cover
Contact Name
Machrus Ali, S.T., M.T. IPM
Contact Email
machrus7@gmail.com
Phone
+6281330002213
Journal Mail Official
jurnal.intake@gmail.com
Editorial Address
Jl Gus dur 29A, Mojongapit, Jombang
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Intake
Published by Universitas Darul Ulum
ISSN : 20874286     EISSN : 25806017     DOI : https://doi.org/10.48056/jintake
Focus and Scope Fokus Jurnal ini adalah Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Informatika. Tetapi juga meliputi aspek Desain dan Pengukuran Kerja, Penelitian dan Analisis Operasi, Analisis Ekonomi Teknik, Teknik Fasilitas dan Manajemen Energi, Rekayasa Kualitas & Realibilitas, Faktor Ergonomi dan Manusia, Teknik dan Manajemen Operasi, Manajemen Rantai Pasokan, Teknik Manajemen, Keselamatan, Rekayasa Informasi, Desain dan Pengembangan Produk, dan Desain dan Rekayasa Sistem.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2012): Oktober, 2012" : 4 Documents clear
Analisa Profil Muka Air Saluran Drainase Sutorejo Selatan Kelurahan Dukuh Sutorejo Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya Saiful Arfaah
Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan Vol. 3 No. 2 (2012): Oktober, 2012
Publisher : FT- UNDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48056/jintake.v3i2.106

Abstract

Kelurahan Dukuh Sutorejo Kecamatan Mulyorejo adalah merupakan bagian dari Kota Surabaya. Banjir tahunan pada saat musim penghujan merupakan bagian yang rutin terjadi pada daerah ini. Menjadi perhitungan lanjut perencanaan teknis dan keputusan-keputusan yang diambil untuk lebih mengetahui kondisi sebenarnya terkait dengan terjadinya banjir dan dimensi saluran yang diperlukan. Dibutuhkan Informasi yang akurat dari kondisi saluran eksisting, curah hujan dan kondsi lahan, yang berpengaruh untuk analisa hidrologi dan mendimensi saluran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui kondisi drainase yang ada pada daerah studi. 2) Merencanakan dimensi saluran drainase sesuai kapasitas terhadap debit rancangan. Metodologi yang digunakan adalah; 1) Pengumpulan data baik primer maupun sekunder 2) Analisa data 3) Perencanaan teknis dimensi saluran. Pengumpulan data dilakukan dengan survey langsung dilapangan serta data yang diperoleh dari instansi terkait, seperti data curah hujan. Analisa hidrologi meliputi ; perhitungan hari hujan maksimum, intensitas hujan, rumus intensitas hujan yang dipakai. Perencanaan teknis untuk mencari dimensi saluran drainase sesuai kapasitas terhadap debit rancangan. Dari hasil analisa hidrologi diperoleh hasil Debit puncak limpasan banjir sebesar 0,76 m3/dt. Hasil analisa hidrolik menggunakan HEC-RAS, elevasi muka air untuk debit kala ulang 5 tahun menunjukkan bahwa elevasi muka air banjir berada diatas elevasi dinding saluran yang berkisar natara 0,10 m s/d 1,09 m.
Analisa Perencanaan Trafo Sisipan T. 416 Pada Trafo HL. 017 Di Jaringan Tegangan Rendah Desa Guyangan Kecamatan Bagor Kabupaten Jombang Hidayatul Nurohmah; Machrus Ali
Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan Vol. 3 No. 2 (2012): Oktober, 2012
Publisher : FT- UNDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48056/jintake.v3i2.104

Abstract

Salah satunya yaitu standart mutu pelayanan terhadap tegangan yang diterima oleh pelanggan, yaitu rugi tegangan harus kurang dari 5%. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, maka PLN harus mengetahui besarnya susut tegangan, faktor – faktor yang menyebabkan adanya susut tegangan. Dari perhitungan sebelum adanya trafo sisipan dan perbaikan sistem jaringan didapatkan perbedaan antara hasil pengukuran dengan hasil perhitungan tegangan pada tiang ujung : Pada Trafo 017 dengan suplay Phasa R = 231; S = 230 ; T = 228 dengan line B Phasa R = 226.4, S = 225.4, T = 226.1 dan pada line D Phasa R = 229.1, S = 228.1, T = 226.1. Pada trafo sisipan T.416 diperoleh suplai Phasa R = 230 ; S = 231 ; T = 230 dengan tegangan line B Phasa R = 228.6 ; S = 227.9 ; T = 225.9 dan pada line D Phasa R = 227.8 ; S = 227.1 ; T = 225.1. Perbedaan ini menunjukkan kurang sempurnanya sambungan, atau penyambungan yang illegal. Beban pada konsumen sebesar 1525 Amper atau sejumlah 335 kVA, trafo yang terpasang 250 kVA. Maka diperlukan trafo sisipan sebesar 100 kVA pada Line D dan perbaikan sambungan dan penyaluran
Kontrol Settling Time Pada Turbin Uap Dengan Menggunakan Linear Quadratic Regulator (LQR) Ribka Stephani
Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan Vol. 3 No. 2 (2012): Oktober, 2012
Publisher : FT- UNDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48056/jintake.v3i2.105

Abstract

Keadaan steady state pada pembangkit listrik turbin uap merupakan hal yang penting untuk menjaga stabilitas sistem. Keadaan steady state pada sistem dapat dicapai lebih cepat dengan bantuan controller. Paper ini menganalisis perbandingan waktu untuk mencapai steady state (settling time) pada plant turbin uap tanpa controller dan dengan Linear Quadratic Regulator (LQR) menggunakan simulasi MATLAB. Hasil simulasi menunjukan LQR controller membuat sistem stabil dan lebih cepat mencapai keadaan steady state (0,76 detik) dibandingkan tanpa controller. Penentuan nilai R dan Q yang tepat akan memaksimalkan waktu untuk mencapai steady state pada system
Kontrol Kecepatan Motor DC Menggunakan PID Kontroler Yang Ditunning Dengan Firefly Algorithm Machrus Ali
Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan Vol. 3 No. 2 (2012): Oktober, 2012
Publisher : FT- UNDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48056/jintake.v3i2.103

Abstract

Konstruksi motor Direct Current DC sangat mirip dengan generator DC. Diperlukan pengaturan kecepatan motor dengan beberapa metode kontroler, agar diperoleh metode terbaik untuk model motor DC. Pemodelan system pengaturan motor Motor DC harus disesuaikan dengan karakteristik motor DC dan model pengaturannya. Metode kontrol Proporsional-Integral-Derivative (PID) banyak diterapkan di bidang industri. Kontroler ini memiliki parameter-parameter pengontrol, yaitu Kp, Ki, dan Kd. Ketiga parameter tersebut diturunkan dari perhitungan matematis pada metode PID konvensional. Metode osilasi Ziegler-Nichols merupakan sebuah metode penalaan PID yang dapat dilakukan secara otomatis tanpa memodelkan sistem. Paper ini digunakan untuk membandingkan perancangan kecepatan motor DC tanpa controller, dengan manual controller, dengan PID tanpa Artificial Intelegence (AI) dan dengan menggunakan Proporsional-Integral-Derivative (PID) yang dituning dengan 2 (dua) AI. AI yang digunakan adalah Firefly Algorithm (FA). Sistem kontrol kecapatan motor DC yang paling baik adalah kontrol PID_FA, kemudian dengan kontrol, PID-ZN, PID dan Nonkontrol. Didapatkan nilai; overshoot tanpa kontrol 0, settling time 7,75 detik, overshoot PID standart 1,347, settling time 10 detik, overshoot PID-ZN 1,576 settling time 2 detik, , overshoot PID-FA 1,203 settling time 1,25 detik

Page 1 of 1 | Total Record : 4