cover
Contact Name
Syarif Hidayatullah
Contact Email
syarifbahagia@uhamka.ac.id
Phone
+6281905887050
Journal Mail Official
imajeri@uhamka.ac.id
Editorial Address
Jl. Tanah Merdeka No.6, Rambutan, Ps. Rebo, Jakarta Timur, Indonesia 13830
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26544199     DOI : https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i1
Core Subject : Education, Social,
IMAJERI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (E-ISSN: 2654-4199) is an open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners, and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews and book reviews on linguistics, literature, and their teaching
Articles 50 Documents
PENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN SISWA SMP Juliana Damanik, Oktavia; Telaubanua, Sadieli; Saleh, Ramadhan
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v2i1.5079

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 pancurbatu dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Keberhasilan penelitian ini dilihat dari kriteria ini Penggunaan model pembelajaran inkuiri setelah diberi tindakan pada siklus I belum mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks laporan pada siswa. Hal ini ditunjukkan dari jumlah skor rata-rata yang diperoleh siswa 63,8 dan KKK siswa yang tuntas 20% (5 siswa) dan yang tidak tuntas 80% (20 siswa). Penggunaan model pembelajaran inkuiri setelah diberi tindakan pada siklus II dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis teks laporan siswa. Hal ini dapat terlihat pada perolehan jumlah skor rata-rata 83,4 dan KKK siswa yang tuntas 88% (22 siswa) dan yang tidak tuntas 12% ( 3 siswa). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri berhasil dan mampu meningkatkan kemampuan menulis teks laporan siswa kelas VII-C SMP Negri 3 Pancurbatu.
ANALISIS BAHASA PADA FEATURE DALAM SURAT KABAR JAWA POS.COM Shofiyatin, Hayyin; Mulyaningsih, Indrya; Itaristanti
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v2i1.5078

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menemukan karakteristik bahasa yang digunakan feature pada surat kabar Jawa Pos.com dengan menganalisis gaya bahasa dan pola penulisan. Penelitian dilakukan karena terdapat perbedaan antara teori dan bukti di lapangan, yakni penulisan feature oleh Jawa Pos.com tidak sama dengan teori. Analisis pada feature ini menggunakan metode analisis bahasa jenis padan. Penelitian termasuk ke dalam jenis kualitatif deskriptif, yakni menjelaskan suatu fenomena dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan feature pada surat kabar Jawa Pos.com memiliki karakteristik yang berbeda dari teori yang telah ada. Seperti dapat dilihat pada struktur yang membentuk pola tidak sama dengan teori. Yakni, karakteristik masing-masing struktur tidak terpenuhi. Hal ini secara ilmiah tidak menjadi masalah, karena hakikatnya sebuah karangan tidak dibatasi bahkan lebih baik menggunakan imajinasi yang luas.
KAJIAN KEEFEKTIVITAS KALIMAT KARYA MAHASISWA PRODI KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN UHAMKA Hasanudin, Dede; Andayani Praptiningsih, Novi
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v2i1.5077

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji salah satu aspek ketatabahasaan yaitu aspek sintaksis dalam hal ini efektivitas kalimat dalam karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa prodi kesmas Fikes Uhamka sebagai tugas akhir suatu mata kuliah bahasa Indonesia. Adapun aspek-aspek yang dinilai terbagi menjadi dua kategori yaitu mengenai penggunaan Ejaan yang Disempurnakan (dalam hal ini memanfaatkan PUEBI), meliputi aspek : 1) kesalahan penggunaan huruf, 2) kesalahan penggunaan tanda baca, 3) kesalahan penggunaan gabungan kata. Sementara untuk aspek sintaksis adalah tentang keefektifan kalimat yangdigunakan oleh mahasiswa meliputi: logika berpikir, 2) kehematan, 3) keparalelan, 4) keterpaduan interkalimat dan antarkalimat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan Teknik analisis isi. Data yang diperoleh sesuai dengan fakta yang ada di dalam makalah mahasiswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, untuk EYD ditemukan data yaitu:1) kesalahan penggunaan huruf, terdapat 82 kata yang salah dituliskan, 2) kesalahan penggunaan tanda baca 26, dan 3) kesalahan keefektivitas kalimat sebanyak 25.
PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP MUHAMMDIYAH 22 PAMULANG, TANGERANG SELATAN Safi’i, Imam; Tarmini, Wini
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v2i1.5076

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data secara komprehensif tentang model penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di salah satu satuan sekolah menengah pertama (SMP) swasta yang ada di di Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode etnografi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan mencakup empat aspek karakter, yaitu olah hati, olah pikir, olah raga/kinestetik, dan olah karsa. Pengitegrasian nilai-nilai pendidikan karakter secara eksplisit dilakukan melalui nasihat yang disampaikan secara langsung pada siswa saat mengikuti kegiatan sekolah, seperti upacara bendera, upacara peringatan hari-hari besar nasional, kegiatan perkemahan, outboand, kerja kakti, bakti sosial, dan salat berjamaah, serta berbagai nasihat lainnya yang diberikan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter secara implisit dilakukan melalui proses penghayatan yang dintegrasikan ke dalam berbagai kegiatan yang dilangsungkan sekolah, baik berkaitan dengan proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter mengalir secara wajar dan alami karena siswa tidak merasa dinasihati atau digurui. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu model dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama agar berlangsung lebih efektif dan efesien.
KOMUNIKASI MULTILINGUAL PADA KOMUNITAS SANTRI PONDOK PESANTREN MAHASISWA DARUSSALAM DI KARTASURA Normalita, Aulia; Oktavia, Wahyu
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v2i1.5074

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan penggunaan multilingual yang ada pada komunitas santri di pondok pesantren Mahasiswa Darussalam di Kartasura yang ditinjau dari kajian sosiolinguistik. Penelitian ini difokuskan pada tuturan bahasa sehari-hari dari keanekaragaman bahasa dan keanekaragaman budaya oleh santri di sebuah pondok pesantren Mahasiswa Darussalam Kartasura yang melibatkan unsur alih kode dan campur kode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan mendeskripsikan setiap tuturan yang dituturkan oleh setiap santri. Teknik dalam analisis data menggunakan teknik simak dan rekam dengan observasi dan wawancara yang diambil dari peristiwa-peristiwa tutur sehari-hari yang terjadi di pondok pesantren Mahasiswa Darussalam Kartasura. Hasil penelitian menunjukkan adanya wujud bahasa multilingual dan faktor-faktor yang menjadi penyebab adanya bahasa multilingual.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK Nainggolan, Epitamala; Purwanto, Petrus; Waruwu , Ermina
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v2i1.5075

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap menulis naskah drama pada siswa kelas VIII. Model picture and picture merupakan model yang dapat mendorong siswa lebih kreatif dan aktif dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan model post-test only control design. Pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas kontrol dengan nilai rata-rata 75,833 standar deviasi 8,461, standar error 1,562 dan kelas eksperimen nilai rata-rata 82,66, standar deviasi 6,914 standar error 1,284. Hasil perhitungan normalitas kelas kontrol memperoleh harga Lhitung < Ltabel sebesar 0,1321< 0,1617dan kelas eksperimen memperoleh harga Lhitung < Ltabel sebesar 0,1446<0,1617. Ini membuktikan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas memperoleh harga Lhitung < Ltabel sebesar 1,481<1,858. Hal ini membuktikan sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil perhitungan hipotesis memperolah harga Thitung > Ttabel sebesar 3,531>2,002, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis naskah drama satu babak pada siswa kelas VIII tahun pembelajaran 2018/2019.
PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE SISWA SMP Friska Lumban Gaol, Fefi; Telaumbanua, Sadieli; Siburian, Panigoran
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v2i1.5072

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis eksposisi siswa kelas VIII-A SMP Imelda Medan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Keberhasilan penelitian ini dilihat dari tiga kriteria, 1) Kemampuan menulis eksposisi siswa sebelum menggunakan model picture and picture belum berhasil. Hal ini dilihat dari jumlah skor rata-rata yang diperoleh siswa 53 dan KKK siswa yang tuntas 12% dan tidak tuntas 88% . 2) Penggunaan model picture and picture setelah diberi tindakan pada siklus I belum mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis eksposisi siswa. Hal ini ditunjukkan dari jumlah skor rata-rata yang diperoleh siswa 71 dan KKK siswa yang tuntas 70% dan tidak tuntas 30% . 3) Penggunaan model picture and picture setelah diberi tindakan pada siklus II dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis eksposisi siswa. Hal ini dapat terlihat pada perolehan jumlah skor rata-rata 80 dan KKK siswa yang tuntas 91% dan tidak tuntas 9%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan model picture and picture berhasil, mampu meningkatkan kemampuan menulis eksposisi siswa kelas VIII-A SMP Imelda Medan.
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA MAJALAH TOGA EDISI III BULAN DESEMBER TAHUN 2018 Sari, Kusuma; Joko Nurcahyo, Rizki; Kartini
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v2i1.5073

Abstract

Majalah Toga merupakan majalah karya mahasiswa bidik misi IAIN Surakarta. Majalah ini ditulis menggunakan bahasa Indonesia sehingga dalam penulisan majalah harus sesuai dengan kaidah kebahasaan yang berlaku di era saat ini. Tetapi dalam majalah Toga masih ditemukan beberapa kesalahan dalam penggunaan kaidah maupun kebahasaan yang tidak sesuai dengan kaidah yang berlaku di era saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa dalam penulisan majalah Toga. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tulis. Analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Langkahlangkah dalam analisis interaktif meliputi 1) pengumpulan data, 2) pegidentifikasian kesalahan, 3) penjelasan kesalahan, 4) pengklasifikasian kesalahan, pengevaluasian kesalahan. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan berbagai kesalahan berbahasa dalam tataran ejaan dan tataran linguistik seperti fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Secara garis besar hasil dari penelitian ini lebih dominan kesalahan dalam tataran ejaan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK JAKARTA MANAJEMEN Nawawi
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Example non Example melalui media gambar contoh dan bukan contoh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Jakarta Manajemen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode One-Grup Pretest-Posttest Design yang pada pelaksanaannya terdapat pretest sebelum diberi perlakuan. Berdasarkan hasil perhitungan, data pretest dan posttest berdistribusi normal, sekaligus homogen, sedangkan pada perhitungan hipotesa, hasil yang diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,0484 maka pengujian hipotesis menolak H0 dan menerima H1. Sehingga terdapat perbedaan hasil menulis puisi siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil tersebut menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil siswa sebelum diberi perlakuan (pretest) dengan yang sudah diberi perlakuan (posttest) pada keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMK Jakarta Manajemen.
KRITIK NOVEL ASSALAMUALAIKUM, BEIJING! KARYA ASMA NADIA PENDEKATAN STRUKTURAL Utari Dewi, Trie
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkritik novel Assalamualaikum, Beijing! dengan menggunakan pendekatan struktural. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif Data dalam penelitian ini yaitu berupa kata, kalimat, dan paragraf yang terdapat dalam novel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, simak, dan catat. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pembacaan hermeneutik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu analisis struktural pada novel Assalamualaikum, Beijing! Karya Asma Nadia yang meliputi; 1) Tema adalah kesabaran dalam menerima segala ujian dan cobaan hidup. 2) Tokoh utama dalam novel tersebut adalah Asmara (Asma atau Ra), Dewa dan Zhongwen. 3) Alur yang digunakan adalah alur campuran atau maju mundur. Latar yang terdapat dalam novel ini terbagi menjadi tiga yakni latar tempat seperti rumah sakit, pemberhentian bus, masjid, dll; latar waktu seperti sore dan malam hari; dan latar suasana seperti haru, kecewa, dan bahagia. 4) Sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga. 5) Amanat dalam novel tersebut yaitu sebagai manusia kita harus tabah, sabar, tidak putus asa, dan berserah diri kepada Allah SWT akan segala cobaan hidup yang dilewati. Adapun kritik terhadap novel Assalamualaikum, Beijing! yaitu terletak pada alur dan nama penokohan yang terdapat dalam novel. Di mana nama Asma dan Ra yang pada awalnya dikira adalah dua tokoh yang berbeda namun ternyata dipertengahan dan akhir cerita baru diketahui bahwa nama tersebut adalah satu tokoh dengan nama lengkap Asmara. Sedangkan alurnya terletak pada kisah seorang tokoh bernama Asma yang begitu mudah melalui semua ujian hidup yang diterimanya tanpa adanya gambaran kisah perjuangannya dalam melalui satu persatu ujian tersebut. Berbanding terbalik dengan kehidupan nyata, di mana masyarakat saat ini banyak yang justru depresi hingga sampai bunuh diri dalam menghadapi cobaan hidup yang dialaminya. Maka seharusnya penulis menggambarkan dengan lebih jelas perjuangan yang dilakukan oleh Asma dalam menghadapi ujiannya agar dapat dicontoh dan ditiru oleh masyarakat.