cover
Contact Name
Lukman Hakim
Contact Email
lukman@smkn1sookomojokerto.sch.id
Phone
-
Journal Mail Official
jip@smkn1sookomojokerto.sch.id
Editorial Address
-
Location
Kota mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pembelajaran
ISSN : 24424269     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, studi literatur, dan gagasan dalam pembelajaran di kelas.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Ekspostri Sentot Sugiharta
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol 5 No 2 (2019): Juni 2019
Publisher : SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.161 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3356701

Abstract

Tujuan dari  penelitian ini adalah mendeskripsikan proses upaya meningkatkan  Prestasi Belajar Bidang Studi Biologi dengan Strategi Pembelajaran Ekspostri pada pokok bahasan Jaringan Tumbuhan  Siswa Kelas  XI-MIPA 2  Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian  ini adalah siswa Kelas  XI-MIPA 2  tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil  analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai II yaitu, siklus I (72,22%), siklus II (88,88%). Metode pembelajaran ekspositori dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa Kelas  XI-MIPA 2  , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran mata Biologi.
The Effectiveness of Reading Strategies Training to Teach Reading Comprehension Nofita Yanti
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol 5 No 2 (2019): Juni 2019
Publisher : SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.296 KB)

Abstract

This study investigated the effect of reading strategies training technique on the students’ reading skill in literal and inferential comprehension. The training techniques were modified from the procedure developed by Brown and Palincsar (1984), which involved three concrete reading strategies: predicting, text mapping, and summarizing. To achieve the purpose of this study, the quasi experimental design was conducted with the experimental group was given reading strategies training technique and the control group was conventional technique. The subjects were two classes of office administration tenth grade students of SMKN 1 Sooko. The instrument of this study was test that used to compare the students achievement which used reading strategies training technique. The test for the post-test was constructed in multiple choices. In this study mid-test score is a covariate, it is used to know the students’ average score both experimental and control group before giving the treatment. The experimental data were subjected to descriptive statistics of mid-test score and post-test score, and both the analysis of covariance (ANCOVA) of post-test score in literal and inferential comprehension. Furthermore, the increase of the mean score of teaching reading comprehension by using strategies training technique is higher than the conventional technique group. It means that two groups both of experimental and control group differ significantly in literal and inferential comprehension.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe CIRC Achmad Sjam
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol 5 No 2 (2019): Juni 2019
Publisher : SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.635 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok Persamaan Linier dua variable melalui penerapan model pembelajaran CIRC di kelas VIII-J SMP Negeri 1 Pusakanagara Kabupaten Subang. Subyek penelitian terdiri dari 40 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, pada tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Pebruari hingga Maret 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil ulangan, pada pra siklus rata-rata kelas hasil ulangan 60,5 dengan ketuntasan belajar 45%, siklus I rata-rata kelas 64 dengan ketuntasan 62,5% dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas yaitu 69,9 dengan ketuntasan minimal 82,5%.
Meningkatkan Kemampuan Guru IPS Dan PPKn Dalam Menyusun Soal HOTS Melalui Workshop Di Kota Mojokerto Nurul Laila
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol 5 No 2 (2019): Juni 2019
Publisher : SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.553 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal-soal HOTS. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner dan instrumen pengamaan dengan terlebih dahulu dilakukan monitoring dan supervisi ke sekolah binaan tentang perangkat penilaian. Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa guru belum memahami apa itu soal HOTS bagaimana karakteristiknya dan bagaimana cara menyusunnya. Setelah dilaksanakannya pelatihan dan pendampingan, pada siklus I sebanyak 51,28% guru mulai terampil membuat stimulus dan 69,23% guru terampil membuat kisi-kisi dan rumusan soal HOTS dengan rata-rata nilai 63,50 dan 68,67. Pada siklus II 100% guru terampil membuat stimulus dan 95,6% guru telah terampil membuat kisi-kisi dan rumusan soal HOTS dengan rata-rata nilai 82,66 dan 83,87. Dengan hasil tersebut dirasa tidak perlu dilakukan penambahan siklus, karena target kompetensi guru telah tercapai.
Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Strategi Kerja Praktek Dengan Teknik Umpan Balik Dalam Menyusun RPP Inovatif Achmad Wahid Hasjim
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol 5 No 2 (2019): Juni 2019
Publisher : SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.503 KB)

Abstract

Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa kerja praktek terbilang memiliki dampak positif dalam meningkatkan model pembinaan RPP (Rencana Program Pembelajaran) Inovatif. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman peserta peltihan terhadap materi yang disampaikan nara sumber (ketuntasan kerja praktek meningkat dari sklus I, II, dan II) yaitu masing-masing 60%, 73%, dan 87%. Pada siklus III ketuntasan kerja praktek secara klasikal telah tercapai. Berdasarkan analisis data, diperoleh aktivitas peserta kerja praktek dalam proses kerja praktek dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini berdampak positif terhadap kemampuan peserta kerja praktek yaitu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata peserta pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan. Aktivitas narasumber selama kerja praktek telah melaksanakan langah-langkah kerja praktek dengan baik.
Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Strategi Kerja Praktek Dengan Teknik Umpan Balik Dalam Menyusun RPP Inovatif Siti Rodiyah
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol 5 No 2 (2019): Juni 2019
Publisher : SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.214 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar model pembelajaran kooperatif  dapat membantu memotivasi siswa siswa dalam mengusai mata pelajaran kewirausahaan pada kompetensi dasar kemampuan menganalisis peluang usaha kelas XI-Tari.3 SMK Negeri 12 Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,  dan  refleksi dengan tiga siklus. obyek penelitian adalah kelas XI-Tari.3 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah dengan menggunakan metode survey dan hasil evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran kooperatif (Cooperatif Learning) cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran karena mayoritas kelompok belajar berhasil menuntaskan pemahaman materi yang diberikan.
Penerapan Pembelajaran IPA Dengan Media Wayang Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Murtini
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol 5 No 2 (2019): Juni 2019
Publisher : SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.215 KB)

Abstract

Wayang sains merupakan media yang menarik untuk digunakan, sehingga siswa menjadi tertarik untuk mempelajari IPA. Penelitian dilakukan di kelas VIII-C MTs Negeri Mojosari Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode PTK model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil yang cukup baik terlihat dari nilai rata-rata siswa pada tiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 65,02 dengan 22 siswa lulus(64,7%). Pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 80,91 dengan 29 siswa lulus (85,3%). Dengan demikian penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media wayang sains dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Dlanggu (Studi Tentang Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru) Gangsar Santosa
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol 5 No 2 (2019): Juni 2019
Publisher : SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.398 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dan pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru serta pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi guru terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Dlanggu Kabupaten Mojokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan karyawan di SMK 1 Dlanggu Kab. Mojokerto di sekolah tahun 2016/2017 sejumlah 48 orang, semua objek yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan dua teknik utama pengumpulan data, menggunakan instrumen kuesioner dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK 1 Dlanggu Kab. Mojokerto; (2) Ada pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru di SMK 1 Dlanggu Kab. Mojokerto; (3) Ada pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi guru terhadap kinerja guru di SMK 1 Dlanggu Kab. Mojokerto.
Peningkatan Aktivitas Belajar Materi Kerjasama Internasional Melalui Penerapan Model Pembelajaran Portofolio Ita Indrasari
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol 5 No 2 (2019): Juni 2019
Publisher : SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.956 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas belajar materi Kerjasama Internasional melalui penerapan model pembelajaran portofolio pada siswa kelas XI-IPS.2 SMA Negeri 1 Mojosari tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPS.2 SMA Negeri 1 Mojosari tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, pengamatan atau observasi, pemberian tugas, catatan lapangan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan wawasan siswa. Hal ini terbukti dengan hasil tes yang didapat siswa menjadi semakin baik.
Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Seni Menjual dan Teknik Promosi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Arini Hidayati
Jurnal Inovasi Pembelajaran Vol 5 No 2 (2019): Juni 2019
Publisher : SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.086 KB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Kewirausahaan melalui penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah pada pokok bahasan seni menjual dan teknik promosi.  Penelitian  ini  merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang terdiri dari tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap  yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas XI TOKR 1 SMK Negeri 1 Jatirejo Mojokerto yang berjumlah 30  siswa.  Analisis data  yang  digunakan dalam  penelitian  ini adalah teknik  analisis  kualitatif.  Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran berdasarkan  masalah dapat  meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Kewirausahaan materi Seni Menjual dan Teknik Promosi.

Page 1 of 2 | Total Record : 12