cover
Contact Name
Rachmaniah Mirza Hariastuti
Contact Email
jtrans.uniba@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jtrans.uniba@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ikan Tongkol No. 01 Kertosari, Banyuwangi, Jawa Timur
Location
Kab. banyuwangi,
Jawa timur
INDONESIA
Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
ISSN : 25491164     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Focus and Scope Jurnal Transformasi adalah Pendidikan Matematika meliputi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan Penelitian Pengembangan (R&D). Disamping itu untuk Matematika Murni/Terapan meliputi Pemodelan Matematika, Statistika, dan Geometri.
Articles 74 Documents
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII-I SMPN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG Azizah, Nur; Jariyah, Ainun; Arianti, Windy; H., Nurrishma S.
TRANSFORMASI Vol 3 No 1 (2019): TRANSFORMASI-JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN MATEMATIKA
Publisher : PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA, FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.203 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan model pembelajaran joyfull learning yang bertujuan untuk mengetahui taraf signifikan pengaruh penggunaan model pembelajaran joyfull learning terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika siswa pada materi sistem pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII-I SMPN 1 Kedungwaru Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain dan teknik pengambilan data menggunakan pretest-postest only control group design. Dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random samplingUntuk mencapai tujuan yang dimaksud, teknik penelitian ini terdiri dari melakukan tes sebelum penerapan pembelajaran joyfull learning (pretest) dan tes sesudah pembelajaran joyfull learning (posttest) kepada satu kelas yang terpilih sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran joyfull learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, karena pembelajarannya menyenangkan dan membuat siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran joyfull learning memberikanpengaruh terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar matematika siswa pada materi sistem pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII-I di SMPN 1 Kedungwaru Tulungagung.
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN OPERASI BENTUK AKAR BERDASARKAN GENDER Masruroh, Siti; Listiwikono, Eko; Yohanes, Barep
TRANSFORMASI Vol 3 No 1 (2019): TRANSFORMASI-JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN MATEMATIKA
Publisher : PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA, FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.372 KB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika sangat penting, tidak hanya untuk mencapai tujuan umum pembelajaran matematika, tetapi juga untuk menciptakan manusia berkualitas yang mampu menciptakan dan menguasai teknologi dimasa depan. Indikator dari berpikir kritis adalah: focus (fokus); reason (alasan); inference (menyimpulkan); situation (situasi); clarity (kejelasan); dan overview (tinjauan ulang). Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk akar. Responden penelitian adalah 17 siswa di SMA Muhammadiyah 4 Songgon kelas X IPA 2. Selanjutnya ditentukan subyek masing-masing 3 berdasarkan gender. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara berfungsi sebagai triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan cenderung lebih kritis khususnya dalam memecahkan masalah soal operasi bentuk akar. Siswa perempuan juga lebih benar dan teliti dalam menyelesaikan soal tes. Sedangkan siswa laki-laki benar dalam menyelesaikan soal, namun kurang teliti dalam menyelesaikan soal tes. Akibatnya ada tahapan pengerjaan soal yang terlewatkan.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA Anggraini, Dessy; Prayekti, Novi; Yusuf, Feby Indriana
TRANSFORMASI Vol 3 No 1 (2019): TRANSFORMASI-JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN MATEMATIKA
Publisher : PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA, FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.782 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan tujuan mengetahui efektivitas penggunaan metode Problem Based Intruction (PBI) terhadap ketuntasan hasil belajar peserta didik pada materi SPLTV di kelas X. Dengan penggunaan metode Problem Based Intruction (PBI) di harapkan di jadikan inovasi yang baru. Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, dan angket. Data yang di peroleh kemudian di analisis secara kualitatif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Problem Based Intruction (PBI) pada materi SPLTV kelas XTKJ di SMK NU Rogojampi dapat di laksanakan dengan baik. Bahwa hasil tes siswa memperoleh persentase sebesar 92% yang artinya dalam kriteria sangat baik dan hasil observasi siswa memperoleh persentase sebesar 66,75% yang artinya masuk dalam kriteria baik. Artinya penggunaan metode Problem Based Intruction (PBI) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi SPLTV kelas XTKJ di SMK NU Rogojampi.
GEOMETRI FRAKTAL DAN TRANSFORMASI GEOMETRI SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN MOTIF BATIK SEKAR JAGAD Anggraini, Linda Dwi Fenti
TRANSFORMASI Vol 3 No 1 (2019): TRANSFORMASI-JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN MATEMATIKA
Publisher : PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA, FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (951.604 KB)

Abstract

Batik adalah bagian dari kebudayaan yang telah menjadi keseharian masyarakat Indonesia.Setiap motif yang digambarkan pada kain biasanya memiliki filosofi atau makna-makna tertentu yang dipengaruhi oleh kondisi disekitar pembuat batik, salah satunya adalah motif batik SekarJagad. Pengembangan motif batik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan pola-pola geometri fraktal. Pengembangan tersebut dapat dipadukan dengan perkembangan teknologi informasi sehingga diperoleh variasi yang lebih beragam. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang bertujuan mengembangkan motif batik sekar jagad dengan pola-pola geometri fraktal berbantuan transformasi geometri serta aplikasi Maple 13 dan Corel Draw. Pola-pola geometri fraktal yang digunakan (segitiga Sierpinski, kurva Hilbert/Peano, Koch Snowflake, dan himpunan Mandelbrot) yang telah dibangkitkan sampai beberapa iterasi kemudian ditransformasikan, dan selanjutnya disatukan dengan menggunakan aplikasi sehingga terbentuk motif batik sekar jagad.
ANALISIS TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA PEMBEDA SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA (OMI) TINGKAT SMP TAHUN 2018 Dewi, Sukma Sacita; Hariastuti, Rachmaniah Mirza; Utami, Arfiati Ulfa
TRANSFORMASI Vol 3 No 1 (2019): TRANSFORMASI-JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN MATEMATIKA
Publisher : PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA, FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.874 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda pada soal OMI(Olimpiade Matematika Integral) tingkat SMP khususnya pada soal pilihan ganda.Analisis soal dilakukan untuk mengetahui apakah soal yang dibuat sudah tergolong layak dan baik, serta memberikan hasil terbaik dalam mengukur kemampuan siswa.Penentuan subyek dilakukan dengan metode purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara.Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan hasilnya dijabarkan secara deskriptif dengan metode kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan tingkat kesukaran soal dari 20 soal OMI tingkat SMP terdapat 11  kategori sukar, 8 kategori sedang, 1 kategori mudah. Sedangkan berdasarkan daya pembeda maka soal tersebut termasuk 10  kategori sangat baik, 5 kategori cukup baik, 2 kategori sedang, 3 kategori buruk. Berdasarkan analisis data yang diperole dapat disimpulkan bahwa soal pilihan ganda pada OMI tingkat SMP masih membutuhkan perbaikan.Hal ini dilakukan karena masih ada daya pembeda yang masuk kategori buruk dan sedang, itu artinya daya pembeda pada soal tersebut memerlukan perbaikan, bahkan ada beberapa yang harus dibuang dan digantikan dengan pilihan jawaban yang baru.
PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI KELAS X IIS 3 SMAN 1 NGADILUWIH Mala, Laitali; Latif, Fanda R.P.; Zahro’, Hilyatu; Muftikah, Linta F.
TRANSFORMASI Vol 3 No 1 (2019): TRANSFORMASI-JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN MATEMATIKA
Publisher : PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA, FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.753 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Macromedia Flash melalui model pembelajaran Realistic Mathematic Education terhadap hasil belajar siswa kelas X-IIS 3 pada materi fungsi komposisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian kuantitatif dengan eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Ngadiluwih, Kediri tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel 1 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random sampling. Analisis data pada penelitian ini yang pertama adalah menggunakan uji normalitas. Setelah data dinyatakan berdistribusi normal uji selanjutnya adalah uji homogenitas. Uji yang terakhir adalah uji t dua sampel berpasangan, dengan taraf signifikasi sebesar 0,05. Dari hasil uji tersebut diperoleh t = -4,324, dengan df = 28 dan angka sig. atau p-value = 0,000 < 0,05 atau   ditolak yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar fungsi komposisi siswa antara sebelum dan sesudah diberi Macromedia Flash. Sehingga dapat dikatakan ada pengaruh penggunaan Macromedia Flash melalui model Realistic Mathematic Education terhadap hasil belajar siswa kelas X-IIS 3 SMAN 1 Ngadiluwih Kediri pada materi fungsi komposisi.
KECENDERUNGAN POLA ASUH DAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA PESISIR PANTAI SELATAN JAWA Apriyani, Dwi Cahyani Nur
TRANSFORMASI Vol 2 No 2 (2018): TRANSFORMASI-JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN MATEMATIKA
Publisher : PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA, FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (53.698 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui gambaranpola asuh dan tipe kepribadian siswa di Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Penelitiandilaksanakan dengan mengambil seluruh siswa SMP Negeri 2 Donorojo, Kabupaten Pacitan.Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : (1) secara umumpola asuh orang tua paling banyak adalah pola demokratis sebesar 52,63%, kemudian polapermisif sebesar 30,92%, dan pola otoriter sebesar 16,45%, serta kecenderungan ini berlakupada tiap tingkatan kelas; (2) secara umum, tipe kepribadian responden banyaknyaberimbang yaitu tipe kepribadian rasional dimiliki oleh 29,61% responden, tipe kepribadianidealis sebanyak 27,63% responden, tipe kepribadian guardian sebanyak 21,71% responden,dan 21,05% responden memiliki tipe kepribadian artisan, namun jika dilihat tiap tingkatankelas, terdapat dominasi tipe kepribadian tertentu yang berbeda-beda.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GRAFIK FUNGSI LOGARITMA DI SMAN 1 SINGOJURUH Purnama, Evrin Ayu; Listiwikono, Eko; Yohanes, Barep
TRANSFORMASI Vol 2 No 2 (2018): TRANSFORMASI-JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN MATEMATIKA
Publisher : PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA, FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.244 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode creative problem solving terhadap hasil belajar peserta didik pada materi grafik fungsi logaritma. Melalui penggunaan metode Creative Problem Solving diharapkan peserta didik dapat memahami materi pelajaran dengan mudah.Sehingga peserta didik mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Penentuan responden dilakukan dengan metode random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan uji-t sampel tak bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode creative problem solving efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi grafik fungsi logaritma. Pembelajaran terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pada RPP. Efektivitas ditunjukkan dari hasil observasi peserta didik yang mendapat persentase 76,25% yaitu artinya dalam kategori baik, hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa . Maka  diterima, artinya metode creative problem solving efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi grafik fungsi logaritma.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TENTANG LUAS LINGKARAN DI KELAS VIII SMP Sulaiman, Sulaiman
TRANSFORMASI Vol 2 No 2 (2018): TRANSFORMASI-JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN MATEMATIKA
Publisher : PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA, FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.738 KB)

Abstract

Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran matematika sebagai mana yang ada dalam dokumen Kurikulum Tahun 2013 (K13), maka seyogyanya dikembangkan model-model pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan, sehingga dapat memotivasi siswa untuk berpikir logis, kritis, analitis, sistematis dan kreatif, serta  menumbuhkan sikap positif yaitu jujur, disiplin, obyektif, dan gigih dalam memecahkan permasalahan baik dalam bidang matematika sendiri, bidang lain maupun dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran Matematika Realistik tentang pembelajaran materi luas lingkaran diterapkan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Saronggi. Dari hasil pengamatan, dapat dideskripsikan bahwa siswa dalam kelompok dapat mengkonstruksi sendiri bangun-bangun datar seperti segitiga, jajar genjang, trapesium, persegipanjang, belah ketupat dari potongan-potongan juring lingkaran, kemudian mereka mengkonstruksi rumus luas lingkaran dari rumus luas bangun datar yang mereka peroleh. Dengan rumus yang diperoleh digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi. Kemudian salah seorang dari masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pekerjaanya. Siswa merasa senang dengan pembelajaran seperti ini dan mereka sangat bersemangat agar pembelajaran berikutnya dilakukan dengan cara seperti ini. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa : (1) Pendekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran matematika pada materi luas lingkaran dapat memberikan ruang yang leluasa kepada siswa untuk mengkonstruksi sendiri konsep matematika yang ingin ia pelajari; (2) Pendekatan Matematika Realistik dapat menumbuhkembangkan aktivitas, kreativitas dan inovasi yang dimiliki siswa dalam proses belajar mengajar; (3) Pendekatan Matematika Realistik cenderung membuat siswa merasa senang pada saat belajar mengajar dan siswa termotivasi untuk proses pembelajaran yang selanjutnya.
MODEL PETRI NET SISTEM JARINGAN ANTREAN MULTICHANNEL TAK-SIKLIK 5 SERVER Pramesthi, Sri Rejeki Puri Wahyu
TRANSFORMASI Vol 2 No 2 (2018): TRANSFORMASI-JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN MATEMATIKA
Publisher : PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA, FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.447 KB)

Abstract

Artikel ini membahas tentang model petri net sistem jaringan antrean multichannel tak ? siklik 5 server. Petri net merupakan salah satu alat untuk memodelkan sistem event diskrit selain menggunakan automata yang telah dikenal sebelumnya. Setiap automata dapat diubah menjadi petri net. Berdasarkan dari gambar sistem jaringan antrean multichannel tak-siklik 5 server, maka dapat dibentuk model petri net sistem jaringan antrean multichannel tak-siklik 5 server. Sehingga tidak terjadi kekacauan saat para pengunjung menerima pelayanan.