cover
Contact Name
Novitasari, M.Pd
Contact Email
novitasari@unisla.ac.id
Phone
+6285648442919
Journal Mail Official
vygotsky@unisla.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Lamongan, Jl. Veteran No. 53A, Lamongan, Jawa Timur-Indonesia
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
ISSN : 26562286     EISSN : 26565846     DOI : 10.30736
Core Subject : Education,
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika adalah jurnal yang bertujuan untuk mengungkap fakta, masalah, dan pemecahan masalah dalam bidang pendidikan matematika dan matematika.
Articles 24 Documents
Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Statistik Nurkaeti, Nunuy; Pratiwi, Vira; Putri, Fara Diba Catur
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v2i1.182

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis menurut Skemp dikelompokkan menjadi dua yaitu kemampuan pemahaman instrumental dan relasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman mahasiswa PGSD masih kurang. Siswa yang berada pada kategori unggul sudah mampu menyelesaikan soal statistik yang mengkur kemampuan pemahaman instrumental dan relasional. Namun, dalam menyeleasikan soal yang mengkur kemampuan pemahaman relasional masih kurang efektif. Mahsiswa yang berada pada kategori papak dan asor hanya mencapai kemampaun instrumental.
Analisis Peramalan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar dan Yuan Menggunakan FTS-Markov Chain Amalutfia, Safira Yasmin; Hafiyusholeh, Moh.
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 2, No 2 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v2i2.258

Abstract

Nilai tukar rupiah terdepresiasi sebesar 70% pada tahun 1998 hingga terjadi krisis ekonomi yang disebabkan oleh menurunnya pertumbuhan ekonomi mencapai angka -13.1%. Nilai tukar akan sangat berpengaruh dalam kestabilan perekonomian suatu negara. Oleh karenanya, diperlukan suatu peramalan untuk mengetahui bagaimana keadaan nilai tukar untuk beberapa periode kedepan untuk meminimalisir terjadinya krisis ekonomi terulang kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan peramalan nilai tukar rupiah terhadap dollar dan yuan menggunakan FTS- markov chain. Hasil MAPE untuk kurs jual beli dollar dan yuan masing-masing adalah 0.53%, 0.48%, 0.42%, dan 0.41% yang membuktikan bahwa model yang terbentuk berada pada kriteria peramalan sangat baik sehingga dapat dilakukan peramalan untuk periode selanjutnya. Peramalan menggunakan FTS-markov chain menghasilkan peramalan selama 24 minggu kedepan.
PENGEMBANGAN GAME ANDROID BERBANTUAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 PADA MATERI POLA BILANGAN Miftahuddin, Untung Ali; Hobri, FNU; Murtikusuma, Randi Pratama
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 2 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v1i2.135

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses dan mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran matematika berbasis game Android berbantuan Software Construct 2 pada pola bilangan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, dengan model pengembangan Thiagarajan. Uji coba dilaksanakan pada 30 siswa kelas VIII E di SMPN 4 Jember. Hasil validasi media diperoleh nilai validitas 0,87 dengan kategori interpretasi sangat tinggi. Hasil analisis angket respon pengguna diperoleh persentase 86% termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis tes kemampuan siswa diperoleh nilai rata-rata 92,33 atau persentase 90% dengan kategori interpretasi sangat tinggi.
Scaffolding Sebagai Upaya Mengatasi Kesalahan Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Meureubo Kristanti, Dian
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v2i1.193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika serta mendeskripsikan upaya pemberian scaffolding untuk membantu mengatasi kesalahan tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dua fase, atau yang lebih dikenal dengan Explanatory Design dengan partisipan. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain: lembar validasi, lembar soal tes, dan lembar pedoman wawancara. Penelitian dilakukan terhadap 30 siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Meureubo Kabupaten Aceh Barat pada semester ganjil 2018. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan siswa pada aspek soal cerita mempunyai persentase kesalahan terbesar (81%), diikuti oleh bentuk aljabar (72%), variabel (70%), dan persamaan (45%). Setelah pemberian scaffolding, keenam siswa tersebut menjadi paham letak kesalahannya dan mampu menyelesaikan pertanyaan yang diberikan dengan tepat.
Analisis Varian Sederhana dan Uji-Scheffe dalam Penelitian Eksperimen Pengajaran Matematika Melalui Pemahaman Filsafat Matematika Susdarwono, Endro Tri
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 2, No 2 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v2i2.240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji beda pengajaran matematika dengan menggunakan pemahaman filsafat matematika terhadap nilai soal matematika yang tergolong kategori sulit. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah eksperimen. Pengujian yang digunakan dengan memakai analisis varians sederhana dan uji scheffe. Hasil penelitian eksperimen ini mengungkapkan bahwa dengan analis varians ada beda yang signifikan antara mean-mean kelompok, yaitu kelompok 1 sebagai variabel control, kelompok 2 sebagai variabel eksperimen dengan lama setengah semester pengajaran matematika dengan model filsafat matematika dan kelompok 3 sebagai variabel eksperimen dengan lama satu semester pengajaran matematika dengan model filsafat matematika serta melalui uji scheffe disimpulkan bahwa kelompok eksperimen secara signifikan bepenampilan lebih baik dibandingkan kelompok control.
Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Fitrianingrum, Fitrianingrum; Basir, Mochammad Abdul
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v2i1.177

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal aljabar. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan representasi visual siswa tergolong dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 85,08%. (2) Untuk presentase perolehan representasi simbolik sebesar 91,22% hal ini secara umum menunjukkan bahwa siswa sudah terampil membuat model matematika, memecahkan masalah dengan menggunakan ekspresi matematika. (3) Sedangkan untuk presentase representasi verbal sebesar 67,54% menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah kedalam bentuk kata-kata tergolong tinggi. Sebagian besar siswa pada saat mengerjakkan soal sudah dapat menginterpretasikan secara sistematis.
KEMAMPUAN BERNALAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA SOAL CERITA PERBANDINGAN BILANGAN BULAT Febriyanti, Rahma
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v1i1.90

Abstract

Penalaran siswa merupakan aspek penting dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui penalaran siswa kelas V sekolah dasar pada soal cerita perbandingan bilangan bulat. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V yang terdiri dari 20 siswa. Berdasarkan tes matematika dan tes penalaran, selanjutnya dipilih 2 siswa (1 laki-laki dan 1 perempuan) yang memiliki nilai setara sebagai subjek penelitian. Wawancara dilakukan berdasarkan tes penalaran soal cerita perbandingan bilangan bulat. Subjek perempuan memiliki kemampuan bernalar yang baik dengan menggunakan urutan bilangan. Sedangkan subjek laki-laki memiliki kemampuan bernalar yang cukup dengan menggunakan gambar dalam membandingkan bilangan bulat pada soal cerita. Hasil tersebut menyarankan sebaiknya guru melatih siswa untuk lebih mengeksplor penalarannya pada soal cerita.
PENGEMBANGAN GAME ANDROID BERBANTUAN SOFTWARE GAMESALAD UNTUK SISWA SMP MATERI PERBANDINGAN suci, nirmala wulan; Hobri, Hobri; Murtikusuma, Randi Pratama
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 2 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v1i2.131

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan game android untuk siswa SMP Kelas VII materi perbandingan berbasis game android berbantuan software GameSalad. Model pengembangan ini adalah model Thiagarajan dikenal model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,93 dengan kategori valid ditafsirkan sangat tinggi dengan menggunakan uji validitas, uji kepraktisan menunjukkan persentase sebesar 82,5% yang berarti kategori baik dengan penggunaan angket respon siswa, dan tes efektif menunjukkan hasil 81,5% dari 32 siswa mendapatkan nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa game android dalam materi perbandingan dapat dinyatakan sebagai valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam belajar matematika.
DIMENSI METRIK PADA GRAF BUKU GANDA Ilmayasinta, Nur
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 1, No 1 (2019): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v1i1.89

Abstract

Misalkan G graf terhubung dengan V(G) himpunan simpul v pada graf G, himpunan sisi E(G) dan S⊆V(G) dengan simpul v∈V(G), jarak antara v dan S adalah d(v,S)=min{d(v,x)│x∈S}. Untuk himpunan terurut W = {w_1,w_2,…,w_k} dari simpul-simpul dalam G dan v pada V(G), representasi dari v terhadap W adalah k-vektor, dengan r(v│W)=(d(v,w_1),d(v,w_2),…,d(v,w_k)) untuk setiap v pada V(G) berbeda, maka W disebut himpunan pembeda dari G. Kardinalitas minimum dari suatu himpunan pembeda disebut dimensi metrik dari G dinotasikan dengan dim(G). Pada penelitian ini dilakukan analisis dimensi metrik terhadap graf buku ganda (2B_n) dan graf buku ganda (2B_(n,m)). Dari analisis yang telah dilakukan diperoleh dimensi metrik graf buku ganda (2B_n) adalah 2(n-1), sedangkan dimensi metrik graf buku ganda (2B_(n,m)) adalah (n-1)+(m-1).
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Langsung dengan Animasi Berbasis Flash pada Kubus dan Balok Sari, Ria Fibriana; Budayasa, I Ketut; Lukito, Agung
Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 2, No 1 (2020): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/vj.v2i1.191

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru maka diperlukan alternatif pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu alternatif yaitu menggunakan media animasi Flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran langsung dengan media animasi berbasis Flash pada materi kubus dan balok untuk siswa SMP kelas VIII. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4-D (model Thiagarajan dkk). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Media Pembelajaran Berbasis Flash, (3) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan (4) Tes Hasil Belajar (THB). Berdasarkan hasil uji coba perangkat, diperoleh perangkat pembelajaran langsung berbasis Macromedia Flash valid menurut para validator serta memenuhi kriteria: (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran berkriteria baik, (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran baik, (3) respons siswa terhadap komponen belajar positif, (4) tes hasil belajar memenuhi kriteria valid, reliabel, dan sensitif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berkualitas baik.Kata-kata Kunci: Pembelajaran Langsung, Flash, Kubus dan Balok.   

Page 1 of 3 | Total Record : 24