cover
Contact Name
Natalia Rosalina Rawa
Contact Email
nataliarosalinarawa@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jipcb@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : 23555106     EISSN : 26206641     DOI : -
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini, pendidikan luar biasa.
Arjuna Subject : -
Articles 72 Documents
PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V SD Siswanti, Ni Made Ary; Dibia, I Ketut ; Diputra, Komang Sujendra
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 5 No 2 (2018)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3402604

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematika siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian menggunakan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan rumus polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematika siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (11,75) > ttabel (2,002).
PENGEMBANGAN MEDIA JARINGAN EPIDERMIS TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) YANG TUMBUH DI KOTA KUPANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR TAMBAHAN PEMBELAJARAN IPA SD BERBASIS KEARIFAN LOKAL Lamahala, Muhaimin H; Lamen , Sumarni ; Uslan
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 5 No 2 (2018)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3402606

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jaringan epidermis tanaman jagung (Zea mays l.) yang tumbuh di Kota Kupang sebagai sumber belajar tambahan Pembelajaran IPA SD berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode berupa eksploratif deskriptif untuk menggambarkan dan menginterpretasi jaringan epidermis jagung (Zea mays L.) dan metode yang merujuk pada langkah-langkah Research and Development. Hasil penelitian menunjukkan secara anatomi jaringan epidermis pada tanaman jagung di NTT tidak memiliki perbedaan yang jelas dengan wilayah lainnya. Hasil dari karakteristik anatomi jagung menghasilkan produk Leaflet yang telah divalidasi oleh validator dan telah layak digunakan di lapangan dengan sedikit revisi dengan nilai yaitu 3,5.
PENERAPAN REAL WORLD PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN SETTING ARGUMENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SISWA SMA Kua, Maria Yuliana
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 5 No 2 (2018)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3402640

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh penerapan model pembelajaran real world problem solving menggunakan setting argumentasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan quasi experiment yang menggunakan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling sehingga diperoleh satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes berpikir kritis. Instrumen telah divalidasi dan dinyatakan valid dan reliabel. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-T  sampel berpasangan. Berdasarkan hasil implementasi model pembelajaran dapat diketahui bahwa real world problem solving menggunakan setting argumentasi berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA KELAS IV BERBASIS NATURE OF SCIENCE DENGAN MODEL DICK AND CAREY Lawe, Yosefina Uge; Meo, Maria Infiolata Karmelia
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 5 No 2 (2018)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3402610

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui 1) validitas perangkat pembelajaran IPA SD Kelas IV berbasis Nature of Science (NOS) yang dikembangkan. 2) kepraktisan perangkat pembelajaran IPA berbasis NOS setelah diimplementasikan dalam  pembelajaran dikelas. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan Model Dick and Carey (1999) yang telah dimodifikasi menjadi empat tahap yaitu. 1) Penetapan materi pelajaran dan standar kompetensi yang dicapai siswa. 2) Analisis kebutuhan. 3) Pengembangan perangkat pembelajaran. 4) Uji coba perangkat pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada.  Subjek penelitian adalah ahli yang terdiri dari ahli isi dan ahli konstruk dari kalangan dosen dan praktisi terdiri dari guru-guru IPA SD yang berpengalaman serta siswa kelas IV SD. Objek penelitian adalah buku ajar IPA SD yang berbasis NOS. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data yang semuanya berbentuk data kuantitatif dan kualitatif yang diukur meliputi validitas yaitu dengan menggunakan lembar validasi dari dosen dan praktisi atau guru mata pelajaran, dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang diperoleh melalui lembar observasi serta angket respon guru dan angket respon siswa. Data yang telah dikumpulkan diolah secara deskriptif Kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berdasarkan hasil analisis validitas yaitu  nilai rata-rata validasi buku siswa sebesar 4,36; nilai rata-rata LKS sebesar 4,36; nilai rata-rata RPP sebesar  4,38 dan memenuhi syarat validitas dengan dan buku pegangan guru dengan nilai rata-rata 4,38 semuanya termasuk kategori sangat valid dan layak digunakan. 2) Perangkat pembelajaran IPA SD Kelas IV berbasis NOS yang dikembangkan telah memenuhi syarat kepraktisan, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata respon guru sebesar 4,22 dan respon siswa sebesar 4,55 dengan  kategori antara praktis dan sangat praktis.
REALISASI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM NOVEL KUBAH KARYA AHMAD TOHARI Sasongko, Sempu Dwi
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 5 No 2 (2018)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.3402614

Abstract

Manusia dalam berkomunikasi tidak cukup mempertimbangkan aspek-aspek terjadinya pertukaran pesan tetapi para peserta komunikasi juga memperhatikan prinsip- prinsip kerja sama dan kesantunan. Dalam merealisasi kesantunan dapat dimanfaatkan prinsip-prinsip kesantunan atau juga kesantunan linguistik. Penelitian ini merupakan kajian satra dengan pendekatan obyektif yang mengkaji tentang dialog antartokoh dalam cerita sebagai cerminan masyarakat menggambarkan kesantunan berbahasa. Dalam meminta izin, meminta informasi, menolak, dan memuji para tokoh merealisasikan bahasa santun. Hasil penelitian kesantunan berbahasa dialog antartokoh  dalam novel Kubah karya Ahmad Tohari memenuhi prinsip-prinsip  kesantuntunan serta memanfaatkan kesantunan linguistik
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA SISWA Aryani, Ni Wayan Prawita
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 5 No 2 (2018)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3402622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep kimia antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan “the post-test only nonequivalent control group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangli, Bali, yang berjumlah 138 orang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi keterampilan proses sains dan tes akhir penguasaan konsep kimia. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif dan analisis multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep kimia antara kelas eksperimen dan kontrol dengan F = 15,921; signifikansi 0,05; (2) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan F = 15,236; signifikansi 0,05; dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan konsep kimia kelas eksperimen dan kontrol dengan F = 16,281; signifikansi 0,05.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN PENGALAMAN BERBAHASA SISWA KELAS I SD Ahmad; Aiman, Ummu ; Muhsam, Julhidayat
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 5 No 2 (2018)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3402626

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD setelah pengajaran membacanya didesain dengan pendekatan pengalaman berbahasa, (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas 1 SD. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang bersiklus. Subjek penelitian adalah kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri 3 Oeba Kupang yang berjumlah 34 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes dan nontes. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh hasil bahwa secara individu masih ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai di bawah standart (<70) dan secara klasikal berhasil mencapai angka 74,26 atau mencapai kategori nilai baik. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 8,24% menjadi 80,38 atau mencapai kategori nilai sangat baik pada pelaksanaan penelitian siklus II karena pada penelitian siklus II siswa cenderung aktif tanya-jawab, berkomentar kritis, memperhatikan dengan sungguh-sungguh, dan antusias dalam menceritakan kegemarannya. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik dan positif antara penelitian siklus I dan siklus II.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION DALAM PERMAINAN BOLAVOLI Muharram, Nur Ahmad; Kholis, Moh. Nur
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 5 No 2 (2018)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.3402643

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis atas dalam permainan bolavoli pada siswa kelas V SDN Wonokerso II melalui model pembelajaran problem based introduction. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang  dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Wonokerso II yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian hasil belajar servis atas bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif kualitatif dengan hasil prosentase. Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh peningkatan yang signifikan daripratindakanke siklus I dan siklus II. Prestasi belajar servis atas bolavoli pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 63,89% atau 23 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase prestasi belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 77,78% atau sejumlah 28 siswa.
PENGGUNAAN MEIKARTA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SISWA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA Prabawati, Emy
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 5 No 2 (2018)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.3402632

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perbendaharaan kata pada pembelajaran tematik anak tunarungu pada peserta didik kelas IV SDLB melalui penggunaan media e-kartu kata. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk memperbaiki hasil belajar siswa SDLB di SLB Negeri 1 Badung, Bali. Subjek yang dijadikan penelitian adalah siswa SDLB Kelas IV yang berjumlah 8 orang. Pengumpulan data menggunakan cara observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Analisis data secara diskriptif yaitu dengan membandingkan nilai tes antar pembelajaran yang dianalisis adalah tes siswa sebelum menggunakan media e-kartu kata dan nilai tes siswa setelah menggunakan media e-kartu kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan media e-kartu kata hasil pembelajaran lebih baik dengan ditunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada pembelajaran kedua mencapai 73,75 dibandingkan pada pembelajaran pertama rata-rata hasil prestasi peserta didik sebelum menggunakan media e-kartu kata 61,25. Di samping itu dengan menggunakan media e-kartu kata dalam pembelajaran tematik tentang mengidentifikasi isi gambar tunggal atau gambar seri, terbukti dapat meningkatkan prestasi dan minat belajar peserta didik dengan mengemas pembelajaran secara menarik dan menciptakan iklim belajar yang kondusif berdampak positif terhadap peningkatan minat belajar dan prestasi peserta didik.
PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD Rawa, Natalia Rosalina; Ninu, Maria Yunsiana ; Lawe, Yosefina Uge
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.714 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.2700888

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar  antara siswa yang belajar dengan menggunakan model inquiry learning  dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung pada kelas IV SDI Malanuza kecamatan golewa kabupaten ngada tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan penelitian Non Equivalent  Kontrol Group pre-test- post test Design”.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Malanuza yang berjumlah 25 orang untuk kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model Inquiry Learning dan 25 orang untuk kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung yang diambil secara random dengan teknik sampelnya intac group. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes.  Uji hipotesis menggunakan uji t. Sebelum menghitung uji t, terlebih dahulu dicari nilai Gain Score dinormalisasi (GSn). Dari perhitungan tersebut diperoleh rata-rata hasil belajar matematika,yakni rata-rata hasil belajar matematika kelompok eksperimen lebih besar dari rata-rata hasil belajar Matematika kelompok kontrol 0,41> 0,30. Hasil uji t diperoleh   t-hitung = 2,941> t-tabel = 2,021 derajat kebebasan (db)  n1+n2 – 2= 48 dengan taraf signifikan 5 % (α=0,05) maka t-hitung > t-tabel Hal ini menujukan bahwa   H0 ditolak dan H1 diterima sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenaranya dimana terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matemtika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry Learning dengan kelompok siswa yang menggunkan model pembelajaran langsung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Inquiry Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDI Malanuza Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada tahun ajaran 2017/2018