cover
Contact Name
Rohmad Wahid
Contact Email
jurnal.gammath@unmuhjember.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.gammath@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
ISSN : 25034723     EISSN : 25412612     DOI : -
Core Subject :
Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan matematika.
Arjuna Subject : -
Articles 66 Documents
KEGUNAAN SIFAT ALJABAR KOMUTATIF DALAM PERKALIAN DUA BILANGAN Utomo, Rukmono Budi
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.033 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v3i2.1602

Abstract

Penelitian ini menjelaskan teknik berhitung perkalian dua bilangan dengan memanfaatkan operasi aljabar yang bersifat komutatif. Teknik ini sebenarnya merupakan perumuman dari teknik perkalian bersusun ke bawah, dengan perbedaan yang terletak pada pemahaman akan operasi aljabar komutatif. Perhitungan perkalian dua bilangan dengan memahami bentuk operasi komutatif dalam aljabar akan lebih memudahkan dan mempercepat dalam menemukan hasil dari perkalian dua buah bilangan tersebut. Hal ini dikarenakan dalam konsep aljabar memungkinkan untuk diambil perumuman atau generalisasi dari suatu bentuk operasi komutatif. Dengan demikian dalam menghitung perkalian dua bilangan dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan mengingat bentuk umum dari operasi komutatif dalam aljabar tersebut.Kata Kunci: Perkalian, Operasi, Aljabar, Komutatif.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA Ayu Faradillah, Ernani Br Ginting, Sigid Edy Purwanto,
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2019): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.448 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v4i1.1567

Abstract

 Penelitian ini  bertujuan  untuk   mengetahui  pengaruh model   pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir  kreatif  matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk pre- eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 157 siswa. Teknik  pengambilan sampel menggunakan sampel purposive dan  di dapat sampel berjumlah 73  siswa di SMP  Negeri  17  Bekasi kelas VII  semester genap 2018/2019.  Instrumen penelitian  ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif   yang   telah   di  uji  validitas,  reliabilitas,  daya   pembeda  dan   taraf kesukaran. Data hasil penelitian telah diuji normalitas dan homogenitas kemudian diperoleh hasil data yang tidak  berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney atau uji-U menghasilkan  dan  pada taraf signifikan 5% sehingga diperoleh  yang mengakibatkan H0 ditolak. Kesimpulan hasil penelitian adalah terdapat pengaruh pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 17 Bekasi pada materi segiempat dengan pengaruh sedang sebesar 0,504 atau 50,4%.Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)
KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN METODE EKSPOSITORI Tiara Rizkyanti, Zulfa Anggraini Rahman,
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.83 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v1i1.418

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Mumbulsari. Pelaksanaan pem-belajaran dilakukan pada tanggal 24 Maret sampai dengan 21 April 2015. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini adalah pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai yang didapatkan dari hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Zhitung = 6,08 dan Ztabel= 1,96. Hipo-tesis kedua menunjukkan bahwa terdapat perbedaaan juga nilai yang didapatkan dari hasil post-tes kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Zhitung = 6,08 dan Ztabel= 1,65. Sedangkan hipotesis ketiga untuk kelas eksperimen yaitu 66,1 dengan presentase 82,6% yang berarti Sangat Matematis sedangkan rata-rata pada kelas kontrol yaitu 59,2 dengan presentase 73,5% yang berarti Matematis. Dengan peningkatan hasil belajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode Discovery Learning dengan hasil belajar yang diajarkan dengan metode ekspositori pada pokok bahasan kubus dan balok. Hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Discovery Learning menunjukkan lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode ekspositori. Dan kemampuan berpikir matematis siswa yang diajar dengan metode Discovery Learning menunjukkan lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan metode konvensional.Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Matematis, Metode Discovery Learning, Metode Ekspositori, Kubus dan Balok
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN QUANDARY DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER Rhomdani, Rohmad Wahid
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.619 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v1i2.460

Abstract

Peneliti ini bertujuan mengembangankan suatu aplikasi dari CMS yang cukup populer yaitu Virtual Class sebagai media pembelajaran matematika berbasis web menggunakan moodle dan wordpress. Penelitian ini dilakukan untuk ikut serta dalam pengembangan revolusi industri 4.0 dalam dunia pendidikan di universitas muhamamdiyah jember. Banyaknya inovasi pengembangan media pembelajaran berteknologi tinggi Virtual Class merupakan salah pengembangan revolusi industri 4.0 dalam dunia pendidikan sebagai manajemen pembelajaran jarak jauh (online). Penggabungan kedua CMS Word Press dan CMS Moodle dilakukan untuk menghasilkan virtual class yang dinamis, intertaktif dan praktis dalam pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono (Jenis penelitian Expositori pengembangan product), dengan langkah-langkah Potensi dan masalah, mengumpulkan informasi dan studi literatur, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk dan penyempurnaan.Kata kunci: Virtual Class, Moodle dan Word Press.
SUBMODUL PRIMA, SEMIPRIMA, DAN PRIMER DI MODUL DAN MODUL FRAKSI Khusnawati, Lina Dwi
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.71 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v2i1.363

Abstract

Diberikan ring komutatif R dengan elemen satuan dan R-modul M. Submodul sejati A di M disebut submodul prima jika untuk setiap m anggota M dan r anggota R dengan rm anggota A berakibat m anggota A atau r anggota (A:M). Dari definisi submodul prima, jika rm anggota A diperumum menjadi r^(t)m anggota A untuk suatu t anggota bilangan asli maka akan memunculkan definisi submodul semiprima. Sedangkan jika r anggota (A:M) diperumum menjadi r^n anggota (A:M)  untuk suatu n anggota bilangan asli maka akan memunculkan definisi submodul primer. Pada artikel ini, akan dibahas korespondensi antara submodul prima, semiprima, dan primer di R-modul M serta korespondensi submodul prima dan primer di R-modul M dengan di R_S-modul M_S.
TEKNIK PRAKTIS SKETSA/DESAIN MEJA DAN KURSI ROTAN MINIMALIS MENGGUNAKAN INTERPOLASI LINIER BEZIER, INTERPOLASI KURVA DAN KURVA PARAMETRIK Saifudin, Ilham
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (996.308 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v2i1.686

Abstract

Paper ini bertujuan untuk mendapatkan sketsa/desain meja dan kursi rotan minimalis dengan menggunakan program Maple. Dalam pembuatan desain, diperoleh dari penggabungan interpolasi linier bezier, interpolasi kurva dan kurva parametrik. Hasil penelitian yang diperoleh berupa prosedur untuk memodelisasi/mendesain benda industri yaitu meja dan kursi rotan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) membagi daerah-daerah pada meja dan kursi yang akan disusun; (2) mengidentifikasi bangun-bangun geometri yang akan disusun; (3) memodelisasi bangun-bangun yang akan disusun menjadi desain meja dan kursi. Keywords: Meja dan Kursi, Interpolasi Linier Bezier, Interpolasi Kurva, dan Kurva Parametrik.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMK Sendi Ramdhani, Dwi Pratiwi,
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1097.659 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v2i2.777

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model PBL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dilihat dari setiap indikator pada kemampuan literasi level 4. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitiannya adalah nonequivalent control group design dan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa X di sebuah SMK  Negeri di Cianjur dengan sampel sebanyak dua kelas secara purposive sampling. Salah satu kelas sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran model PBL dan kelas lain sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan  literasi matematis level 4. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa; (1) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model PBL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Persentase siswa dalam menjawab soal aspek literasi matematis yang mencakup indikator pertama, ketiga dan keempat lebih baik pada kelas kontrol sedangkan kelas eksperimen lebih unggul di indikator kedua.Kata Kunci: kemampuan literasi matematis level 4; Problem Based Learning (PBL)
PROTOKOL PERJANJIAN KUNCI STICKEL ATAS GRUPOID NON KOMUTATIF DAN PERUBAHANPEMBOBOTANHURUF Anas, Aswar
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2239.184 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v3i1.1088

Abstract

AbstrakPengiriman pesan lewat jaringan komunikasi global sangat rawan disadap oleh musuh. Faktor keamanan pengiriman pesan menjadi aspek yang penting ditengah-tengah kemajuan teknologi sekarang ini. Chiperteks adalah pesan yang dikirim seseorang setelah melalui enkripsi dan di terjemahkan atau dideskripsi menjadi Plainteks. Chiper Vigenere salah satunya. Namun kelemahan Chper Vigenere terletak pada kunci yang diberikan. Jika kunci tersebut terlalu mudah, maka dengan kemajuan teknologi sekarang kunci tersebut dapat dibaca dengan cepat. Protokol perjanjian stikel merupakan kunci yang menggunakan grup non komutatif G. Protokol ini mempublikasikan tiga elemen dari grup a,b, dan g. para pengirim dan penerima pesan akan saling menerima u dan v, yang merupakan hasil perkalian a,b,g yang a dan b dipangkatkan bilangan asli tertentu yang dipilih secara acak. Akan tetapi processor yang semakin cepat dan algoritma pemecah kode sudah banyak ditemukan dikhawatirkan akan mempercepat musuh mendapatkan informasi. Hal ini dapat diatasi dengan pembobotan huruf yang di bedakan dengan pemecahan graf. graf yang dikirimkan dapat disamarkan berupa gambar jalan, bentuk pohon atau yang lain yang berisikan informasi pembobotan huruf. Jika hal ini dilakukan, maka ada 26! kemungkinan yang terjadi. Dengan demikian tujuan untuk mempersulit musuh mendapatkan pesan tercapai.Kata Kunci: Stickel, Graf, Matriks.AbstractA Sending a message from a global communication network is very disturbed by an enemy. Safety of sending a message is an important aspect between of technology development. Chypertext is a message from someone after encrytion process and tranlseted to plainteks. Chiper vigenere is on of them. But the weakness of this Chiper is from sharing secret key. If key is too easy, then with newest technology, the sharing secret key can be translated fastly. Stikel Agreement Protocol is a key based from non commutative group G. This Protocol plubishing a, b,  and g element of G. The Sender and Receiver a message will be accepted u and v. u and v is from multiplication of a, b, and g with a and b has exponentated with any natural number random. However,now,  the processor is very fast and a lot of  reading code algorithm is funded, worried that enemy can get the information. But this problem can be solved by giving a different number of alpabhet by graf solve problem. The sending  graf can be given by addressing road or tree’s model. If this doing, then 26! Probability can be happened on giving a number of alphabet. Then difficulty of enemy to read a messege has been get.Keywords: Stickel, Graf, Matrix
VISUALISASI ELLIPS DAN HIPERBOLA MAHASISWA PADA MATA KULIAH GEOMETRI ANALITIK DATAR Soewardini, Herfa Maulina Dewi
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2237.084 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v3i1.1115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan visualisasi ellips dan hiperbola pada mata kuliah geometri analitik datar ditinjau dari asimilasi dan akomodasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara berbasis tugas. Dalam wawancara berbasis tugas ini, peneliti mewawancara subjek menggunakan pedoman wawancara yang diajukan untuk membimbing subjek dalam mengerjakan tugas yang diberikan sebagai suatu cara untuk merekam visualisasi ellips dan hiperbola. Setiap tugas yang diberikan pada subjek adalah soal-soal geometri analitik datar yang mengandung konsep-konsep baru seperti bentuk-bentuk ellips dan hiperbola; persamaan ellips dan hiperbola; juga persamaan garis sisnggung ellips dan hiperbola. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dengan tiga tahapan analisis yaitu menelaah transkrip data, reduksi data, dan koding Adapun hasil dari penelitian ini adalah mengaktifkan skema dengan aktifitas menentukan titik puncak ellips dan hiperbola, membedakan bentuk-bentuk ellips, hiperbola dan mengkategorikan sifat. T1 mengkategorikan persamaan pada ellips dan hiperbola yang hampir sama dengan perbedaan pada operasinya. Dia menyesuaikan skema tentang ellips lalu memodifikasi skema bahwa ellips yaitu himpunan titik yang jumlah jaraknya terhadap titik tertentu tetap besarnya. Dia menyesuaikan skema tentang hiperbola lalu memodifikasi skema bahwa hiperbola yaitu himpunan titik yang selisih jaraknya terhadap dua titik tertentu tetap besarnya.Kata Kunci: visualisasi, geometri
PENGEMBANGAN “PAKSOBRI” DENGAN QUIZ FABER MATA KULIAH ALJABAR LINIER ELEMENTER DI UNIVERSITAS ISLAM JEMBER Siskawati, Fury Styo
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.189 KB) | DOI: 10.32528/gammath.v3i2.1604

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pengembangan “PAKSOBRI” dengan Quiz Faber mata kuliah Aljabar Linier Elementer di Universitas Islam Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D yang dipangkas menjadi 3D dimana hanya sebatas mengembangakan produk saja. Adapun tahapan yang dilalui antara lain yaitu: (1) Tahap pendefinisian (define) yang meliputi analisis awal akhir, analisis subjek, analisis materi, analisis tugas, analisis tujuan pembelajaran, dan analisis indikator hasil belajar; (2) Tahap Perancangan (design) yang melipiti penentuan jenis soal, dan penentuan format soal; (3) Tahap Pengembangan (develop) yang meliputi validasi ahli materi, kebahasaan dan tampilan, uji keterbacaan, dan uji coba kelompok kecil. Kemudian hasil dari pengembangan “PAKSOBRI” dengan Quiz Faber dapat dipaparkan bahwa telah berhasil dikembangkan “PAKSOBRI” dengan Quiz Faber yang layak digunakan dimana hasil tersebut diperkuat dengan persentase validasi ahli materi sebesar 94%, validasi ahli bahasa sebesar 80% dan validasi ahli tampilan sebesar 80%. Kemudian “PAKSOBRI” dengan Quiz Faber memiliki isi yang cukup jelas dan mudah dipahami oleh pembaca dimana pada uji keterbacaan rata-rata persentase penilaian yang diberikan sebesar 80%. Selain itu juga “PAKSOBRI” dengan Quiz Faber disukai oleh berbagai kelompok mahasiswa dengan tinjauan perbedaan nilai hasil belajar dimana berdasarkan respon mahasiswa jawaban yang diberikan adalah sangan suka dan suka dengan persentase rata-ratanya sebesar 83.33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “PAKSOBRI” dengan Quiz Faber layak digunakan pada mata kuliah Aljabar Linier Elementer di Universitas Islam Jember Kata Kunci: PAKSOBRI, Quiz Faber