cover
Contact Name
Wendi Ahmad Wahyudi
Contact Email
wendiahmadwahyudi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
wendiahmadwahyudi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Halaqah
Published by RC Institut
ISSN : -     EISSN : 26856379     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Halaqah (2685-6379) merupakan publikasi resmi komunitas literasi PAMA Aksara yang bernaung di bawah RC-INSTITUT. Edisi pertama jurnal ini diterbitkan pada tahun 2019 dalam versi online terbit empat kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media bagi para peneliti pendidikan dan para sarjana terkait untuk mempresentasikan dan mendiskusikan perkembangan terbaru penelitian dan kemajuan di lapangan pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 98 Documents
Analisis Kemampuan Siswa SMAN 2 Padang Panjang dalam Menulis Cerita Sejarah Menggunakan Metode Sugesti-Imajinasi Vainani, Suci; Aisiah, Aisiah
Jurnal Halaqah Vol 1 No 3 (2019): JURNAL HALAQAH, Publishing July 2019
Publisher : RC-INSTITUT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.666 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3365651

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang oleh minimnya latihan untuk mengasah kemampuan menulis cerita sejarah siswa SMAN 2 Padang Panjang. Permasalahannya yaitu (1) Guru kurang merealisasikan KI 4 dalam pembelajaran sejarah, (2) Guru belum menghadirkan aktivitas pembelajaran sejarah yang bervariasi dalam hal penugasan sebagai output dari materi pembelajaran, (3) keterampilan menulis cerita sejarah siswa masih rendah dan masih belum menjadi perhatian bagi Guru. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mix method research) model sequential explanatory di mana pada tahap awal menggunakan metode quasi eksperimen dilanjutkan dengan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS berjumlah 100 orang dan sampel berjumlah 33 orang yang diambil secara random (acak). Pengambilan data dilakukan dengan cara pretest dan posttest (tes menulis cerita sejarah), observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t), sedangkan analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 55,93 dan kelas kontrol 46,93. Dari skor tersebut dilakukan uji normalitas diperoleh skor signifikan. kelas eksperimen sebesar 0,934 dan kelas kontrol sebesar 0,187, dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok sampel berdistribusi normal karena derajat signifikasi > 0,005. Hasil uji homogenitas menunjukkan sampel memiliki varian yang homogen karena df3 > 0,005. Sedangkan uji t menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) yaitu 0,0002 < dari 0,005 dengan df 64. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor yang signifikan terhadap kemampuan menulis cerita sejarah oleh siswa dengan metode sugesti-imajinasi. Hasil cerita sejarah yang ditulis siswa dengan metode sugesti-imajinasi memiliki kualitas yang baik dilihat dari segi isi cerita, penyajian fakta, aspek kronologis, dan tata tulis serta tata bahasa. Metode sugesti-imajinasi efektif diterapkan dalam pembelajaran sejarah dan mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerita sejarah.
Karakteristik Soal UASBN Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 7 Padang dan SMA Pembangunan Laboratorium UNP Nilawati, Nilawati; Ofianto, Ofianto
Jurnal Halaqah Vol 1 No 3 (2019): JURNAL HALAQAH, Publishing July 2019
Publisher : RC-INSTITUT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.879 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3367772

Abstract

This study aims to get a clear picture of the characteristics of the National Standard School Final Examination subjects in the history of specialization in class XII in SMA N 7 Padang and SMA UNP Laboratory Development in the 2018/2019 school year in terms of the quality of the tests which include: validity, reliability, errors measurement (standard error of measurement / SEM), and in terms of the quality of items that include: Distinguishing Power, Difficulty Level and Effectiveness of Deception. The research approach used is quantitative research, where the data obtained in the form of numbers are then analyzed with the Item and Test Analysis (ITEMAN) program, then described descriptively. This type of research is quantitative descriptive research. The results of this study indicate that the quality of the analysis of items in SMA N 7 Padang is better, this is indicated in: (1) The validity of items is 26 items (65%) while in SMA Pembangunan the validity of valid items is 23 items (57.5% ), (2) Test reliability is 0.592 while in SMA Pembangunan is 0.448, (3) Measurement error / SEM is 2,960 while in SMA Pembangunan is 3,027 meaning the smaller the SEM number, the better the quality of the questions, (4) The different power of the questions as many as 18 items enough category (45%) while in SMA Pembangunan as many as 14 items (35%), (5) Effectiveness of deception as many as 18 items (45%) while in SMA Pembangunan as many as 16 items (40%).
Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dalam Pembelajaran Sejarah Wulandari, Prima; Yefterson, Ridho Bayu
Jurnal Halaqah Vol 1 No 3 (2019): JURNAL HALAQAH, Publishing July 2019
Publisher : RC-INSTITUT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.598 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3364066

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu: 1) proses pembelajaran sejarah yang hanya terfokus pada penjelasan guru, 2) model pembelajaran yang tidak bervariasi, 3) kurangnya minat peserta didik dalam menulis, 4) kurangnya aktivitas belajar peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan model cooperative learning tipe Think talk write (TTW) meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalm pembelajaran sejarah Indonesia di kelas XI IPS 2 SMAN 7 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model spiral Kemmis dan Traggart yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan artinya penelitian ini berlangsung selama 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 di SMAN 7 Padang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis persentase dan diberi pemaknaan dalam setiap peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah model cooperative learning tipe think talk write dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. aktivitas belajar peserta didik meningkat dari 34,48% pada observasi awal menjadi 57,73% pada siklus I dan 80,85% pada siklus ke II. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis penelitian ini berhasil dibuktikan.
Halaman Depan Wahyudi, Wendi Ahmad
Jurnal Halaqah Vol 1 No 2 (2019): JURNAL HALAQAH, Publishing April 2019
Publisher : RC-INSTITUT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.494 KB)

Abstract

A
Kualitas Persiapan (Perencanaan) Metode Pembelajaran Bermain Peran untuk Melatih Empati Sejarah Peserta Didik Oktavianti, Risma; Aisiah, Aisiah
Jurnal Halaqah Vol 1 No 3 (2019): JURNAL HALAQAH, Publishing July 2019
Publisher : RC-INSTITUT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.916 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3358181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas persiapan (perencanaan) metode pembelajaran bermain peran untuk melatih empati sejarah peserta didik pada materi “Peristiwa Bandung Lautan Api” Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi (Mixed Methods) dengan desain penelitian eksplanatoris sekuensial/Sequential Explanotory (kuantitatif-kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan kualitas persiapan (perencanaan) metode pembelajaran bermain peran untuk melatih empati sejarah peserta didik pada materi “Peristiwa Bandung Lautan Api” Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pariaman sudah tergolong “Baik”. Temuan penelitian ini menunjukkan pemahaman konteks sejarah (proses kognitif) peserta didik tergolong kategori “Baik” dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata tes soal pilihan ganda adalah 84.09. Kemampuan peserta didik memberikan perspektif sejarah (proses afektif) tergolong kategori “Baik” dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata tes soal esai adalah 85.27. Berdasarkan hasil keduanya, tes soal pilihan ganda dan soal esai diperoleh nilai rata-rata tes 84.68 berada di kategori “Baik”. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas persiapan (perencanaan) metode pembelajaran Bermain Peran pada materi “Peristiwa Bandung Lautan Api” tergolong “Baik” untuk melatih empati sejarah peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pariaman.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Windows Movie Maker dalam Pembelajaran Sejarah Hafizh, Abrar; Yefterson, Ridho Bayu
Jurnal Halaqah Vol 1 No 3 (2019): JURNAL HALAQAH, Publishing July 2019
Publisher : RC-INSTITUT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.948 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3361710

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video movie maker dalam pembelajaran sejarah supaya proses pembelajaran lebih menarik dan efisien. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah 4D terdapat 4 tahap dalam model ini, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran yang dikembangkan oleh Thiagarajan(1974). Dikarenakan keterbatasan peneliti maka penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Subjek penelitian ini yaitu kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Lebong. Sedangkan kelayakan dan kepraktikalitasan produk ini di uji oleh ahli materi pembelajran sejarah, ahli media pembelajaran sejarah, guru mata pelajaran sejarah dan peserta didik dengam menggunakan angket. Hasil uji kelayakan media pembelajaran dari segi materi pembelajaran sejarah oleh ahli materi pembelajaran sejarah adalah 3.5 dengan kategori sangat layak. Hasil kelayakan media pembelajaran dari segi media pembelajaran sejarah oleh ahli media pembelajaran sejarah adalah 3.3 dengan kategori sangat layak. Uji praktikalitas media pembelajaran oleh guru adalah sebesar 3.7 dengan kategori sangat praktis. Uji coba kepraktisan modul oleh siswa adalah sebesar 85,6% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran sejarah berbasis Video Movie Maker layak dan praktis digunakan untuk kelas X SMA.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Vegas Pro 13 dalam Pembelajaran Sejarah Rianto, Rianto; Yefterson, Ridho Bayu
Jurnal Halaqah Vol 1 No 3 (2019): JURNAL HALAQAH, Publishing July 2019
Publisher : RC-INSTITUT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.831 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3362538

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah kurangnya inovasi guru dalam menggunakan media pembelajaran secara maksimal menekankan pada aspek berpikir historis, salah satunya berpikir kronologis. Maka dari itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa yaitu media video dengan menggunakan aplikasi Vegas Pro 13 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa di kelas X SMA N 1 Padang dengan materi Sejarah Kerajaan Sriwijaya. Penulisan ini bertujuan untuk Mengetahui kelayakan dan kepraktisan penggunaan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi vegas pro 13 dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Padang Penulisan ini merupakan penulisan pengembangan (research and development) menggunakan model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebarluasan). Namun, penulisan ini hanya dilakukan sampai tahap develop (pengembangan). Subjek uji coba adalah siswa kelas X SMAN 1 Padang, sedangkan objek uji coba adalah media video dengan menggunakan aplikasi Vegas Pro 13 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk skala Likert. Berdasarkan penulisan yang telah dilakukan, dihasilkan produk Media Video Interaktif dengan menggunakan Aplikasi Vegas Pro 13. Hasil penulisan menunjukkan bahwa kelayakan dari ahli materi menyatakan media video dengan menggunakan aplikasi Vegas Pro 13 sangat layak digunakan dengan analisis data sebesar 4,35 dan 4,7 dengan kategori Sangat layak menurut ahli media. Produk penulisan juga dikategorikan sangat praktis oleh guru dan siswa dengan nilai rata-rata 4,56 dan 4,41.Dengan demikian Media Video Interaktif dengan menggunakan Aplikasi Vegas Pro yang dikembangkan dinyatakan layak dan praktis untuk digunakan dan dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa sebagai pelengkap media pembelajaran sejarah Indonesia.
Hubungan antara Status Sosial dengan Motivasi Orang Tua Memasukkan Anaknya ke Lembaga PAUD Islami, Zulhijatil; Solfema, Solfema
Jurnal Halaqah Vol 1 No 2 (2019): JURNAL HALAQAH, Publishing April 2019
Publisher : RC-INSTITUT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.547 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3355735

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi orang tua memasukkan anaknya ke lembaga PAUD di Jorong Sianggai-anggai Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: (1) status sosial, (2) motivasi orang tua, (3) hubungan antara status sosial dengan motivasi orang tua. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 25 orang tua yang mempunyai anak usia dini di Jorong Sianggai-anggai. Sampel penelitian ini di ambil 55% dari populasi yaitu 31orang dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) status sosial orang tua rendah, (2) kurangnya motivasi orang tua, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara status sosial dengan motivasi orang tua di Jorong Sianggai-anggai Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok.
Halaman Depan Wahyudi, Wendi Ahmad
Jurnal Halaqah Vol 1 No 1 (2019): JURNAL HALAQAH, Publishing January 2019
Publisher : RC-INSTITUT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.331 KB)

Abstract

A
Gambaran Motivasi Intrinsik Peserta dalam Mengikuti Diklat di BBPPKS Regional I Sumatera, Padang Yusna, Yusna; Sunarti, Vevi
Jurnal Halaqah Vol 1 No 2 (2019): JURNAL HALAQAH, Publishing April 2019
Publisher : RC-INSTITUT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.923 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3350360

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya hasil belajar belajar peserta diklat di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai peserta pre test post test peserta diklat. Peneliti menduga penyebab tingginya hasil belajar yaitu adanya motivasi intrinsik dari peserta diklat itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat gambaran motivasi intrinsik peserta dalam mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) di BBPPKS Padang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu semua peserta diklat Managemen Kessos bagi Pengelola LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) Swasta sebanyak 30 peserta diklat. Teknik pengambilan sampel yang dipakai teknik sensus karena jumlah populasi tidak sampai 100, jadi semua populasi dijadikan responden sebanyak 30 orang yang merupakan utusan dari berbagai lembaga. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Untuk alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan motivasi intrinsik peserta ketika mengikuti diklat BBPPKS di Padang adalah: (a) motivasi intrinsik peserta diklat di BBPPKS Padang yang dilihat dari minat cukup tinggi (b) motivasi intrinsik peserta diklat di BBPPKS Padang yang dilihat dari hasrat untuk belajar cukup tinggi (c) motivasi intrinsik peserta diklat di BBPPKS Padang yang dilihat dari cita-cita dikatakan tinggi (d) motivasi intrinsik peserta diklat di BBPPKS Padang yang dilihat dari tujuan yang diakui dikatakan tinggi. Dapat dilihat dari sebagian besar peserta memberikan peryataan selalu. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan lembaga untuk dapat tetap memperhatikan kebutuhan peserta diklat agar peserta lebih termotivasi untuk mengikuti proses diklat.

Page 1 of 10 | Total Record : 98