cover
Contact Name
Suparman
Contact Email
suparman@uncp.ac.id
Phone
+6285261455244
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
ISSN : 24433667     EISSN : 27154564     DOI : https://doi.org/10.30605/onoma
Core Subject : Education,
Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2020)" : 9 Documents clear
PANDANGAN DUNIA HUMANISME TEOSENTRIS DALAM NOVEL KANTRING GENJER-GENJER KARYA TEGUH WINARSHO Badarudin Safe'i; Sitti Mustaghfiroh
Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/onoma.v6i1.250

Abstract

Penelitian ini mengambil objek material novel Kantring Genjer-Genjer  karya Teguh Winarsho. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan dunia (vision du monde) pengarang yang diekspresikan dalam novel Kantring Genjer-Genjer. Sementara itu, teori sastra yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Strukturalisme Genetik. Teori sastra ini dikembangkan oleh Lucien Goldmann. Menurut teori ini, antara struktur karya sastra dengan struktur sosial dianggap memiliki hubungan, tetapi hubungan tersebut bukan bersifat langsung melainkan dimediasi oleh pandangan dunia. Dengan kata lain, pandangan dunia menjadi jembatan penghubung antara struktur karya sastra dan struktur sosial pengarang. Metode yang digunakan adalah metode dialektik. Metode ini bekerja dengan pemahaman bolak-balik antara pandangan dunia, struktur teks, dan struktur sosial pengarang.
ANALISIS PSIKOLOGI DAN SOSIOLOGI KORBAN PERANG DALAM CERPEN SARAJEVO’S WOMBS AND THE CHILDREN OF TORNS KARYA AIMAN TASHIKA Heni, Heni
Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/onoma.v6i1.254

Abstract

The most essential thing that every human in the world has is freedom. With freedom humans can display their existence as a result of reason and character. Freedom is a source of individual freedom to develop and develop their potential. But often humans are shackled by their freedom or independence by others. Likewise a nation that changes colonialism will be deprived of its freedom. The colonizing nation would oppose imposing its authority on its colonial state. The occupation of the Serbs against the Sarajevo nation was one of the cruel forms of colonialism on earth. Serbia commits terror against the citizens of Sarajevo. One form of horrific terror is the rapes committed by the Serbian army on Muslim women in Sarajevo. Serbia considers rape terror as the most effective weapon to kill the people of Sarajevo. The women of Sarajevo war victims recovered from the trauma that had escaped. Many of the victims of rape gave birth to children of Serbian soldiers. On the contrary, those who oppose the atrocities of the Serb-Sarajevo war are not only women but also innocent children as a result of rape. The psychological and sociological influence was very much accepted by the victims at the end of colonialism. Although the war is over, these victims of rape terror support life with unforgettable dark shadows. Both the mother and the child will continue to be haunted by these bad memories. These children would be difficult to accept in the community because they thought the children of the colonizers. They will be ostracized in the association and of course will resolve social discomfort.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VII.C SMP DATOK SULAIMAN PALOPO PADA MATERI TEKS NARASI (CERITA IMAJINASI) Qalsum, ummu
Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/onoma.v6i1.255

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.C SMP Datok Sulaiman Palopo Palopo pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 30 orang. Pada pelaksanaannya siswa dibagi dalam 6 kelompok heterogen yang terdiri dari 5-6 orang. Siklus I dan siklus II masing-masing dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Dari data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Hasil belajar bahasa Indonesia siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siklus I berada dalam kategori ?sedang? dengan skor rata-rata 61,03 dan standar deviasi 5,93, skor tertinggi 71 dan skor terendah 49 dari skor ideal yang mungkin dicapai yaitu 100. (2) Hasil belajar bahasa Indonesia siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siklus II berada dalam kategori ?tinggi? dengan skor rata-rata 70,73 dan standar deviasi 7,72, skor tertinggi 88 dan skor terendah 60 dari skor ideal yang mungkin dicapai yaitu 100. Selain itu, juga terungkap bahwa semangat, keberanian dan rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan selama proses pembelajaran berlangsung setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
KARAKTER TOKOH UTAMA NOVEL UTSUKUSHISA TO KANASHIMI TO KARYA KAWABATA YASUNARI ( SUATU TINJAUAN STRUKTURAL) Nurul Fitrah Yani
Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/onoma.v6i1.263

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan salah satu pendekatan dalam analisis karya sastra (novel)  dengan menggunakan pendekatan struktural, yaitu :  untuk mengetahui karakter tokoh utama dan bagaimana hubungan antara karakter tokoh utama dengan aspek alur. Objek kajian penelitian ini yaitu novel bahasa Jepang  yaitu Utsukushisa To Kanashimi To karya Kawabata Yasunari,  Yang diterjemahkan  dalam  bahasa Indonesia dengan judul Keindahan dan Kesedihan Karya Sobar Hartini. Hasil penelitian ini menunjukkan setiap tokoh dalam novel ini  memiliki karakter yang bervariasi. Karakter dalam novel ini menjadi inti dari permasalahan yang memiliki peran kuat di dalam alur. Pada setiap perkembangan alur menggambarkan karakter tokoh melalui  penggambaran cerita secara langsung dan  melalui percakapan antar tokoh.
KEEFEKTIFAN TEKNIK IMAGINE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PALOPO Sehe
Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/onoma.v6i1.265

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model eksperimen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan teknik imagine terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. Teknik pengambilan sampel diambil secara purposive sampling. Tujuh kelas homogen dirandom untuk menentukan dua kelas perlakuan. Dari dua kelas terpilih, dirandom kembali untuk menentukan satu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perlakuan pada kelas eksperimen adalah menerapkan teknik imagine (khayalan visual) terhadap kemampuan menulis puisi bebas dan kelas kontrol tanpa menerapkan teknik imagine (khayalan visual). Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian ujian atau tes. Analisis statistika yang digunakan untuk mengolah data hasil penelitian adalah analisis statistika deskriptif dan inferensial. Kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Palopo yang menerapkan teknik imagine (khayalan visual) dan kemampuan kelas kelas VIII D SMP Negeri 2 Palopo yang tanpa menerapkan teknik imagine (khayalan visual). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teknik Imagine efektif digunakan terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. Keefektifan yang dimaksud berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 73,96 dari skor ideal 100 dan standar deviasi 11,70.
ETNOGRAFI KOMUNIKASI TATA CARA BERTUTUR MASYARAKAT SUKU PADOE Beta, Pancan; Salvia, Rinni; Besse Herdiana
Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/onoma.v6i1.274

Abstract

Konsep tentang etnografi komunikasi berbicara tentang masyarakat dan segala tindakan kebudayaan berupa kejadian yang diekspresikan masyarakat dengan bahasa. Relevansi antara bahasa dan etnografi terlihat pada ekpresi kebudayaan yang dijelaskan melalui peristiwa bahasa. Etnografi mengkaji peranan bahasa dalam perilaku komunikatif masyarakat, cara bagaimana bahasa digunakan dalam masyarakat yang berbeda kebudayaan. Tulisan ini menjelaskan etnografi masyarakat suku Padoe di Desa Tabarano Kecamatan Wasuponda berdasarkan teori Hymes. Etnografi komunikasi berupa tata cara bertutur  masyarakat suku padoe mengacu pada penggunaan bahasa kasar dan bahasa halus yang penggunaannya berlandaskan etika yang disesuaikan dengan variasi bahasa, konteks, situasi, serta lawan tutur.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF Zulham, M
Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/onoma.v6i1.275

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Palopo sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, (2) peningkatan kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Palopo setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Satuan eksperimen adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Palopo tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 26 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive sampling.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes awal (pretest)  dan tes akhir (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Palopo sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berada pada kategori sangat rendah, (2) Kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Palopo setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berada pada kategori sedang, (3) Terjadi peningkatan kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Palopo setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Palopo.
KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN Suparman
Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan media gambar terhadap pembelajaran menulis cerpen. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Terdapat dua kelas yaitu kontrol dan eksperimen, tidak diberi perlakuan kelas kontrol dan diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran media gambar disebut kelas eksperimen. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Statistika Deskriptif, analisis Statistika Inferensial diuji normalitas, homogenitas dan uji t independent sample t test. Hasil belajar siswa kelas VIII C (kelas kontrol) SMPN 2 Bua Ponrang sebelum diberi perlakuan dikategorikan kurang dengan skor rata-rata 76,09 dengan standar deviasi 5,145. Sedangkan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan kelas eksperimen dalam kategori baik dengan skor rata-rata 81,50 dengan standar deviasi 4,272. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan diterapkan pada kelas eksperimen. Hasil belajar siswa kelas VIII D (kelas eksperimen) SMPN 2 Bua Ponrang setelah diajar dengan menggunakan media gambar dikategorikan baik dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 81,50 dengan standar deviasi 4,272. Berdasarkan kategori perolehan nilai KKM posttest menulis cerpen kelas eksperimen yang memperoleh nilai 75 ke atas terdapat 21 orang siswa dengan persentase 95,45%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media gambar efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen
KEMAMPUAN MENULIS KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PRODI INFORMATIKA UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO Nirwana; Abd. Rahim Ruspa
Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis KTI pada mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Untuk menjawab pertanyaan tersebut data dianalisis dan dideskripsikan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II Program Studi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Sedangkan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas II-S. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis KTI pada mahasiswa kelas II S Program Studi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo dikategorikan belum memadai. Hal ini dinyatakan berdasarkan data hasil tes kemampuan mahasiswa, yaitu sebanyak 9 orang (30,00%) yang mampu memperoleh nilai di atas 75. Sedangkan 21 orang (70,00%) yang mendapat nilai di bawah 75. Dengan semikian, dapat dinyatakan bahwa kemampuan menulis KTI pada mahasiswa kelas II S Program Studi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo belum mencapai standar ketentuan belajar klasikal yang ditetapkan, yaitu 85%.

Page 1 of 1 | Total Record : 9