cover
Contact Name
Marisi Butarbutar
Contact Email
stiesultanagungps@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
stiesultanagungps@gmail.com
Editorial Address
Jalan Surabaya No.19 Pematangsiantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan
ISSN : 23384328     EISSN : 26862646     DOI : 10.37403
Core Subject : Economy,
Jurnal ini merupakan jurnal manajemen karya ilmiah seleksi terbaik dan layak untuk dimuat yang dikelola oleh TIM STIE Sultan Agung Pematangsiantar. Jurnal terbit secara berkala pada bulan Juni dan Desember. Semoga Jurnal ini memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan memberi wawasan serta pemahaman baru bagi para pembaca, khususnya yang berhubungan dengan Akuntansi dan Manajemen.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2014): Desember" : 10 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENSIUN PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) PADA PT. TASPEN (PERSERO) CABANG PEMATANGSIANTAR Nasution, Rafika Sari; Tarigan, Parman; Siregar, Liper; efendi, Efendi
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 2, No 2 (2014): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (53.695 KB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada PT. Taspen (Persero) Cabang Pematangsiantar dalam kualitas pelayanan yaitu masih ada pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang belum merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas pelayanan. Namun, apakah ada pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada PT. Taspen (Persero) Cabang Pematangsiantar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Cabang Pematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dan penelitian perpustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 133 orang pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada PT. Taspen (Persero) Cabang Pematangsiantar dengan menggunakan skala likert. Teknik analisa yaitu dengan teknik analisa regresi, teknik analisa korelasi, determinasi dan uji hipotesis.Dari hasil analisa regresi diperoleh b=0,528, a=20,46 dan persamaan regresinya menjadi Y= 20,46 + 0,528 X. Hasil analisa korelasi antara kualitas pelayanan dengan kepuasana dalah 0,6422. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Saran dari penulis tingkat kinerja petugas pelayanan harus tetap ditingkatkan agar kualitas pelayanan pada PT. Taspen (Persero) Cabang Pematangsiantar menjadi lebih baik.
PERANAN KERJASAMA BISNIS TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA TOKO MEDIA PRINT PEMATANGSIANTAR Chandra, Erbin; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 2, No 2 (2014): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.971 KB)

Abstract

Toko Media Print Pematangsiantar adalah toko yang bergerak dalam bidang percetakan. Percetakan yang dilakukan adalah percetakan digital dan offset. Untuk membantu meningkatkan volume penjualannya, Toko Media Print melakukan kerjasama bisnis dengan beberapa perusahaan. Namun kenyataannya kerjasama bisnis yang dilakukan masih belum mampu memberikan volume penjualan yang sesuai dengan harapan. Maka berdasarkan uraian di atas yang menjadi rumusan masalah, yaitu “Bagaimana peranan kerjasama bisnis terhadap peningkatan volume penjualan pada Toko Media Print Pematangsiantar?”.Adapun metodologi penelitian yang digunakan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan, jenis datanya adalah data kualitatif dan kuantitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan analisis dan evaluasi yang dilakukan, disimpulkan bahwa kerjasama bisnis yang dilakukan oleh Toko Media Print Pematangsiantar berperan dalam meningkatkan volume penjualan. Tetapi volume penjualan dari hasil kerjasama tersebut masih belum optimal karena jumlah pendapatan yang diperoleh masih relatif rendah. Hal ini disebabkan ada beberapa hal yang masih belum dilakukan, dimana Toko Media Print hanya melaksanakan kerjasama horizontal tetapi belum melaksanakan kerjasama vertikal dan konglomerat yang diharapkan akan memberikan keuntungan yang lebih besar.
PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR TEKSTIL DAN GARMEN YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA Purba, Olimvia Agus Santi; Siahaan, Yansen; Purba, Rosanna; Susanti, Elly
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 2, No 2 (2014): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.642 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perputaran piutang terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan market to book ratio pada Perusahaan Sub Sektor Tekstil dan Garmen yang listing di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah Perusahaan Sub Sektor Tekstil dan Garmen yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2009 - 2013 yang telah memenuhi kriteria penarikan sampel berdasarkan purposive sampling yaitu sebanyak 15 perusahaan.Hasi regresi menunjukkan bahwa Perputaran Piutang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap market to book ratio, dari persamaan regresi Ln MBR = 1,510 – 0,606 Ln PP + ε. Hipotesis penelitian Ho ditolak dan menerima hipotesis Ha yaitu thitung -2,070 > ttabel -2,00247 dengan tingkat signifikasi 0,043 lebih kecil dari 5% atau 0,05. Artinya perputaran piutang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap market to book ratio pada Perusahaan Sub Sektor Tekstil dan Garmen yang listing di Bursa Efek Indonesia.
PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP MARKET TO BOOK RATIO (MBR) PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERDAGANGAN BESAR BARANG PRODUKSI YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA Astuti, Astuti; Nainggolan, Pinondang; Purba, Rosanna; Jubi, Jubi
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 2, No 2 (2014): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.626 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Debt to Equity Ratio (DER) dan Market to Book Ratio (MBR) serta untuk mengetahui dan menganalisis signifikansi pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Market to Book Ratio (MBR) pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar Barang Produksi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Objek penelitian adalah Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar Barang Produksi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2009 sampai dengan tahun 2013 yang telah memenuhi kriteria yaitu sebanyak 24 perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, koefisien korelasi, determinasi dan uji t. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan software statistic SPSS 21.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Rata-rata Debt to Equity Ratio (DER) adalah sebesar 1,82. 2) Rata-rata Market to Book Ratio (MBR) adalah sebesar 1,789. 3) Ada pengaruh positif antara Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Market to Book Ratio (MBR). 4) Hipotesis penelitian H0 diterima artinya Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh tidak signifikan terhadap Market to Book Ratio (MBR). 5) Terdapat hubungan yang sangat lemah antara Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Market to Book Ratio (MBR) sebesar 0,181. 6) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Market to Book Ratio (MBR) pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar Barang Produksi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia yaitu sebesar 3,3 persen.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA (STUDI PADA STIE SULTAN AGUNG PEMATANGSIANTAR) Wijaya, Andy
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 2, No 2 (2014): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.738 KB)

Abstract

STIE Sultan Agung Pematangsiantar sebagai lembaga pendidikan sangat memperhatikan kualitas pelayanan yang meliputi kehandalan, jaminan, bentuk fisik, empati dan daya tanggap yang telah diberikan selama ini. Tetapi peningkatan jumlah mahasiswa ini belum bisa dijadikan patokan bahwa kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan di STIE Sultan Agung Pematangsiantar telah tercapai. Apalagi tidak tersedianya kotak saran oleh pihak pengelola maka akan sulitlah untuk menilai apakah pelayanan selama ini telah memenuhi keinginan mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan agar pihak pimpinan STIE mengetahui bagaimana kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan dengan cara mencari tanggapan mahasiswa terhadap pelayanan yang telah diterimanya selama ini.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa baik secara parsial maupun simultan. Hasil pengujian yang dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 17.0 diketahui bahwa nilai F hitung > F tabel (142,310 > 2,95) sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, artinya variabel bebas yang terdiri dari reliability, assurance, tangible, empathy dan responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa STIE Sultan Agung Pematangsiantar. Dari uji parsial diketahui variabel empati (empathy) merupakan variabel yang paling dominan yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa STIE Sultan Agung Pematangsiantar dengan nilai t hitung 7,156 dan tingkat signifikansi 0,000 sedangkan variabel terendah adalah variabel bukti fisik (tangible) dengan nilai t hitung 2,430 dan tingkat signifikansi 0,016.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KANTOR NOTARIS DAN PPAT RACHMANSYAH PURBA SH, M.KN DI KOTA PEMATANGSIANTAR Putri, Debi Eka; Lie, Darwin; efendi, Efendi; Inrawan, Ady
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 2, No 2 (2014): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.143 KB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor Notaris dan PPAT Rachmansyah Purba SH, M.Kn di Kota Pematangsiantar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif dan analisa deskriptif kuantitatif. Adapun populasi yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 responden yaitu rekanan, dalam hal ini pegawai Bank bagian unit pembiayaan dan developer perumahan pada bulan Juli-Agustus 2014. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, kuesioner dan observasi. Tehnik analisa yang digunakan ialah regresi linier sederhana, koefisien korelasi, determinasi dan uji t.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pelanggan menyatakan kualitas pelayanan jasa baik dan kepuasan pelanggan dikategorikan puas. 2) Hasil pengujian regresi adalah = 24,474 + 0,519X berarti kualitas pelayanan jasa berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. 3) Hasil r = 0,609 artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kualitas pelayanan jasa dan kepuasan pelanggan pada Kantor Notaris dan PPAT Rachmansyah Purba, SH, M.Kn di Kota Pematangsiantar. Tinggi rendahnya kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan jasa sebesar 37,1%. 4) Hipotesis penelitian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Kantor Notaris dan PPAT Rachmansyah Purba SH, M.Kn di Kota Pematangsiantar.
PENGARUH FINANCIAL DISTRESS (ALTMAN Z-SCORE) TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Julini, Debby; Siahaan, Yansen; Sinaga, Mahaitin; Purba, Rosanna
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 2, No 2 (2014): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.947 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran financial distress (Altman Z-Score) dan return saham serta untuk mengetahui pengaruh financial distress terhadap return saham pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2009 sampai dengan periode 2013. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kepustakaan dengan sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan harga saham Perusahaan Sektor Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data tersebut diolah dengan menggunakan teknik analisis data yaitu analisis Altman Z-Score Data z-score yang telah diketahui tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu terdiri dari analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan instrumen penelitian berupa statistik deskriptif, analisis regresi linier sederhana, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial distress (Altman Z-Score)berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return saham. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana yaitu ArtanRt = 0,124 + 0,109 ArtanFd + yang menunjukkan bahwa financial distress berpengaruh positif terhadap return saham. Dari hasil uji t diperoleh hasil bahwa thitung < ttabel atau 1,310 < 1,97730 sedangkan tingkat signifikansi yang diperoleh adalah 0,193 > 0,05 yang menunjukkan bahwa financial distress berpengaruh tidak signifikan terhadap return saham.
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PADA KOPDIT/CU. CINTA MULIA PEMATANGSIANTAR Sinaga, Bernike; Siahaan, Yansen; Purba, Rosanna; Jubi, Jubi
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 2, No 2 (2014): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.611 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi kebangkrutan dengan menggunakan Altman Z-score pada Kopdit/CU. Cinta Mulia Pematangsiantar. Objek yang dipilih untuk melakukan penelitian ini adalah Kopdit/CU. Cinta Mulia Pematangsiantar yang merupakan koperasi simpan pinjam. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menganalisis laporan keuangan dengan menggunakan alat analisis Altman Z-score.Hasil analisis menunjukkan bahwa Kopdit/CU. Cinta Mulia Pematangsiantar mengalami penurunan modal kerja dan kerugian penjualan dari setiap tahunnya. Dengan hasil nilai Z-scorenya < 1,88 yang menunjukkan bahwa perusahaan ini masuk dalam kategori bangkrut atau perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan yang sangat serius. Maka perusahaan dapat memperbaiki kinerja keuangannya dengan cara memperkecil hutang dan menambahkan ekuitas.
PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT. TASPEN (PERSERO) CABANG PEMATANGSIANTAR Simangunsong, Nora Christina; Lie, Darwin; Butarbutar, Marisi; efendi, Efendi
SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 2, No 2 (2014): Desember
Publisher : SULTANIST: JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.23 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat stres yang dialami pegawai dan gambaran kinerja pegawai pada PT. Taspen (Persero) Cabang Pematangsiantar. Permasalahan ini dijawab dengan menggunakan desain penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, populasi sebanyak 30 responden, data kualitatif dan kuantitatif yang bersumber dari data primer yang diperoleh dari PT. Taspen (Persero) Cabang Pematangsiantar dan data sekunder yang diperoleh dari buku-buku. Adapun teknik pengumpulan data dengan teknik kuesioner, wawancara, dokumentasi, serta teknik analisis data yakni analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif yang digunakan adalah regresi sederhana, korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis atau uji t.Berdasarkan hasil analisa regresi Ŷ = 0,27 – 1,86Xdiperoleh pengaruh yang negatif antara stres dan kinerja, nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 56,25% tinggi rendahnya kinerjadapat dijelaskan stres. Perhitungan uji thitung diperoleh 9,090 dan ttabel 2,048dimana thit >ttab menunjukkan ada pengaruh yang negatif antara stres terhadap kinerja pegawai dengan kata lain H0 ditolak. Dari hasil evaluasi diketahui bahwa ada beberapa pegawai yang sering datang terlambat karena urusan pribadi, dan kurang bertanggung jawab dengan tugasnya. Berdasarkan hal ini Penulis memberikan saran agar Pimpinan lebih tegas dalam menegur para pegawai yang tidak disiplin, serta memotivasi dan menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan para pegawai, agar tercipta suasana kerja yang kondusif.
PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA Manurung, Sepbeariska; Lie, Darwin; Sinaga, Mahaitin; Jubi, Jubi
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 2, No 2 (2014): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.624 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran profitabilitas yang diukur dengan return on equity (ROE), mengetahui gambaran nilai perusahaan dengan market to book ratio (MBR) dan mengetahui besar pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan sektor aneka industri yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan berdasarkan data sekunder dari laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari idx statistik. Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPPS 17.0. Sampel yang digunakan adalah perusahaan sektor aneka industri yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2009 sampai dengan tahun 2012. Profitabilitas merupakan variabel independen dan nilai perusahaan merupakan variabel dependennya. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa rata-rata tingkat profitabilitas yang diproksikan oleh return on equity yang dihasilkan oleh perusahaan sektor aneka industri yang tercatat di Bursa Efek Indonesia adalah sebesar 13,47%, sementara rata-rata nilai perusahaan yang diproksikan oleh market to book ratio pada perusahaan sektor aneka industri yang tercatat di Bursa Efek Indonesia adalah sebesar 1,002040. Hal ini berarti profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10