cover
Contact Name
Nasiruddin
Contact Email
daulay.nasiruddin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
daulay.nasiruddin@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pedagogik Olahraga
ISSN : 25035355     EISSN : 25808877     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pedagogik Olahraga merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan dua kali setahun pada setiap bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA" : 6 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Pair Check (Pasangan Mengecek) Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kelas V dan VI SDN 01 Tanggung Turen Kabupaten Malang Aris, Tria Muhamad
JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi mengenai penerapan model pembelajaran pair check (pasangan mengecek) untuk meningkatkan kemampuan sosial siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani siswa kelas V dan VI SDN 01 Tanggung Turen Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi beberapa komponen, yaitu : (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Hubungan keempat komponen itu dipandang sebagai satu siklus. Hasil tes siklus I dengan presentase cukup baik sebesar 44 Siswa atau 49%, baik sebanyak  46 Siswa  atau 51% sedangkan yang mendapatkan kategori sangat baik 0%. Hasil tes siklus II dengan presentase cukup baik sebesar 21 Siswa atau 23%, baik sebanyak  61 Siswa  atau 68% sedangkan yang mendapatkan kategori sangat baik sejumlah 8 siswa atau 9%. Sehingga ada peningkatan sebesar 17% untu kategosi cukup baik ke baik dan 9% dar ketegori baik ke kategori sangat baik. Berdasarkan hasil evalusi dari data siklus I dan siklus II dapat simpulkan bahwa pengunaan model pebelajaran pair check dapat meningkatkan kemampuan sosial siswa kelas V dan VI SDN 01 Tanggung Turen Kabupaten Malang.   Kata kunci: Model Pembelajaran, Pair check, Kemampuan Sos
HUBUNGAN KEMAMPUAN MOTOR ABILITY DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN SEPAK BOLA PADA KLUB HIMADIRGA UNSYIAH Nusufi, Maimun
JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang berjudul ‘‘Hubungan Motor Ability Dengan Keterampilan Bermain Sepakbola Pada Klub Himadirga Unsyiah’’. Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Motor ability merupakan salah satu yang mempengaruhi keterampilan dalam permainan Sepak bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Motor Ability Dengan Keterampilan Bermain Sepakbola Pada Klub Himadirga Unsyiah. Jenis penelitian termasuk penelitian deskriptif dengan uji korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain klub Himadirga FKIP Unsyiah yang berjumlah 20 orang. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang yang didapatkan melalui total sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes motor ability yang terdiri dari tes melempar pada sasaran untuk mengukur koordinasi mata tangan, tes kelentukan togok dan pinggang untuk mengukur kemampuan kelentukan togok dan pinggang, tes lompat jauh tanpa awalan untuk mengukur power otot tungkai, tes lengkup bangun untuk mengukur kecepatan mengubah posisi tubuh, tes push up untuk mengukur kekuatan lengan dan bahu, tes suttle run untuk mengukur kelincahan, dan tes keterampilan Sepakbola yang terdiri dari tes heading, tes passing dan stoping, tes dribling dan tes shooting. Data diolah dengan menggunakan statistik dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata, SD, korelasi, determinasi dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan =42,86, =63,08, SDx=8,41, SDy= 6,79, rxy=0,91, Kp=82,81% dan pengujian hipotesis dengan uji T sebesar 9,39.  Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian variabel x mempengaruhi variabel y sebesar 82,81%  dan 17,19% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa Thit= 9,39> Ttab= 1,75, berarti terdapat hubungan yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motor ability memiliki korelasi yang signifikan dengan keterampilan bermain Sepakbola Pada Klub Himadirga Unsyiah.   Kata kunci: Motor Ability, Keterampilan Bermain Sepakbola
Perbedaan Pengaruh Latihan Double Leg Bound Dan Latihan Alternate Leg Bound Terhadap Kecepatan Tendangan Maegeri Chudan Dan Power Otot Tungkai Pada Atlet Putra Umur 14 – 16 Albadi Sinulingga, Eliasna N Sebayang
JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara latihan double leg bound dan alternate leg bound terhadap kecepatan tendangan maegeri chudan dan power otot tungkai pada atlet putra Perguruan Kei Shin Kan Dojo Medan Tuntungan Tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experiment. Dengan pelaksanaan latihan menggunakan latihan double leg bound dan latihan alternate leg bound. Hasil penelitian sesuai pengujian hipotesis menyimpulkan: 1) dari data pre-test dan data post-test double leg bound terhadap kecepatan tendangan maegeri chudan dan power otot tungkai. Berdasarkan hasil perhitungan Fhitung = 0.81 dan Ftabel = 4.05, sehingga Fhitung < Ftabel berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan ”tidak terdapat pengaruh yang signifikan. 2) dari data pre-test dan data post-test alternate leg bound terhadap kecepatan tendangan maegeri chudan dan power otot tungkai diperoleh Fhitung = 0,81 dan Ftabel = 4.05, sehingga Fhitung <Ftabe berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan ”tidak terdapat pengaruh yang signifikan. 3) latihan double leg bound dengan latihan alternate leg bound kecepatan tendangan maegeri chudan diperoleh harga Fhitung = 11213.09 dan Ftabel = 4.05, sehingga Fhitung > Ftabel berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan “terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan. 4) latihan alternate leg bound dengan latihan alternate leg bound kecepatan tendangan power otot tungkai diperoleh Fhitung = 11213.09 dan Ftabel = 4.05, sehingga Fhitung > Ftabel berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan “terdapat perbedaan pengaruh yang signifika. 5) latihan double leg bound dengan latihan alternate leg bound terhadap kecepatan tendangan maegeri chudan dan power otot tungkai diperoleh Fhitung = 0,57 dan Ftabel = 4,05, sehingga Fhitung < Ftabel berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan “tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan. 6) Latihan double leg bound dengan latihan alternate leg bound terhadap power otot tungkai dan kecepatan tendangan maegeri chudan diperoleh Fhitung = 0,57 dan Ftabel = 4,05, sehingga Fhitung < Ftabel berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan “tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan.
PENGARUH GAYA MENGAJAR LATIHAN DAN GAYA MENGAJAR KOMANDO TERHADAP KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI Syahruddin, Syahruddin; Suyuti, Andi
JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perbedaan gaya mengajar latihan dan gaya mengajar komando  terhadap keterampilan passing atas bolavoli. Subjek penelitian ini adalah siswa putera kelas 2 SMA Negeri 1 Gangking Kec. Gantarang Bulukumba, yang terpilih 20 orang secara maching ordinal, kemudian subjek dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan urutan. Penelitian ini dilakukan selama 16 kali pertemuan. Sebelum perlakuan, terlebih dulu subjek penelitian diberi pretest, yang materi tesnya sama dengan materi posttest, yaitu tes keterampilan passing atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya mengajar latihan lebih besar meningkatkan keterampilan passing atas bolavoli daripada gaya mengajar komando (p<0.05).Kata-kata Kunci : Gaya Mengajar, Keterampilan Passing AtasABSTRACT This study aims to determine the extent to which differences in training style of teaching and commando style of teaching to over passing of volleyball skills. The subject of this study is the grade 2 students SMA Negeri 1 Gangking Gantarang Bulukumba, which elected 20 people in maching ordinal, then the subjects were divided into two groups based on sequence. The research was conducted over 16 sessions. Before the first treatment subjects were given a pretest, the test material with posttest materials, namely passing on skills tests. The results showed that the exercise style of teaching greater skills the passing of volleyball of skills than commando style of teaching (p <0.05).Key Words : Style of Teaching and Over Passing of Volleyball Skills
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIMODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016 Asmajaya, Dedi
JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak   Penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar servis atas bola voli dengan menggunakan media pembelajaran yang dimodifikasi dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bola voli Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan mengacu pada tindakan (treatment) yang diterapkan dalam PTK, yaitu pembelajaran Bola Voli dengan penggunaan media Pembelajaran yang dimodifikasi. Dengan menyusun instrument Penelitian yakni menggunakan Portofolio Penilaian Tes hasil belajar Bola Voli. peningkatan hasil belajar menggunakan alat yang dimodifkasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari tes hasil belajar I  yang masih rendah yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 68,3 dengan ketuntasan 57.5%. Pada tes hasil belajar II nilai rata-rata hasil belajar siswa 79  dengan tingkat ketuntasan 87.5% terlihat dari skor yang diperoleh dimana siswa mampu melakukan teknik servis atas bola voli pada saat tes hasil belajar. Dilihat dari hasil ini  maka dapat disimpulkan bahwa melalui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran yang dimodifikasi dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bola voli pada kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016.   Kata Kunci : Hasil Belajar, Servis Atas Bola Voli, Modifikasi.
PENGETAHUAN CEDERA OLAHRAGA PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIMED Simatupang, Nurhayati
JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Setiap pelaku olahraga memiliki resiko mengalami cedera saat melakukan aktivitas fisik seperti pada pendidikan jasmani, olahraga prestasi maupun olahraga kebugaran. Setiap lulusan dan mahasiswa FIK diharapkan memiliki kemampuan untuk dapat mencegah dan menangani cedera yang terjadi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan cedera olahraga mahasiswa FIK Unimed yang terkait dengan macam-macam cedera olahraga, lokasi cedera, faktor-faktor penyebab terjadinya cedera olahraga, penanganan  pada cedera olahraga dan upaya pencegahan terjadinya cedera olahraga. Metode penelitian menggunakan teknik survey dengan menyebarkan angket dan wawancara yang diberikan kepada mahasiswa FIK Unimed. Populasi dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa FIK Unimed semester V tahun ajaran 2015/2016, pengambilan sampel menggunakan random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat pengetahuan cedera olahraga mahasiswa jurusan IKOR 26% katagori tinggi sekali, 72% katagori tinggi dan 2% katagori sedang. Tingkat pengetahuan cedera mahasiswa jurusan PKO 4% katagori tinggi sekali,86% katagori tinggi, dan 10% katagori sedang; Tingkat pengetahuan jurusan PJKR 92% katagori tinggi dan 8% katagori sedang. Mahasiswa FIK Unimed belum dapat mengimplementasikan penanganan cedera olahraga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat pengetahuan cedera olahraga mahasiswa FIK Unimed dalam katagori tinggi.   Kata Kunci: Pengetahuan Cedera Olahraga, Mahasiswa FIK

Page 1 of 1 | Total Record : 6