cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Idealog: Ide dan Dialog Desain Indonesia
Published by Universitas Telkom
ISSN : 24770566     EISSN : 26156776     DOI : -
Core Subject : Art,
Journal IDEALOG is a peer-reviewed journal devoted to the study and applications of interior design and product design theory and practice
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Idealog vol 2 nomor 3" : 7 Documents clear
KAJIAN IKLAN MOBIL CHERY QQ DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA Tjandradipura, Carina
Ide dan Dialog Desain Indonesia (Idealog) Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Idealog vol 2 nomor 3
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/idealog.v2i3.1233

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi berupa pesan dari suatu produk tertentu yang ingin disampaikan kepada masyarakat melalui media. Mobil Chery QQ dengan kategori city tampil dalam sebuah iklan yang dihadirkan melalui tampilan desain poster yang menarik. Iklan mobil Chery QQ berupa poster bertujuan untuk menyampaikan suatu pesan kepada masyarakat car sebagai salah satu mobil dengan konsumsi bahan bakar hemat. Metode penelitian yang digunakan pada poster iklan Chery QQ adalah teori semiotika yang dikemukakan Pierce berupa ikon, indeks, dan simbol. Tujuan penelitian untuk mengetahui makna-makna yang ingin disampaikan oleh perusahaan automotif tersebut dalam poster iklan mobil Chery QQ. Iklan tersebut ingin mengkomunikasikan bahwa mobil Chery QQ merupakan kendaraan bermotor beroda empat yang hemat konsumsi bahan bakar ditampilkan melalui penggambaran ilustrasi kartun dan slogan berbahasa Spanyol “Menos visitas al surtidor” pada sebuah poster iklan mobil Chery QQ dengan segmen pasar di Meksiko yang terletak di Amerika Utara dan mayoritas penduduknya menggunakan bahasa Spanyol. Poster iklan tersebut menceritakan bahwa Chery QQ diasumsikan memiliki gender wanita, sedangkan mesin pengisi bahan bakar yang digambarkan melalui ilustrasi kartun berwarna merah memiliki gender pria, keduanya memiliki sebuah hubungan khusus, layaknya sebuah pasangan kekasih. Mobil Chery QQ merupakan kendaraan yang memerlukan bahan bakar agar dapat beroperasi, sedangkan mesin pengisi bahan bakar menyediakan bahan bakar yang diperlukan oleh mobil Chery QQ. Dengan demikian, poster iklan Chery QQ dapat mengkomunikasikan keunggulannya dengan baik kepada masyarakat melalui makna-maknanya berupa pesan dalam bahasa tanda yang ditampilkan Mobil Chery QQ merupakan kendaraan beroda empat yang hemat konsumsi bahan bakar serta ramah lingkungan.
DESAIN SEBAGAI STRATEGI DI RENCANA BISNIS DESAIN PRODUK TAS DENGAN PENDEKATAN TEORI SEMANTIK Gumulya, Devanny; Merliana, Merliana
Ide dan Dialog Desain Indonesia (Idealog) Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Idealog vol 2 nomor 3
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/idealog.v2i3.1229

Abstract

Saat ini bisnis desain produk sedang marak, produk – produk yang dijual seperti jewelry, produk kulit, baju, dll. Pasar Indonesia sudah mulai mengerti apa itu desain yang baik, dan ingin dikelilingi oleh produk bernilai desain.  Melihat anemo pasar yang baik ini maka dibuat penelitian rencana bisnis produk tas. Desain dengan pendekatan teori semantik dikedepankan sebagai strategi utama.  Mengapa teori semantik? karena dengan teori semantik dapat memberikan kerangka berpikir yang terstruktur bagaimana menghubungkan filosofi brand dan bahasa desain produknya, bagaimana hubungan makna, penanda dan tanda. Mengapa hal ini menjadi penting? karena saat ini pembeli tidak hanya membeli produk tapi nilai – nilai terkandung didalamnya, dan pengenalan karakter desain dari suatu brand menjadi hal yang penting bagi sebuah perusahaan baru bila ingin bertahan di pasar.  Penelitian ini menghasilkan metode terstuktur bagaimana translasi bahasa verbal karakter brand menjadi bahasa visual di lini produk koleksi ekonomis (bread and butter) dan koleksi premium (signature collection). Nama brand dan koleksi produk harus relevan dengan karakter brand. Karakter brand paling dapat dipahami customer lewat elemen bentuk, warna, material dan fungsi. Selain elemen desain pada produk, karakter brand juga penting dikomunikasikan lewat display produk, cara berjualan, serta advertising.
PENCAPAIAN ADAPTASI IDE PADA KONSEP BENTUK STOOL (Studi Kasus Mata kuliah Mebel I) Palupi, Fajarsani Retno
Ide dan Dialog Desain Indonesia (Idealog) Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Idealog vol 2 nomor 3
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/idealog.v2i3.1234

Abstract

Mebel merupakan mata kuliah 3 sks yang mendampingi mata kuliah utama, perancangan ruang interior, sebagai pengisi kelengkapan aktivitas penghuni atau user. Pada tahap pembelajaran dasar desain mebel, mahasiswa diharuskan memahami dan mengerti cara untuk mengimplementasi konsep berdasarkan pertimbangan-pertimbangan desain pada bangku atau stool. Desain dapat dikatakan unik ketika ada konsep yang menjadi pembeda dengan benda desain yang telah ada. Cara mendapatkan dan mengolah konsep ada bermacam-macam, salah satunya dengan mengadaptasi bentukan ide dan mentransformasikannya dengan cara pandang perancang berdasarkan keilmuan yang valid. Penelitian ini akan berfokus pada analisa hasil desain mahasiswa untuk melihat penerapan pendekatan metafora, implementasi metafora yang intangible, tangible dan kombinasi. Dari beberapa hasil desain yang telah ada mahasiswa telah mampu memahami dan menerapkan pendekatan metafora, adapun penggolongan secara sederhananya dapat dibedakan menjadi 2, yaitu; konsep yang terlihat secara visual dan konsep yang terasa secara persepsi.
INTERAKSI MANUSIA DENGAN MULTI MODAL TEXT Study Kasus: Meja Makan di Restoran Sushi Groove, Paris Van Java Bandung Hanom, Imtihan
Ide dan Dialog Desain Indonesia (Idealog) Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Idealog vol 2 nomor 3
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/idealog.v2i3.1230

Abstract

Mendesain suatu objek desain, selalu dikaitkan dengan bagaimana produk tersebut digunakan oleh penggunanya. Dalam kaitannya dengan komunikasi, desain selalu bergantung pada bagaimana cara menyampaikan fungsi dan cara penggunaannya. Seperti halnya pada desain visual, interior, produk, yang keseluruhannya membutuhkan suatu penghubung agar tercapai yang dimaksud dalam sebuah produk desain tersebut. Dalam pemahaman terhadap sebuah output desain, ilmu pengetahuan, pengalaman dan kebudayaan seseorang sangat mempengaruhi reaksi orang tersebut dengan produk desain. Untuk itu, dalam penelitian ini, membahas tentang proses komunikasi manusia terhadap sebuah objek produk interior, yaitu meja makan yang berada di restoran Sushi Groove. Meja makan tersebut yang kemudian akan mempengaruhi tingkah laku manusia ketika menggunakannya. Dilihat dari kebudayaan yang dibawa oleh restoran Sushi Groove, tentu sangat berbeda dengan kebudayaan yang ada di Indonesia, oleh karena itu, penulis merasa begitu tertarik untuk membahas produk desain interior khususnya meja makan yang terdapat di restoran tersebut. Penulis hanya membahas meja makan panjang yang ada di restoran Sushi Groove agar pembahasan terhadap produk interior ini dapat dikaji secara khusus dan mendalam
PENGARUH WARNA PADA ELEMEN INTERIOR RUANG TUNGGU RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK TERHADAP PSIKOLOGIS PENGUNJUNG (Studi Kasus Rumah Sakit Ibu dan Anak Melinda Bandung) Ardini, Endy Nahya; Sarihati, Titihan
Ide dan Dialog Desain Indonesia (Idealog) Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Idealog vol 2 nomor 3
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/idealog.v2i3.1235

Abstract

Rumah sakit merupakan sarana kesehatan yang vital di setiap wilayah. Sebagai sarana yang memberikan jasa kesehatan, rumah sakit sering menimbulkan efek psikologis pada penggunanya. Salah satu yang memberi efek psikologis adalah warna.  Rumah sakit ibu dan anak menuntut desain khusus yang lebih steril dan memiliki efek psikologis sesuai dengan kebutuhan mereka. Psikologis setiap pengguna dirumah sakit berbeda baik pasien wanita, anak, pengantar, mauppun petugas di rumah sakit itu sendiri. Bangunan rumah sakit memiliki fungsi pemeriksaan dengan waktu yang dapat dibilang sementara (non permanen). Diantara area-area yang ada pada rumah sakit, ruang tunggu merupakan area yang berpengaruh besar untuk dijadikan penilaian sebuah rumah sakit dikarenakan area ini yang dapat dimasuki oleh semua kalangan pengunjung. Dengan segala fungsi dan sifatnya, maka desain yang terdapat pada area ruang tunggu haruslah dapat cepat ditangkap dan direspon oleh pengguna. Warna merupakan salah satu aspek visual tercepat yang dapat ditangkap dan direspon oleh manusia diantara aspek visual lain. Oleh karena itu, warna memiliki pengaruh yang besar dalam membentuk suasana dan mempengaruhi psikologis pengguna dalam sebuah ruangan. Termasuk di Rumah Sakit Ibu dan Anak Melinda Bandung yang merupakan Rumah Sakit Ibu dan Anak kelas A yang . Metode observasi dan analisa terhadap pengunjung di area tunggu Rumah Sakit Ibu dan Anak Melinda dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh warna terhadap psikologis pengunjung.
INVESTIGASI PERMASALAHAN PERFORMA PENCAHAYAAN DALAM KELAS BUSANA BUTIK SMKN 3 METRO TERHADAP KENYAMANAN VISUAL SISWA Yosefhin, Ayulietha Ida; Sheha, Ahmad Nur
Ide dan Dialog Desain Indonesia (Idealog) Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Idealog vol 2 nomor 3
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/idealog.v2i3.1231

Abstract

SMK adalah jenjang pendidikan yang mempersiapkan kemampuan siswa dalam  melaksanakan pekerjaan tertentu. Busana butik adalah  salah satu penjurusan di SMKN 3 Metro yang dalam  proses pembelajarannya terdapat kegiatan  menggambar, menjahit dan pekerjaan halus lainnya. Proses pembelajaran di dalam  kelas menjadi penting sebagai tempat materi disampaikan. Kelas yang nyaman akan  mendukung proses pembelajaran berjalan dengan baik. Pencahyaan menjadi salah satu elemen pendukung kenyamanan dalam  kelas. Kelas Busana butik SMKN3 Metro memiliki dua sumber pencahyaan yaitu pencahyaan alami dan buatan. Intensitas cahaya yang dirasakan para siswa terkadang terlalu besar dan membuat ketidaknyamanan dalam proses belajar. Penggunaan pencahyaan buatan dan alami secara bersamaan membuat tidak bisa ditentukannya sumber intensitas cahaya yang berlebih dan menyebabkan silau. Pengukuran intensitas setiap titik pada ruang kelas akan menunjukan  pengaruh  yang di berikan dari masing masing sumber pencahyaan. Dengan mengetahui penyebab intensitas cahaya yang terlalu besar maka penanganan pencahayaan akan bisa dilakukan untuk menciptakan ruang kelas yang nyaman bagi para siswa
KAJIAN DESAIN SECTIONAL SOFA DENGAN KONSEP MULTIFUNGSI (STUDI KASUS PT TIGA ELORA NUSANTARA) Hartanto, Susi; Budiman, Meidyna
Ide dan Dialog Desain Indonesia (Idealog) Vol 2 No 3 (2017): Jurnal Idealog vol 2 nomor 3
Publisher : Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/idealog.v2i3.1232

Abstract

Kemajuan dalam era globalisasi membuat banyak perubahan yang bergerak dengan dinamis yang terjadi pada kehidupan manusia sekarang. Hunian pun dibuat serba compact atau padat, karena ruang yang tersedia terbatas, maka dibutuhkannya produk mebel yang lebih compact dengan menyajikan sebuah produk multifungsi. Hal ini selaras dengan PT Tiga Elora Nusantara (Fabelio.com), sebuah perusahaan start-up e-commerce business yang bergerak dalam dunia furnitur yang memiliki misi dimana setiap produk yang dihasilkan oleh perusahaan merupakan sebuah desain yang dapat memberikan solusi kepada masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi beberapa hunian daerah Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan sebagai area sales terbaik, wawancara kepada marketing dan customer service Fabelio.com, membagikan kuesioner dan mendapat 100 responden dewasa muda, kemudian seluruh data tersebut dianalisa untuk mendapatkan pokok permasalahan dan alternatif pemecahan masalah. Dari hasil analisa, maka didapati hasil dari perancangan ini merupakan sebuah satu set sectional sofa yang memiliki fitur fungsi tempat gelas atau remote control, tempat penyimpanan untuk buku atau barang lainnya, dan bisa diaplikasikan dalam berbagai layout ruangan sesuai target pasar Fabelio.

Page 1 of 1 | Total Record : 7