cover
Contact Name
Abdul Kadir Ritonga
Contact Email
bastanta@poltekparmedan.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pppm@poltekparmedan.ac.id
Editorial Address
Jl.Rumah Sakit Haji No.12
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Akademi Pariwisata Medan
ISSN : 18582842     EISSN : 26560992     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal ini memuat berbagai tulisan yang berhubungan dengan potensi kepariwisataan di Sumatera Utara dengan segala aktifitasnya menyangkut pengembangan dan prospek kedepan kepariwisataan serta seni dan budaya yang perlu dilestarikan ditengah – tengah kehidupan masyarakat. Artikel yang dimuat berupa hasil-hasil penelitian dan analisis kebijakan yang bersifat aplikatif yang terkait dalam bidang kepariwisataan diantara yang diantara topiknya yaitu : 1. Digital Tourism (E-Tourism) 2. Homestay (Rumah Wisata) 3. Branding 4. Adventure Tourism 5. Eco Tourism 6. MICE and Event Tourism 7. Heritage and Pilgrim Tourism 8. Culinary and Shopping Tourism 9. City and Village Tourism 10. Gastronomy Diplomacy 11. Sertifikasi Kompetensi SDM dan Gerakan Sadar Wisata 12. Peningkatan Investasi Pariwisata 13. Pengelolaan Crisis Center.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Destinasi Wisata Kuliner Berbasis Makanan Tradisional di Kabupaten Toba Samosir Nugraha, Syahrul; Sumardi, Sumardi
Jurnal Akademi Pariwisata Medan Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Akademi Pariwisata Medan
Publisher : Politeknik Pariwisata Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh wisata kuliner terhadap minat wisatawan berkunjung ke daerah wisata di Kabupaten Toba Samosir, mengetahui persepsi wisatawan terhadap kuliner tradisional Batak. dan membuat model pengembangan wisata kuliner berbasis makanan tradisional di Kabupaten Samosir.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dimana pengujian korelasi dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows terhadap data yang diperoleh dari jawaban responden. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kausal yang menganalisis bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lain dimana variabel independennya diperlakukan secara terkendali oleh peneliti untuk melihat dampaknya terhadap variabel dependen, yang menjadi variable independen adalah ketersediaan kuliner tradisional khas Batak dan variable dependen adalah minat wisatawan untuk mengunjungi daerah wisata tersebut. Responden dalam penelitian ini berasal dari wisatawan yang pernah makan di rumah makan tradisional khas Batak di Kecamatan Ajibata yang berjumlah 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan wisata kuliner makanan tradisional khas Batak di daerah wisata Kecamatan Ajibata memiliki pengaruh sebesar 68,60 % terhadap minat wisatawan untuk berkunjung ke daerah wisata tersebut dan memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap minat wisatawan untuk berkunjung ke daerah wisata tersebut. Selanjutnya secara umum kualitas pelayanan yang diperoleh pelanggan selama berada di rumah makan di daerah wisata di Kecamatan Ajibata dipersepsikan positif oleh wisatawan. Sedangkan model pengembangan wisata kuliner berbasis makanan tradisional khas Batak khususnya di daerah wisata Kecamatan Ajibata dengan dua pendekatan, yaitu terhadap menu masakan tersebut dan lokasi.
Implementasi Akuntansi Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Pada Usaha Akomodasi Homestay Di Kabupaten Karo ngatemin, ngn
Jurnal Akademi Pariwisata Medan Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Akademi Pariwisata Medan
Publisher : Politeknik Pariwisata Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Akuntansi Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah  (UMKM) Pada Usaha Akomodasi Homestay  Di Kabupaten Karo.       Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis data primer yang berasal dari responden dan dat sekunder yang terkumpul dari berbagi sumber. Populasi penelitian adalah masyarakat di kabupaten karo yang meyelenggarakan usaha akomodasi homestay yang tersebar dibebrapa daerah tujuan wisata di kabupaten Karo, karena keterbatasan waktu dan dana penulis mengambil sample hanya pemilik/pengelola usaha akomodasi homestay yang ada di kecamatan Berastagi. Dipilihnya kecamatan Berastagi sebagai sampel karena 60 % usaha akomadasi terdapat di kecamatan Berastagi. Pemilihan sample menggunakan metode sampel secara acak (random sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Usaha  akomodasi pondok wisata (Homestay) yang ada di Kabupaten Karo sudah mulai intensif dilaksanakan  dan terus meningkat, karena persepsi masyarakat di daerah ini terhadap usaha akomodasi homestay cukup positif. 2) Para pemilik/pengelola usaha akomodasi umumnya menyadari betapa pentingnya dilaksanakan pembukuan/Akuntansi untuk  meningkatkan kualitas tata kelola keuangan namun keterbatasan pengetahuan dan tenaga menjadi kendala dalam implementasinya sehingga belum mampu menyiapkan laporan keuangan usaha akomodasi homestay 3) Kualitas laporan keuangan UMKM termasuk usaha akomodasi homestay masih jauh dari standard akuntansi ETAP dikarenakan para pemilik/pengelola tidak memiliki basic pengetahuan akuntansi
Strategi Pengembangan Makanan Khas Daerah Dalam Meningkatan Industri Kreatif (Studi Kecamatan Bakti Raja Kabupaten Humbang Hasundutan) indra, rama
Jurnal Akademi Pariwisata Medan Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Akademi Pariwisata Medan
Publisher : Politeknik Pariwisata Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil pangan suatu daerah merupakan komoditas yang sangat penting dan starategis, karena kebanyakan makanaan hasil khas daerah merupakan pengembangan dari bahan pokok olahan yang dihasilkan suatu daerah, contohnya makanan khas daerah yang sangat mempunyai prospek yang luas dan dapat dikembangkan umpanya beras dan hasil pangan lainnya yang dibuat menjadi suatu makanan khas daerah. Dimana hasil pangan ini yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha industri kreatif dan UKM, agar produk ini dapat dipasarkan guna untuk mengenalkan ciri khas makanan suatu daerah, Keamcatan Bakti Raja Kabupaten Humbang Hasundutan merupakan daerah pertanian yang memiliki potensi yang baik, dapaun hasil pangan yang dimiliki antara lain, kopi, karet, kemiri, coklat, kelapa sawit, kulit manis, aren dan masih banyak lagi. Tetapi untuk mengembangkan ini semua masih terkendala dari segi biaya yang dimiliki pelaku usaha UKM yang ada, dan menjadi permasalahan lain ialah bersaing dengan makanan dari luar yang sdh lama masuk ke pasar yang ada di Kecamatan Bakti Raja. Adapun teknik penelitian yang dilakukan dengan pengematan langsung kelapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis SWOT. Dimana analisis SWOT disini guna mengetahui kekuatan, kelemahan dan peluang, serta ancaman dari usaha produksi kreatif yang ada di sekitar Kecamatan Bakti Raja. Adapun alternatif untuk mengahadapi pangsa pasar makanan kash daerah yaitu dengan pembenahan pelatihan guna meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dengan media internt sebagai media pemasaran untuk memperkenalkan hasil produksi yang dihasilkan, dimana turut melakukan kerjasama dengan pemerintaha terkait yang ada di Kecamatan Bakti Raja. Dimana hasil penelitian adalah strategi dalam mengembangkan produk yang dihasilkan, untuk kesejateraan masyarakat dengan persaingan harga yang terjangkau dan bersaing
Potensi Implementasi Digital Tourism/E-Tourism dalam Meningkatkan Tingkat Hunian pada Homestay di Kabupaten Humbahas Desa Bakti Raja wilson, jerry
Jurnal Akademi Pariwisata Medan Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Akademi Pariwisata Medan
Publisher : Politeknik Pariwisata Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Implementasi Digital Tourism/E-Tourism sangat berpotensi dalam meningkatkan Tingkat Hunian Homestay di Kabupaten Humbahas khususnya Kecamatan Bakti Raja. Hal ini disebabkan oleh semakin pesatnya pertumbuhan digital information. Semua tempat dan informasi dapat dijangkau dengan menggunakan fasilitas Digital Information. Hal ini berlaku disemua sisi ilmu pengetahuan umat manusia pada Jaman sekarang ini.Dengan menggunakan Digital Information, ilmu pengetahuan berkembang, perekonomian berkembang dan informasi suatu objek dan lokasi juga semakin berkembang. Dengan demikian hal ini berpengaruh dengan perkembangan kegiatan ekonomi pariwisata secara umum. Melalui digital information, banyak tempat dan lokasi wisata akan dipertontonkan kepada dunia sehingga mengundang banyak perhatian. Disamping itu banyak atraksi, hal hal menarik dan kegiatan yang menarik sehingga orang dapat tertarik berkunjung kesana. Maka sarana akomodasi untuk tinggal sementara waktu selama disana akan dibutuhkan. Hal ini adalah merupakan peluang besar bagi masyarakat setempat untuk dapat memamfaatkan situasi tersebut. Maka peluang membuka usaha homestay sangat berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat di lokasi objek wisata tersebut. Tentu nya homestay tersebut dapat diketahui oleh wisatawan keberadaan nya apabila ada promosi atau pemberitahuan melalui media massa seperti Koran, Majalah, Brosur dan lebih terjangkau seperti Layanan Internet atau sering kita sebut Digital Information. Bidang promosi Digital Information ini lebih spesifik kita sebut Digital Tourism atau E-tourism karena secara khusus berhubungan dengan informasi tentang Pariwisata serta Objek Wisata.Berkaitan dengan implementasi Digital Tourism untuk meningkatkan kunjungan wisatawan yang akan menggunakan sarana Homestay ini sangat relevan. Oleh karena dilokasi objek wisata tertentu tidak terdapat Hotel untuk sarana akomodasi. Oleh sebab itu sebagai sarana alternative diperlukan sarana homestay yang memadai sebagai tempat beristirahat sementara di objek wisata tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan promosi Homestay secara Digital sebagai suatu cara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pada homestay tersebut. ?
Dolung dolung Kudapan Tradisional Berbahan Dasar Tepung Beras dan Kolang Kaling Buah Aren Panganan yang Menyehatkan Dalam Mengembangkan Wisata Kuliner Kota Wisata Parapat Kabupaten Simalungun handoko, handoko
Jurnal Akademi Pariwisata Medan Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Akademi Pariwisata Medan
Publisher : Politeknik Pariwisata Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dolung dolung sebagai kudapan asli yang berasal dari kota wisata Parapat kurang dikenal oleh wisatawan yang berkunjung  ke Parapat. Hal ini terjadi oleh karena masyarakat kota Parapat kurang maksimal mengelola dan memasarkan dolung dolung sebagai kuliner andalan lokal yang berasal dari Kota Parapat. Gerai penjualan dolung dolung juga yang tidak tersedia serta penjualan dolung dolung hanya dilakukan secara langsung secara personal. Begitu juga dengan Kolang kaling yang banyak tumbuh di daerah Kabupaten Simalungun Kecamatan Tigadolok dan Tigaras kurang maksimal pemanfaatannya secara ekonomi. Buah Kolang kaling hanya di pasarkan pada saat hari besar keagamaan saja sehingga mengurangi pendapatan dan penghasilan tambahan masyarakat yang ada di Kabupaten Simalungun khususnya di kota wisata Parapat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kudapan lokal dolung dolung dan kolang kaling dikenal oleh wisatawan. Bagaimana pengembangan dan pemasaran dolung dolung tersebut. Bagaimana peningkatan pemasaran dan pengenalan kudapan tersebut kepada masyarakat dan wisatawan. Setelah melaksanakan analisis dari hasil penelitian dilapangan diketahui bahwa saat ini pemerintah tengah berusaha memperkenalkan kepada masyarakat luas, wisatawan melalui peran serta masyarakat kota Parapat dibawah koordinasi Yayasan Peparata serta bekerjasama dengan hotel dan restauran yang ada di kota Parapat. Membangun Ikon Wisata Kuliner Dolung dolung yang berasal dari Kota Parapat dan Kolang Kaling yang berasal dari Kabupaten Simalungun.      
KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA BIDANG PERHOTELAN PADA HOTEL BINTANG 4 DI KOTA BERASTAGI KABUPATEN KARO Ahmad, Andora Jusuf
Jurnal Akademi Pariwisata Medan Vol 8 No 1 (2020): Jurnal Akademi Pariwisata Medan
Publisher : Politeknik Pariwisata Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36983/japm.v8i1.39

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana kompetensi karyawan  di bidang perhotelan khususnya di hotel bintang 4 yang ada di kota Berastagi dan untuk mengetahui seberapa besar peran pemerintah kabupaten Karo  dalam meningkatkan kompetensi karyawan yang bekerja di hotel hotel yang ada di Berastagi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dimana menjelaskan kondisi yang sebenarnya yang terjadi di lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa karyawan yang bekerja di hotel yang ada di Berastagi belum pernah mengikuti sertifikasi kompetensi  dan manajemen hotel bintang 4 yang ada di Berastagi belum ada  melaksanakan kegiatan uji  kompetensi bagi karyawan yang bekerja di hotel serta pemerintah Kabupate Karo juga belum ada melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pelatihan atau uji kompetensi sebagai bentuk dukungan dari pemerintah.
ANALISIS WARUNG WAJIK PECEREN DAN WARUNG SARI TEBU MANIS SEBAGAI BRANDING KULINER DI KOTA WISATA BERASTAGI KABUPATEN KARO Zaitun, Zaitun
Jurnal Akademi Pariwisata Medan Vol 8 No 1 (2020): Jurnal Akademi Pariwisata Medan
Publisher : Politeknik Pariwisata Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36983/japm.v8i1.40

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar minat wisatawan yang datang berkunjung ke warung wajik dan warung sari tebu manis sehingga di ketahui apakah kedua tempat tersebut layak di jadikan branding kuliner di kota wisata Berastagi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dimana menjelaskan kondisi yang sebenarnya yang terjadi di lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa secara umum minat pengunjung untuk menikmati menu di warung wajik peceren lebih baik di bandingkan minat pengunjung di warung tebu manis. Harga yang ditawarkan di kedua warung ini sangat relative dan tergolong tidak begitu mahal serta pengunjung yang datang ke warung wajik peceren biasanya membeli wajik yang menjadi ciri khas warung tersebut untuk di bawa sebagai oleh oleh keluarga di rumah sedangkan pengunjung yang menikmati menu di warung tebu manis dimana secara umum pengunjung yang datang hanya menikmati menu yang di tawarkan khususnya air tebu Berastagi dan tidak di bawa pulang sebagai oleh oleh buat keluarga.
PENGEMBANGAN FASILITAS REKREASI BERDASARKAN REFRENSI PENGUNJUNG DANAU TOBA DI PARAPAT-KABUPATEN SIMALUNGUN Hutahaean, Theresia
Jurnal Akademi Pariwisata Medan Vol 8 No 1 (2020): Jurnal Akademi Pariwisata Medan
Publisher : Politeknik Pariwisata Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36983/japm.v8i1.52

Abstract

This study aims to describe the efforts of the Culture and Tourism Office in developing the Lake Toba recreation area in Parapat-Simalungun Regency and to identify the driving factors in the development of recreational facilities based on the references of Lake Toba visitors in Parapat-Simalungun Regency, North Sumatra. The tools used to collect data are questionnaires and the Likert scale technique is used to analyze and describe the results of research. The results showed that the factors that encourage the development of recreational facilities based on visitors to Toba lake in Parapat, Simalungun Regency, North Sumatra is the potential of tourism objects in the Parapat-Simalungun Regency, North Sumatra, one of which is Lake Toba recreation area, tourism object development in Parapat Simalungun Regency, North Sumatra has been quite optimal both in terms of development factors, distance and location, terms of promotion and processing and others.
PENGARUH KUALITAS FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UNTUK BERKUNJUNG KEMBALI DI KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN (STUDI DI BEBERAPA HOTEL BERBINTANG DI KECAMATAN BAKTI RAJA) Erianto, Edy
Jurnal Akademi Pariwisata Medan Vol 8 No 1 (2020): Jurnal Akademi Pariwisata Medan
Publisher : Politeknik Pariwisata Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36983/japm.v8i1.59

Abstract

  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi yaitu tamu kerap kali komplen karena merasa tidak puas dengan kualitas fasilitas maupun pelayanan yang diberikan oleh pihak hotel. Dengan masalah yang ada maka penelitian dilakukan untuk menganalisis terjadinya kesalahan tersebut dengan melihat dari pengaruh kualitas fasilitas terhadap kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini digunakan penelitian kuantitatif yang tergolong ke dalam penelitian deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dari 34 orang responden, jawaban responden tersebut kemudian diolah dengan menggunakan program Statical Product and service solutions (SPSS), dengan melakukan uji validitas, uji realibilitas, uji statistic deskriptif, uji hipotesis, uji parsial, dan determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas fasilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas fasilitas mempengaruhi kepuasan pelanggan sebanyak 58,3 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada pihak yang bersangkutan agar dapat meningkatkan kualitas fasilitas yang dimiliki.        
PENGARUH SOSIAL DEMOGRAFI, BUDAYA DAN MOTIVASI WISATAWAN NUSANTARA TERHADAP MAKANAN LOKAL DI KOTA SEMARANG Kristiana, Yustisia
Jurnal Akademi Pariwisata Medan Vol 8 No 1 (2020): Jurnal Akademi Pariwisata Medan
Publisher : Politeknik Pariwisata Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36983/japm.v8i1.61

Abstract

Pilihan wisata dari wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kota Semarang adalah daya tarik wisata budaya yaitu Lawang Sewu. Padahal Kota Semarang memiliki potensi wisata lain contohnya adalah wisata kuliner. Potensi kuliner di Kota Semarang dapat dikembangkan menjadi daya tarik wisata, namun belum dikelola secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh sosial demografi, (2) budaya, dan (3) motivasi wisatawan nusantara terhadap makanan lokal di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Responden dari penelitian ini adalah wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kota Semarang. Jumlah responden adalah sebanyak 197 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sosial demografi, budaya, dan motivasi wisatawan nusantara terbukti berpengaruh positif terhadap makanan lokal di Kota Semarang. Implikasi manajerial dari penelitian ini bagi Pemerintah Kota Semarang adalah untuk dapat lebih mengembangkan informasi secara menarik dan lengkap mengenai kuliner Kota Semarang dengan memanfaatkan teknologi terkini, mempromosikan makanan lokal Kota Semarang melalui penyelenggaraan festival kuliner secara berkala dan bekerja sama dengan biro perjalanan wisata untuk membuat paket wisata tentang kuliner, khususnya makanan lokal Kota Semarang.   Kata kunci: sosial demografi, budaya, motivasi, makanan lokal

Page 1 of 2 | Total Record : 20