cover
Contact Name
Agus Kichi Hermansyah
Contact Email
aguskichi@unmus.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
musjpe@unmus.ac.id
Editorial Address
Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University Jl. Kamizaun Mopah Lama, Rimba Jaya, Kec. Merauke, Kabupaten Merauke, Papua 99611
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
Musamus Journal of Primary Education
Published by Universitas Musamus
ISSN : 26227800     EISSN : 26227819     DOI : 10.35724/musjpe
Core Subject : Education,
The aims of MusJPE is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original researce articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deals with a contemporary issue in primary education.
Articles 45 Documents
Perbandingan Kemampuan Bercerita Siswa Laki-Laki dan Perempuan di Sekolah Dasar Retnaningtyas, Hanova Rani Eka; Andika, Yunilis
Musamus Journal of Primary Education Musamus Journal of Primary Education Vol 3 No 1 (October, 2020)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/musjpe.v3i1.3147

Abstract

Kemampuan menggunakan Bahasa sangat penting bagi semua orang, tidak terkecuali siswa di tingkat Sekolah Dasar (SD). Hal tersebut mendorong peneliti untuk meneliti tentang kemampuan bercerita siswa laki-laki dan perempuan di tingkat SD. Bercerita adalah salah satu komponen penting dalam kemampuan Bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan bercerita dalam bahasa Indonesia murid laki-laki dan murid perempuan di tingkat SD. Peneliti menganalisis cerita naratif yang disampaikan informan setelah melihat gambar-gambar di buku Frog Where are You. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan kalimat, klausa, dan kesalahan yang diproduksi informan. Berdasarkan data yang ditemukan terlihat bahwa informan 1 (perempuan) memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik dibandingkan informan 2 (laki-laki). Hal tersebut dapat membuktikan bahwa wanita memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik dari pada pria, selain itu wanita juga dinilai lebih mampu mengoreksi struktur suatu bahasa.
Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Astuti, Astuti; Waluya, Stevanus Budi; Asikin, Mohammad
Musamus Journal of Primary Education Musamus Journal of Primary Education Vol 3 No 1 (October, 2020)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/musjpe.v3i1.3117

Abstract

Matematika perlu diajarkan karena membentuk dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, kritis, logis, dan sistematis. Berpikir kreatif diperlukan siswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dan yang akan dihadapi suatu saat nanti. Berpikir kreatif memiliki empat indikator, meliputi fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji coba soal kemampuan berpikir kreatif siswa sebuah SD di kota Ungaran. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif analisis. Instrumen yang dipakai yakni tes kemampuan berpikir kreatif. Terdiri dari soal yang memuat indikator kemampuan berpikir kreatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas IV dengan sample berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil uji coba soal bahwa soal tes kemampuan berpikir kreatif semua valid; reliable dengan tingkat kesukaran sulit, sedang, dan mudah; serta daya pembeda sangat baik, baik, buruk, dan sangat buruk. Dengan demikian, soal tes kemampuan berpikir kreatif yang telah disusun dapat digunakan untuk penelitian.
Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Harefa, Darmawan; Telaumbanua, Tatema; Sarumaha, Murnihati; Ndururu, Kalvintinus; Ndururu, Mastawati
Musamus Journal of Primary Education Musamus Journal of Primary Education Vol 3 No 1 (October, 2020)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/musjpe.v3i1.2875

Abstract

Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperimen yang bersifat kuantitatif yaitu kelas eksperimen digunakan model Creative Problem Solving sedangkan dikelas kontrol digunakan metode konvensional. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa dikelas eksperimen dengan melakukan pretest diperoleh rata-rata hasil belajar 62,65 dan postest diperoleh rata-rata hasil belajar 84,61. Sedangkan dikelas kontrol pada pretest diperoleh rata-rata hasil belajar 64,54 dan postest diperoleh rata-rata hasil belajar 73,70 yang artinya model Creative Problem Solving lebih berpengaruh pada hasil belajar. Kesimpulan penelitian berdasarkan perhitungan uji hipotesis diketahui thitung = 5,216 lebih besar dari ttabel = 1,667 dengan signifikan 5%. Karna thitung ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya “ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar kognitif siswa”.
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Marlina, Marlina; Ismawati, Ismawati
Musamus Journal of Primary Education Musamus Journal of Primary Education Vol 3 No 1 (October, 2020)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/musjpe.v3i1.3068

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IV SDN Pengambangan 8 Banjarmasin. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan tes. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran student teams achivement divisions (STAD) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Peran Edukasi Orang Tua terhadap PHBS AUD selama Masa Pandemi Covid-19 Maulidia, Anggie; Hanifah, Umi
Musamus Journal of Primary Education Musamus Journal of Primary Education Vol 3 No 1 (October, 2020)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/musjpe.v3i1.3078

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran edukasi orang tua terhadap perilaku hidup bersih dan sehat kepada anak usia 5 – 6 tahun selama masa pandemi Covid-19. Subjek penelitian ini adalah orang tua dan anak usia 5 – 6 tahun berjumlah 6 informan. Metode penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk perilaku hidup bersih mempunyai rata-rata yang cukup baik, empat dari enam indikator hanya dua indikator yang dibiasakan oleh anak. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa anak yang belum membiasakan hidup bersih dan sehat selama masa pandemi Covid-19 adalah anak memiliki orang tua yang berjenjang pendidikan rendah. Faktor ini menyebabkan informasi yang didapat orang tua hanya sedikit sehingga kurang mengedukasi, mengajarkan dan mengingatkan anak untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah orang tua sangat berperan penting dalam mengedukasi anak untuk hidup bersih dan sehat selama masa pandemic Covid-19.
Model Pembelajaran Read for Action sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas dan Aktivitas Siswa Rahmawati, Rina Dyah; Maryadi, Maryadi
Musamus Journal of Primary Education Musamus Journal of Primary Education Vol 2 No 2 (April, 2020)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/musjpe.v2i2.2563

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan aktivitas siswa dalam pembelajaran tema Organ Gerak Hewan dan Manusia dan tema Udara Bersih Bagi Kesehatan pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah proses pembelajaran tema Organ Gerak Hewan dan tema Manusia dan Udara Bersih Bagi Kesehatan pada siswa kelas V dan subjek dari penelitian adalah semua siswa yang ada di kelas tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus II terdiri dari empat pertemuan juga. Sebelum memberikan tindakan (menggunakan model pembelajaran Read for Action), dilakukan tes dan observasi pra-tindakan terhadap siswa. Pada akhir tiap siklus, dilakukan tes dan observasi akhir siklus terhadap siswa. Temuan yang didapatkan adalah bahwa pembelajaran tema Organ Gerak Hewan dan Manusia dan tema Udara Bersih Bagi Kesehatan menggunakan model pembelajaran Read for Action dapat berjalan dengan lancar juga mampu meningkatkan kreatifitas dan aktivitas siswa.
Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Percaya Diri dan Kemampuan Membaca Pemahaman Letasado, Muhamad R; Muhsam, Julhidayat
Musamus Journal of Primary Education Musamus Journal of Primary Education Vol 2 No 2 (April, 2020)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/musjpe.v2i2.2559

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran saintifik berbasis keterampilan belajar dan berinovasi 4C terhadap percaya diri dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Lab Undiksha Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi (quasi experiment) dengan menggunakan rancangan penelitian Single Factor Independent Group Design. Populasi penelitian sebanyak 78 siswa. 39 siswa ditetapkan sebagai sampel, yang ditarik dengan teknik random sampling, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes objektif. Data dianalisis menggunakan multivariate analysis of variance (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh implementasi pembelajaran saintifik berbasis keterampilan belajar dan berinovasi 4C terhadap percaya diri siswa. (2) terdapat pengaruh implementasi pembelajaran saintifik berbasis keterampilan belajar dan berinovasi 4C terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. (3) terdapat pengaruh implementasi pembelajaran saintifik berbasis keterampilan belajar dan berinovasi 4C secara simultan terhadap percaya diri dan kemampuan membaca pemahaman siswa.
Evaluasi Program Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Abdi Kasih Bangsa Muh, Abdul Syahril; Uslan, Uslan
Musamus Journal of Primary Education Musamus Journal of Primary Education Vol 2 No 2 (April, 2020)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/musjpe.v2i2.2536

Abstract

Tujuan penelitian evaluasi ini adalah melakukan evaluasi yang komprehensif terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan pendidikan inklusif di SD Abdi Kasih Bangsa. Hasil studi evaluasi ini berupa informasi tentang pelaksanaan model pendidikan inklusif di sekolah lain. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif evaluatif. Evaluasi ini menggunakan analisis countenance atau STAKE dengan tiga komponenya yaitu: Evaluasi antecedents, transaction dan outcomes Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data diverifikasi melalui proses trianggulasi. Hasil analisis informasi menunjukan pelaksanaan program pendidikan inklusi di SD Abdi Kasih Bangsa belum sepenuhnya dilakukan sesuai dengan kebijakan atau standar yang ditetapkan pemerintah, terlihat dari sistem perekrutan yang masih dibatasi, kurikulum yang masih reguler, sarana dan prasarana yang masih jauh dari standar kelas inklusi, guru khusus ABK dan guru kelas yang masih kurang dan belum efektif menangani ABK dan prestasi akademik yang belum mendukung terlaksanaya program pendidikan inklusi di SD Abdi Kasih Bangsa. Akan berdampak positif dan signifikan terhadap pelaksanaan program pendidikan inklusi di SD Abdi Kasih Bangsa Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur bilamana pemerintah menunjang sepenuhnya kebutuhan-kebutuhan SD Abdi Kasih Bangsa Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai sekolah penyelenggara pendidikan inklusi.
Pemanfaatan Media Kahoot.It dalam Pembelajaran Group Investigation ditinjau dari Kerjasama Mahasiswa Purwanty, Ratna; Fredy, Fredy
Musamus Journal of Primary Education Musamus Journal of Primary Education Vol 2 No 2 (April, 2020)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/musjpe.v2i2.2492

Abstract

Penerapan media kahoot.it dalam kegiatan kelompok dapat tercapai jika diterapkan dalam model pembelajaran kooperatif. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah group investigation. Model ini memberikan pengalaman belajar siswa yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Group investigation berorientasi pada masalah, mendefinisi masalah dan mengorganisasi siswa dalam bekerja kelompok, mempresentasikan dan penilaian. Melalui pemanfaatan media kahoot.it dalam group investigation diharapkan mahasiswa mampu meningkatkan kerjasama mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Penelitian ini dilaksanakan di jurusan PGSD Universitas Musamus dengan jumlah sampel mahasiswa sebayak 34 orang. Ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara melakukan observasi pada dalam proses pembelajaran baik pada saat kerjasama dalam diskusi mahasiswa maupun dalam menggunakan kahoot.it. Selain itu dilakukan pula wawancara untuk mengetahui tanggapan mahasiswa dalam kerjasama kelompok. Hasil analisis data diperoleh tiga indikator yang memperoleh nilai baik yaitu setiap anggota saling menghargai pendapat dengan memperoleh persentase sebesar 84,32%, memberi kesempatan memberi tanggapan dengan persentase 75,46% dan memberi solusi kepada kelompoknya dengan pesentase 76,20%. Dua indikator yaitu setiap anggota menyelesaikan masalah dengan diskusi dan pembagian tugas masing-masing anggota kelompok memperoleh penilaian yang sangat baik. Memberikan kesimpulan bahwa memanfaatkan media kahoot.it dalam pembelajaran group investigation dapat meningkatkan kerjasama mahasiswa. Mereka akan lebih aktif dalam diskusi kelompok, menghargai pendapat temannya, memberikan solusi dan memberikan tanggapan.
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Hurit, Andreas Au; Wati, Mei Lina
Musamus Journal of Primary Education Musamus Journal of Primary Education Vol 2 No 2 (April, 2020)
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/musjpe.v2i2.2455

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas IV SD Inpres Polder Merauke. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan tes dan observasi. Sedangkan analisi data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa