cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. MW. Maramis No.29, Cengklik, Nusukan, Surakarta, Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB
ISSN : 1693590X     EISSN : 26864711     DOI : 10.36309
Core Subject : Science,
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB (ISSN 1693-590x) merupakan media untuk mempublikasikan hasil penelitian kalangan akademisi, peneliti dan praktisi bidang informatika dan teknologi informasi, meliputi: teori dan sistem informasi, ilmu informasi, keamanan informasi, pengolahan dan struktur data, pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak, ilmu komputer, teknik komputer, arsitektur dan jaringan komputer, mikrokontroller, pemrograman interface dan aplikasinya pada berbagai bidang. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 48 Documents
ROBOT KAPAL SELAM PENDETEKSI KEBERADAAN BENDA Kardha, Dessyana; Sumboro, Budhi; Arsita, Yunius
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 25, No 1 (2019): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1211.742 KB) | DOI: 10.36309/goi.v25i1.104

Abstract

The current technological developments so rapidly, as well as the development of electronics technology. Robotics is a proof of human civilization that progresses from time to time. The shape of the robot is not just a form that resembles a human or a certain animal, but moves to resemble the form it imitates. The development of computer technology associated with other devices. The problem of this research is the difficulty of checking leakage of gas or water pipes in the pond. The main purpose of the research is to design and build a complete submarine robot with an endoscope camera that can replace human power for. How this robot works is a robot moving forward, backward, turn right, turn left, move up and down (dive) and equipped with a camera to detect the existence of an object. This robot combines hardware and software, using Arduino Uno Microcontroller as the controller of robots, cameras, and motor drivers as control of propeller motion. The submarine is equipped with an endoscope camera as a leak detector of gas or water pipes inside the pool, especially the detection of objects. The result of the research is a robot can dive in the water base to detect the presence of objects. From this then the authors make a robot submarine detection of the existence of objects that can replace human power to check the leakage of gas or water pipes in the pool. expected robots can be smarter than the previous one.
APLIKASI VISUALISASI 3D KAMPUS STMIK AUB SURAKARTA Haryanto, Haryanto; Basuki, Haryo; Putra, Afrizal Akhsin Widi
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 25 No 2 (2019): December
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (918.784 KB) | DOI: 10.36309/goi.v25i2.114

Abstract

Sistem informasi media pengenalan di kampus STMIK AUB Surakarta masih menggunakan media cetak berupa brosur, sehingga informasi yang disampaikan kepada calon mahasiswa baru hanya sebatas tulisan dan gambar tanpa disertai lokasi bangunan dan gedung yang ada di kampus. Dari hal tersebut dikemukakan masalah bagaimana cara mengenalkan gedung, ruang, lab komputer yang ada di kampus STMIK AUB Surakarta secara efisien dan menarik. Oleh karena itu, dibuatlah aplikasi Visualisasi 3D kampus STMIK AUB Surakarta. Aplikasi ini dibuat menggunakan Blender dengan objek bangunan menggunakan visualisasi 3D. Metode pengembangan sistem yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah metode pengembangan SDLC dengan model waterfall yang terdiri dari analysus, design, implementation, testing, maintenance. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai media pengenalan kampus yang memberikan informasi mengenai bangunan dan gedung yang ada di kampus STMIK AUB Surakarta. Dengan panduan berupa suara dan pengguna akan diarahkan menuju lokasi secara otomatis, setelah itu pengguna bisa bebas berkeliling melihat dari sudut manapun.
APLIKASI PENJUALAN MEBEL TITIK CERAH BERBASIS ANDROID Haryanto, Haryanto; Nugroho, Ernes Cahyo; Pratiwi, Afifah Nur
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 24, No 2 (2018): December
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.473 KB) | DOI: 10.36309/goi.v24i2.89

Abstract

Mebel merupakan salah satu produk kayu olahan yang pertumbuhannya amat pesat dalam beberapa waktu terakhir ini. Tidak efektif dan efisiennya pelanggan atau konsumen pergi ke toko mebel Titik Cerah dikarenakan memerlukan waktu dan biaya. Pelanggan harus jauh-jauh atau bisa saja tidak tahu tempat toko mebel Titik Cerah jadinya harus bertanya ke orang?orang dahulu dan memerlukan biaya untuk membeli bensin pada kendaraannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memudahkan pelanggan/konsumen membeli/memesan produk tanpa mendatangi toko mebel dan pada web untuk memudahkan pemilik mengelola data kategori, data produk mebel, pemesanan, laporan data produk, laporan data pemesanan dan laporan data penjualan. Hasil dari penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi penjualan mebel berbasis Android, untuk meningkatkan kualitas penjualan mebel, dan mengurangi waktu maupun biaya karena pelanggan dapat menggunakan aplikasi dimanapun dan kapanpun. Aplikasi tersebut menggunakan metode waterfall, database MySQL, Android Versi 3.1.
APLIKASI PERPUSTAKAAN STMIK AUB SURAKARTA BERBASIS ANDROID Herawati, Ratna; Wahyuningsih, Hartati Dyah; Prasetyo, Ayub Kukuh
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 25 No 2 (2019): December
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (797.427 KB) | DOI: 10.36309/goi.v25i2.108

Abstract

Perpustakaan STMIK AUB Surakarta saat ini menggunakan sistem informasi perpustakaan. Dengan adanya sistem yang masih belum efisien untuk mengatasi pencarian dan  peminjaman buku oleh anggota. Anggota masih harus melakukan pencarian buku dan transaksi peminjaman buku diperpustakaan yang belum dilakukan secara online. Tujuan penelitian ini adalah membangun Aplikasi Perpustakaan STMIK AUB Surakarta Berbasis Android. Dalam membangun sistem tersebut metode pendekatan yang digunakan adalah metode perancangan dengan menggunakan metode waterfall. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara, metode observasi dan metode pustaka. Sebagai alat bantu analisis dan perancangan yang digunakan adalah flowchart  UML (Unified Moddeling Languange). Sedangkan bahasa pemograman pendukung yang digunakan adalah Android Studio versi 3.0.1, PHP, Java, dan My SQL sebagai database. Dengan adanya aplikasi perpustakaan STMIK AUB Surakarta berbasis android, diharapkan dapat meningkatkan kinerja layanan informasi, transaksi peminjaman di Perpustakaan STMIK AUB Surakarta dan lebih efisien.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG PADA TOKO CANDRA BERBASIS ANDROID Wahyuningsih, Hartati Dyah; Paryanta, Paryanta; Winoto, Hetri Candra
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 25, No 1 (2019): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.823 KB) | DOI: 10.36309/goi.v25i1.99

Abstract

Toko Candra adalah suatu badan usaha yang bergerak di bidang penjualan barang kebutuhan pokok sehari-hari. Seluruh kegiatan operasioanl dilakukan secara manual bahkan owner sampe kesulitan membuat rekap laporan penjualan karena tidak adanya data yang tersimpan. Untuk membantu proses transaksi penjualan di Toko Candra maka perlu dibuatkan Sistem Informasi Penjualan Barang berbasis Android. Selain digunakan sebagai kasir namun juga dapat melakukan pemesanan barang secara online. Hasil perancangan sistem informasi penjualan ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Untuk analisa kelemahan sistem menggunakan analisa PIECES, sedangkan untuk menggambarkan alur data menggunakan flowchart sistem dan Unified Modeling Laguange. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Android Studio. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan menggunakan blackbox testing, sistem yang dibangun dapat membantu masalah yang dihadapi Toko Candra.
RANCANG BANGUN LENGAN ROBOT OTOMATIS PENGAWAS KONVEYOR PADA PABRIK TEH BERBASIS ARDUINO UNO Utomo, Widyo Ari; Pamungkas, Anton Respati; Krisnanda, Abraham Patria Yudha
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 24, No 1 (2018): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.724 KB) | DOI: 10.36309/goi.v24i1.93

Abstract

Penggunaan lengan robot pada dunia industri salah satunya dapat diaplikasikan sebagai alat pemindah benda. Lengan robot pemindah benda berdasarkan halangan berupa teh yang jatuh adalah lengan robot yang digunakan untuk melakukan pekerjaan secara otomatis memindah benda berdasarkan jarak yang telah ditentukan sebelumnya dan menempatkannya sesuai tempat yang telah disesuaikan. Terdapat cara pengoperasian, yaitu dengan cara otomatis. Dengan sistem otomatis lengan robot akan bekerja sesuai dengan pembacaan dari sensor. Digunakan sensor garis yaitu infrared dan photodioda dan sensor ultrasonik untuk pembacaan jarak apabila terdapat halangan berupa teh yang jatuh yang selanjutnya diproses oleh arduino. Lalu lengan robot dan penjepit sebagai aktuator melaksakan tugasnya sesuai dari pembacaan sensor.
SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP DI STMIK AUB SURAKARTA Pamungkas, Anton Respati; Rachmatullah, Robby; Gumelar, Ari Rahma
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 24, No 1 (2018): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.32 KB) | DOI: 10.36309/goi.v24i1.84

Abstract

Sistem Informasi Pembayaran SPP di STMIK AUB Surakarta masih menggunakan rekaman buku dan Microsoft Excel Software. Selama proses ini pembayaran SPP melalui beberapa petugas untuk mendapatkan validasi pembayaran SPP, hal menyebabkan terlalu banyak antrean, membuat petugas BAU kewalahan dalam melayani mahasiswa.Penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sistem informasi pembayaran SPP di STMIK AUB Surakarta. Dalam merancang dan membangun sistem, metode pendekatan yang digunakan adalah metode waterfall. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, metode observasi dan metode literatur. Sebagai alat analisis dan desain sistem yaitu flowchart, UML (Unified Moddeling Languange), dan ERD (Entity Relationship Diagram). Sedangkan tool yang dipakai adalah Android Studio 3.0.1, bahasa pemrograman yang digunakan Java, PHP, dan MySQL sebagai database.Hasil dari penelitian ini adalah membuat aplikasi sistem informasi pembayaran SPP di STMIK AUB Surakarta untuk mempermudah petugas BAU dalam melayani  kegiatan proses validasi  pembayaran SPP, dan untuk menghindari terjadinya antrian mahasiswa saat melakukan proses validasi pembayaran SPP.
PAPAN INFORMASI BERBASIS WEB SERVER CONTROLLED HTTP REQUESTS DI STMIK AUB SURAKARTA Utomo, Widyo Ari; Nugroho, Ernes Cahyo; Praweda, Dhantel Rhesa; Purnomo, Sidik
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 25 No 2 (2019): December
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.918 KB) | DOI: 10.36309/goi.v25i2.112

Abstract

Informasi merupakan suatu hal yang tidak dapat lepas dari kebutuhan manusia. Media informasi saat ini semakin beragam, mulai dari media cetak hingga elektronik. Running text merupakan salah satu media elektronik yang digunakan untuk menampilkan informasi kepada publik dengan bantuan LED (Light Emitting Dioda). Informasi yang ditampilkan dapat berupa pengumuman, berita, dan informasi lainya. Informasi yang ditampilkan dalam running text tersebut sebisa mungkin adalah informasi terbaru. Untuk itu diperlukan media yang dapat mengganti informasi pada running text kapan saja, dimana saja tanpa terkendala jarak dan waktu. Berdasarkan masalah yang ada penulis mempunya ide untuk membuat papan informasi berbasis web server controlled HTTP requests di STMIK AUB Surakarta. Papan informasi menggunakan perangkat running text sebagai penampil informasi dengan bantuan mikrokontroler arduino uno. Informasi pada running text diperbarui melalui sebuah webserver yang dibuat khusus untuk mengupdate. Informasi pada webserver kemudian dikirim, lalu ethernet shield yang telah terpasang dengan arduino uno menerima data dan arduino uno mengolahnya untuk kemudian data tersebut ditampilkan pada running text. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa papan informasi dengan data berbasis webserver dapat berjalan dengan baik. Setiap informasi yang diinputkan berhasil dimunculkan pada perangkat running text. Papan informasi mampu menampilkan 80 karakter sehingga konten dari informasi yang ingin disampaikan dapat maksimal dan di mengerti.
PROTOTIPE MESIN CNC 2D BERBASIS ARDUINO UNO Nugroho, Ernes Cahyo; Nugroho, Agung; Hendriyanto, Isti
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 25, No 1 (2019): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.577 KB) | DOI: 10.36309/goi.v25i1.103

Abstract

Papercut is a craft cut on paper media with the initial stage of making the design is done still manually. It is in less effective and efficient value. By utilizing the CNC machine workmanship will be more quickly resolved, but the price in the market this machine is still relatively expensive for small size. To meet the needs of papercut craftsmen then need to make a CNC machine that is specially for papercut manufacture of course with a much more affordable price. The main purpose of this research is to design and make Prototype of CNC Machine Based Arduino Uno for the purpose of making design or pattern of papercut craft which can work automatically, both for mass production and production of job order. Especially products that have intricate designs and require precise precision. The research method used in this thesis is descriptive method. Overall the tool is divided into circuit blocks, including: inputs, process units, and outputs. The input consists of Shield L293D as the command giver to the part of the process unit to be processed by the process unit ie Arduino Uno R3. The output block is Motor Stepper X, Y and Motor Servo Z to execute the program command given. With this machine is expected to provide solutions for Papercut craftsmen so that the design stage / pattern is not done manually. The result of this research is Prototype of Arduino Uno CNC Machine that can create and print pattern or drawing design automatically in complete with motor rotation speed setting. It can be concluded that the machine is designed using two stepper motors as a drive on the X axis and Y axis, and a DC motor is parallel to the X, Y position used for printing. The step position of the motor will be represented in the 2D coordinate model on a millimeter scale. The data entered is then sent via serial communication to the microcontroller as the control center of the machine.
APLIKASI PARIWISATA JAMBI BERBASIS ANDROID Herawati, Ratna; Utomo, Widyo Ari; Royana, Indah
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 24, No 2 (2018): December
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.622 KB) | DOI: 10.36309/goi.v24i2.88

Abstract

Jambi adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatra. Jambi adalah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukota-nya bernama sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu dan Gorontalo. Provinsi Jambi memiliki kekayaan yang melimpah, indah dan unik. Termasuk dengan keberadaan 4 taman nasional yaitu Taman Nasional Kerinci Sebelat, Taman Nasional Berbak, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, dan Taman Nasional Bukit Dua Belas yang mempunyai keunikan masing-masing. Disamping itu, beberapa kawasan bagi pencinta petualangan yaitu, Gunung Krinci, Perkebunana Teh Kayu Aro, Harapan Rainforest. Dalam membantu wisatawan untuk mengetahui tempat wisata di Provinsi Jambi, kita perlu membuat Aplikasi Pariwisata Jambi Berbasis Android. Menggunakan Aplikasi Pariwisata Jambi Berbasis Android, wisatawan dapat dengan mudah mencari informasi tentang daerah-daerah wisata yang ada di Provinsi Jambi. Dalam pembangunan aplikasi ini, penulis menggunkan Android Studio 3.13 dan PhpMyAdmin sebagai database yang menunjang kinerja dalam mengolah data. Aplikasi Pariwisata Jambi Berbasis Android dibangun dengan menggunakan metode Waterfall. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan studi pustaka. Untuk alur data digambarkan dengan UML(Unified Modeling Language).