cover
Contact Name
Ekombis
Contact Email
ekombissainssaburai@gmail.com
Phone
+6285269379375
Journal Mail Official
ekombissainssaburai@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Jl. Imam Bonjol No.468 Langkapura Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
ISSN : 25274198     EISSN : 25021796     DOI : https://doi.org/10.24967/ekombis
Core Subject : Economy,
The journal focused on primary studies at management, finance, accounting, business and initiated the development of global economic advantages. Based economics could not be seen as independent variable standing on side-by-side with conventional economic system. Ekombis Sains Journal of Economics, Finance and Business is dedicated to provide an intellectual space of scholarly discussion how economics able to create the new global formation of economics, finance, business and similar issues.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2017): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis" : 7 Documents clear
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KUALITAS SDM, BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA (STUDY EMPIRIS DI UNIVERSITAS SANG BUMI RUWA JURAI BANDAR LAMPUNG) AYU, MARISTIANA
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 2, No 2 (2017): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v2i2.291

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ditemukannya pada sebagian satuan kerja belum menerapkan anggaran berbasis kinerja dan kurang pahamnya tim penyusun anggaran, sehingga masih ada mata anggaran dalam penerimaan yang tidak ada pos pengeluarannya secara jelas. Dalam pelaksanaannya, penggunaan anggaran dan pengalihan dana anggaran tidak sesuai dengan mata anggaran yang telah ditetapkan. Pada akhirnya, penggunaan dana dan biaya anggaran tidak efektif dan tidak efisien. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan, kualitas sdm, budaya organisasi, dan komitmen organisasi terhadap penerapan anggaran berbasis kinerja khususnya pada Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai. Manfaat dari penelitian ini diharapkan menjadi dasar dan referensi bagi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai dalam mengambil suatu kebijakan dan keputusan dalam penerapan sistem pengelolaan keuangan khususnya dalam pelaksanaan penyusunan anggaran berbasis kinerja. Hipotesis dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan, kualitas sdm, budaya organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap penerapan anggaran berbasis kinerja. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh koefisien nilai determinasi R2 (R square) sebesar 0,410 atau secara statistik 41 % variabel gaya kepemimpinan, kualitas sdm, budaya organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap anggaran berbasis kinerja. Sedangkan 51% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Hasil hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sdm dan budaya organisasi berpengaruh terhadap penerapan anggaran berbasis kinerja, sedangkan gaya kepemimpinan dan komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap penerapan anggaran berbasis kinerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan anggaran berbasis kinerja pada Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai belum optimal dilaksanakan.
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR BADAN PELAKSANA PENYULUHAN PERTANIAN, PERIKANAN DAN KEHUTANAN (BP4K) KABUPATEN TULANG BAWANG Nur'aeni, Nur'aeni
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 2, No 2 (2017): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v2i2.290

Abstract

Pengujian pengaruh variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikatnya menunjukkan nilai F hitung = 7,345 dan Ftabel = 3,17, Fhitung lebih besar dari Ftabel dan nilai signifikan adalah 0.002 lebih kecil dari nilai alpha 0.05. Berdasarkan perhitungan Koefisien determinasi (R2) menunjukkan hasil 0,681 artinya pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja pegawai sebesar 68,1% dan sisanya sebesar 31,9% dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model. Hasil pengujian secara parsial, variabel Kepuasan Kerja 0,612 artinya bila nilai variabel Kepuasan Kerja naik 1% maka Kinerja Pegawai akan naik sebesar 0,612 dengan menganggap nilai variabel lain konstan. Nilai thitung Kepuasan Kerja (X1) sebesar 3.457 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,66 yang berarti H0 ditolak yaitu bahwa Kepuasan Kerja secara parsial berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai di Kantor BP4K Kabupaten Tulang Bawang. Begitu juga dengan Koefisien Variabel Komitmen Organisasi sebesar 0,724 berarti bahwa jika Komitmen Organisasi naik 1% maka Kinerja Pegawai akan naik sebesar 0.724 dengan menganggap nilai variabel lain konstan. Nilai t hitung Komitmen Organisasi sebesar 2,716 lebih besar dari 2,66 berarti H0 diterima yaitu bahwa Komitmen Organisasi secara parsial diterima.
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM KARTINI KECAMATAN KALIREJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2015 MARTHALENA, YENNY; NURYANTO, MUHAMAD
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 2, No 2 (2017): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v2i2.289

Abstract

Pelayanan prima merupakan elemen kunci di rumah sakit dan unit kesehatan. Rumah sakit dituntut untuk menyediakan layanan kesehatan yang memenuhi standar layanan optimal. Pasien merasa bahwa hanya rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan medis sebagai upaya penyembuhan dan pemulihan untuk rasa sakit yang diderita (Alam, 2011). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan kualitas asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Kartini Kabupaten Lampung Tengah Kabupaten Kalirejo 2015. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah popolasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang mengunjungi rumah sakit Kartini Kalirejo Lampung Tengah waktu penelitian dan diperoleh sebanyak 68 pasien. Analisis data bivariat menggunakan uji Korelasi Rank Spearman. Hasil uji statistik chi square diperoleh nilai p = 0,010 kurang dari 0,05, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di rumah sakit umum Kartini Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2015. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan RSU Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah perlu mengembangkan sistem informasi manajemen rumah sakit untuk kemudahan pelayanan dan evaluasi cepat kebutuhan akan layanan rumah sakit.
FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KECENDERUNGAN FRAUD SYAHADAT, EDY FITRIAWAN; DAMAYANTI, MEDIATY R.A
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 2, No 2 (2017): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v2i2.286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan (fraud) berdasarkan persepsi pegawai negeri sipil yang bekerja di bagian keuangan dan aset pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Sampel yang digunakan adalah 170 responden dari 34 SKPD yang terdiri dari 14 badan dan 20 dinas dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat IBM SPSS ver 21. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Persepsi keadilan distributif tidak berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan, (2) Persepsi keadilan prosedural tidak berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan, (3) Persepsi keadilan interaksional berpengaruh negatif terhadap kecenderungan kecurangan, (4) Persepsi penegakan peraturan berpengaruh negatif terhadap kecenderungan kecurangan, (5) Persepsi keefektifan pengendalian internal berpengaruh negatif terhadap kecenderungan kecurangan, (6) Persepsi komitmen organisasi berpengaruh negatif terhadap kecenderungan kecurangan, (7) Persepsi budaya etis organisasi berpengaruh negatif terhadap kecenderungan kecurangan.
PENGARUH TEKANAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN PESAWARAN YAMIN, YULIANA
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 2, No 2 (2017): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v2i2.292

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh tekanan kerja terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pesawaran. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pesawaran yang berjumlah 42 karyawan. Adapun teknik analisis dalam penelitian ini adalah rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitungsebesar 38,569 nilai tersebut jika dibandingkan dengan t tabel dimana dk = n-2 yaitu 42-2=40 dengan taraf kesalahan 5% nilai t tabel adalah 2,020 (Lampiran 4) dengan nilai sig kurang dari 0.05. Hal ini berarti hipotesis alternatif Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tekanan kerja terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pesawaran.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT ASTRA INTERNASIONAL DAIHATSU AHMAD YANI BANDAR LAMPUNG KRISWANDARI, SRI
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 2, No 2 (2017): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v2i2.287

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah 5 dimensi kualitas layanan tersebut baik secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT Astra Internasional Daihatsu Ahmad Yani Bandar Lampung. Dengan menggunakan metoda sampling accidental, diambil sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen dalam pengumpulan datanya. Sebelum kuesioner disebar untuk pengumpulan data, terlebiuh dulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Adapun alat analisis yang digunakan adalah Analisis Korelasi dan Regresi linier berganda, serta koefisien determinasi. Hasil analisis yang diperoleh adalah sebagai berikut; hanya dimensi Bukti fisik yang berpengaruh terhadap Kepuasan pelanggan, sedangkan Reabilitas, Daya tanggap, Empati, dan Jaminan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini mengindikasikan bahwa pelanggan tetap merasa puas atau tidak puas walaupun perusahaan meningkatkan keempat variabel tersebut diatas, akan tetapi pelanggan akan merasa puas bila Bukti fisik ditingkatkan atau pelanggan merasa tidak puas bila variabel bukti fisik menurun terutama untuk fasilitas lapangan parkir yang mendapat rara-rata skore terendah dari responden Berdasarkan hasil analisis secara simultan dari kelima dimensi kualitas layanan Reabilitas, Daya tanggap, Empati, Jaminan dan Bukti fisik, kesemuanya berpengaruh sebesar 58,9% yang berarti 41,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti, seperti; Harga, Distribusi, Promosi, dan lain sebagainya.
ANALISIS EFEKTIVITAS PENDAPATAN JASA GIRO DI KABUPATEN KERINCI TAHUN 2012 2016 MURNIATI, MURNIATI; JENDRRI, JENDRRI
EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS Vol 2, No 2 (2017): Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24967/ekombis.v2i2.288

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pendapatan jasa giro di Kabupaten Kerinci tahun 2012 2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu target dan realisasi pendapatan jasa giro di Kabupaten Kerinci. Alat analisis yang digunakan adalah rasio efektivitas. Hasil penelitian menyatakan bahwa efektivitas pendapatan Jasa Giro kabupaten Kerinci pada tahun 2012 adalah sangat efektif, karena realisasinya di atas 100% yaitu sebesar 105,15%. Pada tahun 2013 kriteria efektivitas pendapatan jasa giro adalah efektif karena realisasinya di bawah 100% yaitu sebesar 89,15%. Pada tahun 2014 kriteria efektivitas pendapatan jasa giro adalah sangat efektif karena realisasi pendapatan di atas 100% yaitu sebesar 127,81%. Pada tahun 2015 kriteria efektivitas pendapatan jasa giro juga sangat efektif karena realisasi pendapatan di atas 100% yaitu sebesar 131,65%. Pada tahun 2016 kriteria efektivitas pendapatan jasa giro sangat efektif karena realisasi pendapatan di atas 100% yaitu sebesar 160,08%. Penurunan pendapatan jasa giro yang terjadi pada tahun 2015 dan 2016 disebabkan karena berkurangnya dana perimbangan yang diterima Pemerintah Kabupaten Kerinci serta adanya kebijakan dari pemerintah pusat melalui Peraturan Menteri Keuangan tentang Penundaan Penyaluran sebagian Dana Alokasi Umum (DAU) akibat dari berkurangnya penerimaan negara dari sektor pajak dan bagi hasil sumber daya alam.

Page 1 of 1 | Total Record : 7