutuhan hidup layak.
Perspektif Ekonomi Syariah Tentang Peranan Bank Sampah Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Tempatan Bakhri, Boy Syamsul
Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Syarikat
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peranan bank sampah terhadap kesejahteraan  masyarakat tempatan dan bagaimana perspektif ekonomi syariah terhadap fenomena tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana peranan bank sampah terhadap kesejahteraan masyarakat tempatan dan bagaimana perspektif ekonomi syariah terhadap fenomena tersebut. Dalam menganalisis data kuantitatif digunakan analisis regresi linear sederhana dimana proses perhitungannya menggunakan SPSS for Windows versi 23,0. Sampel penelitian ini sebanyak 42 orang masyarakat tempatan yang menjadi nasabah dan pekerja dibank sampah yang ada di sekitar tempat tinggal mereka. Dari hasil penelitian ini diketahui peranan peranan bank sampah terhadap kesejahteraan masyarakat tempatan memiliki hubungan yang sangat erat, ini diketahui dari nilai koefisien korelasi sebesar 90,1%. Sedangkan hasil uji parsial menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara peranan bank sampah terhadap kesejahteraan masyarakat tempatan, ini diketahui dari nilai thitung (13.164) lebih besar dari ttabel (1,684) ini berarti secara parsial dapat diketahui bahwa variabel X (peranan bank sampah) berpengaruh terhadap variabel Y (kesejahteraan masyarakat tempatan). Dari perspektif ekonomi syariah, masyarakat tempatan telah memiliki kesejahteraan moral, kesejahteraan spiritual, dan kesejahteraan sosial. Sedangkan kesejahteraan material belum terpenuhi.
Persepsi Masyarakat Terhadap Akad Jual Beli Online Perspektif Ekonomi Syariah Astuti, Daharmi
Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Syarikat
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi maraknya perkembangan sistem teknologi informasi melalui media elektronik dan media sosial. Perkembangan sistem ini juga menambah sistem dan model akad transaksi jual beli. Dalam transaksi tersebut di satu sisi memberi kemudahan dan efisiensi, akan tetapi di sisi yang lain akad transaksi jual beli online menimbulkan berbagai permasalahan yang bertentangan dengan prinsip Ekonomi Syariah. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengkaji persepsi masyarakat terhadap akad jual beli online dilihat dari sudut pandang Ekonomi Syariah. Penelitian ini dikhususkan kepada persepsi ibu-ibu majelis taklim BKMT Kota Pekanbaru untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap akad jual beli online, karena mereka merupakan entitas masyarakat yang cenderung menggunakan transaksi akad jual beli online. Hasil penelitian menunjukkan tanggapan responden mengenai persepsi masyarakat terhadap akad jual beli online perspektif Ekonomi Syariah  di BKMT Kota Pekanbaru menyatakan  “setuju” dengan persentase 42,78%. Maka dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat terhadap akad jual beli online  di BKMT Kota Pekanbaru dapat dikatakan “cukup baik”. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi model transaksi akad jual beli yang aktual, dan dapat menjadi rujukan/referensi akad jual beli online yang sesuai menurut pandangan Islam.
Pengaruh Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Pegadaian (Persero) Syariah Unit Tanah Merah Cabang Pegadaian Soebrantas Zulkifli, Zulkifli
Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Syarikat
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lembaga keuangan syariah yang mengatur keuangan masyarakat salah satunya adalah Pegadaian Syariah. Pelayanan merupakan syarat utama bagi kelangsungan hidup bagi suatu perusahaan. Dengan pelayanan yang baik serta kenyamanan yang diberikan kepada nasabah dapat menentukan laju pertumbuhan suatu perusahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh pelayanan karyawan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Unit Tanah Merah Cabang Pegadaian Soebrantas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelayanan karyawan terhadap kepuasan nasabah. Metode penelitian adalah jenis penilitian kausalitas. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT. Pegadaian Syariah Unit Tanah Merah berjumlah 1,436 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan random sampling yaitu mengambil secara acak sebanyak 94 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisa data digunakan metode deskriptif kuantitatif. Dalam menganalisa data kuantitatif digunakan  analisis regresi linier sederhana dimana proses perhitungan menggunakan SPSS For windows Versi 16.0. Hasil penelitian diketahui dari hasil uji parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan karyawan terhadap kepuasan nasabah. Ini diketahui dari tingginya tingkat signifikan sebesar 11,417 dan diketahui  nilai koefisien korelasi sebesar 0,766 atau 76.6% sehingga memiliki hubungan yang kuat. Kesimpulan terdapat kontribusi antara pelayanan karyawan terhadap kepuasan nasabah. Diketahui besaran nilai koefisen determinasi sebesar 0,586 atau 58,6% dan sisanya 41,4% tidak termasuk dalam penelitian ini, jadi pengaruh pelayanan karyawan terhadap kepuasan nasabah sehingga memiliki hubungan yang kuat.
Pembiayaan Pinjaman Lunak Usaha Kecil Ikan Patin dengan PT. Telkom Pekanbaru Melalui Mitra Binaan Menurut Ekonomi Islam Melina, Ficha
Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Syarikat
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Telkom Pekanbaru dengan usaha kecil ikan patin di Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Adapun tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembiayaan pinjaman lunak yang dilakukan oleh PT. Telkom Pekanbaru dengan usaha kecil ikan patin di Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar melalui Mitra Binaan, Dampak pembiayaan pinjaman lunak yang dilakukan PT. Telkom Pekanbaru dengan Mitra Binaan usaha kecil ikan patin di Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, serta untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap Kemitraan PT. Telkom Pekanbaru dalam membina Usaha Kecil ikan patin di Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan yaitu purposive sampling yang mana populasi dan sampel berjumlah 31 orang dimana 1 (satu) orang dari pihak PKBL PT. Telkom dan 30 Orang dari pengusaha ikan patin. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan pembiayaan pinjaman lunak yang dilakukan PT. Telkom Pekanbaru dengan Mitra Binaan usaha kecil ikan patin di Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar adalah dalam bentuk pemberian modal, melakukan pengawasan, pengarahan, dan pembinaan. Dampak dari pembiayaan pinjaman lunak  yang dilakukan antara PT. Telkom Pekanbaru dengan Pengusaha Kecil Ikan Patin  berdampak positif,  dimana pengusaha kecil ikan patin dapat terbantu dalam pengembangan usahanya. Hal ini diketahui dari jumlah pendapatan dan kondisi usaha ikan patin yang semakin berkembang dengan adanya kerjasama dari PT. Telkom Pekanbaru. Dalam ekonomi Islam, pembiayaan pinjaman lunak yang dilakukan oleh PT. Telkom Pekanbaru dalam membina usaha kecil ikan patin mitra binaannya dibolehkan dalam Islam dengan prinsip tolong menolong, saling membutuhkan dan saling menguntungkan
PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH JAMAAH UMROH PADA PT. ARMINAREKA PERDANA PERWAKILAN PEKANBARU Permata, Lolyta
Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Syarikat
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya jumlah jamaah haji dan umroh dalam suatu biro haji dan umroh hal ini menjadi faktor yang sangat penting, maka untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan promosi yang dapat meningkatkan jumlah jamaahnya. Pada dasarnya suatu promosi dilakukan untuk menyampaikan sesuatu. Promosi digunakan agar dapat mengubah cara pandang dan sikap orang lain terhadap sesuatu, Begitu juga dengan PT. Arminareka Perdana Perwakilan Pekanbaru. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan jumlah jamaah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan jumlah jamaah umroh. Subjek dalam penelitian ini adalah jamaah umroh PT. Armina reka Perdana Perwakilan Pekanbaru yang berjumlah 96 orang. Hasil penelitian ini diketahui hubungan bauran promosi terhadap peningkatan jumlah jamaah yang memiliki hubungan kuat, ini diketahui dari nilai koefesien korelasi sebesar 93,3%. Sedangkan hasil uji parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara bauran promosi terhadap peningkatan jumlah jamaah, ini diketahui dari t hitung sebesar 25,071. Kemudian terdapat kontribusi yang cukup besar antara bauran promosi terhadap peningkatan jumlah jamaah, ini diketahui besaran nilai koefesien determinasi sebesar 87%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa Pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan jumlah jamaah PT. Arminareka Perdana PerwakilanPekanbaru sangat tinggi.
ANALISIS PENETAPAN MARGIN PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN NISBAH BAGI HASIL PADA PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT AL-ITTIHAD PEKANBARU Rachmawati, Eka Nuraini; Darmaya, Wenny
Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Syarikat
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi bahwa koperasi syariah menjanjikan suatu sistem operasional yang lebih adil dalam penetapan margin. Khususnya yang ada pada sistem profit loss sharing (bagi hasil) seperti mudharabah. Namun dalam perjalanannya, produk pembiayaan dengan akad mudharabah ini masih termarginalkan (tersisihkan) dan yang muncul ke permukaan adalah produk jual beli ‘mark up’ seperti murabahah. Yang tentunya masih dikhawatirkan publik sebagai upaya yang belum maksimal dijalankan. Adapun rumusan masalah yang diangkat yakni proses penetapan margin, metode perhitungan margin keuntungan dan nisbah, dan juga faktor apa saja yang menjadi pertimbangan BMT Al-Ittihad dalam penetapan margin pembiayaan murabahah dan mudharabah dan yang lebih diminati dari pembiayaan murabahah atau mudharabah dilihat dari keunggulan dan kelemahannya di BMT Al-Ittihad Rumbai Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penentuan margin, perhitungan rasio bagi hasil (Profit sharing ratio), metode perhitungan margin murabahah, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan oleh BMT al Ittihad dalam menentukan keuntungan dari margin Murabahah dan keuntungan dari rasio bagi hasil (Profit Sharing ratio). Hasil penelitian ini menemukan bahwa  metode perhitungan margin murabahah menggunakan metode flat sedangkan perhitungan rasio bagi hasil (Profit Sharing Ratio) menggunakan metode pendapatan. Dan faktor-faktor yang menentukan margin dan rasio bagi hasil adalah proses pembiayaan, jumlah nominal (plafond), jangka waktu, persentase margin murabahah, metode rincian angsuran penetapan margin pembiayaan.
ANALISIS PENDAPATAN MASYARAKAT DAN BAGI HASIL (MUDHARABAH) TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENABUNG PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA TBK CABANG PEKANBARU Febrian, Wenny Desty
Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Syarikat
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Pekanbaru adalah salah satu bank syariah yang ada dikota Pekanbaru yang menerapkan sistem bagi hasil kepada nasabahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendapatan masyarakat dan sistem bagi hasil (Mudharabah) dapat mempengaruhi minat masyarakat menabung atau lebih dominan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, yaitu dengan menggunakan bantuan jawaban dari kuesioner dan kemudian diolah dengan SPSS seri 16, setelah itu membuat kesimpulan dari data yang diperoleh tersebut. Selain itu, metode wawancara juga dibutuhkan dalam membantu menyelesaikan penulisan ini. Dari data yang ada, diperoleh hasil bahwa kebanyakan responden menyatakan bahwa pendapatan masyarakat dan bagi hasil (Mudharabah) mempengaruhi minat mereka untuk menabung. Sementara faktor-faktor lain hanya sedikit sekali mempengaruhi minat menabung. Dari penelitian yang dilaksanakan dapat diperoleh kesimpulan bahwa pendapatan masyarakat dan bagi hasil (Mudharabah) dapat mempengaruhi minat masyarakat menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Pekanbaru.
DAMPAK PENAMBANGAN BATU GUNUNG DI DESA MERANGIN KECAMATAN KUOK DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM Yuliani, Meri
Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Syarikat
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertambangan yang terletak di desa Merangin Kecamatan Kuok ini berupa batu gunung yang harus dimanfaatkan bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Tetapi pada realitanya, usaha pertambangan batu gunung di Desa Merangin Kecamatan Kuok banyak menimbulkan dampak negatif di bandingkan dampak positif. Hal ini terkait dengan ekonomi masyarakat, lingkungan hidup dan kehidupan sosial. Dampak negatif yang ditimbulkan penambangan batu gunung di Desa Merangin ini terutama pada kerusakan lingkungan yang dapat membahayakan kehidupan Masyarakat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penambangan batu gunung di Desa Merangin menggunakan alat-alat yang sederhana (secara manual)dan ativitas penambangan ini tidak memiliki izin dari pemerintah Kabupaten Kampar. Penambangan batu gunung di Desa merangin ini tidak hanya menimbulkan dampak positif tetapi juga menimbulkan dampak negatif terutama pada kerusakan lingkungan yang dapat membahayakan kehidupan masyarakat. Menurut ekonomi Islam,  penambangan batu gunung di Desa Merangin Kecamatan Kuok tidak sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, ditemukan indikasi-indikasi yang bertentangan dengan prinsip ekonomi Islam, seperti melanggar kaidah-kaidah dalam berproduksi dan proses produksi.
Pendapatan Non Halal Sebagai Sumber dan Penggunaan Qardhul Hasan dalam Perspektif Islam Harkaneri, Harkaneri; Reflisa, Hana
Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Syarikat
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami tinjauan Islam mengenai pendapatan non halal sebagai sumber dan penggunaan dana qardhul hasan pada perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dimana data diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam dengan informan yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Pemilihan informan untuk penelitian fenomenologi ini dikategorikan dari ulama, praktisi perbankan syariah dan akademisi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa adanya unsur riba pada bunga yang merupakan sumber pendapatan non halal. Penggunaan pendapatan non halal dalam dana qardhul hasan selayaknya tidak disalurkan dalam bentuk pinjaman bergulir (qardhul hasan) sebab adanya hukum haram yang melekat pada bunga. Sehingga penggunaanya secara khusus disalurkan pada kepentingan umum yang bersifat non komsumtif yang berfungsi untuk membersihkan dana haram pada perbankan syariah