cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Physical Education and Sports
ISSN : 2252648X     EISSN : 25024477     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Physical Education and Sports publishes articles of original researchs and conceptual studies about physical education and sports.
Arjuna Subject : -
Articles 221 Documents
PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN SENAM LANTAI Priyambada, Galih; KS, Soegiyanto; Kasmini Handayani, Oktia Woro
Journal of Physical Education and Sports Vol 5 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Journal of Physical Education and Sports

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.275 KB)

Abstract

Senam lantai merupakan materi inti dalam pembelajaran pendidikan jasmani, pemilihan gaya mengajar menjadi kunci keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan metode faktorial 2 x 2.Terdapat 2 variabel utama : (1) variable bebas yaitu gaya mengajar resiprokal, (2) variable terikat hasil pembelajaran senam lantai. Teknik analisis data digunakan teknik analisis varians (anava) α 0,05 dan uji tukey. Hasil penelitian (1) Terdapat perbedaan antara gaya mengajar resiprokal menggunakan video pemahaman dan menggunakan video umpan balik Fhitung = 24,621 > Ftabel = 3,21. (2) Terdapat perbedaan hasil pembelajaran senam lantai antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah Fhitung = 6,949 > Ftabel = 3,21 (3) Terdapat interaksi antara gaya mengajar resiprokal dengan motivasi berprestasi terhadap peningkatan hasil pembelajaran senam lantai F-hitung = 18,850 > Ftabel = 3,21. Kesimpulan secara keseluruhan hasil pembelajaran senam lantai antara siswa yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal menggunakan video pemahaman lebih baik dari pada menggunakan video umpan balik. Secara keseluruhan hasil pembelajaran senam lantai siswa yang memiliki tingkat motivasi berprestasi tinggi lebih baik dibanding siswa yang memiliki tingkat motivasi berprestasi rendah. Terdapat interaksi antara gaya mengajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil pembelajaran senam lantai.
MANAJEMEN KOMPETISI SEPAKBOLA SUMSEL SUPER LEAGUE (SSL) KOTA PALEMBANG Gema, Abdul Rachim; Rumini, Rumini; Soenyoto, Tommy
Journal of Physical Education and Sports Vol 5 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Journal of Physical Education and Sports

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.639 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis dan mendeskripsikan sistem perencanaan dari kepengurusan, program kegiatan, pendanaan, sarana prasarana dalam  kompetisi Sumsel Super League, 2) menganalisis dan mendeskripsikan sistem pengorganisasian dari kepengurusan, program kegiatan, pendanaaan, sarana prasarana dalam kompetisi Sumsel Super League, 3) menganalisis dan mendeskripsikan sistem pergerakan dari kepengurusan, program kegiatan, pendanaan, sarana prasarana dalam kompetisi Sumsel Super League, 4) menganalisis dan mendeskripsikan sistem pengawasan dari kepengurusan, program kegiatan, pendanaan, sarana prasarana dalam kompetisi Sumsel Super League, 5) menganalisis dan mendeskripsikan sistem evaluasi dalam kompetisi Sumsel Super League. Hasil penelitian : 1) sistem kepengurusan dikategorikan baik, 2) sistem program kegiatan dikategorikan baik. 3) sistem sarana prasarana dikategorikan baik, 4) sistem pendanaan dikategorikan sedang, dan 5) sistem evaluasi dikategorikan baik. Simpulan penelitian : sistem kepengurusan dikategorikan baik, sistem program kegiatan dikategorikan baik, sistem pendanaan dikategorikan sedang, sistem sarana prasarana dikategorikan baik, dan 5) sistem evaluasi dikategorikan baik.
PEMBINAAN OLAHRAGA UNTUK PENYANDANG DISABILITAS DI NATIONAL PARALYMPIC COMMITTEE SALATIGA Santi Wijayanti, Dwi Gansar; Soegiyanto, Soegiyanto; Nasuka, Nasuka
Journal of Physical Education and Sports Vol 5 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Journal of Physical Education and Sports

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.172 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan program latihan untuk penyandang disabilitas di NPC Salatiga, 2) Peran pelatih dalam meningkatkan prestasi atlet penyandang disabilitas di NPC Salatiga, 3) Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh NPC Salatiga, 4) Dukungan orang tua dan masyarakat terhadap peningkatan prestasi penyandang disabilitas di NPC Salatiga, dan 5) Peran pengurus NPC Salatiga dalam meningkatkan prestasi dan kesejahteraan penyandang disabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian: 1) Pelaksanaan program latihan berjalan walaupun belum semua pelatih menyusun program latihan secara tertulis, 2) Pelatih sangat berperan dalam meningkatkan prestasi atlet, namun pelatih banyak yang belum memiliki lisensi pelatih, 3) Sarana dan prasarana di NPC Salatiga masih memerlukan perhatian yang khusus, 4) Dukungan orang tua atlet secara moral dan spiritual sangat luar biasa sehingga berdampak positif bagi perkembangan prestasi atlet, dan 5) Pengurus NPC Salatiga memberikan dukungan terhadap perkembangan prestasi atlet walaupun belum secara optimal karena ada pengurus yang tidak aktif dalam kepengurusan. Simpulan dari penelitian ini adalah pembinaan olahraga untuk penyandang disabilitas di NPC Salatiga sudah terlaksana. Walaupun belum semua pelatih menyusun program latihan secara tertulis dan minimnya sarana prasarana tetapi dukungan dari orang tua dan pengurus mampu memberikan kontribusi yang positif terhadap perkembangan prestasi mereka.
METODE LATIHAN PLYOMETRICS DAN KELENTUKAN UNTUK MENINGKATKAN POWER OTOT TUNGKAI DAN HASIL LAY UP SHOOT BOLA BASKET Mertayasa, Ketut; Rahayu, Setya; Soenyoto, Tommy
Journal of Physical Education and Sports Vol 5 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Journal of Physical Education and Sports

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.049 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh metode latihan plyometrics dan kelentukan untuk meningkatkan power otot tungkai dan hasil lay up shoot bola basket. Penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan multivariate of analisis. Hasil penelitian : 1) ada perbedaan pengaruh antara latihan plyometrics single leg vertical jump dan double leg speed hop untuk meningkatkan power. 2) tidak ada perbedaan pengaruh antara latihan plyometrics single leg vertical jump dan double leg speed hop untuk hasil lay up shoot bola basket. 3) ada perbedaan pengaruh antara pemain putra yang memiliki kelentukan tinggi dan rendah untuk meningkatkan power. 4) tidak ada interaksi antara latihan plyometrics dengan kelentukan untuk meningkatkan power dan hasil lay up shoot bola basket. Simpulan penelitian: 1) ada perbedaan pengaruh antara metode latihan plyometrics single leg vertical jump dengan double leg speed hop untuk meningkatkan power. 2) tidak ada perbedaan pengaruh antara latihan plyometrics single leg vertical jump dan double leg speed hop untuk hasil lay up shoot bola basket. 3) ada perbedaan pengaruh antara pemain putra yang memiliki kelentukan tinggi dengan rendah untuk meningkatkan power dan hasil lay up shoot bola basket. 4) tidak ada interaksi antara latihan plyometrics dan kelentukan untuk meningkatkan power dan hasil lay up shoot bola basket.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SEPAKBOLA Kurniawan, Putra Budi; Pramono, Harry; Fakhruddin, Fakhruddin
Journal of Physical Education and Sports Vol 5 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Journal of Physical Education and Sports

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.132 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui : 1) pengaruh antara metode pembelajaran kooperatif teams-games-tournaments dan group investigation terhadap hasil belajar materi teknik dasar permainan sepakbola. 2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar materi teknik dasar permainan sepakbola. 3) interaksi antara metode pembelajaran kooperatif dan  motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar materi teknik dasar permainan sepakbola. Penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA. Hasil penelitian: 1) terdapat perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran Kooperatif TGT dan GI terhadap hasil belajar permainan sepakbola, 2) terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar permainan sepakbola, 3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar permainan sepakbola. Simpulan : 1) Ada perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran kooperatif teams-games-tournaments dan kooperatif group investigation terhadap hasil belajar permainan sepakbola. Hasil pembelajaran yang menggunakan metode kooperatif TGT lebih baik daripada menggunakan metode pembelajaran kooperatif GI. 2) Ada perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah terhadap hasil belajar permainan sepakbola. 3) Ada interaksi antara metode pembelajaran kooperatif dan motivasi siswa terhadap hasil belajar teknik dasar pada permainan sepakbola.
EVALUASI PEMBINAAN OLAHRAGA SENAM ARTISTIK DI KLUB SENAM KABUPATEN PATI DAN KABUPATEN REMBANG Triyasari, Arin; K.S, Soegiyanto; Soekardi, Soekardi
Journal of Physical Education and Sports Vol 5 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Journal of Physical Education and Sports

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.48 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengevaluasi program pembinaan senam artistik di Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang, perekrutan atlet, pelatih, kelayakan sarana dan prasarana, dan dukungan pemerintah terhadap program pembinaan senam artistik di Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang, (2) mengevaluasi pelaksanaan program latihan, konsumsi, koordinasi, transportasi dan kesejahteraan pelatih dan atlet, (3) mengevaluasi keberhasilan program pembinaan senam artistik di Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Antecedent, program pembinaan yang sudah jelas dalam meningkatkan prestasi atlet, program pembinaan PERSANI masih banyak kekurangan dari dalam proses penyeleksian atlet, perekrutan pelatih dan pendanaan yang sangat sudah baik dari pemerintah. 2) Transaction, Program latihan tidak berjalan dengan baik, transportasi, konsumsi serta kesejahteraan atlet dan pelatih yang kurang terjamin dari pemerintah dan koordinasi yang dilakukan pengurus sudah baik. 3) Outcome pembinaan yang dilakukan PERSANI di Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang mengalami peningkatan baik untuk perorangan ataupun tim.
KELENTUKAN TOGOK DAN LATIHAN KELINCAHAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN DRIBBLE PADA PEMAIN HOKI PEMULA Adindra, Adindra; Rahayu, Setya; Sulaiman, Sulaiman
Journal of Physical Education and Sports Vol 5 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Journal of Physical Education and Sports

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.066 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menganalisa dan menguji : 1) pengaruh antara  latihan kelincahan lari angka delapan dan lari zig-zag 2) pengaruh antara tingkat kelentukan togok tinggi dan  rendah 3) interaksi antara  latihan kelincahan dan  tingkat kelentukan  togok terhadap  hasil latihan dribble hoki pada pemain pemula?. Populasi berjumlah 20 dan sampel 16 pemain Analisis data menggunakan uji t dan Manova GLM (General Linear Model). Hasil penelitian : 1) perbedaan  pengaruh antara  latihan kelincahan diperoleh nilai thitung = 6,645 > ttabel = 2,365 untuk lari angka delapan dan lari zig-zag nilai  thitung = 7,735 > ttabel = 2,365,  2) perbedaan pengaruh antara tingkat kelentukan diperoleh nilai thitung= 7,869 > ttabel = 2,365 untuk kelentukan togok tinggi dan kelentukan togok rendah nilai thitung = 15,358 > ttabel = 2,365, 3) Interaksi antara  latihan kelincahan dan  tingkat kelentukan  togok diperoleh nilai signifikan 11,7 % > 5% hasil latihan dribble hoki pada pemain pemula.  Simpulan : 1) ada  perbedaan  pengaruh antara  latihan kelincahan lari angka delapan dan lari zig-zag terhadap hasil latihan dribble hoki, 2) ada perbedaan pengaruh antara tingkat kelentukan togok tinggi dan  rendah terhadap hasil latihan dribble  hoki,  3) tidak ada  interaksi antara  latihan kelincahan dan  tingkat kelentukan  togok terhadap  hasil latihan dribble hoki pada pemain pemula.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TINGKAT KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR BOLA BASKET Usman, Khairul; Soekardi, Soekardi; Pramono, Harry
Journal of Physical Education and Sports Vol 5 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Journal of Physical Education and Sports

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.242 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan pengaruh antara model pembelajaran jigsaw dan example non-example terhadap hasil belajar bola basket; (2) perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki tingkat koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhadap hasil belajar bola basket; (3) interaksi antara model pembelajaran dan tingkat koordinasi mata tangan siswa terhadap hasil belajar bola basket. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam rancangan faktorial 2x2, pengambilan sampel dengan perpousive sampling yaitu 32 orang dari total populasi 38 orang. Teknik analisis data digunakan uji anava dua jalur dengan program SPSS 20.0 dan taraf signifikansi 5% , dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran jigsaw dan example non-example terhadap hasil belajar bola basket, (2) terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki tingkat koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhadap hasil belajar bola basket,(3) yaitu terdapat interaksi antara model pembelajaran dan koordinasi mata tangan siswa terhadap hasil belajar bola basket. Uji tukey diperoleh hanya 2 yang tidak memiliki perbedaan yaitu model example non-example pada koordinasi mata tangan tinggi dan model jigsaw pada koordinasi mata tangan rendah, dan kelompok model jigsaw pada koordinasi mata tangan tinggi dan model example non-example pada koordinasi mata tangan rendah.
PENGEMBANGAN ALAT RING BOLA BASKET MULTIGUNA UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI (PENJASORKES) TINGKAT SEKOLAH DASAR KELAS V DI KOTA SEMARANG Albab, Ahmad Ulil; Rahayu, Tandiyo; Sugiharto, Sugiharto
Journal of Physical Education and Sports Vol 5 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Journal of Physical Education and Sports

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.444 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) menciptakan alat ring basket multiguna untuk pembelajaran pejasorkes tingkat sekolah dasar di Kota Semarang dan (2) menghasilkan pengembangan alat yang efektif (3) memberikan produk yang, murah, mudah dan aman. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi beberapa tahapan, yaitu; (1) menganalisis produk yang akan dikembangkan; 2) mengembangkan produkawal; 3) validasiahli; 4) uji coba lapangan; 5) revisi produk; 6) hasil akhir; dan 7)data keefektifan produk pengembangan. Instrumen yang digunakan dalam pengembangan produk berupa; kuesioner dan pedoman wawancara. Subjek dan tempat penelitian adalah guru penjasorkes dan siswa Sekolah dasar di Kota Semarang. Hasil validasi oleh ahli materi secara keseluruhan aspek adalah “Sangat Baik”, dengan rerataskor 4,32. Penilaian dari ahli alat adalah “Sangat Baik” dengan rerata skor 4,39. Pada ujicoba terhadap guru penjasorkes“ Sangat Baik” dengan rerataskor 92%. Pada ujicoba kelompok kecil “Sangat Baik” dengan rerata skor 89%.Pada ujicoba kelompok besar “Sangat Baik” dengan rerata skor 91%.Uji efektivitas produk ring basket multiguna dengan rerata keseluruhan adalah “Sangat Baik” yaitu 83,5%. Simpulan dan saran dari penelitian adalah menghasilkan produk pengembangan alat ring basket multiguna bagisiswa SD yang efektif untuk digunakan. Saran bagi guru penjasorkes agar produk aplikasi ini dapat digunakan dalam pembelajaran dibolabesar.
PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR GULING DEPAN PADA SISWA KELAS IV SDN TELAGASARI I KEC. LELEA KAB. INDRAMAYU Ekawati, Pristya; Sugiharto, Sugiharto; Rustiana, Eunike Raffy
Journal of Physical Education and Sports Vol 5 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Journal of Physical Education and Sports

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.237 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui perbedaan pengaruh antara gaya komando tanpa dibantu dan dibantu teman terhadap hasil belajar guling depan siswa SDN Telagasari I, 2) mengetahui perbedaan pengaruh antara tingkat motivasi tinggi dan rendah terhadap hasil belajar guling depan siswa SDN Telagasari I, 3) Mengetahui interaksi antara gaya mengajar dan motivasi terhadap hasil belajar guling depan siswa SDN Telagasari. Metode penelitian yang digunakan eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) dua jalur yang sebelumnya dilakukan dengan uji normalitas, uji liliefors dan homogenitas pada taraf signifikansi α = 0,05.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa : 1) Ada perbedaan pengaruh  antara gaya komando tanpa dibantu  dan dibantu teman yaitu dengan hasil Fhitung = 17,347 lebih besar dari Ftabel = 3,24, 2) Ada perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah terhadap hasil belajar guling depan yaitu dengan hasil Fhitung = 26,884 lebih besar dari Ftabel = 3,24 , 3) Ada interaksi antara gaya mengajar dan motivasi terhadap hasil belajar guling depan yaitu dengan hasil Fhitung = 5,508 lebih besar dari Ftabel = 4,08. Kesimpulan penelitian ini : 1) Ada perbedaan pengaruh antara gaya komando tanpa dibantu dan dibantu teman terhadap hasil belajar guling depan, 2) Ada perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dan  rendah terhadap hasil belajar guling depan, 3) Ada interaksi antara gaya mengajar dan motivasi terhadap hasil belajar guling depan.

Page 1 of 23 | Total Record : 221