cover
Contact Name
Marisi Butarbutar
Contact Email
stiesultanagungps@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
stiesultanagungps@gmail.com
Editorial Address
Jalan Surabaya No.19 Pematangsiantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan
ISSN : 23384328     EISSN : 26862646     DOI : 10.37403
Core Subject : Economy,
Jurnal ini merupakan jurnal manajemen karya ilmiah seleksi terbaik dan layak untuk dimuat yang dikelola oleh TIM STIE Sultan Agung Pematangsiantar. Jurnal terbit secara berkala pada bulan Juni dan Desember. Semoga Jurnal ini memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan memberi wawasan serta pemahaman baru bagi para pembaca, khususnya yang berhubungan dengan Akuntansi dan Manajemen.
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2013): Desember" : 8 Documents clear
KEPEMIMPINAN ORGANISASI PENDIDIKAN Silalahi, Marto
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 1, No 2 (2013): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.785 KB)

Abstract

Kepemimpinan dalam organisasi pendidikan memiliki sumbangan yang besar dalam mencapai visi dan misi organisasi pendidikan. Kehadiran tanggungjawab dan agen perubahan dalam organisasi pendidikan menjadi indikator keberhasilan pelayanan pendidikan. Organisasi pendidikan memiliki tugas dan fungsi yang penting karena pencerdasan peserta didik dan agen penguatan karakter. Upaya mencerdaskan peserta didik terkait dengan transfer pengetahuan, sebaliknya agen pencipta karakter adalah produk dari transfer sikap dan tindakan yang amanah. Kehadiran organisasi pendidikan yang memiliki kedua fungsi utama itu akan memperbaiki karakter bangsa melalui pendidikan. Kepemimpinan organisasi memiliki tanggungjawab organisatoris dan tanggungjawab atas keberhasilan pelayanan pendidikan.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU PADA PERGURUAN BUDDHIST MANJUSRI PEMATANGSIANTAR Intan, Selvia Yenni; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 1, No 2 (2013): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.576 KB)

Abstract

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru pada Perguruan Buddhist Manjusri Pematangsiantar. Penulis menggunakan desain penelitian yaitu penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Populasinya adalah guru Perguruan Buddhist Manjusri Pematangsiantar dengan jumlah 40 orang. Metode pengumpulan data adalah melalui wawancara, dokumentasi dan kuesioner yang bersumber dari data primer dan sekunder yang dianalisa dengan analisa deskriptif kualitatif dan analisa deskriptif kuantitatif.Dari hasil analisa regresi sederhana diketahui bahwa = 14,95 + 0,595X. Kekuatan hubungan r = 0,5726, Kemudian koefisien determinasi R = 32,78 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja guru pada Perguruan Buddhist Manjusri Pematangsiantar. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji thit = 4,305 > ttab = 2,024. Adapun saran dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan pelatihan-pelatihan dan pemberian motivasi terhadap semua tenaga pendidik dan peserta didik dan kemampuan menggunakan in focus, laptop dan internet perlu ditingkatkan.
ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN DEVIDEN DENGAN QUICK RATIO SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008 – 2012 Susanti, Elly
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 1, No 2 (2013): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.601 KB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh Ukuran Perusahaan, Arus Kas Operasi, PBV, dan PER baik secara parsial maupun simultan terhadap DPR pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia, dan juga untuk membuktikan dan menganalisis apakah Quick Ratio mampu memoderasi hubungan antara variabel Ukuran Perusahaan, Arus Kas Operasi, PBV dan PER terhadap DPR. Populasi dari penelitian ini sebanyak 139 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008 – 2012. Sampel diseleksi dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 33 perusahaan. Untuk hipotesis pertama menggunakan analisis regresi berganda sedangkan untuk hipotesis kedua menggunakan analisis residual. Penelitian ini menunjukkan hasil dari hipotesis pertamaUkuran Perusahaan, Arus Kas Operasi, PBV, dan PERsecara simultan berpengaruh terhadap DPR. Secara parsial hanya PER yang berpengaruh signifikan terhadap DPR. Selanjutnya Quick Ratio digunakan sebagai variabel moderating hasilnya adalah Quick Ratio mampu memperkuat hubungan PER terhadap pengaruh DPR dan memperlemah hubungan Ukuran Perusahaan, Arus Kas Operasi, PBV terhadap pengaruh DPR.
PENGARUH KOMITMEN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK PANIN Tbk CABANG PEMATANGSIANTAR Indayang, Denny; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 1, No 2 (2013): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.652 KB)

Abstract

Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh komitmen terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Panin Tbk Cabang Pematangsiantar. Data-data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Untuk teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif . Dari hasil analisis regresi sederhana didapatkan = 23,6968 + 0,69466 X, yang artinya ada pengaruh positif antara komitmen terhadap kinerja. Nilai koefisien korelasi didapat sebesar 0,49099 yang artinya ada hubungan sedang dan positif antara komitmen dan kinerja. Koefisien determinasi yang didapatkan adalah 24,11% yang artinya tinggi rendahnya kinerja dijelaskan oleh komitmen sebesar 24,11% dan sisanya sebesar 75,89% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas seperti motivasi, kepemimpinan, lingkungan kerja, perencanaan karir, dan pendelegasian wewenang. Dari perhitungan uji thitung diperoleh 3,609 dan ttabel 2,020 di mana thit > ttab yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan menunjukkan adanya pengaruh positif antara komitmen terhadap kinerja. Dari hasil evaluasi diketahui bahwa pimpinan harus memperhatikan rasa kebersamaan dan saling memiliki di antara karyawan. Dan untuk meningkatkan kinerja pimpinan perusahaan harus melaksanakan pengembangan karyawan dengan melakukan training secara berkala.
PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL GM AUDIO PEMATANGSIANTAR P.S, Yohana Tania; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 1, No 2 (2013): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.574 KB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran dan pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel GM Audio Pematangsiantar. Dalam menganalisa permasalahan, penulis melakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisa deskriptif kualitatif dan teknik analisa deskriptif kuantitatif. Hipotesis penelitian adalah pelayanan yang diberikan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel GM Audio Pematangsiantar. Hasil analisa menunjukkan Ŷ= 0,842+0,58 X bertanda positip. Kekuatan hubungan kedua variabel adalah sangat kuat yaitu sebesar 0,89. Dari perhitungan koefisien determinasi, diperoleh 79,21% tinggi rendahnya kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh pelayanan, sisanya sebesar 20,79% dapat dijelaskan oleh faktor lain seperti produk, harga, dan lainnya dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis melalui uji t, dimana hasil uji thit > ttab. Untuk itu dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, Bengkel GM Audio Pematangsiantar harus terus meningkatkan kualitas kerja karyawan, melengkapi peralatan-peralatan yang diperlukan, meningkatkan kecepatan dalam pelayanan serta mencoba dan mempertimbangkan biaya yang diberikan kepada pelanggan Bengkel GM Audio Pematangsiantar.
ANALISIS CAMEL UNTUK MENILAI TINGKAT KESEHATAN PT. BANK MESTIKA DHARMA, TBK Roedily, Wenly; Tarigan, Parman; Sinaga, Mahaitin; purba, rosanna
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 1, No 2 (2013): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.78 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menilai tingkat kesehatan PT. Bank Mestika Dharma, Tbk pada periode kuartal kedua tahun 2011 (Juni 2011) sampai dengan kuartal kedua tahun 2013 (Juni 2013). Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis CAMEL yang meliputi aspek Capital, Asset, Management, Earning dan Liquidity. CAMEL merupakan alat untuk menganalisis keuangan suatu bank dan untuk penilaian manajemen bank yang ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk mengetahui tingkat kesehatan bank melalui aspek – aspek tersebut.Hasil dari analisis CAMEL menunjukkan bahwa tingkat kesehatan PT. Bank Mestika Dharma, Tbk secara keseluruhan pada periode Juni 2011 sampai dengan Juni 2013 berada di predikat Sehat. Adapun aspek Capital yang dimiliki oleh PT. Bank Mestika Dharma, Tbk dikategorikan dalam kelompok Sehat. Untuk aspek Assets yang dimiliki oleh PT. Bank Mestika Dharma, Tbk juga dikategorikan dalam kelompok Sehat. Kemudian untuk aspek Management yang diproyeksikan dengan menggunakan rasio Net Profit Margin dikategorikan dalam kelompok SEHAT. Berikutnya untuk aspek Earning yang dicapai oleh PT Bank Mestika Dharma, Tbk juga dikategorikan dalam kelompok Sehat. Aspek Liquidity PT. Bank Mestika Dharma, Tbk juga berada di predikat Sehat.
PERANAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH SISWA PADA PRIDE EDUCATION CENTRE (PEC) PEMATANGSIANTAR Wijaya, Sisca; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 1, No 2 (2013): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.965 KB)

Abstract

Pride Education Centre (PEC) Pematangsiantar merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang jasa pendidikan. Karena masih belum lama resmi menjadi sebuah sekolah TK Plus, maka masih banyak orang yang belum mengetahui atau sedikit orang yang mengenal terhadap keberadaan Pride Education Centre (PEC). Oleh karena itu, Pride Education Centre (PEC) melakukan berbagai cara untuk meningkatkan volume penjualan yang dalam hal ini jumlah konsumen (jumlah siswa) sebanyak-banyaknya. Salah satu usaha yang dilakukan Pride Education Centre (PEC) untuk meningkatkan jumlah siswanya yaitu dengan melakukan promosi. Dalam pelaksanaaan kegiatan promosinya, Pride Education Centre (PEC) Pematangsiantar hanya menggunakan alat promosi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah yaitu periklanan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Berdasarkan data biaya promosi yang dilakukan Pride Education Centre (PEC) Pematangsiantar, dapat dilihat bahwa pada tahun 2012 dan 2013, terjadi peningkatan yang signifikan pada biaya promosi yang digunakan Pride Education Centre (PEC) Pematangsiantar yaitu sebesar 105,60% dan 121,01%. Hal ini disebabkan adanya penambahan media promosi yang digunakan oleh perusahaan yaitu melalui penempatan iklan di surat kabar dan pelaksanaan acara open house. Berdasarkan data jumlah siswa TK Plus Pride Education Centre (PEC) Pematangsiantar, dapat dilihat bahwa pada tahun 2012 dan 2013, realisasi pencapaian target jumlah siswa TK Plus Pride Education Centre (PEC) Pematangsiantar cukup tinggi yakni sebesar 85% dan 86,73%. Hal ini membuktikan bahwa promosi yang dilakukan oleh Pride Education Centre (PEC) Pematangsiantar adalah berhasil. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kenaikan biaya promosi memiliki peranan terhadap peningkatan volume penjualan yang dalam hal ini jumlah konsumen (jumlah siswa) pada Pride Education Centre (PEC) Pematangsiantar.
PENGARUH KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DAN STAF PEGAWAI PADA SMP SWASTA SULTAN AGUNG PEMATANGSIANTAR Lyni, Lyni; Nainggolan, Pinondang; Tarigan, parman; Butarbutar, Marisi
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 1, No 2 (2013): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.087 KB)

Abstract

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah komunikasi yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar terhadap kinerja guru dan staf pegawainya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang diterapkan dan seberapa besar pengaruh komunikasi terhadap kinerja guru dan staf pegawai pada SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar, serta mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki dan dipertahankan agar mampu menghasilkan kinerja yang baik melalui penerapan komunikasi. Untuk menjawab masalah di atas, penulis melakukan penelitian melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data digunakan metode analisa deskriptif kualitatif dan metode analisa deskriptif kuantitatif. Hasil analisa menunjukkan pengaruh positif antara kedua variable dengan kekuatan hubungan sedang yaitu sebesar 0,5722. Koefisien determinasi sebesar 32,74% artinya kinerja guru dan staf pegawai dapat dijelaskan oleh komunikasi kepala sekolah dan 67,26 % dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian, penulis memperoleh kesimpulan bahwa komunikasi kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru dan staf pegawai pada SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Hal ini ditunjukkan melalui uji hipotesis t hitung > dari t tabel (4,068 > 2,033). Akan tetapi, kinerja guru dan staf pegawai selain harus dipertahankan, juga harus ditingkatkan. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan komunikasi secara terus menerus pada SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar.

Page 1 of 1 | Total Record : 8