cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
MediaTor: Jurnal Komunikasi
ISSN : 14115883     EISSN : 25810758     DOI : -
Core Subject : Education,
Mediator: Jurnal Komunikasi focuses on communication studies and media. Although centered on communication, Mediator is open and welcomes the contribution of many disciplines and approaches that meet at crossroads with communication studies. Type of writing is in the form of scientific articles (the results of field research, conceptual articles, or desk studies). This journal is intended as a medium of scientific study to communicate vision, reflection, conceptual thinking, research results, interesting experiences in the field, and critical analysis-studies on contemporary communication issues.
Arjuna Subject : -
Articles 351 Documents
HUBUNGAN PERILAKU PENCARIAN INFORMASI DENGAN PENGGUNAAN LINE DAKWAH ISLAM Ramdhani, Balqis Annisa; Prijana, Prijana; Rodiah, Saleha
MediaTor (Jurnal Komunikasi) Vol 10, No 2 (2017): (Accredited Sinta 3)
Publisher : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/mediator.v10i2.2738

Abstract

Kegiatan pencarian informasi merupakan kegiatan yang sering dilakukan dan dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi kegiatan ini dapat dilakukan pada media yang lebih canggih seperti media sosial line. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku pencarian informasi mahasiswa anggota Syamil Unpad melalui penggunaan official account line dakwah Islam berdasarkan teori Krikelas. Tindakan perilaku pencarian informasi diawali adanya kebutuhan yang dilandasi oleh suatu aktivitas kegiatan ataupun kebutuhan dilingkungan sekitarnya. Dengan tiga tahapan perilaku pencarain informasi yaitu dorongan kebutuhan informasi, menciptakan perubahan dan aktivitas lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode studi kuantitatif korelasional dengan jumlah populasi 250. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, obsevasi, wawancara dan studi kepustakaan. Penyebaran kuisioner dilakukan dengan cara mengirimkan link kuisioner yang telah dibuat melalui aplikasi Google From pada seluruh anggota Syamil Unpad. Hasil dari penelitian menunjukkan perilaku pencarian informasi mahasiswa memilki hubungan yang cukup berarti dengan penggunaan official account line Dakwah Islam, dorongan kebutuhan informasi memilki hubungan yang rendah dengan penggunaan official account line Dakwah Islam, menciptakan perubahan memiliki hubungan yang cukup berarti dengan penggunaan official account line Dakwah Islam dan aktivitas lingkungan memiliki hubungan yang kuat dengan penggunaan official account line Dakwah Islam.
Ba’asyir dalam Pertarungan Wacana Khotimah, Ema
MediaTor (Jurnal Komunikasi) Vol 4, No 1 (2003): Merayakan Wacana Kontemporer
Publisher : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/mediator.v4i1.789

Abstract

Situasi internasional pascatragedi WTC sangat sensitif terhadap gerakan dan kelompok yang dipandang radikal, ekstrem, apalagi yang “berbau” terorisme. Ironisnya, semua keonaran ini telah ditudingkan kepada kelompok Islam garis keras sebagai pelakunya. Media massa secara simultan mem-blow-up relasi Islam dan terorisme dari waktu ke waktu. Bahkan, Indonesia terkena getahnya, negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam ini pun dikukuhkan oleh media Barat dan didukung oleh media massa nasional sebagai sarang teroris, lalu Abu bakar Ba’asyir dicap sebagai pemimpin teroris di kawasan Asia Tenggara. Meski sampai saat ini tim penyidik belum menemukan bukti keterlibatan Ba’asyir dalam aksi terorisme, Ba’asyir masih mendekam di penjara sampai 1 Maret 2002 sesuai BAP Polri . Di media massa, Ba’asyir dan kelompok Islam cenderung telah terpinggirkan dalam pertarungan wacana.
MAKNA IDENTITAS BUDAYA DAN KONFLIK ANTARETNIS DALAM NARASI HOLLYWOOD: ANALISIS FILM “CRAZY RICH ASIANS” PERSPEKTIF SEMIOTIKA NARATIF GREIMAS Arsi, Muhammad Abdurrahman; Sobur, Alex
MediaTor (Jurnal Komunikasi) Vol 12, No 1 (2019): (Accredited Sinta 3)
Publisher : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/mediator.v12i1.4519

Abstract

This thesis entitled ‘the meaning of Cultural Identity and inter-ethnic conflict in Crazy Rich Asians the movie’ aims to find out the meaning of Asian-American cultural identity and conflict behind its narrative. This qualitative research applied Greimas’s narrative semiotics analysis and borrows few of Christian Metz’s film semiotics. Greimas narrative semiotics is a theory and method that can be used to investigate signs in the narrative text whether expressed in the surface structure of storytelling, or implied in the inner structure of the text. Results of this study found that the meaning of Asian-American cultural identity and conflict illustrated through the surface structure of storytelling which is represented through six actants, namely sender, receiver, subject, object, and traitor. Through the traitor actant, the power that prevents subject from reaching his object are prejudice, social status, and personal revenge, while the strength that supports subject in facing these obstacles are love and courage. Through functional schemes, conflict dynamics illustrated through the sequence of events. After analyzing the inner structure with semiotic square, it is known that the main theme underlying the outer structure of storytelling is the dichotomy between West vs East and courage vs fear, along with subterms that negate and imply the two main terms
Komunikasi Orang Tua dan Pembentukan Kepribadian Anak Solihat, Manap
MediaTor (Jurnal Komunikasi) Vol 6, No 2 (2005): Bagaimana Kita Menjelaskan Penerapan Teknologi?
Publisher : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/mediator.v6i2.1210

Abstract

Education is, essentially, a lifetime experience. Education begins as early as childhood, and family become an early place to start. Parent’s communication plays important role in education, especially in shaping children’s personality. The roles of parents their children education aren’t only limited on providing material resources needed to pay education cost. Parents also have to add and keep updating their knowledge continuously. The other key to strengthening education is by providing a healthy, harmonious, and safe environment for their children growth. This should be parents’ role, too, in shaping their children’s personality.
Hubungan dalam Komunikasi Diadik Suami-Istri: Perspektif Sosiologi Keluarga Darmawan, Kiki Zakiah
MediaTor (Jurnal Komunikasi) Vol 3, No 2 (2002): Memilih Pendekatan dalam Penelitian: Kuantitatif atau Kualitatif?
Publisher : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/mediator.v3i2.776

Abstract

Dalam melakukan komunikasi. kita bukan sekadar menyampaikan isi pesan (content), tapijuga menentukan kadar hubungan (relationship) antarpribadi. Faktor relationship ini adalah yang terpenting dalam komunikasi antarpribadi. Termasuk dalam konteks komunikasi diadik yang berlangsung di antara suami-istri. Melalui tinjauan teori Pertukaran Sosial, hubungan suami-istri dipandang sebagai sebuah transaksi. Kualitas hubungannya dapat dilihat dari tingkat penyingkapan diri, keakraban, afiliasi. dan komitmen di antara keduanya. Dari segi dominasi kekuasaan, terdapat keragaman hubungan suami-istri yang bersifat kontinum: dari hubungan suami-istri yang menunjukkan dominasi mutlak suami atas istri hingga hubungan keduanya yang bersifat egalitarian.
Komunikasi “Subkultur” religius NU, Muhamadiyah, Persis dan Syarikat Islam di Universitas Islam Bandung (Unisba) Kurnia, Septiawan Santana; Nurrahmawati, Nurrahmawati
MediaTor (Jurnal Komunikasi) Vol 10, No 2 (2017): (Accredited Sinta 3)
Publisher : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/mediator.v10i2.2753

Abstract

Indonesia memiliki keragaman kelompok keagamaan Islam, membawa beragam karakteristik budaya komunikasi kelompok keislaman. Dalam komunikasi antarbudaya, hal ini merepresentasikan karakteristik subkultur komunikasi religius dari masing-masing kelompok organisasi keislaman, seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhamadiyah, Persatuan Islam (Persis), dan Syarikat Islam (SI). Demikan pula dengan Universitas Islam Bandung (Unisba),yang ber-statuta sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam yang tidak berasas keorganisasian keislaman tertentu. Para pengajarnya, di antaranya, memiliki keragaman subkultur komunikasi religius keislaman.Penelitian ini mengkajibagaimanakah subkultur kelompok keislaman melakukan komunikasi antarbudaya di Unisba. Dengan menggunakan observasi, dan wawancara, sebagai teknik pengumpulan data, penelitian ini mengangkat pemaknaan makrosubjektif (seperti makna norma dan nilai dari misalnya, dalam kajian ini makna budaya keislaman tertentu), dan mikosubjektif (seperti makna ahlak mulia, makna kedewasaan, dan sebagainya). Dari sanalah, penelitian ini merumuskan temuan katagori-katagori dari komunikasi “subkultur” religius dari NU, SI, Persis dan Muhamadiyah, di dalam ruang komunikasi antarbudaya di Unisba. Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa setiap individu subkultur kelompok keislaman meluruh ke dalam interaksi ahlakul kharimah keunisbaan, yang bervisi dan misi pengembangan keislaman dalam dunia akademis.
Ibu sebagai Ikon Periklanan: Dari “Supermom” sampai “Smart Mom” Chatamallah, Maman
MediaTor (Jurnal Komunikasi) Vol 5, No 2 (2004): Seorang Periset yang Baik Mesti Memiliki Sikap Enteng
Publisher : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/mediator.v5i2.1167

Abstract

Dunia periklanan tak pernah sepi dari gempita –mulai dari gempita seputar pernak-pernik periklanan, gemerlap selebritis periklanan, riuh rendah omset iklan yang luar biasa di tengah krisis, sampai pada diskusi menyoal isu-isu politis dalam periklanan. Iklan, bagaimanapun, adalah sebuah medium representasi simbolik, yang tak lepas dari tarik-menarik antarberbagai kepentingan. Ibu, sebagai bagian dari perempuan, sering disimbolisasikan oleh iklan secara verbal ataupun nonverbal. Dari berbagai citraan yang muncul, terlihat bahwa dominasi citra Ibu dalam periklanan Indonesia ternyata belum beranjak dari gambaran klasik tentang perempuan tradisional: berkutat di ruang domestik, tersubordinasi di bawah bayang-bayang suami, dan terperangkap dalam ilusi sebagai sosok yang selalu siap berkorban, kendati sesungguhnya dikorbankan.
Teori Sistem Sosial dan Paradigma Konstruktivisme: Tantangan Keilmuan Jurnalistik di Era Informasi Hanitzsch, Thomas
MediaTor (Jurnal Komunikasi) Vol 2, No 2 (2001): 'Chaos' Komunikasi 'Nothing to Hide'
Publisher : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/mediator.v2i2.786

Abstract

Dunia jurnalisme berada di persimpangan jalan. Apakah jurnalisme sedang masuk ke tahap baru, ataukah jurmalisme sebagai profesi lambat-laun akan menghilang? Dengan menggambarkan jurnalisme sebagai sistem sosial yang fungsinya memungkinkan ko-orientasi antara persepsi realitas kita masing-masing yang semakin berbeda dan dengan melepaskan para jurnalis dari tuntutan atas objektivitas sebagai “pedang Damocles” mungkin kita bisa mendapatkan perspektif yang lebih luas dan lebih cocok dengan kompleksitas sosial dalam masyarakat modern.
Komunikasi dan Pembangunan Partisipatif Rinawati, Rini
MediaTor (Jurnal Komunikasi) Vol 7, No 2 (2006): Bagaimana Kita Menafsirkan Komunikasi Pembangunan?
Publisher : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/mediator.v7i2.1285

Abstract

A participatory development philosophy has shifted the traditional linear development. Through the new development principles, hopefully, members of village might actively participate in development process. The program called Community Action Plan (CAP) based on community participation releases document such as Mid-term Development Plan on the level of village. Communication system is needed to help people transforming their goals, values, and cultural beliefs into the plan.
Implementasi Kebijakan Pembebasan Biaya Kesehatan Dasar Akadun, Akadun
MediaTor (Jurnal Komunikasi) Vol 9, No 2 (2008): Dari “Starbucks’ hingga Pembebasan Biaya Kesehatan Dasar
Publisher : Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/mediator.v9i2.1111

Abstract

This study aims to analisys the role organization communication in implementing public policy of free-cost of basic health service. The result indicate that organization communication role for depending in implementing public policy successfull and become trigger other critical factor of implementing policy succesfull, as like resource, bureaucratic structure, and disposition or attitude. Quality of information media, information accessibility, information fidelity, information spreading, information load is urgent to implementing public policy successful.

Page 1 of 36 | Total Record : 351