cover
Contact Name
Imas Juidah
Contact Email
imas.juidah@unwir.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
bahteraindonesia16@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 25413252     EISSN : 26222183     DOI : -
Core Subject : Education,
Bahtera Indonesia adalah jurnal yang ditebritkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Univesitas Wiralodra (Unwir) Indramayu. Jurnal ini merupakan wadah informasi mengenai kebahasaan dan kesusastraan yang memuat hasil penelitian atau studi kepustakaan yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun (Maret dan September). Jurnal ini terbit sejak September 2016.
Arjuna Subject : -
Articles 79 Documents
ANALISIS TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO Rahmadhani, Farah Fadhila; Purwo Yudi Utomo, Asep
Bahtera Indonesia Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/bi.v5i2.69

Abstract

Tindak tutur ekspresif merupakan salah satu jenis tindak tutur yang berfungsi untuk mengungkapkan sikap psikologis penutur terhadap suatu keadaan. Misalnya, mengucapkan terima kasih, mengucapkan selamat, memberi maaf, megucapkan belasungkawa, mengancam, memuji, mengeluh, mengkritik, dan menyalahkan. Penulis memilih novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono untuk diteliti karena cerita tokoh-tokohnya yang menarik, tertarik dengan tindak tutur ekspresif yang ada pada novel tersebut, dan penelitian tersebut masih sedikit dilakukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mengenal tindak tutur ekspresif apa saja yang ada pada tuturan para tokoh. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa tuturan para tokoh yang ada pada novel tersebut. Teknik yang digunakan yaitu teknik baca dan catat. Dari 8 data, terdapat 3 tindak tutur ekspresif mengejek, 2 tindak tutur ekspresif mengkritik, 2 tindak tutur ekspresif memuji, dan 1 tindak tutur ekspresif mengeluh. Dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan pembelajaran tindak tutur ekspresif. Sekaligus menambah wawasan tentang makna tuturan dalam novel yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.
TRANSFORMASI TOKOH PEWAYANGAN DALAM BUKU PUISI SAKUNTALA KARYA GUNAWAN MARYANTO SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DAN MODEL PEMBELAJARANNYA DI SMA Anisah, Haviatun; Juidah, Imas
Bahtera Indonesia Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/bi.v5i1.67

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi, rendahnya kemampuan apresiasi puisi, bahan ajar yang disajikan pembelajarannya monoton siswa hanya dikenalkan pada puisi-puisi yang umum dan pengarang terdahulu. Dalam penelitian ini puisi tertarik untuk menganlisis transformasi tokoh pewayangan Sakuntala dalam buku puisi Sakuntala karya Gunawan Maryanto sebagai alternatif bahan ajar dan model pembelajarannya di SMA”. Rumusan Masalah dalam penelitian ini (1) Apa sajakah bentuk-bentuk transformasi pewayangan tokoh Sakuntala ke dalam kumpulan puisi Sakuntala karya Gunawan Maryanto? (2) Apakah kumpulan puisi Sakuntala karya Gunawan Maryanto dapat dijadikan bahan ajar di SMA? (3) Bagaimana gambaran model pembelajaran berdasarkan hasil dari analisis intertekstualitas dalam puisi Sakuntala karya Gunawan Maryanto?. Metode yang digunakan dalam peneilitan ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, teknik baca catat, studi dokumentasi, dan teknik analisis. Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara membaca puisi, menganalisis unsur-unsur pembangun puisi, membandingkan kisah dalam pewayangan tokoh Sakuntala dalam buku kumpuluan puisi Sakuntala dan merumuskan simpulan analisis. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Bentuk transformasi dalam puisi Sakuntala karya Gunawan Maryanto terdapat pentransformasian dalam karakteristik tokoh; (2) Isi puisi-puisi dapat dijadikan sebagai bahan ajar di SMA baik dari segi bahasa yaitu bahasanya yang baku dan kepuitisan bahasanya, segi psikologi siswa yaitu sesuai dengan perkembangan siswa yakni adanya sikap kritis dan adanya stimulus dalam berpikir siswa untuk memahami yang disampaikan oleh penyair dan dari segi latar budaya yaitu sesuai dengan tingkat keadaan dilingkungan sekitar; (3) Model Advance Organizer sangat menarik dalam pembelajaran di sekolah karena menguatkan kembali kemampuan kognitif siswa.
STRATEGI TINDAK TUTUR PENOLAKAN DALAM INTERAKSI PEDAGANG DAN PEMBELI DI PLAZA KEBUN SAYUR BALIKPAPAN Ayu Astuti, Fitri; Retnowaty, Retnowaty; Maulida, Nurliani
Bahtera Indonesia Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/bi.v5i1.65

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah kurangnya keahlian seseorang ketika melakukan sebuah penolakan sehingga menimbulkan perselisihan atau prasangka kurang baik. Oleh karena itu, keahlian seseorang ketika melakukan sebuah penolakan sangat berpengaruh terhadap respons yang didapatkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi tindak tutur penolakan dalam interaksi pedagang dan pembeli di Plaza Kebun Sayur Balikpapan. Penelitian ini melibatkan pedagang maupun pembeli yang melakukan proses tawar menawar. Data diperoleh dengan melakukan teknik simak catat, instrumen data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunkan human instrument, serta data dianalisis menggunakan tiga tahapan analisis data. Hasil penelitian diperoleh 42 strategi penolakan yang terbagi atas 4 strategi penolakan, yaitu (1) strategi penolakan langsung sebanyak 1 data, dengan frekuensi 2%. (2) strategi penolakan tidak langsung sebanyak 32 data, dengan frekuensi 76%. (3) strategi penolakan tambahan sebanyak 4 data, dengan frekuensi 10% (4) strategi penolakan kombinasi sebanyak 5 data, dengan frekuensi 12%.
ANALISIS BENTUK PENYIASATAN STRUKTUR PADA NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA Kapsah, Kapsah; Husnul Mawadah, Ade; Tisnasari, Sundawati
Bahtera Indonesia Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/bi.v5i1.66

Abstract

This study analyzes the novel using a statistical approach. The research method is a qualitative-descriptive method. The purpose of this study is to describe the form of structuring that is contained in the novel House without Windows by Asma Nadia. As for data collected through library research research techniques, see techniques and note techniques. The data used in this study are excerpts from the novel that are the source of the data. The source of the data in this study is the novel House without Windows by Asma Nadia. In addition, the data obtained are classified based on their shape in order to facilitate the analysis. Data analyzed are data that have been tested for validity by validators who are experts in their fields. Referring to the knife analysis of the stylistic approach, we found a form of structural alignment. So, it can be concluded that the form of structuring data obtained from the novel House without Window by Asma Nadia 55 data with detailed data, 9 data repetition, 4 data parallelism, 7 data anaphora, 9 data antithesis, 7 data alliteration, climax as much as 1 data, asindeton as much as 13 data, rhetorical questions as much as 4 data, and polisidenton as much as 1 data. While the least data found was polysindeton and climax data, and no anticlimactic data was found.
PERANAN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG Mulyadi, Meita Setianing Mulyadi; Mujianto, Gigit
Bahtera Indonesia Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/bi.v5i1.63

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk peran pengelolaan kelas (manajemen kelas) yang diolah oleh guru dan peran guru dalam pengelolaan kelas di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini mencakup tentang bentuk dan peran guru dalam proses pengelolaan kelas. Sumber data yakni guru dan peserta didik kelas IX di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Proses pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi langsung di dalam kelas. Teknik analisis data menggunakan teori John Afifi dan Padmono. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Bentuk pengelolaan kelas yang diolah guru guna mengembangkan keterampilan menulis. (2) Peran guru dalam pengelolaan kelas untuk mengembangkan keterampilan menulis pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
TRANSFORMASI TOKOH BISMA DALAM CERPEN “PEREMPUAN YANG INGIN MEMBUNUH BISMA” KARYA GANUG NUGROHO ADI Nasihin, Agus
Bahtera Indonesia Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/bi.v5i1.64

Abstract

Transformasi dalam bentuk karya sastra modern merupakan salah satu upaya pelestarian, pemertahanan eksistensi, dan penafsiran kembali konsep, nilai, dan norma-norma lama secara kontekstual. Dengan demikian, perlu adanya contoh analisis terhadap karya sastra yang berlatar belakang transformasi. Penelitian ini merupakan salah satu contoh analisis terhadap cerpen “Perempuan yang Ingin Membunuh Bisma” karya Ganug Nugroho Adi. Penelitian terhadap cerpen ini dimaksudkan untuk mengetahui bentuk transformasinya. Berdasar pada kisah pewayangan Bisma, transformasi secara utuh terjadi pada alur cerpen “Perempuan yang Ingin Membunuh Bisma”. Tidak ada alur peristiwa yang menyimpang dari hipogramnya. Demikian pula dengan nama-nama tokoh yang muncul dalam cerpen ini sama persis dengan nama-nama dalam kisah pewayangan tentang kehidupan Bisma. Yang membedakan cerpen “Perempuan yang Ingin Membunuh Bisma” dengan hipogramnya adalah penguatan pada unsur tema dan pemuatan nilai-nilai ideologis feminisme. Kata kunci: transformasi, hipogram, cerita pendek
Pemilihan Gaya Belajar untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Riyanti, Asih; Sungkono
Bahtera Indonesia Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/bi.v5i1.62

Abstract

Every success in the learning process will affect environmental factors, schools, attitudes, or students themselves. Each student enhances cognitive, affective, and psychomotor development. Student trading has the uniqueness and character of each in the learning process to respond to and understand teaching material or information obtained. Student learning independence can be seen from the achievements of students in responding, solving, and processing information by completing various tasks. Every student has a learning style that is prominent in him, and the teacher must be able to accommodate it. That is to achieve the learning objectives well and effectively. Learning style is the key to student success in learning. There are models (Type) of learning styles (Fleming, 2001), VARK (Visual, auditory, Reading, Kinesthetic) that can increase student activity in learning Indonesian. Students can learn through the senses that they have with a visual learning style that learns from what is seen, students with an auditory learning style that is learning through what is heard, and a kinesthetic learning style that is learning through motion and opening.
KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA (EBI) PADA KARYA ILMIAH MAHASISWA Lilis Amaliah Rosdiana
Bahtera Indonesia Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/bi.v5i1.58

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) dalam karya ilmiah mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Winaya Mukti. Karya ilmiah yang diambil yaitu berupa makalah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah analisis kesalahan penggunaan EBI dalam karya ilmiah mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode simak dengan teknik lanjutan catat. Karena dalam penelitian ini berupa data tertulis, maka metode simak dilakukan dengan cara membaca seksama yang kemudian diikuti dengan teknik catat untuk mengklasifikasi data yang relevan. Data diambil dari kesalahan EBI mahasiswa di bagian latar belakang penelitian yang ditemukan pada kertas mereka. Hasil yang didapat menunjukan bahwa di dalam latar belakang penelitian karya tulis mahasiswa, peneliti menemukan beberapa kesalahan penggunaan EBI di antaranya: pemakaian huruf; penulisan kata (kata dasar, kata berimbuhan, dan kata depan); dan penggunaan tanda baca.
(DARI SEGI STRUKTUR, KONTEKS PENUTURAN, KO-TEKS DAN FUNGSI) DAN PELESTARIANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA SERTA BAHAN AJAR PELATIHAN EKSTRAKULIKULER DI SMA Logita, Embang
Bahtera Indonesia Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/bi.v4i2.55

Abstract

“A Song wedding as Saweran Sundanese tradition (From Side Sctructure, speech context, co-text,Fungtion) and Instructional Material Indonesian Language along with Instructional Material As a preservation From Extracurricular Training in School”. Background: young generations are not interested in existence of the saweran in wedding Sundanese performance art, they thought that it is old tradition. The research problem: how is form of Saweran art in Sundanese wedding performance, structure of the text, context,co- text, function and form of preservation in high school? The purpose of the study: to describe art saweran art in Sundanese wedding tradition performance, presenting definition guide book Indonesian language and guide book extracurricular training in high school. This research use qualitative descriptive method. Data collection techniques: Triangulasi. Data analysis result: saweran art Sundanese wedding tradition performance, shape, semantic and sound formula, co-text ,context, function of songs Saweran art performance and preservation in high school.Research in oral tradition is advetage about saweran wedding saweran in Sundanese tradition very use for having power Indonesian language from region language”. “Lagu Saweran dalam Pernikahan Adat Sunda (Dari Segi Struktur, Konteks Penuturan, Ko-teks dan Fungsi) dan Pelestariannya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Serta Bahan Ajar Pelatihan Ekstrakurikuler. Latar belakang: keberadaan pertunjukan saweran dalam pernikahan adat Sunda yang hampir tidak diminati oleh generasi muda yang beranggapan merupakan kesenian yang bertradisi lama. Masalah penelitian: Bagaimana bentuk pertunjukan saweran dalam pernikahan adat Sunda, struktur teks, ko-teks, konteks, fungsi dan bentuk pelestarian di SMA? Tujuan dari penelitian: mendeskripsikan pertunjukan saweran dalam pernikahan adat Sunda, menyajikan ancangan buku ajar Bahasa Indonesia dan buku panduan pelatihan ekstrakurikuler di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data: Triangulasi. Hasil analisis data: mengenai pertunjukan saweran dalam pernikahan adat Sunda, bentuk, semantik dan formula bunyi, ko-teks dan konteks, fungsi dari lagu-lagu pertunjukan pertunjukan saweran dalam pernikahan adat Sunda, dan pelestariannya di SMA Penelitian dalam tradisi lisan sangat bermanfaat untuk memperkaya bahasa Indonesia dari bahasa daerah”.
PEMBELAJARAN BERBICARA TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PARTISIPATORI BERBASIS KECERDASAN KINESTETIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA Tarsinih, Eny
Bahtera Indonesia Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/bi.v4i2.54

Abstract

Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan untuk menangkap makna dari sebuah pesan atau informasi yang disampaikan, serta memiliki kemampuan untuk menalar dan mengemukakan kembali atau informasi yang diterimanya. Peserta didik pun diharapkan memiliki kemampuan untuk mengekspresikan berbagai pikiran, perasaan, dan pendapat serta gagasan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Kompetensi tersebut dapat dicapai melalui proses pemahiran yang dilatih dan dialami dalam kegiatan pembelajaran. Sesuai dengan permasalahan, tujuan penelitian ini untuk meningkatkan: (1) kemampuan berbicara teks narasi sebelum menggunakan metode partisipatori berbasis kecerdasan kinestetik di kelas VII SMPN 3 Sindang; (2) kemampuan berbicara teks narasi sesudah menggunakan metode partisipatori berbasis kecerdasan kinestetik di kelas VII SMPN 3 Sindang; dan (3) efektivitas pembelajaran berbicara teks narasi dengan menggunakan metode partisipatori berbasis kecerdasan kinestetik di kelas VII SMPN 3 Sindang. Peneliti mencoba menerapkan metode partisipatori berbasis kecerdasan kinestetik yang sesuai dengan karakteristik peserta didik kelas VII Sekolah Menegah Pertama Negeri 3 Sindang. Melalui metode ini diharapkan, peserta didik dapat terlibat penuh dan turut aktif dalam pembelajaran. Metode pembelajaran partisipatori pada umumnya menuntut peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan berpikir dan berbuat secara aktif, bebas, terbuka, dan bertanggung jawab dalam hal mempelajari hal-hal yang bermakna untuk memenuhi kebutuhan belajar dan kepentingan bersama (Sudjana, 2010: 51). Oleh karena itu, peserta didik diharapkan terlibat aktif dalam mempraktikkan dan melatih lebih lagi keterampilan berbicara teks narasi dengan awalnya menggunakan teknik membaca sastra yaitu membaca legenda tokoh Arya Wiralodra yang disediakan oleh peneliti. Kemudian peserta didik dan peneliti melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan tahapan dalam metode partisipatori. Setelah itu peserta didik menceritakan kembali dengan melibatkan anggota tubuh sebagai alat untuk mengekspresikan sesuai dengan apa yang dibaca dari legenda tokoh tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat baik secara teoretis maupun praktis, yaitu: (1) memberikan acuan terhadap perkembangan kecerdasan kinestetik, khususnya kemampuan berbicara siswa; (2) mengetahui metode yang tepat dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan memperoleh pengalaman belajar yang menarik; (3) menambah wawasan dan pengalaman peneliti untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang pendidikan; dan (4) bagi lembaga, dapat dijadikan masukan untuk membangun dan meningkatkan kualitas pendidikan. Berdasarkan tujuan yang akan dicapai, target luaran yang diharapkan dapat diperoleh sebagai dampak dari penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut. (1) Dapat memperkuat riset dosen dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia khususnya mengenai pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kinestetik melalui metode partisipatori. (2) Bahan ajar yang digunakan dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi guru dalam membuat bahan ajar berbasis kinestetik melalui metode partisipatori.