cover
Contact Name
Mustofa
Contact Email
mustofa@unusa.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
mustofa@unusa.ac.id
Editorial Address
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Education and Human Development Journal
ISSN : 25410156     EISSN : 25990292     DOI : https://doi.org/10.33086/
Educatioan and Human Development Journal (EHDJ) Published by the Teaching and Education Faculty (FKIP). Published since April 7, 2017 with two versions, namely the printed version of ISSN: 2541-0156 and online e-SSN: 2559-0292. Rear-published twice every April and September. Committed to improving the quality of education. EHDJ focuses on human development through basic education in basic education.
Arjuna Subject : -
Articles 80 Documents
LEARNING METHODS OF DECISION MAKING SKILLS: DISCUSSION, ASSIGNMENT, AND PRACTICE CASE STUDY IN ISLAMIC BOARDING SCHOOL OF JAGAD 'ALIMUSSIRRY, INDONESIA asmaul lutfauziah
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 5 No 1 (2020): Educatioan and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.52 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v5i1.1496

Abstract

Generally, the learning in Islamic boarding schools use classic methods, ie. rote, bandongan, or sorogan. Decision-making skills is one of the skills needed in the 21st century. This study aims to describe the learning method of decision-making skills. This research is a case study in islamic boarding school of Jagad ?Alimussirry, Indonesia. It is survey research. The data were obtained through a questionnaire that consists of 9 items of the statement by a 4-point Likert scale. The questionnaire were given to 46 students and 5 lecturers after learning. This study also conducted observations during the learning in 5 courses. The observations were made by 2 observers. The results showed that decision-making skills have been taught with good enough category. The learning methods of decision-making skills is discussion, assignment, and practice. The learning concept are: 1) discuss the expectations and the reality to identify problems with good enough category, 2) assign students to gather relevant information by good enough category, 3) discuss the strategies of mapping for all alternative solutions by good less category, and 4) practice to choose the right decision by good enough category. The strategies of mapping the alternative solutions need to be repaired.
PENERAPAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASÄ°S DARÄ°NG DENGAN MENGGUNAKAN APLÄ°KASÄ° GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENÄ°NGKATKAN KEMAMPUAN MAHASÄ°SWA DALAM MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN Nafiah, Nafiah; Sri Hartatik
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 5 No 1 (2020): Educatioan and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.943 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v5i1.1486

Abstract

Kegiatan pembelajaran berbasiskan dapat dilakukan dengan efektif efesien jika dilakukan sistemmanajemen pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan manajemenpembelajaran berbasis daring dengan menggunakan aplikasi google classroom untuk meningkatkankemampuan mahasiswa dalam membuat perangkat pembelajaran pada mata kuliah perencanaanpembelajaran di Prodi S1 PGSD FKIP UNUSA. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas(PTK), penelitian ini dilaksanakan di prodi PGSD FKIP UNUSA semester 3 kelas B dengan jumlahmahasiswa 56 mahasiswa. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan empat tahap yaituperencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakanceklist (checklist) dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen pembelajaran berbasis daring dengan menggunakanaplikasi google classroom dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat perangkatpembelajaran pada mata kuliah perencanaan pembelajaran di Prodi S1 PGSD FKIP UNUSA. Hal tersebutdilihat dari kenaikan rata-rata nilai setiap siklus dan nilai rata-rata mahasiswa lebih dari kriteria ketercapaianindikator yang ditentukan. Pada siklus 1 pertemuan ke 1 rata-rata nilai penyusunan perangkat pembelajaranSD (Prota, Prosem/Promes, Silabus, RPP) sekitar 45, sedangkan pada pertemuan ke 2 nilai rata-rata peragkatpembelajaran sekitar 68,25. Pada siklus ke 2 pada pertemuan 1 nilai rata-rata penyusunan perangkatpembelajaran sekitar 73,5, sedangkan pada pertemuan ke 2 nilai rata-rata mahasiswa dalam penyususnanperangkat pembelajaran SD sebesar 96,75.
KEMAMPUAN NUMERASI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA Sri Hartatik; Nafiah, Nafiah
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 5 No 1 (2020): Educatioan and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.449 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v5i1.1456

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan numerasi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan 2019 dalam menyelesaikan masalah matematika. Masalah yang diberikan sebanyak 2 soal. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan sebanyak sebanyak 31 orang adalah mahasiswa yang sudah berkerja sebagai guru sekolah dasar yang tersebar di Jawa Timur dan Madura. Kemampuan Numerasi adalah fokus kepada kemampuan siswa dalam menganalisa, memberikan alasan, dan menyampaikan ide secara efektif, merumuskan, memecahkan, dan menginterpretasi masalah-masalah matematika dalam berbagai bentuk dan situasi (PISA). Hasil dari penelitian ini adalah untuk soal 1, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa PPG SD pada indikator yang pertama sebesar 0,7, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator kedua sebesar 1,3 dan nilai rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator ketiga sebesar 1,37. Untuk soal 2, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa PPG SD pada indikator yang pertama sebesar 0,4, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator kedua sebesar 1 dan nilai rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator ketiga sebesar 0,9. Hasil dari analisa kedua soal, kemampuan terendah mahasiswa PPG SD daljab dalam menyelesaikan masalah matematika adalah  kemampuan dalam menggunakan simbol atau angka terkait matematika dalam menyelesaikan masalah sehari hari. Sebagian besar mahasiswa PPG SD banyak melakukan kesalahan dalam penulisan angka dan simbol dalam menyelesaikan masalah matematika padahal maksud yang ingin mereka sampaikan sudah benar sehingga akan menimbulkan miskonsepsi bagi yang membaca hasil penyelesaian masalah mereka.. Kata kunci: Kemampuan Numerasi ,  Masalah matematika
PEMBIMBINGAN DENGAN MODEL PETIS NASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKUKAN TERAPI RELIGI Nur
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 5 No 1 (2020): Educatioan and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.546 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v5i1.1455

Abstract

Penelitian ini dilakukan melalui pembimbingan terhadap guru dengan model PeTis NaSi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mempraktekkan Terapi Religi pada siswa. Langkah-langkang model ini meliputi; perencanaan, latihan di sekolah/ tempat kerja, melaksanakan praktek di sekolah yang telah dijadwalkan, direfleksikan bersama untuk perbaikan lebih lanjut. Pendekatan penelitian menggunakan kwalitatif, dengan metode deskriptif. Intrumen penelitian mengunakan angket dan lembar observasi dan testimonial, angket diberikan pada guru sebelum bimbingan dan setelah melakukan praktek, lembar observasi digunakan saat proses bimbingan dan saat proses praktek terapi religi, testimonial diberikan pada guru dan siswa yang telah ditentukan. Berdasarkan analisis data hasil angket saat pertemuan awal, 100 % guru peserta belum melakukan/ mempraktekkan terapi/sejenisnya, setelah dilaksanakan pembimbingan pada sesi I rata-rata kemampuan guru menunjukkan nilai 66,1 berada pada kategori baik, lebih meningkat lagi pada sesi II rata-rata menunjukkan 88,4 . Jika di bandingkan peningkatan dari sisi I dan II menunjukkan peningkatan sebesar 23 %. Berdasarka hasil testimoial terhadap guru rata guru menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat terhadap prilaku guru sendiri dan siswa. Dari testimonial terhadap siswa, menyatakan timbul kesadaran atas kesalahan dan merubah perilaku yang baik pada orang tuan, dengan lebih bersemangat lagi untuk belajar. Kesimpulan dari kegiatan ini, pembimbingan Terapi religi dengan Model PeTis NaSi dapat meningkatkan kemampuan guru    dalam melakukan terapi religi pada siswa., guru lebih percaya diri dan bersemangat untuk melakukan praktek di sekolah.
PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS KETELADANAN GURU DAN PEMBIASAAN MURID SIT AL BIRUNI JIPANG KOTA MAKASSAR SUKMA, A.SUKMAWATI
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 5 No 1 (2020): Educatioan and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.841 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v5i1.1453

Abstract

Pembentukan karakter telah banyak dicanangkan oleh lembaga pendidikan. Guru mempunyai kedudukan khusus dalam membentuk nilai-nilai karakter untuk menciptakan generasi yang berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter berbasis keteladanan guru dan pembiasaan murid. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan guru dilakukan melalui tindakan, seperti kedisiplinan, menjaga keberhasilan, adil, bijaksana, sopan,santun dalam bertutur, sedangkan murid dibiasakan sesuai budaya sekolah yaitu salam, salim, senyum dan sapa, disiplin, berbagai kegiatan keagamaan, bertanggung jawab, mandiri, jujur dan berkegiatan literasi. Dampak yang ditimbulkan setelah diberlakukan keteladanan guru dan pembiasaan murid melahirkan karakter seperti menciptakan manusia kreatif, meningkatkan keimanan, merubah sikap, dan meningkatkan kegemaran membaca dan kepedulian lingkungan
LANGUAGE POWER: VIOLATING THE MAXIM OF QUALITY TO ACHIEVE GOOD COMMUNICATION AND TO KEEP CREDIBILITY Yusuf, Adi
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 5 No 1 (2020): Educatioan and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.649 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v5i1.1448

Abstract

Penggunaan bahasa yang tepat merupakan salah satu aspek yang dapat mempengaruhisuksesnya serangkaian kegiatan dalam bisnis. Para staff bagian personalia perlu memiliki pemahamanyang baik tentang penggunaan bahasa untuk menciptakan sebuah komunikasi yang baik dengan rekanbisnis supaya kegiatan bisnis tersebut berjalan dengan lancar. Salah satu penggunaan bahasa dapatdiketahui melalui prinsip komunikasi yang disebut ?maxims?. Artikel ini bertujuan untukmendeskripsikan penggunaan bahasa dan konteks kapan seharusnya menggunakan atau melanggar maximof quality. Metode penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa bahasadapat digunakan sebagai alat untuk memperoleh pengaruh yang luar biasa dalam serangkaian kampanyepemasaran. Di samping itu, berkenaan dengan penggunaan maxim ?quality?, humas dengan posisi lebihrendah, pada situasi tertentu, perlu melanggar maxim tersebut agar tercipta komunikasi yang baik danakhirnya kegiatan bisnis berhasil. Selanjutnya, ?a white lie? atau ?no comment? bisa menjadi salah satucara untuk membuat pendengar senang dan menjaga kredibilitas
ANALISIS GAYA BELAJAR MURID KELAS IV DI SDN BETTE KABUPATEN BARRU SRI WAHYUNI, SRI WAHYUNI; M. Basri; Muh. Nawir
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 5 No 1 (2020): Educatioan and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.536 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v5i1.1438

Abstract

This study aimed to describe the style of learning, supporting factors and factors inhibiting the learning styles of fourth-grade students at SDN Bette Barru. The subjects of this study are the fourth-grade students at SDN Bette Barru. This research is a descriptive qualitative approach. The data collection is carried out through observation, interview and document study. The data analysis technique is done with the collection, reduction, display, and conclude. Researchers used the test of credibility, dependability, and confirmability to obtain the validity of the data. The results showed that fourth-grade students learning styles vary. This is evidenced by the results of the analysis of learning styles of students showed that of the six pupils who are subject to two research students have a tendency of learning styles auditory, two research students have a tendency of learning styles visual, and two research students have a tendency of learning styles kinesthetic. Factors supporting this research is the availability of adequate facilities so that the teacher can use a variety of teaching methods in the learning process, as well as a limiting factor in this study is not maximal teachers in using existing facilities at the school.
REALISM IN EDUCATION PERSPECTIVE: EPISTEMOLOGICAL AND ONTOLOGICAL CONCEPTION ;AXIOLOGY OF REALISM ; REALISM IN EDUCATION; ZNuroh, Ermawati
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 5 No 1 (2020): Educatioan and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.626 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v5i1.1430

Abstract

The sense of realism is that the object of the senses is real and alone without relying on other knowledge or mindfulness. In the epistemological perspective, the flow of realism is to declare that the understanding of the subject is determined or influenced by the object. Realism tends to perceive, reason as one of the few objects being entirely called nature and also the emphasis that the outside world stands alone and does not depend on the subject. The flow of realism states that one's knowledge is gained through sensation and abstraction. In regard to value, the view of realism states that values are absolute, timeless, but still follows applicable natural laws. Education is actually meant to be a study or study of scholarly discipline through which we get definitions and classifications. Demonstration in the laboratory is also plural as a method of learning that is considered very effective in transferring knowledge to students. The teacher's role is as a facilitator, giving a set of basic ideas, and then giving students the opportunity to practice the subject or teaching materials that are being performed.
UPAYA PEMBINAAN TARI ANAK DI SANGGAR TARI PUTRA BIMA RESPATI SURABAYA Mariati, Pance
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 2 No 2 (2017): Educatioan and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.098 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v2i2.1384

Abstract

Upaya membentengi budaya daerah agar tidak mudah terpengaruh oleh budaya asing adalah dengan cara menguatkan serta melestarikan kesenian daerah. Upaya yang dilakukan untuk melestarikan kesenian daerah kota Surabaya khususnya untuk anak-anak adalah pembelajaran tari yang dilakukan di sanggar tari. Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah memberikan ruang bagi anak-anak untuk berekspresi dan berkarya seni, agar sejak dini anak dapat mengenal dan mencintai kesenian. Berdasarkan pemaparan di atas, tujuan dari penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui latar belakang pembelajaran tari anak di Sanggar Tari Putra Bima Respati Surabaya; 2) untuk mendeskripsikan upaya pembinaan tari anak yang dilakukan di Sanggar Putra Bima Respati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang mendeskripsikan upaya pembinaan tari anak di Sanggar Putra Bima Respati Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran tari yang dilakukan di Sanggar Tari Putra Bima Respati sanggat disiplin dan tegas sehingga menghasilkan penari-penari yang mempunyai teknik gerak dan tubuh yang bagus dalam menari. Oleh karena itu, prestasi yang diperoleh sanggar Putra Bimarespati sampai pada tingkat Provinsi, Nasional, sampai Internasional.
INTEGRATING CHARACTER EDUCATION AND LOCAL WISDOM IN DEVELOPING ENGLISH TEACHING MATERIAL Laili, Muawwinatul
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 2 No 2 (2017): Educatioan and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.885 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v2i2.1383

Abstract

There are many moral degradations has influenced students? character. Character education need to be implemented in students? learning activities. However, some teachers find some difficulties in finding and creating a textbook that includes character education in it. Besides, the role of local wisdom is very important in teaching character education and shaping students? identity. The teachers can promote local wisdom through English teaching materials. Both of charactereducation and local wisdom can be integrated in the teaching materials. This research intends to develop English teaching material needed by eighth graders. The design to develop the teaching material is Research and Development (R & D). The R&D method procedure that was conducted by the researcher is adapted from Cunningham?s R&D in Borg and Gall (2003). The development process was done by six steps, they are; reviewing relevant of literature, planning the chapterobjectives, developing a preliminary form, field-testing the preliminary form, revising the preliminary form based on the field-test results, and conducting a main field test of the revised form. As the result, the final products that integrated with character education and local wisdom can be the solution to promote the local wisdom and the way to teach character to the students.