cover
Contact Name
Pin Arya Pinandita
Contact Email
sosiohumanitas@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sosiohumanitas@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Sosiohumanitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora
ISSN : 14109263     EISSN : 26546205     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Sosiohumanitas Journal aims to provide scientific information on the results of research, which is focused on the professional practice of education, development of children education and case studies. It's key mission is to keep professionals, students, and researchers informed about recent issues in education. Sosiohumanitas Journal is issued twice in every volume on March and August.
Arjuna Subject : -
Articles 102 Documents
Peran Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Kepedulian Sosial Mahasiswa Harry Anwar, R. Anggoro Rahardjo
SOSIOHUMANITAS Vol 20 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.745 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v20i1.45

Abstract

Perguruan tinggi merasa perlu memperbaiki sistem pe ndidikan dengan memasukkan kegiatan pendidikan karakter, terutama k arakter peduli sosial dalam pelaksanaan kegiatan bidang pengabdian masyarakat y ang mengajarkan kebiasaan cara berpikir dan berperilaku sehingga mereka mampu hidu p dan bekerjasama dengan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, serta memb antu mereka dalam membuat keputusan yang tepat. Tujuan dilakukannya penelitia n ini yaitu: 1) untuk mengetahui pengembangan kepedulian sosial melalui pendidikan k arakter pada Bidang Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Langlang buana, dan 2) untuk menemukan upaya pengembangan kepedulian sosial di Universitas Langlangbuana Bandung. Metode penelitian yang digunakan termasuk pada pene litian kualitatif, dengan desain deskriptif analitis dan pendekatan fenomenol ogi. Informan penelitian ini adalah ketua lembaga pengabdian pengabdian masyarakat, uns ur-unsur pendukung pendidikan, BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), dan DPM (Dewan Per wakilan Mahasiswa). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara menda lam, observasi, dokumentasi. Observasi tak berstruktur yang berkembang selama pe nelitian berupa field note. Hasil penelitian ditemukan bahwa pengembangan keped ulian sosial melalui pendidikan karakter pada Bidang Pengabdian Masyarak at yang dilakukan oleh Universitas Langlangbuana melalui kegiatan kemahasi swaan dengan menggunakan cara pembiasaan dan keteladanan. Cara pembiasaan dilaksa nakan dengan menciptakan budaya peduli di lingkungan Universitas Langlangbuana deng an selalu mendorong mahasiswanya untuk terlibat aktif dalam setiap kegi atan bidang pemberdayaan masyarakat yang diselenggarakan universitas. Peran dosen sebagai teladan bagi mahasiswa, maka oleh Universitas Langlangbuana mene mpatkan dosen yang memiliki karakter sebagai tenaga pelaksana dalam membimbing, menuntun dan mengawasi setiap kegiatan yang dilakukan. Upaya pengembangan kepedul ian sosial di Universitas Langlangbuana Bandung dilakukan dengan: 1) Menentuk an dosen yang berkarakter, 2) Universitas mendukung penuh setiap kegiatan berkait an dengan bidang pengabdian masyarakat, baik dalam pembiayaan maupun pengadaan sarana dan prasarana pendukung, 3) Peningkatan kerjasama dengan instansi -instansi terkait dengan kegiatan di bidang pengabdian masyarakat, dan 4) Lembaga, insti tusi, dosen dan mahasiswa
Pengaruh Penjadwalan Produksi dan Tata Letak Terhadap Kelancaran Proses Produksi di PT. Sinar Mulia Megah Abadi Aji, Nurjaman; Haryadi, Dudi
SOSIOHUMANITAS Vol 20 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.875 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v20i1.46

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang penjadwalan produksi dan tataletak terhadap kelanca ran proses produksi sehingga dapat dilihat pengaruh penjadwalan produksi dan tata leta k terhadap kelancaran proses produksi di PT. Sinar Mulia Megah Abadi. Metode yang digunak an dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Variabel bebas adalah penjadwalan produksi dan tata letak sedangkan variabel terikat adalah ke lancaran proses produksi. Teknik pengumpulan data menggunakan data sampel perusahaan dari tahun 2014 sampai tahun 2016, wawancara dan studi kepustakaan. Metode anali sis menggunakan analisis jalur ( Path Analysis ), analisis korelasi, Uji f, danUji t. Dengan mengg unakan program SPSS Versi 21. Hasil analisis jalur menyimpulkan bahwa p enjadwalan produksi dan tata letak berpengaruh terhadap kelancaran proses produksi. Be sarnya pengaruh penjadwalan produksi dan tata letak terhadap kelancaran proses produksi secara simultan adalah penjadwalan produksi dan tataletak berpengaruh seca ra signifikan terhadap kelancaran proses produksi.
Pengelolaan Yayasan Menurut Undang-Undang No. 28 Tahun 2004 Tentang Yayasan Somali, Soni Gunawan
SOSIOHUMANITAS Vol 20 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.431 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v20i1.47

Abstract

Yayasan adalah badan hukum yang terdiri atas kekaya an yang dipisahkan dan diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu di bid ang sosial, keagamaan dan kemanusiaan yang tidak mempunyai anggota. Yayasan d ikelola oleh organ Yayasan, yaitu Pembina, Pengawas dan Pengurus. Yayasan dipandang sebagai bentuk ideal untuk mewuju dkan keinginan masyarakat dan keberadaannya dirasakan membawa manfaat positif pada bidang sosial kemanusiaan.
Kompensasi dan Komunikasi Kerja Berpengaruh Terhadap Kepuasan Kerja Budiana, Deni
SOSIOHUMANITAS Vol 20 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.809 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v20i1.48

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kompensasi, komunikasi kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Adapun objek p enelitian yang dipilih dalam studi kasus ini adalah Staf Kolektor PT BPR Karyajatnika Sadaya Wilayah Bandung Raya. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 412 responden. Pengumpulan data penelitian menggunakan Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dan Penelitian Lapangan ( Field Research ). Metode Analisa Data yang digunakan Desktiftip da n Verifikatif. Analisa Data yang dipakai adalah Analisa Jalur ( Path Analysis ) sebesar 0,635 atau sebesar 63,5% dimana nilai tersebut diperoleh dari penjumlahan pa rsial masing-masing variabel (0,413 + 0,222). Jadi dalam penelitian ini 63,5% kepuasan ke rja karyawan dipengaruhi oleh kompensasi dan komunukasi kerja.
Penerapan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT) Untuk Menganalisis Minat Pengguna Smartphone Di Kota Bandung Shara, Puteri Vania; Widodo, Teguh
SOSIOHUMANITAS Vol 20 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.983 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v20i1.49

Abstract

Penelitian ini menggunakan model UTAUT yang bertuju an untuk mengetahui pengaruh variabel perfomance expectancy, effort expectancy, dan social influence terhadap variabel attitude toward using smartphone dan variabel perfomance expectancy , facilitating condition , serta attitude toward using smartphone terhadap variabel acceptance to use smartphone. Penelitian ini dilakukan pada penguna smartphone di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan model persamaan struktur al (SEM) serta menggunakan skala ordinal dengan 20 butir pertanyaan. Variabel perfomance expectancy signifikan terhadap acceptance to use , lalu effort expectancy, social influence significant terhadap attitude toward using smartphone serta attitude toward using smartphone terhadap terhadap acceptance to use. Adapun variabel yang tidak saling berpengaruh yaitu perfomance expectancy terhadap Attitude toward using smartphone dan facilitating condition terhadap acceptance to use smartphone . Penelitian ini diharapkan dapat membantu perusaha an produsen smartphone untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempe ngaruhi minat pengguna smartphone
Analisis Perbandingan Profitabilitas Sebelum dan Sesudah Menggunakan Teknologi Informasi Sukmono, Chiesa Utomo; Hendratno, ,
SOSIOHUMANITAS Vol 20 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.921 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v20i1.50

Abstract

Kemajuan teknologi mendorong segala sektor bisnis d i Indonesia untuk terus berinovasi salah satunya adalah sektor bisnis ritel. Munculnya bisnis–bisnis ritel baru ( startup ) yang berbasiskan teknologi informasi dapat menjadi suatu ancaman bagi perusahaan ritel konvensional seperti PT. Mitra Adiperkasa, Tbk atau yang biasa disebut dengan disruption. Hal tersebut menjadi dorongan bagi perusahaan untuk mengembangkan sektor bisnisnya. Teknologi informasi yang digunakan perus ahaan adalah e-commerce. Perusahaan meluncurkan situs penjualan online bernama MAP EMALL pada awal tahun 2016 dan pada pertengahan tahun yang sama perusahaa n sudah mendapatkan manfaat positif yaitu terjadinya peningkatan laba. Peneliti an ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan perbedaan profitabilitas yang d itimbulkan oleh penerapan teknologi informasi. Berdasarkan peningkatan laba, penelitian ini dikaitkan dengan rasio profitabilitas perusahaan yang diantara nya adalah NPM, ROI, dan ROE. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah laporan keuang an dari tahun 2014 hingga tahun 2017. Periode Maret 2016 ditetapkan sebagai periode pisah batas karena pada periode tersebut perusahaan mulai menerapkan teknologi info rmasi. Pengujian data yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji hipotesis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan profitabilita s setelah penerapan teknologi informasi dilihat dari ketiga aspek yaitu NPM, ROI, dan ROE. Perusahaan mendapatkan manfaat positif dari penerapan teknologi informasi. Tetapi, dilihat dari hasil uji beda perbedaan profitabilitas sebelum dan sesudah penera pan teknologi informasi dinilai kurang signifikan.
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Proses Keputusan Pembelian pada Infinito Culinary Bandung Faizah, Firdha; Saputri, Marheni Eka
SOSIOHUMANITAS Vol 20 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.986 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v20i1.51

Abstract

Wisata kuliner menjadi industri kreatif favorit unt uk menarik wisatawan Bandung. Salah satu wisata kuliner di Kota Bandung adalah Infinito Culinary yang mulanya berlokasi di Jl. Cibunut Utara No.16 berpindah ke Jl. H. Wasid N o.11 pada tahun 2017. Setelah berpindahnya lokasi, pendapatan yang diperoleh meng alami peningkatan yang sangat signifikan. Serta berbagai strategi pemasaran yang terbilang sangat unik diantaranya adalah produk, harga, lokasi, promosi, proses, oran g, dan bukti fisik di Infinito Culinary. Semua itu terangkai dalam strategi bauran pemasaran sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bauran pemasaran terhadap proses keputusan pembelian pada Infinito Culinary. Penelitian ini me nggunakan metode penelitian deskriptif hubungan kausal. Pengambilan sampel meng gunakan metode non-probability sampling jenis incidental sampling , dengan jumlah responden 100 orang. Teknik analisi s data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simult an, bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian pada Infinito Culinary dengan hasil F hitung > F tabel (27,030 > 3,94 ) dan tingkat signifikasinya 0,000 < 0,005. Berdasarkan koefisien determinasi dapat menjelaskan bauran pemasaran sebe sar 21,6% dan sisanya sebesar 78,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tida k diteliti dalam penelitian ini seperti faktor kualitas layanan, kualitas produk, dan word of mouth. Kesimpulan penelitian ini, bauran pemasaran dan proses keputusan pembelian pad a Infinito Culinary termasuk kategori baik.
Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Arifah, Fildzah Qisthina; Saputri, Marheni Eka
SOSIOHUMANITAS Vol 20 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.318 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v20i1.52

Abstract

Salah satu strategi visual Miniso adalah “ Golden Display ” yaitu tampilan pintu masuk (tiga rak teratas Miniso). Selain memperhatikan tam pilan visual, Miniso juga berusaha memahami perilaku konsumen dan salah satu perilaku konsumen yang sering terjadi pada gerai ritel adalah impulse buying , dimana sebanyak 60% pelanggan Miniso Kota Bandung merupakan impulse buyer . Maka dilakukan penelitian mengenai pengaruh visual merchandising terhadap impulse buying pada konsumen Miniso Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan men ganalisis visual merchandising di Miniso Kota Bandung, impulse buying di Miniso Kota Bandung, pengaruh visual merchandising terhadap impulse buying di Miniso Kota Bandung secara parsial, dan pengaruh visual merchandising terhadap impulse buying di Miniso Kota Bandung secara simultan . Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang dilakuka n, diketahui visual merchandising dan impulse buying toko Miniso Kota Bandung berada pada kategori baik . Hasil penelitian parsial yang telah dilakukan, vari abel visual merchandising (window display) memiliki hubungan signifikan terhadap impulse buying . Sedangkan variabel visual merchandising (in-store form, floor merchandising, dan promotional signage) memiliki hubungan yang tidak signifikan terhadap impulse buying . Variabel visual merchandising (window display in-store form, floor merchandising, dan promotional signage) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signif ikan terhadap impulse buying , dengan persentase pengaruh sebesar 19% sedangkan sisanya 81% dipengaruhi oleh variabel lain seperti pelayanan yang ramah, ka ryawan yang cepat tanggap, produk- produk yang kualitasnya dijamin baik dengan harga y ang terjangkau dan lain sebagainya.
Analisis Faktor-Faktor Employee Engagement Tenaga Keperawatan dan Penunjang Medik di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung Suryaningrum, Aisyah Geovani; Silvianita, Anita
SOSIOHUMANITAS Vol 20 No 1: Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.26 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v20i1.53

Abstract

Employee engagement merupakan wujud loyalitas karyawan terhadap perusa haan. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Muhammadiya h Bandung. Terdapat indikasi bahwa adanya tingkat employee engagement yang tinggi pada tenaga keperawatan dan penunjang medik. Penelitian ini bertujuan untuk men getahui faktor-faktor pembentuk employee engagement tenaga keperawatan dan penunjang medik di Rumah Sa kit Muhammadiyah Bandung. Faktor-faktor employee engagement pada penelitian ini menggunakan teori Anitha (2014) yang terbagi atas t ujuh faktor yang terdiri dari lingkungan kerja, kepemimpinan, hubungan tim dan re kan kerja, pelatihan dan pengembangan karir, kompensasi, kebijakan organisas i, dan kesejahteraan di tempat kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuant itatif bersifat deskriptif. Responden penelitian berjumlah 80 karyawan keperawatan dan pe nunjang medik Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung dengan pengambilan sampel meng gunakan teknik Simple Random Sampling dan teknik analisisnya menggunakan metode analisis faktor dengan bantuan SPSS Versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat employee engagement tenaga keperawatan dan penunjang medik dalam kateg ori tinggi. Variabel pendorong dari tingginya tingkat employee engagement tenaga keperawatan dan penunjang medik di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung adalah pelatihan dan pengembangan karir. Penelitian ini menghasilkan dua faktor baru yaitu Faktor Supportive Leadership dengan variabel kontribusi terbesarnya adalah kese jahteraan di tempat kerja dan Faktor Organizational Policies dengan variabel kontribusi terbesarnya adalah variabel hubungan tim dan rekan kerja.
Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Yang Berlatarbelakang Siswa SMK pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Gunawan, Iwan; Retnaningrum, Elly
SOSIOHUMANITAS Vol 18 No 1: Maret 2016
Publisher : SOSIOHUMANITAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.677 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor - faktor yang menyebabkan &nbsp;kesulitan belajar &nbsp;materi kuliah Kapita Selekta Matematika pada mahasiswa yang &nbsp;berlatar belakang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini &nbsp;menggunakan metoda analisis deskriptif dengan subjek sebanyak 6 mahasiswa. &nbsp;Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis , wawancara dan angket. Berdasarkan &nbsp;hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan yang dialami mahasiswa terletak pada (1) &nbsp;pengetahuan faktual, yang terdiri dari mengingat fakta, memahami fakta, &nbsp;mengevaluasi fakta, dan meneliti fakta, (2) pengetahuan konsept ual, yang terdiri dari &nbsp;mengingat konsep, memahami konsep, menerapkan konsep, dan meneliti konsep, (3) &nbsp;pengetahuan prosedural, yang terdiri dari menerapkan prosedur, menganalisis &nbsp;prosedur, dan mengevaluasi prosedur, dan (4) pengetahuan metakognitif, yaitu &nbsp;m engevaluasi metakognitif. Sedangkan berdasarkan hasil analisis terhadap angket, &nbsp;diperoleh bahwa faktor yang menyebabkan kesulitan belajar mahasiswa adalah &nbsp;disebabkan oleh faktor kesehatan panca indra, dan disebabkan oleh latar belakang &nbsp;materi yang diajarkan di SMK.

Page 1 of 11 | Total Record : 102