cover
Contact Name
Diah Andika Sari
Contact Email
diah_mursil@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
diah_mursil@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 25804197     EISSN : -     DOI : -
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 57 Documents
PENDEKATAN TABSYIIR, TARGHIB DAN TA’TSIIR DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN NILAI PADA ANAK USIA DINI Zam Zam, Rohimi
Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 1 (2018): Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/yby.2.1.61-66

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan anak setelah lahir berjalan cepat.  Begitu juga dengan perkembangan moralnya. Penguatan pendidikan anak usia dini didalam Islam meliputi perkembangan aqidah, kecerdasan, akhlak, kejiwaan, rasa keindahan dan kemasyarakatan anak. Diperlukan penguatan pendidikan nilai sebagai upaya  penanaman nilai sejak dini dari keluarga untuk anak akan menjadi bekal anak dalam menjalani kehidupannya menjadi baik. Anak sebagai amanah perlu dididik, diperlakukan dengan adil, maka untuk menanamkan nilai kebaikan, kejujuran, kepedulian dan kasih sayang, perlu dilakukan dengan pendekatan metode 3 T, yaitu metode Tabsyiir, Targhib, Tatsiir.
IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK Musi, Muhammad Akil; Sadaruddin, Sadaruddin; Mulyadi, Mulyadi
Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2017): Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/yby.1.2.117-128

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan analisis model interaktif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, pengamatan, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal maka kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak pada Kelompok B di TK Teratai Kota Makassar dapat meningkat, baik dari aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar anak, maupun dari hasil tes belajar siswa, dimana pada siklus I kemampuan mengenal konsep bilangan anak berada dalam kategori cukup sedangkan pada siklus II kemampuan mengenal konsep bilangan anak berada dalam kategori baik.
PENERAPAN PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA DINI MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Upaya Pencegahan kekerasan dan Pelecehan Seksual Terhadap Anak Usia Dini Melalui Penerapan Pendidikan Seks Dalam Perspektif Sunnah Rasul) Camelia, Lely; Nirmala, Ine
Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2017): Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/yby.1.1.27-32

Abstract

Artikel ini membahas mengenai kajian konseptual tentang penerapan pendidikan seks anak usiadini menurut perspektif Islam. Banyak nya kasus - kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak baru – baru ini membuat berbagai pihak tak terkecuali orangtua harus waspada dengan ancaman tersebut.Puncaknya pada tahun 2015 Komisi Perlindungan Anak Indonesia menyebutkan bahwa kasus kekerasan dan pelecehan terhadap anak merupakan bahaya laten bagi anak – anak Indonesia. Beberapa usaha telahdilakukan yaitu diantaranya dengan mengedukasi orangtua dan anak tentang pendidikan seks sejak dini, membatasi tontonan pornografi, membatasi konten – konten pornografi dalam internet dan games, serta menghentikan upaya pelaku kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak yaitu memvonis pelaku dengan hukuman seberat – beratnya. Rasullullah SAW sebagai suri tauladan yang baik telah memberikan beberapa tuntunan bagi kita tentang bagaimana cara mendidik anak secara detail, tidak hanya tentang pendidikan seks sejak dini bahkan sejak anak dalam sulbi ayah. Dengan mengacu terhadap sunnah – sunnah yang telah dicontohkan Rasulullah, kita sebagai Guru dan orangtua dapat menerapkan hal tersebut dalam kehidupan sehari – hari yang nantinya akan berdampak positif terhadap anak danlingkungan dalam pencegahan kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak.
PROGRAM STIMULASI SENSORI PERABAAN MELALUI MEDIA TIGA DIMENSI (BALOK) UNTUK ANAK TODDLER Zulminiati, Zulminiati
Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2018): Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/yby.2.2.23-28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan media tiga dimensi (balok) terhadap stimulasi sensori perabaan bagi anak toddler di PAUD HIKARI Kids Club Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode terapan dengan menggunakan media tiga dimensi (balok). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata hasil kemampuan mendengar anak  waktu pre- test 47,5 %, lebih  rendah  dibandingkan  dengan nilai rata- rata setelah  post -test 65 %. Berdasarkan perhitungan ini menunjukkan bahwa media tiga dimensi (balok ) praktis  untuk stimulasi sensori perabaan bagi  anak toddler. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media tiga dimensi (balok) sangat efektif terhadap stimulasi sensori  perabaan bagi  anak  toddler di PAUD/ TPA HIKARI Kids Club Padang.
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG POLA ASUH ORANG TUA DAN REGULASI DIRI DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL Nuperawati, Trika; Yufiarti, Yufiarti; Sumantri, Muhammad Syarief
Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 1 (2018): Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/yby.2.1.27-36

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang pola asuh orang tua dan regulasi diri dengan keterampilan sosial. Penelitian ini dilakasanakan SDN Tambun Selatan, Kab. Bekasi. Pelaksanaan penelitian ini dari Agustus sampai dengan September 2017,  dengan subjek penelitian sebanyak 96 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan positif antara persepsi tentang pola asuh anakdengan keterampilan sosial,  koefisien determinasi = 0,802. 2) terdapat hubungan positif antara regulasi diri dengan keterampilan sosial, koefisien determinasi = 0,086.  dan 3) terdapat hubungan positif antara persepsi tentang pola asuh anak, regulasi diri dan keterampilan social, koefisien determinasi = 0,142. Implikasi dari temuan penelitian ini adalah, peningkatan ketiga variabel bebas tersebut dapat memperbaiki dan meningkatkan keterampilan sosial mereka . saran yang dapat diberikan guru dapat melakukan pelatihan atau pembelajaran formal dan norformal oleh lembaga-lembaga pendidikan formal dan nonformal, sehingga pada akhirnya terjadi peningkatan keterampilan sosial siswa.
PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI EKSPLORASI MENGGUNAKAN KORAN BEKAS DI TK MUTIARA HATI MATARAM NUSA TENGGARA BARAT Hidayati, Susi; Fahruddin, Fahruddin; Astawa, I Made Suwasa
Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2017): Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/yby.1.2.65-76

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di TK Mutiara Hati terkait dengan perkembangan kreativitas anak yang masih belum berkembang optimal. Berdasarkan kenyataan yang ada di TK Mutiara Hati menunjukkan bahwa 7 dari 10 anak masih belum berkembang kreativitasnya, sedangkan sisanya sebanyak 3 anak menunjukkan kemampuan cukup berkembang, sehingga rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan eksplorasi menggunakan koran bekas pada anak kelompok B2 di TK Mutiara Hati. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan eksplorasi menggunakan koran bekas pada anak kelompok B2 di TK Mutiara Hati. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 10 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan metode dokumentasi serta analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I mencapai nilai rata-rata yaitu 55,83% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata mulai mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata mencapai 69,58% dan meningkat secara optimal pada siklus III dengan persentase 81,66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan eksplorasi menggunakan koran bekas yang dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat dan efektif dapat meningkatkan kreativitas pada anak kelompok B2 di TK Mutiara Hati Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018.
INTRODUCTION TO ENGLISH LANGUAGE IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION Jeti, La; Henny, Henny; Susanti, Siti Misra
Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2018): Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/yby.2.2.63-78

Abstract

This study aims to describe the learning of English vocabulary recognition which includes: Material concept of the introduction of English language applied and how to master English language skills and how to apply early childhood English recognition strategies 6 to 8. This study uses descriptive methods with a qualitative approach. The subjects of the research is the leader and teachers. The setting of the research in Smart School Baubau. The method of Data collection uses observation, interview, documentation. The results showed: 1) In the application of the English introduction learning concepts namely,alphabets, verbs, adjectives, names of animals, names of human body, name of day, months, names of colors, name of family, o'clock, names of fruits, name of accupation, name of shapepronoun, introduction and this concept is easy to understand and interesting for children ". 2) children's English skills, namely children can master vocabulary about the concepts of Alphabets, Verbs, Adjectives, names of animals, names of human body, name of day, months, names of colors, name of family, o'clock, names of fruits , name of accupation, name of shape, pronouns, introduction. 3) Strategy for introducing English learning through habituation using English, basic vocabulary pronunciation accompanied by pictures memorizing the words, games through games, puzzles and language recognition English through singing and story telling.
MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI TOILET TRAINING DI PAUD AL-AMIN BIMASDA KECAMATAN SETU TANGERANG SELATAN Nurjanah, Nurjanah; Fitriani, Nini
Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2017): Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/yby.1.1.1-6

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya balita yang susah mengontrolbuang air besar dan buang air kecil (ngompol) di usia prasekolah. Fenomena ini dipicukarena banyak hal, antara lain pengetahuan ibu yang kurang tentang cara melatihbuang air besar dan buang air kecil, pemakaian popok sekali pakai (pampers),hadirnya saudara baru dan masih banyak lainnya. Penelitian ini bertujuan untukmemperoleh data tentang peningkatan kemandirian anak usia 4-6 tahun melalui toilettraining di PAUD Al Amin Bimasda Kecamatan Setu Tangerang Selatan. Metodepenelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakankelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan,pengamatan/observasi, dan refleksi sebagai dasar untuk membuat perencanaan ulangpada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toilet training dapatmeningkatkan kemandirian anak usia 4-6 tahun di PAUD Al Amin Bimasda KecamatanSetu Tangerang Selatan. Hal ini terbukti dengan diperolehnya data prasiklus denganrata-rata 45%, kemudian dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh data dengan ratarata 66,5%. Target yang diharapkan pada penelitian ini adalah 80% oleh karena itudilakukan tindakan siklus II sehingga diperoleh data dengan rata-rata 85,5%. Penelitiansudah sesuai dengan target.
UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 4 – 5 TAHUN MELALUI BERMAIN PASIR Rahmatunnisa, Sriyanti; Halimah, Siti
Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 1 (2018): Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/yby.2.1.67-82

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia  4-5 tahun dapat dilakukan dengan tindakan kelas melalui bermain pasir. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan di TK Ta Ba Ta Islamic Preschool Bekasi Timur. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi, catatan lapangan dan dokumentasi yang dilakukan dalam setiap siklus. Hasil yang dicapai menunjukkan adanya peningkatan pada kecerdasan naturalis anak usia 4-5 tahun setelah diberikan tindakan sebanyak dua siklus. Peningkatan kecerdasan naturalis anak terlihat dari data hasil persentase disetiap siklus, hasil persentase di pra siklus sebesar 28%. Persentase pra siklus rendah, karena belum diberikannya kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pasir. Hasil persentase pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 58%, hal ini karena sudah menggunakan bermain pasir, namun belum secara maksimal menguasainya. Hasil persentase pada siklus II menjadi sebesar 87% karena anak sudah terbiasa dengan bermain pasir yang merupakan kegiatan bermain yang menyenangkan. Bermain pasir merupakan bermain bermain konstruktif, dimana anak mampu memanipulasi pasir dengan daya imajinasi, pikiran, ide dan gagasan anak, sehingga menjadi sebuah karya nyata yang dapat menstimulasi kecerdasan naturalis. Implikasi dari penelitian ini adalah pemilihan media yang tepat oleh guru dalam menstimulasi kecerdasan naturalis akan memberikan hasil yang optimal dalam meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini.
MEMBIASAKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK MELALUI FILM CARS Immawati, Sri; Nurbiyati, Atik
Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2017): Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/yby.1.2.129-136

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perilaku prososial anak terhadap teman sebayanya. Penelitian ini berada di RW. 05 yang berada di Jalan Sanggrahan, Kelurahan Meruya Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pesan yang diperoleh anak dari film cars dan untuk mengetahui perilaku prososial anak yang suka menonton film cars terhadap teman sebayanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Fenomenologi mencoba mengungkap makna konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku prososial anak yang suka menonton film cars cukup baik. Hal tersebut karena dalam film cars terdapat pesan yang positif yang dapat memicu anak untuk berperilaku prososial. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak yang terkait, terutama di bidang kependidikan.