cover
Contact Name
Gusril
Contact Email
sportasaintika@ppj.unp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sportasaintika@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Sporta Saintika
ISSN : 25025651     EISSN : 25795910     DOI : -
Core Subject : Humanities, Health,
Jurnal Sporta Saintika merupakan publikasi ilmiah bidang keolahragaan dan kesehatan yang terkait bidang aspek olahraga, pendidikan jasmani, fisiologi dan biokimia olahraga, peraturan dan kebijakan olahraga, gizi dan kesehatan masyarakat. Penerbitan Jurnal Sporta Saintika bertujuan untuk memfasilitasi interaksi, diskusi dan pemutakhiran gagasan dari para ilmuwan olahraga di Indonesia. Jurnal Sporta Saintika berisi penelitian empiris dalam bidang Ilmu keolahragaan.
Arjuna Subject : -
Articles 69 Documents
PERILAKU BERBUDI PEKERTI LUHUR ATLET PENCAK SILAT Gemael, Qorry Arme
Jurnal Sporta Saintika Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Sporta Saintika Maret
Publisher : Jurusan Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sporta.v1i1.87

Abstract

Tujuan penelitian ini Melihat secara objektif perbedaan perilakuberbudi pekerti luhur atlet pencak silat berdasarkan kategori yang dipertandingkanyaitu atlet pencak silat kategori tanding dengan atlet pencak silat kategori TGR.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian kausal secaradeskriftif membandingkan kecenderungan perilaku berbudi pekerti luhur atletpencak silat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet pencak silat Kejurnas Pencaksilat tahun 2014 di Jakarta. Penentuan sampel dengan Purposive Sampling yaitusampel diambil dari total populasi berdasarkan 4 kelompok responden yaitu:tanding putra, tanding putri, TGR putra dan TGR putri. Total sampel sebanyak109 atlet. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus mannwhitney u-test. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan perilakuberbudi pekerti luhur yang signifikan antara: pesilat tanding putra dengan TGRputra dan tanding putri dengan TGR putri.
EVALUASI MANAJEMEN PELATDA BOLABASKET DKI JAKARTA MENUJU PON RIAU 2012 Iqbal, Rahmat
Jurnal Sporta Saintika Vol 1 No 2 (2016): Jurnal Sporta Saintika September
Publisher : Jurusan Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sporta.v1i2.38

Abstract

:Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jawaban yang akurat secara ilmiah tentang ada atau tidaknya evaluasi manajemen pelatda bolabasket dki jakarta menuju PON Riau 2012 Penelitian ini dilaksanakan di Jakarta, tepatnya di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro Jl. H. Rasuna Said Kav. C-12  Jakarta Selatan, yang menjadi sasaran penelitian adalah Ketua Pengprov PERBASI DKI, Ketua Bidang Prestasi PERBASI DKI, Manajer dan Pelatih, Atlet Bolabasket DKI, yang dilaksanakan pada bulan Mei 2012. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan model Context, Input, Process, Product (CIPP). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : Manajemen PELATDA bolabasket DKI Jakarta pada hakikatnya adalah berfungsi sebagai perencanaan, PELATDA dapat membantu mengembangkan kemampuan para atlet bolabasket secara optimal baik kesehatan fisik, mental, sosial, serta spiritual, serta dibutuhkan kerja sama dari semua pihak yang terkait sehingga target yang ingin dicapai dapat diraih.
PENGARUH MODEL LATIHAN FARTLEK TERHADAP DAYA TAHAN AEROBIK ATLET SEKOLAH SEPAKBOLA PSTS TABING Atradinal, Atradinal
Jurnal Sporta Saintika Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Sporta Saintika Maret
Publisher : Jurusan Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sporta.v3i1.63

Abstract

Masalah penelitian adalah rendahnya kemampuan daya tahan aerobic pemain sepakbola PSTS Tabing. Penelitian bertujuan untuk menemukan jawaban yang akurat secara ilmiah tentang ada atau tidaknya hubungan pengaruh model latihan fartlet terhadap daya tahan aerobic atlet sekolah sepakbola PSTS Tabing. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi exsperimental). Populasi dalam penelitian ini adalah pemain sekolah sepakbola PSTS Tabing berjumlah 112 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik  purposive sampling, yakninya pemain U-16 sampai U-18berjumlah 18 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes awal daya tahan aerboik dengan yo-yo test. Analisa data dan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis komparasi dengan menggunakan rumus uji beda mean (uji t) dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh hasil : Terdapat pengaruh yang signifikan dari model latihan fartlek terhadap daya tahan aerobik atlet sekolah sepakbola PSTS Tabing, dengan perolehan koefisien uji “t” yaitu thitung  = 7,329 >ttabel = 2,110.
PENGARUH LATIHAN PUSH-UP DAN BALL-SLAMS TERHADAP KEMAMPUAN SERVICE FLOATING DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA ATLET CLUB SEMEN PADANG rifki, muhamad sazeli
Jurnal Sporta Saintika Vol 4 No 1 (2019): Jurnal Sporta Saintika Maret
Publisher : Jurusan Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sporta.v4i1.99

Abstract

Abstrak :Masalah pada penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan service floating dalam permainan bola voli pada Atlet Klub Semen Padang dan belum terlihat digunakan pemain pada aat pertandingan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh  latihan push-up dan ball slams terhadap kemampuan service floatingdalam permainan bola voli pada atlet klub Semen Padang. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian one group pre-test and post-test design.  Populasi dalam penelitian ini adalah atlet bola voli klub Semen Padang sebanyak 45 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 20 orang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah pengaruh signifikan latihan push-up dan ball slams terhadap kemampuan service floatingdalam permainan bola voli pada atlet klub Semen Padang. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa pada kelompok diberi  latihan push- up   didapatkan   nilai t hitung  > t tabel  (7.73 >  1.833). Artinya  adanya pengaruh latihan Push-Up Terhadap Kemampuan Service Floating Atlet Bola Voli Klub Semen Padang. Pada kelompok diberi  latihan  ball slam t hitung  > t tabel  (11.67 >  1.833). Artinya  adanya pengaruh latihan Ball Slam Terhadap Kemampuan Service Floating Atlet Bola Voli Klub Semen Padang. Untuk melihat  perbedaan latihan  Push-up dan latihan Ball Slam  Terhadap Kemampuan Service Floating Atlet Bola Voli Klub Semen Padang didapakan nilai  t hitung  >            t tabel  (16.68 >  1.833). Dapat disimpulkan bahwa  adanya perbedaan  latihan  Push-up dan latihan Ball Slam Terhadap Kemampuan Service Floating Atlet Bola Voli Klub Semen Padang. Dimana nilai  rata – rata tertinggi didapatkan pada latihan  push-up.  
TINJAUAN KETERAMPILAN FRONT HANDSPRING ATLET SENAM LANTAI PT. SEMEN PADANG Handayani, Sri Gusti
Jurnal Sporta Saintika Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Sporta Saintika September
Publisher : Jurusan Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sporta.v2i2.54

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini belum adanya gambaran atau data mengenai keterampilan teknik fornthandspring atlet Senam Lantai PT. Semen Padang. Tujuan penelitan ini adalah memberikan data tentang keterampilan teknik fornthandspring atlet Senam Lantai PT. Semen Padang. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif yang tujuannya untuk menggambarkan data keterampilan fornthandspring atlet senam lantai PT Semen Padang. Dengan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive sampling, karena yang diambil dalam penelitian ini hanya atlet putri yang sudah mampu melakukan gerakan front handspring atlet putrid berjumlah 20 orang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah instrumen tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan front handspring yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan front handspring atlet senam Artsitik di Klub Senam PT. Semen Padang. Berdasarkan analisis data, dapat terlihat bahwa dari 20 orang atlet senam lantai yang di tes dengan keterampilan teknik front handspring, terlihat bahwa 3 orang atau 15% atlet senam PT semen Padang memiliki keterampilan teknik fronthandspring berada dalam klasifikasi baik, 16 orang atau 80% atlet senam PT semen Padang memiliki keterampilan teknik fronthandspring berada dalam kategori cukup, dan 1 orang atau 5% atlet senam PT semen Padang memiliki keterampilan teknik fronthandspring berada dalam dalam klasifikasi kurang. Saran dalam penelitian ini: 1)  Kepada atlet untuk dapat meningkatkan keterampilan teknik fronthandspring, 2) Kepada para pelatih untuk dapat lebih memvariasikan bentuk-bentuk latihan fronthandspring, 3)  Kepada para pengurus untuk dapat mengevaluasi secara rutin dan berkala terhadap keterampilan teknik dan fisik dari para atlet
ASPEK PSIKOLOGIS ATLET SEPAKBOLA PUSAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN OLAHRAGA PELAJAR (PPLP) SUMATERA BARAT Bahtra, Ridho
Jurnal Sporta Saintika Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Sporta Saintika Maret
Publisher : Jurusan Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sporta.v2i1.44

Abstract

 Prestasi atlit sepakbola PPLP SUMBAR cenderung tidak stabil bahkan cenderung menurun. Dari pengamatan penulis saat melihat atlet sepakbola PPLP SUMBAR bertanding, terlihat aspek psikologis atlet sangat berpengaruh. Tujuan dalam penelitian ini adalah dapat memberikan informasi dan pemahaman kepada pelatih dan pengurus sepakbola PPLP Sumbar tentang aspek psikologis yang harus diperhatikan. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang akan menjelaskan gambaran Aspek Psikologi Atlet Sepakbola PPLP Sumbar. Penelitian ini akan dilaksanakan selama tahun penelitian 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet sepakbola PPLP Sumatera Barat yang berjumlah 23 orang. Sampel diambil berdasarkan total sampling. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini alat yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Data yang telah terkumpul melalui angket kemudian diolah dengan rumus persentase. Berdasarkan analisis data maka hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pada indikator kecerdasan emosional, atlet sepakbola PPLP Sumatera Barat berada pada kategori sedang. Pada indikator percaya diri, atlet sepakbola PPLP Sumatera Barat berada pada kategori kurang. Pada indikator motivasi, atlet sepakbola PPLP Sumatera Barat berada pada kategori kurang. Secara keseluruhan aspek psikologis atlet sepakbola PPLP Sumatera Barat berada pada kategori kurang. 
VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN TES KEMAMPUAN FOOTWORK BERBASIS ANDORID PADA OLAHRAGA BULUTANGKIS Sepdanius, Endang; Fajri, Hadi Pery; Gemaini, Andri
Jurnal Sporta Saintika Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Sporta Saintika September
Publisher : Jurusan Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sporta.v3i2.74

Abstract

Footwork dalam bulutangkis merupakan teknik dasar yang penting dikuasai oleh pemain bulutangkis. Untuk itu pelatih perlu tahu kemampuan footwork atlet masing-msing. Kemampuan footwork tersebut bisa diketahui menggunakan alat ukur yang memiliki klasifikasi penilaian yang valid dan reliabel. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk membuat klasifikasi penilaian alat hitung footwork sebagai instrument test kemampuan footwork bagi atlet bulutangkis yang valid dan reliabel.  Komponen dari alat hitung footwork ini terdiri dari aplikasi android, perangkat stimulus dan perangkat respon. Penelitian ini dilaksanakan di Sumatera Barat pada atlet bulutangkis professional dan amatir. Sample diambil pada rentang usia 17-30 tahun. Kriteria sampel adalah memiliki efisiensi gerak footwork dalam permainan bulutangkis sehingga didapat jumlah sampel sebanyka 31 orang.  Data dikumpukan dengan test kemampuan footwork based android dan instrument yang digunakan oleh judgment.  Criterion Validity untuk menentukan validtas instrument dan Retest Reliability  digunakan untuk menentukan reliability instrument. Didapat hasil bahwa instrument memiliki nilai validitas sangat baik dengan niali r= 0,795 dan nilai reliabilitas instrument berada pada kategori lemah sampai cukup dengan nilai r=0,699.
EVALUASI PROGRAM POLA PEMBINAAN BOLABASKET DI SUMATERA BARAT Mukhtarsyaf, Fahd
Jurnal Sporta Saintika Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Sporta Saintika Maret
Publisher : Jurusan Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sporta.v1i1.83

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pola pembinaanyang dilaksanakan oleh pengprov perbasi sumatera barat dalam membentuk timpelatda bolabasket. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk memperolehinformasi tentang: proses talent scouting, perekrutan dan seleksi, program latihan,sarana dan prasarana yang ada, serta promosi dan degradasi.Penelitian ini dilaksanakan di kota padang, yang menjadi sasaran penelitianadalah Ketua Pengprov PERBASI, Ketua Bidang Prestasi PERBASI, Pelatih danAtlet, yang dilaksanakan pada bulan Juni 2013. Penelitian ini menggunakanmetode survey dengan pendekatan model evaluasi Context, Input, Process,Product (CIPP). Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasidan dokumentasi.Berdasarkan dari tabel kriteria penilaian menurut Suharsimi, hasil penelitian inimenunjukan bahwa untuk penilaian terhadap proses talent scouting adalah cukup(42,86%), proses rekrutmen dan seleksi adalah cukup (50%), pelaksanaanprogram latihan adalah kurang (30%), ketersediaan sarana dan prasarana adalahbaik sekali (81,82%), penerapan sistem promosi dan degradasi adalah kurang(25%).
PENGARUH METODE LATIHAN ACCELERATION SPRINT TERHADAP KECEPATAN LARI PEMAIN SEPAKBOLA PUTRA WIJAYA KOTA PADANG Agus, Apri
Jurnal Sporta Saintika Vol 1 No 2 (2016): Jurnal Sporta Saintika September
Publisher : Jurusan Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sporta.v1i2.34

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan Acceleration Sprint terhadap kecepatan lari pemain Putra Wijaya kota Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu untuk melihat pengaruh latihan Acceleration Sprint terhadap kecepatan lari. Populasi dalam penelitian ini pemain U17 Putra Wijaya Kota Padang yang mengikuti latihan rutin yang berjumlah 47 orang, sedangkan sampel diambil secara purposive sampling, maka sampel diambil hanya pemain yang berjumlah 20 orang. Setelah dilakukan pre-test seluruh sampel akan diberi latihan Acceleration Sprint. Pelaksanaan penelitian terdiri dari 18 kali pertemuan, dalam seminggu latihan dilaksanakan sebanyak 3 kali. Instrumen penelitian yg digunakan adalah tes lari 30 meter.  Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Latihan Acceleration Sprint memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kecepatan lari pemain Putra Wijaya Kota Padang. 
PERBEDAAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI ANTARA SISWA SMK TARUNA 2 PADANG DENGAN SMA PERTIWI 1 PADANG Septri, Septri
Jurnal Sporta Saintika Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Sporta Saintika Maret
Publisher : Jurusan Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sporta.v3i1.59

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kesegaran jasmani siswa SMK Taruna 2 Padang dengan SMA Pertiwi 1 Padang Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi pada SMK Taruna 2 Padang dan SMA Pertiwi 1 Padang kecuali siswa kelas XII karena persiapan menghadapi ujian akhir nasional.   Populasi dalam penelitian ini 55 orang siswa SMK Taruna Padang dan 118 orang siswa SMA Pertiwi  Padang, dengan jumlah keseluruhan 173 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified porputional ramdom sampling sehingga sampel penelitian berjumlah 28 orang. Teknik analisis data yang menggunakan analisis Uji t.Dari analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan tingkat kesegaran jasmani antara siswa SMK Taruna 2 Padang dengan siswa SMA Pertiwi 1 Padang yang ditunjukan dengan skor X1 = 33,98  >  X2  = 27,27 dan dengan menggunakan t test didapatkan thitung = -4,09 >  ttabel 1,76.  Jadi dapat disimpulkan kesegaran jasmani siswa SMK Taruna 2 Padang lebih baik dari siswa SMA Pertiwi 1 Padang. Hal ini juga ditujukkan dengan tingkat signifikan sebesar 0,001 <0,05, yang berarti menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmani antara siswa SMK Taruna 2 Padang dengan tingkat kesegaran jasmani siswa SMA Pertiwi 1 Padang. Dengan demikian bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmani siswa SMK Taruna 2 Padang dengan siswa SMA Pertiwi 1 Padang.