cover
Contact Name
Nasiruddin
Contact Email
daulay.nasiruddin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
daulay.nasiruddin@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pedagogik Olahraga
ISSN : 25035355     EISSN : 25808877     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pedagogik Olahraga merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan dua kali setahun pada setiap bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2015): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA" : 8 Documents clear
KONTRIBUSI ANTARA LATIHAN HORIZONTAL SWING DAN BAR TWIST TERHADAP PENINGKATAN HASIL PUKULAN DALAM PERMAINAN SOFTBALL ., Wicaksono
JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA Vol 1, No 1 (2015): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada kontribusi latihan Horizontal Swing dan Bar Twist terhadap peningkatan hasil pukulan dalam permainan softball. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pemilihan sampel yang dilakukan dengan purpose random sampling. Penelitian dilaksanakan pada tahun 2014, di Universitas Negeri Medan. . Objek Penelitian adalah atlet putri Unimed Softball Club sebanyak 9 orang yang terdiri dari 6 orang (1 tahun latihan), 1 orang (2 tahun latihan), 1 orang (3 tahun latihan) dan 1 orang (4 tahun latihan). Objek yang dijadikan sampel adalah atlet yang aktif latihan serta mau dan sukarela untuk dijadikan sampel penelitian. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan tes dan pengukuran, artinya sebelum memberikan perlakuan terlebih dahulu diberikan tes awal dan setelah diberi perlakuan dilakukan tes akhir.  Perlakuan diberikan 3 x seminggu selama 6 minggu (18 kali pertemuan).   Kata kunci : Kontribusi, latihan horizontal swing dan latihan bar twist, pukulan
HUBUNGAN INTELLIGENCE QUOTIENT DENGAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA BERUMBAI PADA TARGET SISWA KELAS V SDN 064973 BHAYANGKARA MEDAN Pertiwi, Dian
JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA Vol 1, No 1 (2015): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kita tahu bahwa banyak anak-anak yang cerdas memiliki keterampilan motorik yang baik, banyak anak-anak yang pintar tapi tidak memiliki kemampuan gerak yang baik, dan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan  Intelegency Quotient dengan kemampuan  melempar bola berumbai pada target siswa kelas V SDN 064973 Bhayangkara Medan. Untuk mengetahui sejauh mana varian-varian pada satu atau lebih faktor lain yang berhubungan berdasarkan pada koefisien korelasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas V Sekolah Dasar Negeri 064973 Bhayangkara Medan sebanyak 25 orang yang terdiri dari 12 orang anak laki-laki dan 13 orang anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Intelligence Quotient dengan kemampuan melempar bola berumbai pada target siswa kelas V SDN 064 973 Bhayangkara Medar = 0.61, t = 4,71, sedangkan t tabel = 1,71. sehingga dapat dilihat bahwa t 4,71> t tabel 1,71. Dari hasil pengolahan data dan pembahasan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil tes Intelligence Quotient mempunyai rentang skor antara 72 sampai 130 dengan nilai rata-rata 90.32. Sedangkan tes kemampuan melempar bola berumbai pada target mempunyai rentang skor 7 sampai 13 dengan nilai rata-rata 9.04. Keyword : intelligence Quotient, melempar target, bola berumbai. 
UPAYA MENINGKATKAN HASIL PUKULAN SWING DALAM PERMAINAN SOFTBALL MENGGUNAKAN METODE RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SEI SUKA TAHUN AJARAN 2013-2014 Permadi, Ageng
JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA Vol 1, No 1 (2015): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research purposed to understand the increase in study results a blow swing to their students class viii junior high schools 3 sei like academic year 2013 / 2014 .Research methodology used is research the act of class. To obtain data in this research then done the test results learn prior to the use style teaching resiprokal ( pre-tes ) ago was done learning by using style teaching resiprokal the test results learn i and the test results learn ii who shaped application technique a blow swing as much as 2 meeting. After data collected kinds of analysese: ( 1 ) of a test of study result of the prior to the use the style of teaching resiprokal ( pre-tes ) obtained 5 students ( 20,83 % ) has reached a level ketuntasan learn , while 19 students ( 79,16 % ) have not reached the level ketuntasan learn .And then it would be using the style of learning teaching resiprokal. (3) from the test results learn from cycle i obtained 16 students ( 66,67 % ) has reached a level ketuntasan learning , while 8 students ( 33,33 % ) have not reached the level ketuntasan learning .Then reopened learning .( 3 from the test results learn from cycle ii obtained 21 students ( 87.5 %) reached level ketuntasan learning , while three students ( 12.5 % ) have not reached the level ketuntasan learning In this can be seen that there are repair processes the average score study results cycle i to cycle ii.Based on the results of data analysis be said that through style teaching resiprokal can improve study results technique a blow swing to their students class viii junior high schools 3 sei like academic year 2013 / 2014 Keyword : Improve learning outcomes a blow swing uses the method resiproka
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN VOLI FOREHAND TENIS LAPANGAN Riza, Ade Ros
JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA Vol 1, No 1 (2015): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In general, the purpose of this research and development was to produce a learning model of serve tennis on PJKR Student’s Facullity Sport of Science. The development research was user a model of Research & Development (R & D) approach of Brog and Gall. The subjects of the research and development were 38 PJKR Student’s Facullity Sport of Science Unimed, North Sumatera. In testing the effectiveness of the development of this serve tennis learning model can be seen from the psychomotor data and result of serve. The effectiveness level of the previos teaching model was 66% of the expected criteria.The effectiveness level of a new learning model is was 96% of the expected criteria, it meant that there was an increase of 30%. Based on this research, it can be concludedthat: (1) learning model of serve tennis canimprove tecknik of serveand result of serve, (2) the learning model was more effective and efficient in order to increase students interestand motivation inlearning physical education. Keywords : Model Of Learning, Volly Tennis
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI MINI SISWA KELAS V SDN 142594 SIPOLU-POLU KECAMATAN PANYABUNGAN KABUPATEN MADINA Lubis, Akhmadi Malaon
JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA Vol 1, No 1 (2015): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The purpose  of produces development was Produced the learning book of mini volley ball in the class V SDN 142594 Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailling Natal as book for Phsycal Education Theacers to give theaching volleyball mini. The methods research to used was development model of Borg and Gall has been in the adaptation: 1) determine the potential and research problem; 2) to collected information; 3)  to designing products; 4) to Validity design; 5) to revision products; 6) in testing step I; 7) Revision II; 8) In testing step II; 9) Ending Products. The result of research was show that, This Product have more than if we seen from 4 stape, that is : Used, Easyed, Interisted and Acuration. Keywords : Development, Learning Mini Volley Ball, Primary Shcool Abstrak Tujuan pengembangan produk ini adalah menghasil-kan buku pembelajaran bola voli mini di kelas V SDN 142594 Kecamatan panyabungan Kabupaten Mandailing Natal sebagai buku pegangan guru Pendidikan Jasmani dalam memberikan pembelajaran bola voli mini. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg dan Gall yang telah diadaptasi: 1) menentukan potensi dan masalah penelitian; 2) mengumpulkan informasi; 3) mendesain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba tahap I; 7) revisi II; 8) uji coba tahap II; 9) produk akhir. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, produk ini memiliki kelebihan ditinjau dari empat aspek yaitu: kegunaan, kemudahan, keme-narikan, dan keakuratan. Kata kunci: pengembangan, pembelajaran, bola voli mini, sekolah dasar.
PENTINGNYA PENDIDIKAN JASMANI BAGI SETIAP PESERTA DIDIK ., Suharjo
JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA Vol 1, No 1 (2015): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Physical education was learning process to move and learning by moving. In addition to study and theacing with the  move for get the purpose learning, in physical education, the student must be move and developing. Developing was through couse purpuse wasn’t aspects of the physical who known is psychomotor, but also developing knowlage and understanding was the ability of cognitive and afective as well as the developing with moving skills, healty and perceptual motors and social emocional. Keywords : Physical Education, Cognitive, Afective and Physicomotor
PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DOUBLE LEG BOUND DAN ALTERNATE LEG BOUND TERHADAP POWER OTOT TUNGKAI DAN KECEPATAN TENDANGAN MAEGERI CHUDAN PADA KARATEKA PUTRA LEMKARI DOJO BIMA SAKTI BINJAI Tanjung, Anggun Lestari
JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA Vol 1, No 1 (2015): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh latihan Double Leg Bound dan Alternate Leg Bound terhadap power otot tungkai dan kecepatan tendangan Maegeri Chudan pada karateka putra Lemkari Dojo Bima Sakti Binjai. Metode penelitian adalah eksperimen, dengan sampel yang berjumlah 8 orang ditentukan dengan cara Purpusive Random Sampling. Selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik Matching Pairing yaitu kelompok latihan Double Leg Bound dan Alternate Leg Bound. Penelitian dilaksanakan selama 6 minggu dengan latihan 3 kali minggu. Penelitian menggunakan teknik uji-t berpasangan dan tidak berpasangan. Hasil penelitian  menyimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh latihan Double Leg Bound terhadap power otot tungkai pada karateka putra lemkari Dojo Bima Sakti Binjai (t hitung = 2.94 > t tabel 2.35). 2 ) Terdapat pengaruh latihan Alternate Leg Bound terhadap power otot tungkai pada karateka putra lemkari Dojo Bima Sakti Binjai (t hitung   = 9.80 > t tabel 2.35 ) pada taraf signifikan α = 0.05. 3) Latihan Alternate Leg Bound lebih besar pengaruhnya terhadap power otot tungkai pada karateka putra lemkari Dojo Bima Sakti Binjai (t hitung 1.95 > t tabel 1.94). 4) Terdapat pengaruh latihan Double Leg Bound terhadap kecepatan tendangan Maegeri Chudan pada karateka putra Lemkari Dojo Bima Sakti Binjai (t hitung 3.23 > t tabel 2.35). 5) Terdapat pengaruh latihan Alternate Leg Bound terhadap kecepatan tendangan Maegeri Chudan pada karateka putra Lemkari Dojo Bima Sakti Binjai (t hitung 5.08 > t tabel 2.35) pada taraf signifikan α = 0.05. 6) Latihan Alternate Leg Bound lebih besar pengaruhnya terhadap kecepatan tendangan Maegeri Chudan pada karateka putra Lemkari Dojo Bima Sakti Binjai (t hitung 1.99 > t tabel 1.94). Kata kunci : Latihan Double Leg Bound, Latihan Alternate Leg Bound, Power Otot Tungkai, Kecepatan Tendangan Maegeri Chudan
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEI SUKA TAHUN AJARAN 2014/2015 M. Noor, Mauluddin
JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA Vol 1, No 1 (2015): JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam melakukan Passing Chess pass bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Suka tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan kelas). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran Scientific learning dengan dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi passing chess pass bola basket sebanyak dua kali pertemuan. Setelah dilakukan analisis : (1) Hasil penelitian, pada saat pre-test sebelum diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 2,34 dengan ketuntasan klasikal 9 siswa atau 26% dikatakan belum tuntas. (2) Setelah penerapan pendekatan pembelajaran Scientific Learning yang dilakukan peneliti pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas menjadi 2,69 dengan ketuntasan belajar siswa dari 34 siswa sebesar 50%. (3) Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Scientific Learning Passing Chess Pass bola basket sehingga hasil tes pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 3,06 dengan ketuntasan belajar meningkat menjadi  85%  (34 orang siswa). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan pembelajaran Scientific Learning dapat meningkatkan hasil belajar Passing Chess Pass bola basket  siswa di kelas VII-4 SMP Negeri 1 Sei Suka, Kab. Batubara. Tahun ajaran 2014 ? 2015. . Kata Kunci : Passing Chess Pass, Scientific Learning

Page 1 of 1 | Total Record : 8