cover
Contact Name
Suparman
Contact Email
suparman@uncp.ac.id
Phone
+6285261455244
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
ISSN : 24433667     EISSN : 27154564     DOI : https://doi.org/10.30605/onoma
Core Subject : Education,
Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2019)" : 8 Documents clear
Analisis Psikologi Objektif Tokoh Madame Baptiste dalam Cerpen Madame Baptiste Heni, Heni
Onoma Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.974 KB)

Abstract

Hubungan antara sastra dan psikologi memang begitu erat. Karakter tokoh dalam suatu cerita dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, masyarakat, dan relasi dengan tokoh- tokoh lain Kondisi psikologis seseorang sangat berpengaruh pada segala aktivitas dan dalam karya yang dilakukan. Satu kejadian yang terjadi pada masa lalu seseorang juga sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian manusia. Kemungkinan ada suatu tragedi yang menimpa seseorang waktu kecil akan sangat membentuk konflik batin yang dalam dan nantinya akan  membelenggu psikologi seseorang. Dalam mengkaji struktur, masalah- masalah psikologis umumnya termuat dalam tema. Perkembangan psikologis tokoh terbentang sepanjang alur cerita. Suara kejiwaan terdapat dalam diri tokoh. Konflik antar tokoh tercermin dalam atmosfir dan latar psikologis. Kondisi mental para tokoh tercermin dalam sudut pandang. Gaya mencerminkan cara hidup dan kepribadian para tokoh. Kepribadian tokoh dapat dianalisis dengan menggunakan pendekatan psikologis. Hal ini tentu tidak lepas dari unsur lain pembentuk cerita, seperti alur, tema.dan unsur ekstrinsik. Dari pembahasan singkat tadi, penulis berusaha menggunakan suatu teori psiklogi, yakni dari Lacan untuk meneliti kondisi kejiwaan tokoh utama Madame Baptiste, di mana memang pembentukan karakter dan keadaan psikologi seseorang dimulai dari lingkungan keluarga dan kemudian lingkungan masyarakat.    
Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunaka Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Siswa Kelas VIII.B MTs 1 Mare Rosdiana
Onoma Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (699.127 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) pada siswa Kelas VIII.B MTs Negeri 1 Mare. Melalui pendekatan CTL (contextual teaching and learning), peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dapat dilihat secara proses maupun secara produk. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B MTs Negeri 1 Mare yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi. Penelitian ini dilakukan dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dari observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Keterampilan menulis teks eksplanasi siswa dilihat dari batas pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yaitu 75 dan menjadi bahan pertimbangan pelaksanaan siklus selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eskplanasi pada siswa kelas VIII.B MTs Negeri 1 Mare, baik secara proses maupun secara produk. Peningkatan proses ditunjukkan dari sikap siswa, aktivitas siswa, dan suasana pembelajaran, yaitu siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, siswa berani mengungkapkan pendapat saat berdiskusi, siswa dapat bekerja sama dengan baik dalam kelompok serta siswa dapat mengikuti dan memahami langkah-langkah pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dengan baik. Peningkatan produk dapat dilihat dari hasil karya siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa 70,6 dengan keterangan siswa tuntas sebanyak 5 siswa atau 20% siswa. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 84,35 dengan keterangan siswa tuntas sebanyak 17 siswa atau 85% siswa.
Pengaruh Penerapan Strategi DRTA terhadap Kemampuan Membaca Puisi pada Siswa Sekolah Dasar Sri Rahayu, Sri Rahayu
Onoma Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.427 KB)

Abstract

Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca puisi siswa yang peneliti kaji di kelas V SD Negeri Bawakaraeng 1 kota Makassar bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh yang ditimbulkan pada kemampuan siswa dalam membaca puisi. Berdasarkan data yang diperoleh data secara umum kemampuan membaca puisi  pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Bawakaraeng 1 setelah menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat dilihat dari perolehan persentase yaitu sangat tinggi 83,33%, tinggi 3,33%, sedang 10%, rendah 3,33%, dan sangat rendah berada pada persentase 0,00%. Data tersebut menunjukkan bahwa strategi Directed Reading Thinking Activity memiliki pengaruh positif dalam menunjang kemampuan membaca puisi siswa. Jadi diharapkan pada pengajar bahasa Indonesia untuk menjadikan strategi DRTA sebagai salah satu rancangan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang bersifat abstrak untuk kemampuan membaca puisi khususnya di sekolah dasar.
Kemampuan Menulis Cerita Pendek melalui Media Film Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palopo Marlia, Marlia
Onoma Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.124 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo dalam menulis cerpen melalui media film. Dalam penelitian ini peneliti menempuh beberapa tahap penelitian, yaitu tahap pengumpulan data dan analisis data. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Penulis mengadakan penelitian pustaka dengan teknik catat yang relevan dengan masalah yang sedang diteliti. Selanjutnya, penulis menggunakan media film untuk menilai kemampuan menulis cerpen siswa. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang mampu memperoleh kategori kurang baik 0 (0%) dalam interval 0-59, kemudian siswa yang mampu memperoleh kategori cukup baik 10 (33,3%) dalam interval 60-69, dalam kategori baik yaitu 20 (66,7%) dalam interval 70-84 dan siswa yang memperoleh kategori sangat baik 0 (0%) dalam interval 85-100. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerpen melalui media film pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo berada dalam kategori baik (66,7%) dan siswa yang kurang mampu sebanyak 33,3%. Jumlah siswa yang mendapat nilai ? 75 hanya 56,7% saja, sehingga menunjukkan bahwa sampel pada penelitian ini belum memenuhi kriteria yang ditetapkan, atau berada pada kategori tidak mampu
Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Struktur Kalimat Bahasa Indonesia dengan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Palopo Yusni, Yusni
Onoma Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (793.388 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Penguasaan kosakata siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo; (2) Penguasaan struktur kalimat bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo; (3) Kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo; (4) Hubungan yang signifikan penguasaan kosakata dan struktur kalimat bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi ganda. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo tahun pelajaran 2015-2016 yang berjumlah 389 siswa. Sampel berjumlah 41 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data adalah penguasaan kosakata, penguasaan struktur kalimat, dan keterampilan menulis paragraf argumentasi. Analisis data yang digunakan Uji Persyaratan Analisis dan pengujian hipotesis melalui program SPSS 20 for window. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan menunjukkan bahwa: hasil tes penguasaan kosakata nilai rata-rata 81,254. Terdapat 5 siswa atau 12.2% berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan kategori sangat rendah hanya terdiri atas 3 siswa atau 7.3%. Sisanya berada pada tingkat tinggi dan sedang sebanyak 33 siswa atau 80,5%. Hasil tes penguasaan struktur kalimat menunjukkan bahwa nilai rata-rata 79,300. Terdapat 4 siswa atau 9,8% berada pada kategori sangat tinggi, 16 siswa atau 39%  pada  kategori tinggi diikuti 15 siswa atau 36.6% pada tingkat sedang dan 6 siswa dengan kategori rendah sebesar 14,6 %. Hasil tes keterampilan menulis paragraf argumentasi menunjukkan bahwa nilai rata-rata 78,049. Terdapat 5 siswa atau 12.2% berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan kategori sangat rendah hanya terdiri atas 6 siswa atau 14,6 %. Sisanya berada pada tingkat tinggi dan sedang sebanyak 30 siswa atau 73,2%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel penguasaan kosakata dan struktur kalimat terhadap keterampilan menulis paragraf argumentasi adalah 48,5%, sedangkan 51,5% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam kasus/pembahasan ini. Berdasarkan tabel model summary juga diperoleh nilai probabilitas (sig. F change) = 0,000.  Karena nilai sig. F change 0.000 < 0.05 maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dan struktur kalimat bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo.
Kemampuan Menggunakan Huruf Kapital dalam Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 53 Sawerigading Kota Palopo Kartini
Onoma Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.567 KB)

Abstract

Kemampuan Menggunakan Huruf Kapital dalam Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 53 Sawerigading Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang kemampuan menggunakan huruf kapital dalam Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 53 Sawerigading Kota Palopo. Penulis melakukan beberapa tahap pengumpulan data dan tahap analisis data. Pada tahap pengumpulan data, diadakan penelitian pustaka dengan teknik catat dengan tujuan mengumpulkan beberapa teori yang relevan dengan masalah yang sedang diteliti.Selanjutnya, digunakan teknik pemberian tes tertulis kepada siswa sampel mengenai penulisan huruf kapital dalam bahasa Indonesia.Pada tahap analisis data, penulis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa yang memeperoleh nilai 6,5 ke atas sebanyak 21 orang atau 77,8%, sedangkan siswa yang memeperoleh nilai di bawah 6,5 sebanyak 6 orang atau 22,2%. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sampel adalah 7,49. Berdasarkan krteria pengujian hipotesis dinyatakan ditolak, karena kurangdari 85% yang memperoleh nilai 6,5dari skala penilaian 1-10.
Eksploitasi Gaya Penulisan Barbara Cartland dalam Novel Malaikat di Neraka Dunia Harsia, Harsia
Onoma Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.094 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis secara mendalam atau mengeksploitasi gaya penulisan Barbara Cartland dalam novel ?Malaikat di Neraka Dunia?. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka dengan metode deskriptif. Teknik analisis datanya dengan pendekatan objektif atau intrinsik. Data dan sumber data adalah novel ?Malaikat di Neraka Dunia? karya Barbara Cartland khusus unsur intrinsik yaitu gaya penulisan. Hasil penelitian: 1) Dalam novel ?Malaikat di Neraka Dunia? dapat ditemukan gaya khas yang digunakan penulis yaitu menyuguhkan kalimat-kalimat deskriptif yang mengumbar kalimat dan pencitraaan yang hiperbolis antara lain: seperti salah satu pasien cantik anda yang modern, rumah-rumahnya beratap merah terang, dan vila-vila putihnya tampak bagaikan kue berlapis es, semuanya begitu memesona, begitu mengagumkan, hingga Ancella menyadari ia belum pernah tahu warna dapat menggerakkan perasaannya dengan begitu kuat, wanita-wanita bangsawan yang luar biasa elegan, wajahnya berkerut-kerut dalam dan terlihat bagaikan tekstur kertas kulit Cina Kuno, di lehernya melingkar seuntai kalung mutiara indah yang butir-butirannya begitu besar hingga bagaikan telur burung; 2) Gaya penulisan deskriptif juga digunakan penulis dalam Novel ?Malaikat di Neraka Dunia? dimana banyak menampilkan kalimat deskriptif yang menggambarkan sesuatu secara detail terutama hal-hal yang berbentuk fisik seperti tempat atau bangunan dengan maksud menghidupkan hal tersebut dalam benak pembaca; 3) Gaya penulisan personifikasi dan depersonifikasi juga digunakan penulis sebagai variasi dalam novel tersebut agar gaya penulisan lebih variatif dan dinamis sehingga menimbulkan kesan tidak monoton bagi pembaca; 4) Gaya penulisan dalam novel ?Malaikat di Neraka Dunia? juga banyak menggambarkan sejarah-sejarah peradaban khususnya di Eropa yang menandakan luasnya pengetahuan dan wawasan penulis mengenai sejarah.
Pembelajaran Teks Anekdot dengan Menggunakan Media Video Animasi pada Siswa Kelas X SMK Profita Bandung 2018/2019 Wikanengsih; Heri Isnaini; Yesi Maylani Kartiwi
Onoma Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1046.388 KB)

Abstract

Artikel ini membahas tentang penggunaan media video animasi pada proses pembelajaran teks anekdot pada siswa kelas X SMK. Penelitian ini difokuskan pada aktivitas siswa dan guru serta perbedaan peningkatan hasil pelaksanaan pembelajarannya. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian quasi experiment atau design control group. Pembelajaran teks anekdot dengan menggunakan media video animasi ini dikombinasi dengan metode quantum learning. Hasil yang diperoleh dapat dilihat dari hasil prates dan pascates di kelas kontrol ada perubahan yang signifikan dilihat dari nilai yang dominan meningkat. Prates di kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 66,73 dan untuk nilai pasca tes mendapatkan nilai rata-rata 88,93 Selain itu, terlihat pula peningkatan prates dan pascates di kelas eksperimen. Rata-rata prates adalah 67 dan rata-rata nilai pascates adalah 97,53. Dengan demikian, pembelajaran dengan media ini diharapkan dapat memfasilitasi keterlibatan siswa dalam aktivitas belajar yang tinggi, diharapkan juga kemampuan kreativitas siswa pada pembelajaran teks anekdot. Pada akhirnya, siswa dapat kesempatan untuk mengembangkan diri sesuai dengan kemampuannya masing-masing, yang pada gilirannya nanti minat belajar meningkat, siswa belajar dengan antusias, dan dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8