cover
Contact Name
Esra Perangin-angin
Contact Email
esraperanginangin@unprimdn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalbip@unprimdn.ac.id
Editorial Address
Jalan Sekip, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20111
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Bahasa Indonesia Prima
ISSN : 2088365X     EISSN : 26846780     DOI : https://doi.org/10.34012/BIP
Jurnal Bahasa Indonesia Prima: Jurnal Bahasa, Sastra, Pendidikan, Pengajaran, Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat menerbitkan manuskrip penelitian, kajian teori, dan hasil pengabdian masyarakat, di bidang pendidikan, pengajaran, bahasa, sastra, linguistik, dan ilmu sosial. Bahasa Indonesia Prima: Jurnal ini menampilkan kebaruan penelitian, kajian teori, dan pengabdian masyarakat, termasuk naskah yang diterbitkan, dan signifikansi bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun. Jurnal ini menyambut baik kiriman dari seluruh dunia.
Articles 90 Documents
HUBUNGAN MEMBACA INTENSIF DENGAN MENEMUKAN STRUKTUR TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2020-2021 Susilo, Eko Firman
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 3 No. 1 (2021): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v3i1.1846

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan membaca intensif dengan menemukan struktur teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2020-2021. Populasi dalam penelitian ini diambil sebesar 25% dari seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 323 siswa, sehingga yang mengikuti penelitian adalah 323 x 25 : 100 = 80 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes pilihan berganda dengan jumlah soal 10 dan essay tes 10 soal untuk membaca intensif dan menemukan struktur teks fabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Pearson dengan rumus product Moment. Terdapat hubungan yang signifikan antara membaca intensif dengan menemukan struktur teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan, dalam penelitian ini semua telah terbukti dapat diterima kebenaranya. Kata kunci: membaca intensif, struktur teks fabel.
PELECEHAN SEKSUAL DALAM TIKTOK ‘PERSALINAN’: ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES Rosida, Sisi; Susilo, Eko Firman; Hsb, M. Hamzah Fansuri
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 3 No. 2 (2021): Bahasa Indonesia Prima
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v3i2.1848

Abstract

Abstrak-Fenomena TikTok ‘persalinan’ membuat ketakutan dan keraguan tersendiri bagi kaum perempuan.  Hal ini dikarenakan viralnya konten TikTok yang berdurasi 15 detik mengenai pemeriksaan vagina saat persiapan persalinan yang dikecam sebagai pelecehan seksual. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tanda dan mengungkap makna dibalik tanda yang membentuk tudingan sebagai unsur pelecehan seksual.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika tokoh Roland Barthes mengkaji  tigapeta tanda, yakni: makna denotatif, makna konotatif, dan mitos.  Hasil penelitian menunjukkan tanda denotatif berupa gerakan visual, verbal, dan audio sebagai  petanda.  Ekspresi-ekspresi yang ditimbulkan saat pemeriksaan vagina mengandung makna konotatif yang merepresentasikan  aktivitas-aktivitas seks menggunakan jari tangan sehingga membentuk mitos yang berpotensi hilangnya rasa kepercayaan perempuan Indonesia untuk ke dokter obgyn lelaki dan kekhawatiran tindakan yang memalukan saat persalinan. Kata kunci : pelecehan seksual, tiktok persalinan, semiotika roland barthes, representasi seks
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LAGU LAGU FIERSA BESARI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X DI SMAN 19 BEKASI Liza Zakiyah
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 3 No. 2 (2021): Bahasa Indonesia Prima
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v3i2.1845

Abstract

Abstrak-Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala saat siswa menulis puisi, buku-buku kumpulan puisi terbatas, dan penggunaan media pembelajaran kurang kreatif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media lagu Fiersa Besari terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X di SMAN 19 Bekasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimentaldengan desain nonequivalent control group.Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 37 siswa pada kelas X Mia 1 sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa pada kelas Mia 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan program SPSS 20.0 forwindows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa rata-rata kemampuan menulis puisi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 60,95, sedangkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 69,59. Selanjutnya, rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 73,65, sedangkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 80,14. Dengan demikian, media lagu Fiersa Besari berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi.Hal ini terbukti dengan hasil uji perbedaan dua rata-rata pada hasil posttest sebesar 0,001, maka Hoditolak dan Ha diterima. Kata kunci: kemampuan menulis, puisi, media, lagu Keywoards: writing skills, poetry, media, song
PELATIHAN PENULISAN DAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA TINGKAT IV JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE TAHUN 2020/2021 Ginting, Sri Dinanta Beru; Basyir, M.
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 3 No. 1 (2021): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v3i1.1833

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir wajib untuk menulis artikel ilmiah dan mempublikasi artikel ilmiah berdasarkan SE Ristekdikti No. B/323/B.B1/SE/2019 tentang kewajiban publikasi karya ilmiah program sarjanan, program magister, dan program doktor. Kemudian, artikel ilmiah mahasiswa menjadi satu diantara penilaian di dalam akreditasi program studi oleh BAN-PT pada 9 kriteria, yaitu penilaian di kriteria 8. Atas dasar hal-hal tersebut, dilakukan pemecahan isu, yaitu dengan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan Kegiatan Pelatihan dalam Kegiatan Menulis Artikel Ilmiah dan Publikasi Artikel Ilmiah pada Mahasiswa Tingkat IV Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL). Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini melalui metode pelatihan, yaitu 1) analisis dan identifikasi kebutuhan pelatihan; 2) merancang desain pelatihan; 3) mengembangkan; 4) penerapan pelatihan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan keberhasilan ditunjukkan dari respon positif dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan. Selanjutnya, keberhasilan pengabdian masyarakat ini yang berupa pelatihan dengan sasaran kelompok mahasiswa ditunjukkan dari 80% dari jumlah peserta pelatihan, yaitu dengan rincian, 24 peserta dari 29 peserta telah mampu menulis artikel ilmiah dan mensubmit artikel ilmiah yang disesuaikan dengan template jurnal. Artikel ilmiah ini merupakan luaran dari hasil kegiatan aktualisasi berupa pengabdian masyarakat dengan pelaksanaan Pelatihan Kegiatan Menulis Artikel Ilmiah dan Publikasi Artikel Ilmiah pada Mahasiswa Tingkat IV Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) pada 11 – 30 Oktober 2021.
HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KATA PENGHUBUNG DENGAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT MENJADI PARAGRAF DEDUKTIF Simaremare, Juni Agus
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 3 No. 2 (2021): Bahasa Indonesia Prima
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v3i2.1842

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kemampuan menggunakan kata penghubung dengan kemampuan menyusun kalimat menjadi paragraf deduktif oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Muara. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri  1 Muara yang berjumlah 200 orang. Sampel penelitian diambil 15% dari jumlah populasi yaitu 30 orang dengan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan berganda. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment ( ). Setelah  diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan  pada taraf signifikan 5% dan 1 % dengan N=30 yaitu (0,361 dan 0,463). Karena yang diperoleh dari  yaitu 0,531 > 0,361 dan 0,531 > 0,463, maka hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan menggunakan kata penghubung dengan kemampuan kemampuan menyusun kalimat menjadi paragraf deduktif oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Muara. Kata kunci: kata penghubung, kalimat, paragraf deduktif
MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA GAME EDUKASI QUIZIZ PADA MASA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 SIMANJUNTAK, Maria
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 2 No. 2 (2020): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v2i2.1729

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas XII IIS 4 SMA Negeri 1 Pancur Batu sebanyak 36 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdisi dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tahap-tahap penelitian sedikit berbeda dari pembelajaran dalam kelas karena pembelajara dilakukan secara terpisah atau siswa berada di rumah masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I diperoleh rata-rata siswa yang aktif 52,25% dengan katagori cukup. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata siswa aktif 73,9 % dengan katagori tinggi. Jadi dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan keaktifan siswa 17,65%. Dengan demikian penelitian dapat disimpulkan bahwa media game edukasi quiziz dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring pada masa pencegahan penyebaran Covid-19 mata pelajaran Bahasa Indonesia.
The RELATIONSHIP OF INTENSIVE READING AND DETERMINING THE TYPE OF PARAGRAPH WITH STUDENT DESCRIPTION WRITING ABILITY Ayu, Imelda Ratih
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 1 No. 2 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v1i2.1817

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah hubungan kemampuan membaca intensif dan kemampuan menentukan jenis paragraf dengan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas VIII MTs. Negeri 2 Model Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrip-sikan hubungan kemampuanmembaca intensif dan kemampuan menentukan jenis paragraf dengan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas VIII MTs. Negeri 2 Model Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode korelasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan, yaitu: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca intensif dengan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas VIII MTs. Negeri 2 Model Palembang, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan menentukan jenis paragraf dengan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas VIII MTs. Negeri 2 Model Palembang, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara membaca intensif dan kemampuan menentukan jenis paragraf dengan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas VIII MTs. Negeri 2 Model Palembang. Penulis menyarankan agar guru menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan pelengkap materi pembelajaran untuk pembelajaran keterampilan dan keterampilan menulis, guru hendaknya memotivasi minat siswa untuk mempel-ajari materi pembelajaran membaca guna meningkatkan minat membaca siswa dan memotivasi siswa agar gemar menulis sehingga pembelajaran keterampilan membaca dan menulis dapat lebih baik, guna membangkitkan minat siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis, hendaknya guru menggunakan metode pembelajaran yang variatif, di antaranya dengan mengadakan lomba menulis atau lomba mengarang
REPRESENTASI IMEJ MEWAH IKLAN “ROLEX” DALAM MAJALAH FRANCHISE HARPERS BAZAAR INDONESIA Purba, Christin Agustina
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 1 No. 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v1i1.1715

Abstract

Banyak cara dilakukan pembuat iklan produk untuk menarik pembeli. Setiap iklan menampilkan keunikkan dan keunggulan produknya masing-masing. Salah satu iklan yang menarik untuk diteliti adalah iklan Jam Tangan Rolex pada majalah Harpers Bazaar Indonesia. Rolex mengeluarkan berbagai edisi iklan pada majalah Harpers Bazaar Indonesia. Setelah dilakukan analisa semiotika terhadap visual iklan tersebut, ditemukan bahwa iklan tersebut menggambarkan kemawahan dari sebuah brand mewah. Menggunakan metodo Analisis Wacana semiotic strukturalis dalam mengemukan bagaimana representasi Image mewah dalam Iklan Rolex. Keyword; Representasi imej, Semiotic, Analisis wacana
PENGENALAN ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA Sugito, Sugito
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 3 No. 2 (2021): Bahasa Indonesia Prima
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v3i2.1717

Abstract

Abstrak-Proses kegiatan pembelajaran di kelas tidak terlepas dari peran guru di dalamnya. Dimana guru sebagai pendidik sangat mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Tujuan pembelajaran menjadi salah satu patokan guru dalam mengajarkan peserta didik, apabila tujuan pembelajaran belum dapat tercapai maka guru harus mengevaluasi kembali proses kegiatan pembelajaran. Tentu hal ini tidaklah mudah, guru harus mengetahui dimana kesalahan saat pembelajaran berlangsung. Banyak yang menjadi faktor internal maupun eksternal dalam menghambat keberhasilan belajar peserta didik. Salah satu faktor penghambatnya adalah faktor eksternal, yaitu lingkungan belajar peserta didik. Jika  keadaan disekitar tidak mendukung terjadinya proses pembelajaran, maka  hal tersebut akan mempengaruhi aspek psikologis anak. Selanjutnya akan membuat peserta didik kelelahaan ataupun cenderung merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran, sehingga pembelajaran yang disampaikan guru tidak dapat diterima dengan baik. Dari beberapa permasalahan tersebut terdapat solusi yang dianggap tepat yaitu memasukkan ice breaking di dalam proses kegiatan belajar mengajar. Artikel ini akan menjelaskan tentang pengenalan ice breaking dan bagaimana ice breaking dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar.   Kata Kunci: belajar, bosan, ice breaking.
METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA MANDARIN Ivana, Ivana
Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 2 No. 2 (2020): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v2i2.1686

Abstract

Abstrak-Metode Pembelajaran adalahsuatu cara yang digunakan pendidikdalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.Dalam penelitian ini, metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament) yang merupakan salah satu metode pembelajaran yang melibatkan peran siswa dan mengandung unsur permainan. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa SMA kelas X dengan menggunakan metode pembelajaran TGT terhadap kemampuan menggunakan kosakata HSK 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran TGT yang diterapkan di kelas X MIA A memiliki rata-rata nilai 77.93, sedangkan kelas X MIA B yang menggunakan metode pembelajaran konvensional memiliki rata-rata nilai 64.66. Kata-kata kunci: metode Pembelajaran,TGT, prestasi belajar.