cover
Contact Name
Albet Maydiantoro
Contact Email
albet.maydiantoro@fkip.unila.ac.id
Phone
+6285269827071
Journal Mail Official
e3jurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedung Meneng, Bandar Lampung 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Economic Education and Entrepreneurship Journal
Published by Universitas Lampung
ISSN : 25795902     EISSN : -     DOI : -
Economic Education and Entrepreneurship Journal atau Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan ISSN 2579-5902(p) adalah wadah informasi dan publikasi penelitian atau gagasan peneliti, dosen, guru, praktisi pendidikan, pengambil kebijakan, pemerhati pendidikan dan mahasiswa di bidang pendidikan, pendidikan ekonomi, pendidikan akuntansi, kewirausahaan, dan inovasi penelitian di bidang pendidikan ekonomi seperti pengembangan media, blended learning, dan mobile learning.
Articles 15 Documents
Efektivitas Model Moral Reasoning Dan Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Memperhatikan EQ Peronika, Hijah; Purnomo, Edy; Maydiantoro, Albet
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 1, No 1 (2018): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Moral Reasoning dan simulasi untuk meningkatkan keterampilan sosial memperhatikan kecerdasan emosional (EQ). Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian menggunakan treatment by level. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 11 kelas dengan jumlah 359 siswa dan sampel yang digunakan 2 kelas dengan jumlah 59 siswa yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan angket. Analisis data menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan keterampilan sosial dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Moral Reasoning dan model Simulasi dengan memperhatikan kecerdasan emosional (EQ)Kata kunci: EQ, Keterampilan Sosial, Moral Reasoning, Simulas
MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI TEKNOLOGI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DI ERA INDUSTRI 4.0 Jaenudin, Ahmad; Suroto, Suroto; Astuti, Dwi Puji
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 2, No 2 (2019): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKMenumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa dianggap suatu hal yang sangat penting. Mahasiswa diharapkan dapat memiliki keterampilan, sikap percaya diri, berani menghadapi resiko dan berkualitas serta siap menghadapi perubahan seperti era industry 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa melalui pemanfaatan teknologi digital pada pembelajaran kewirausahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah paired  sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung 5.209 ttabel 2.010, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian,  dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat berwirausaha mahasiswa sesudah pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran kewirausahaan. Dengan demikian pembelajaran kewirausahaan melalui pemanfaatan teknologi digital mampu untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa.Kata kunci: era industry 4.0, minat berwirausaha, teknologi digital ABSTRACTFostering student entrepreneurial interest is considered a very important thing. Students are expected to have skills, self-confidence, dare to face risks and quality and are ready to face changes like the era of industry 4.0. This study aims to foster interest in student entrepreneurship through the use of digital technology in entrepreneurship learning. This research is a type of experimental research using quantitative methods. The data analysis technique used in this study was paired sample t-test. The results showed the value of tcount 5.209 t table 2.010, so that Ho was rejected and Ha was accepted. Thus, it can be concluded that there are differences in student interest in entrepreneurship after the use of digital technology in entrepreneurship learning. Thus entrepreneurship learning through the use of digital technology is able to increase student entrepreneurial interest.Keywords: industry era 4.0, entrepreneurial interest, digital technology
Studi Penelusuran (Tracer Study ) Alumni Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Maydiantoro, Albet
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 1, No 2 (2018): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study was aimed at identifyingthe profiles of the Economics Education Study Program graduates, which was conducted in 2018. The graduates'profiles include GPA, graduates' graduate employment rate, alumni outcomes,types of jobs, information on getting a job, and the amount of income. This study was quantitative-descriptive in nature, which adopted a cross sectional method. The population of this study wasthe alumni of 2016 Economics Education Study Program graduates with a total of 99 alumni. The sample was taken using total sampling technique with a totalsample of 98 alumni. The data were collected through questionnaire and interview methods. The results showed that on average they have a Grade Point Average (GPA) of 3.49 (male)and 3.51 (female). In addition, 76% of them have been employed and 24% of them are unemployed, looking for work, and continuing their studies. Looking at the alumni outcomes, their waiting period of getting their first job was 1.02% ( 6 months before graduation), 3.06% (3 to 6 months before graduation), 36.73% ( 3 monthsbefore graduation), 32.65% ( 3 months after graduation), 15.31% (3 to 6 months after graduation), and11.22% 6 months after graduation).It can be broken down into more  specific characteristics based on the types of company they work. 39% of the alumni work in Government Institution or state-owned enterprises, 4% work in non-profit organizations/non- governmental organizations, 55% work in private companies and 2% are entrepreneurs.The sources where the alumni got the job vacancies or information from include internet/online advertising/mailing lists (31.63%), personal relationse.g. lecturers, parents, siblings, friends etc. (19.39%), advertisements in newspapers/magazines and brochures (18.37%), walk-in application to companies/institutions without knowing if the vacancies were available or not (18.37%), job fair (5.1%), personal network since they were in college (4.08%), and the center/office of the faculty/university career development (1.02%). Most alumni work in the fields of education services (49%), followed by financial and insurance services (12.24%), and the rest workas other occupations. Viewed from the alumni income per month, 63.26% of them have an income of IDR 2,500,000, 25.51% of them fall into the category of IDR 2,500,000 - IDR 5,000,000,and 3.06% of them fall into the category of IDR 5,000,000 - IDR. 7,500,000.Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi dan kajian profil  lulusan  Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lampung tahun 2018. Profil lulusan yang meliputi nilai IPK, daya serap lulusan di dunia kerja, waktu tunggu mendapatkan pekerjaan jenis pekerjaan alumni, informasi mendapatkan pekerjaan, besaran penghasilan lulusan saat mendapatkan pekerjaan pertama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah alumni Prodi Pendidikan Ekonomi lulusan tahun 2016 yang berjumlah 99 alumni. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dan diperoleh sampel 98 alumni. Teknik pengumpulan menggunakan metode angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara rata-rata memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan rincian IPK untuk jenis kelamin pria (3.49) sedangkan jenis kelamin wanita (3.51), Sebanyak 76% Alumni sudah terserap bekerja dan 24% alumni tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan dan Melanjutkan Studi, Waktu tunggu mendapat pekerjaan pertama yaitu dalam waktu 6 bulan sebelum wisuda sebanyak 1,02%, 3 sampai 6 bulan sebelum wisuda sebanyak 3,06%, 3 bulan sebelumwisuda sebanyak 36,73%, 3 bulan setelah wisuda sebanyak 32,65%, 3 sampai 6 bulan setelah wisuda sebanyak 15,31% dan 6 bulan setelah wisuda sebanyak 11,22%, dari yang sudah bekerja dapat dijabarkan kembali berdasarkan karakteristik jenis perusahaan tempat bekerja yaitu 39% alumni  bekerja  di  Instansi  Pemerintah  atau  BUMN,  4%  alumni bekerja di Organisasi non-profit/ Lembaga Swadaya Masyarakat, 55% alumni bekerja di Perusahaan Swasta dan 2% berwirausaha, Jalur mendapatkan pekerjaan a l u m n i yaitu sebanyak 31 orang atau 31,63% melalui internet/iklan online/milis, 19 orang atau 19,39% melalui relasi (misalnya dosen, orang tua, saudara, teman dll), 18 orang atau 18,37% melalui iklan di koran/ majalah dan brosur, 18 orang atau 18,37% melamar ke perusahaan/instansi tanpa mengetahui lowongan yang ada, 5 orang atau 5,1 % pergi ke bursa/ pameran kerja, 4 orang atau 4,08% membangun jejaring (network) sejak masih kuliah, dan 1 orang atau 1,02% memeroleh informasi dari pusat/kantor pengembangan karier fakultas / universitas. Sebagian besar alumni bekerja pada jasa pendidikan sebanyak 50 orang atau 49% disusul pada bidang jasa keuangan dan asuransi sebanyak 12 orang atau 12,24% dan sisanya tersebar pada bidang pekerjaan lain. Penghasilan alumni per bulan dari pekerjaan berada pada kisaran Rp2.500.000 sebanyak 62 orang atau 63,26 %. Sedangkan pendapatan Rp2.500.000– Rp5.000.000 sebanyak 25 orang atau 25,51%, dan pendapatan Rp. 5.000.000 – Rp. 7.500.000 sebanyak 3 orang atau 3,06%.Kata Kunci: Alumni, Tracer Study, Universitas Lampung
Penerapan Business Model Canvas Sebegai Alternatif Strategi Bisnis Pada UMKM Home Industri Kerajinan Gerabah Erri Art Hidayat, M. Taufan; Aprilani, Deddy
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 1, No 1 (2018): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu strategi bisnis yang tepat kepada UMKM Home Industri Kerajinan Gerabah Erri Art berdasarkan Business Model Canvas. Tipe penelitian menggunakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pemilihan informan dengan menggunakan snowball sampling. Informan dari penelitian ini adalah pemilik, karyawan, dan konsumen UMKM Erri Art. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Hasil dari penelitian identifikasi Business Model canvas ini dapat memberikan pilihan pengembangan strategi bisnis yang tepat untuk UMKM Erri Art dimasing-masing elemen. Elemen customer segment perusahaan fokus pada semua kalangan dari berbagai lapisan sosial masyarakat. Elemen value proposition difokuskan pada pengurangan risiko, pelayanan, serta memaksimalkan peranan sebagai produk unggulan. Elemen channel memerlukan peningkatan promosi melalui media online. Elemen customer relationships perusahaan diperlukan kecakapan karyawan dalam melayani konsumen. Elemen revenue streams perusahaan memiliki keunggulan dari sektor jasa sebagai tempat edukasi wisata. Elemen key resources perusahaan terdiri dari sumber daya fisik, sumber daya intelektual, sumber daya manusia, dan sumber daya finansial. Elemen key activies terletak pada proses produksi dan kegiatan jasa wisata edukasi. Elemen key partnerships perusahaan diarahkan untuk lebih memaksimalkan peranya sebagai mitra binaan DEKRANASDA untuk kemajuan perusahaan. Sedangkan elemen terahir yakni cost structure dari UMKM Erri Art terdiri dari biaya tetap, dan biaya variabel. Strategi yang tepat untuk UMKM Erri Art adalah strategi WO (Weakness-Opportunities) dimana kelemahan internal diperbaiki untuk memaksimalkan peluang yang ada.Kata kunci: Business Model Canvas, Pengembangan, Strategi, UMKM Erri
KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHASISWA: ANALISIS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI Suroto, Suroto; Rizal, Yon; Rahmawati, Rahmawati; Hestiningtyas, Widya
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 2, No 2 (2019): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Mahasiswa saat ini yang biasa disebut dengan “digital native” merupakan individu yang tidak mungkin dilepaskan dari teknologi komunikasi. Pembelajaran dengan tidak memperhatikan perkembangan peserta didik dapat menyebabkan mismatch antara tujuan dan hasil yang dicapai. Media pembelajaran merupakan salah satu kunci sukses dalam pembelajaran. Agar pembelajaran berjalan efektif dan mendapatkan hasil yang maksimal dibutuhkan media pembelajaran yang baik dan sesuai dengan karakteristik materi, lingkungan dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahui kebutuhan media pembelajaran digital mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif verifikatif dengan metode penelitian expost facto dan survey. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa mahasiswa pendidikan ekonomi sangat membutuhkan media pembelajaran digital. Kata kunci: Mahasiswa, Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Digital ABSTRACTToday's students who are commonly referred to as "digital native" are individuals who cannot be separated from communication technology. Learning by not paying attention to the development of students can cause a mismatch between the objectives and the results obtained. Learning media is one of the keys to success in learning. In order for learning to run effectively and obtain maximum results, learning media that are appropriate and in accordance with the material, environment and students are needed. This research studies the digital learning media needs of students of the Lampung University Economic Education Study Program. The research conducted is a descriptive verification research with ex post facto research methods and surveys. The results of this study reveal that education education really needs digital learning media.  Keywords: Students, Learning Media, Digital Learning Media  
PENGARUH ATRIBUT PRODUK, HARGA, WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE Ihsan, Muhammad; Rizal, Yon; Maydiantoro, Albet
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 1, No 2 (2018): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Research aims to understand the influence of attribute products , prices and word of mouth communication of the decision the purchase of products smartphone vivo.Methods used is the method descriptive verifikatif with the approach ex post facto capital .Population is student PIPS the 2015-2017, FKIPUniversity  Lampung.Technique the sample collection use non probability of sampling with the methods accidental sampling.The sample of the used 60 respondents.The results of the study showed that there was some influence simultaneously attribute products, prices and word of mouth communication of the decision the purchase smartphone vivo on student P. IPSFKIPUniversity Lampung. Based on the analysis of obtained fhitung 77,249 ftabel 2,77 this demonstrates with multiple linear regression coefficient of determination ( r2 ) 0,805 which means the purchase decision influenced by product attributes, prices and word of mouth communication as much as 80,5 % and 19.5 % influenced by other factors . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk, harga dan word of mouth communication terhadap keputusan pembelian produk smartphone vivo. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi adalah mahasiswa jurusan PIPS angkatan 2015-2017, FKIP Universitas Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling denganmetode accidental sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 60 responden.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh secara simultan atribut produk, harga dan word of mouth communication terhadap keputusan pembelian smartphone vivo pada mahasiswa jurusan P. IPS FKIP Universitas Lampung. Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung 77,249 Ftabel 2,77 yang  ditunjukan  dengan regresi linier multiple dengan koefisien determinasi (r2) 0,805 yang berarti keputusan pembelian dipengaruhi oleh atribut produk, harga dan word of mouth communication sebesar 80,5 % dan 19,5 % dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: keputusan pembelian, atribut produk, harga, word of mouth communication
Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi SMA Negeri Di Kabupaten Pringsewu Maydiantoro, Albet
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 1, No 1 (2018): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Guru Ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Pringsewu dalam mempersiapkan pembelajaran ekonomi, (2) Mengetahui Guru Ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Pringsewu dalam melaksanakan pembelajaran ekonomi, dan Mengetahui Guru Ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Pringsewu dalam mengevaluasi pembelajaran ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru ekonomi SMA N di Kabupaten Pringsewu yaitu sebanyak 30 guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Kompetensi pedagogik guru dalam merancang pembelajaran pada SMA Negeri di Kabupaten Pringsewu berada dalam katergori baik. Terbukti yang memiliki kategori sangat baik sebanyak 5 orang atau 16,66 %, kategori baik sebanyak 20 orang atau 66,66 %, kategori cukup baik sebanyak 5 Orang atau 16,66 %. Kompetensi pedagogik dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMA Negeri di Kabupaten Pringsewu berada dalam katergori baik. Terbukti yang memiliki kategori sangat baik sebanyak 2 orang atau 6,67 %, kategori baik sebanyak 19 orang atau 63,33 %, kategori cukup baik sebanyak 8 Orang atau 26,67 %, dan kategori kurang baik sebanyak 1 orang atau 3,33 %. Kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa di SMA Negeri di Kabupaten Pringsewu berada dalam kategori baik. Terbukti yang memiliki kategori sangat baik sebanyak 5 orang atau 16,67 %, kategori baik sebanyak 17 orang atau 56,67 %, kategori cukup baik sebanyak 6 Orang atau 20 %, dan kategori kurang baik sebanyak 2 orang atau 6,67 %.Kata kunci: Guru Ekonomi, Kompetensi Pedagogik, Kabupaten Pringsewu
PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG PERBANKAN SYARIAH, LOKASI STRATEGIS DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH Putri, Rosydalina
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 2, No 2 (2019): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKEksistensi perbankan syariah di Indonesia merupakan bagian dari perjuangan umat islam. Perjuangan ini terus diikuti dengan dukungan regulasi dan kebijakan pemerintah berupa dual banking system dan saat ini mengeluarkan payung hukum yang mandiri berupa Undang-undang No. 21 tahun 2008 tentang perbankan syariah sehingga bank-bank syariah tumbuh subur di Indonesia baik dalam bentuk Bank Umum Syariah maupun cabang dan Unit Usaha Syariah. Perbankan sebagai lembaga keuangan utama dalam sistem keuangan dewasa ini tidak hanya berperan sebagai lembaga perantara keuangan (financial intermediary), namun juga sebagai industri penyedia jasa keuangan (financial insudtry) dan instrument kebijakan moneter yang utama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sifat asosiatif. Sumber data pada penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden yang diambil dengan teknik Nonprobability sampling dengan cara purpossive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji t dan uji F), kemudian pengolahan datanya menggunakan aplikasi SPSS 16 for Windows. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan tentang perbankan syariah lokasi strategis, word of mouth sangat berpengaruh terhadap keputusan menabung di bank syariah.Kata kunci: Pengetahuan Perbankan Syariah, Lokasi, Word Of Mouth. ABSTRACTThe existence of Islamic banking in Indonesia is part of the struggle of Muslims. This struggle continues to be followed by the support of government regulations and policies in the form of a dual banking system and is currently issuing an independent legal umbrella in the form of Law No. 21 of 2008 concerning Islamic banking so that Islamic banks flourish in Indonesia both in the form of Sharia Commercial Banks and branches and Sharia Business Units. Banking as a major financial institution in the financial system today not only acts as a financial intermediary institution, but also as a financial service provider (financial insudtry) industry and a major monetary policy instrument. This type of research is quantitative research with associative nature. Sources of data in this study came from primary data and secondary data. The sample in this study were 96 respondents who were taken with the Nonprobability sampling technique by purposive sampling. Data collection techniques using a questionnaire. Methods of data analysis using multiple linear regression, classic assumption tests, hypothesis testing (t test and F test), then processing the data using the SPSS 16 application for Windows. This research shows that knowledge about strategic location of sharia banking, word of mouth is very influential on savings decisions in sharia banks.Keywords: Knowledge of Islamic Banking, Location, Word of Mouth.
PENGARUH BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH Persada, Bakti; Pujiati, Pujiati; Nurdin, Nurdin
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 1, No 2 (2018): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Education is one major element in life. Good education will make someone have a good investment for the future. This research aims to determine the effect of education costs towards students’ decision to choose a school. The research method used in this research is descriptive verification method with ex post facto and survey approach. This population in this research is all students first grade in VHS 8 Bandar Lampung which amounted to 390 students and a sample of 197 respondents. Data collection was done by using quistionnaire. The results showed that there is a significant effect of educational costs towards students’ decision to choose a school. Pendidikan merupakan suatu hal yang dijadikan prioritas terpenting di dalam aspek kehidupan. Pendidikan yang baik akan menjadikan seseorang memiliki modal investasi untuk masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya pendidikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey.Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMK Negeri 8 Bandar Lampung dengan jumlah sebanyak 390 siswa dan sampel sebanyak 197 siswa.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh biaya pendidikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah.Kata kunci: Biaya Pendidikan, Keputusan Siswa.
JIGSAW II LEARNING MODEL IN IMPROVING LEARNING ACTIVITIES Putri, Rahmah Dianti
Economic Education and Entrepreneurship Journal Vol 1, No 2 (2018): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)
Publisher : FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims at improving students’ learning activity of Economics Education study program FKIP University of Lampung. The researcher used learning model Jigsaw II  to attain the aim of this research where by using cooperative technique learning model in Jigsaw, students could study in a small group consists of 4-6 members heterogeneous and work interdependence together positively to deliver the learning material to the other group. Jigsaw is desinged to escalate students’ responsibility in mastering the learning material for himself and other members in the group. This classroom action research used a learning model by Kemmis and Mc Taggart. The learning model proposed by Stephen Kemmis and Robert Mc Taggart is close to the other learning model by Kurt Lewin since in the model proposed by Stephen Kemmis and Robin Mc Taggart model, there are four aspects in oe cycle which are the same as the model proposed by Kurt Lewin so that the change cannot be seen clearly. The result showed the improvement of students’ learning activity by using Jigsaw II.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lampung. Untuk tujuan tersebut penulis menggunakan model pembelajaran Jigsaw II, dimana model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif dengan siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang secara heterogen dan bekerja sama saling ketergantungan yang positif dan bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari dan  menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Jigsaw didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap penguasaan materi untuk dirinya sendiri dan juga anggota kelompoknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model PTK yang digunakan pada penelitian yaitu model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Model yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart tampak masih begitu dekat dengan model yang diperkenalkan oleh Kurt Lewin. Dikatakan demikian, oleh karena di dalam satu siklus atau putaran terdiri dari empat komponen seperti halnya yang dilaksanakn Kurt Lewin sehingga belum tampak adanya perubahan. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan model Jigsaw II.Kata Kunci: Model Pembelajaran, Aktivitas Belajar, Mahasiswa

Page 1 of 2 | Total Record : 15