cover
Contact Name
Wufron
Contact Email
-
Phone
+6282240045491
Journal Mail Official
jwe@fekon.uniga.ac.id
Editorial Address
Jln Raya Samarang No. 52.A Tarogong Kaler - Garut
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Wacana Ekonomi
Published by Universitas Garut
ISSN : 14125897     EISSN : 2715517X     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Wacana Ekonomi mengupas dan mendesiminasikan informasi ilmiah/ pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu ekonomi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Jurnal Wacana Ekonomi merupakan media komunikasi ilmiah dalam pengembangan dan penyebarluasan ilmu yang merupakan hasil-hasil penelitian, kajian, analisis, dan gagasan ilmiah dalam bidang ilmu ekonomi, akuntansi, manajemen, dan bisnis.
Articles 78 Documents
Analisis Perumusan Strategi pada Unit Bisnis Perusahaan Umum Perhutani Garut Munawar, Sofian
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 15, No 3 (2016): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the factors that affect business units existing in the public company perhutani either from external or internal company, then what steps should be done to respond to these factors, and what strategies should be applied to existing business units In general company perhutani KPH Garut. The research method used is descriptive method, data collection techniques used are observation, interview, questionnaire, Literature and research documentation. The data source used is Primary data that is result of interview scheme with some policy holder in company. Data processing techniques used are external matrix factor evaluation (EFE), internal factor evaluation (IFE) matrix, strength-weakness-opportunity-threat (SWOT) matrix, and internal-external (IE) matrix. The result of the research recommends strategies for the three business units that are timber forest products (HHK), non-timber forest products (HHBK) and tourism business units are intensive strategy that is market penetration strategy, product development (product / innovation), combined With a defensive strategy that is retrenchment strategy (shrinkage or cost savings).
Analisis Strategi Pemasaran PT. Vivo Communication Indonesia Area Garut dengan Metode Swot dan Matriks BCG Mulyana, Tatang
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 17, No 1 (2017): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Vivo communication Indonesia mempunyai suatu masalah dengan eksistensinya. Dalam menentukan strategi pemasaran untuk menjadi perusahaan ponsel pintar tiga besar teratas di Indonesia, tentunya untuk menjadi yang terbaik perusahaan harus baik pula dalam lini-lini pemasarannya disetiap daerah di Indonesia salahsatunya di Area Garut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran yang dapat dilakukan PT. Vivo communication Indonesia Area Garut berdasarkan strategi STP, Marketing Mix, analisis SWOT dan matrik BCG. Analisis SWOT dilakukan dengan menganalisis faktor-faktor eksternal dan internal sedangkan Matrik BCG dilakukan berdasarkan laporan penjualan PT. Vivo communication Indonesia Area Garut tahun 2015-2016 yang dibandingkan dengan laporan penjualan pesaing, yaitu Oppo Area Garut untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar. Hasil penelitian dari analisis matrik BCG diketahui tingkat pertumbuhan pasar Vivo Area Garut sebesar 11.78% dan pangsa pasarnya sebesar 0.95 terhadap pesaingnya Oppo Area Garut, sehingga berada dalam kuadran question mark, strategi yang dapat dilakukan dengan perluasan pasar dan bekerja sama dengan lebih banyak store-store yang ada di Kabupaten Garut dengan begitu peluang untuk meraih pasar menjadi lebih tinggi. Kemudian memperbanyak iklan-iklan dilapangan untuk membentuk pemahaman kepada masyarakat luas mengenai smartphone Vivo. Dari analisis SWOT diketahui strategi SO yang dapat digunakan adalah Membentuk brand awareness dan meningkatkan pengetahuan konsumen terhadap Vivo mengenai kekuatan yang diunggulkunnya. Strategi WO yang dapat digunakan adalah Mendirikan fasilitas service center dan bekerjasama dengan vendor untuk membantu branding dan meningkatkan penjualan selanjutnya. Strategi ST yang dapat digunakan adalah dengan terus meningkatkan kualitas Meningkatkan kemudahan garansi dan meningkatkan layanan purna jual. Strategi WT yang dapat digunakan adalah Melakukan rekruitmen tenaga promotor yang berkompeten dan merubah image produk baru dengan promosi dan event.
Pengaruh Kompensasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan Outsourcing pada PT Indonesia Power UPJP Kamojang Kabupaten Bandung Mulyana, Tatang
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 16, No 2 (2017): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Indonesia Power UPJP Kamojang adalah perusahaan BUMN yang bergerak di pembangkitan tenaga listrik serta Jasa Opersi dan Pemeliharaan Pembangkit, PT. Indonesia Power memegang peranan penting dalam kelistrikan dan panas bumi di Indonesia. Untuk memiliki kinerja yang baik, maka PT. Indonesia Power UPJP Kamojang harus memberikan kompensasi yang sesuai untuk memotivasi semangat kerja dalam mencapai prestasi kerja yang optimal serta kompetensi yang unggul guna pencapaian target organisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif dan metode asosiatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diambil melalui penyebaran kuesioner dan wawancara, sedangkan data sekunder melalui studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 orang dan menggunakan teknik sensus. Dalam penelitian ini, analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian uji statistik ini menunjukan bahwa variabel (X_1) terdapat pengaruh siginifikan antara kompensasi terhadap kinerja karyawan Outsourcing PT. Indonesia Power UPJP Kamojang Kabupaten Bandung dan variabel (X_2) terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi terhadap kinerja karyawan Outsourcing PT. Indonesia Power UPJP Kamojang Kabupaten Bandung. Dengan melihat adanya pengaruh yang signifikan antara kompensasi terhadap kinerja karyawan Outsourcing PT. Indonesia Power UPJP Kamojang Kabupaten Bandung dan adanya pengaruh yang signifikan antara kompetensi terhadap kinerja karyawan Outsourcing PT. Indonesia Power UPJP Kamojang Kabupaten Bandung, maka perusahaan harus mempertahankan kompensasi yang diberikan kepada karyawan guna memotivasi semangat kerja dalam mencapai prestasi kerja yang optimal dan kompetensi karyawan harus dipertahankan guna pencapaian target perusahaan yang lebih baik lagi.
Penaksiran Cadangan Dana pada Asuransi Kendaraan Bermotor Melalui Pendekatan Bayesian; Model Banyaknya Klaim: Poisson-Gamma dan Model Ganti Rugi: Lognormal-InversĪ‡^2-Normal Gumilar, Irfan Rizki
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 18, No 2 (2019): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pasar asuransi kendaraan bermotor, perusahaan asuransi perlu mengetahui perkiraan dari banyaknya klaim dan nilai ganti ruginya yang akan mereka hadapi di periode polis berikutnya, serta perlu menaksir agregat payment-nya. Pada penelitian ini, kita memandang portofolio secara keseluruhan. Perhatian tidak pada pemegang polis/tertanggung secara terpisah, tetapi pada total klaim dari seluruh tertanggung yang dengannya perusahaan asuransi harus membayar klaim-klaim yang terjadi. Perusahaan asuransi perlu menetapkan sejumlah cadangan dana untuk memenuhi kewajibannya berupa pembayaran klaim kepada para tertanggung. Paper ini mengusulkan pendekatan Bayesian dalam menaksir cadangan dana yang memadai. Taksiran cadangan dana diperoleh dari persentil-persentil distribusi agregat payment. Teknik simulasi Monte Carlo digunakan untuk menaksir distribusi agregat payment.
Pengaruh Kompetensi dan Beban Kerja terhadap Kinerja Pelaksanaan Asuhan Keperawatan pada Bagian Rawat Inap Rumah Sakit Umum Dr Slamet Garut Indriani, Ineu
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 17, No 2 (2018): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ineu Indriani, pengaruh kompetensi dan beban kerja terhadap kinerja pelaksanaan asuhan rawat inap keperawatan. Melaksanakan penelitian di bawah bimbingan (nama dan gelar doren pem 1) dan (nama n gelar pem 2), berbagai upaya telah dilakukan sehingga terselesaikannya penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh kompetensi secara parsial terhadap kinerja pelaksanaan asuhan rawat inap keperawatan, pengaruh beban kerja secara parsial terhadap kinerja pelaksanaan asuhan rawat inap keperawatan, pengaruh kompetensi dan beban kerja secara simultan terhadap kinerja pelaksanaan asuhan rawat inap keperawatan pada rumah sakit umum dr. Slamet Garut. Penelitian ini menggunakan sampel para pegawai bagian pelaksanaan asuhan rawat inap keperawatan. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat dengan penyebaran kuesioner penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Pengolahan data menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pelaksanaan asuhan rawat inap keperawatan, beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pelaksanaan asuhan rawat inap keperawatan. Sedangkan secara simultan kompetensi dan beban kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pelaksanaan asuhan rawat inap keperawatan.
Studi Karakteristik dan Faktor-Faktor Downstream User Transportasi Online (Ride Sharing) di Kota Bandung adi prasetyo, Rohmat
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 18, No 1 (2018): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Transportasi online (ride sharing) merupakan fenomena yang berkembang dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Biasa dikenal dengan istilah ?taksi online? di Indonesia, kemunculannya diyakini dapat menggantikan trensportasi public untuk bersaing dalam industri transportasi publik. Persaingan terjadi juga pada sesama perusahaan transportasi ride sharing seperti Gojek dengan fitur Gocar nya. Grab dengan fitur GrabCar nya, dan Uber dengan fitur UberX nya. Perlu diketahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi downstream user dalam menggunakan transportasi ride sharing sebagai pilihan merka. Selain itu kemudahan akses melalui aplikasi bagi downstream user memungkinkan mereka berpindah produk dengan mudah. Maka dari itu pada penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat karakteristiik serta faktor-faktor yang mempengaruhi downstream user dalam memilih alternatif transportasi ride sharing. Selain daripada itu perlu dilihat juga bagaimana segmen yang menjadi sasaran setiap perusahaan ride sharing. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dengan teknik cluster sampling dengan membagi responden berdasarkan wilayah kecamatan. Responden merupakan pengguna aktif transportasi online (ride sharing) yang ada di Kota Bandung. Dari kuisioner yang disebar, diperoleh 424 kuisioner yang dapat diolah dalam kebutuhan penelitian ini dengan tools pengolahan data SPSS versi 24. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 3 karakteristik downstream user dalam menggunakan transportasi online (ride sharing) yaitu loyal, hybrid2, dan hybrid3. Dengan 6 faktor yang mempengaruhi yaitu enjoyment, sustainability, social benefit, economy benefit, reputation, dan service experience.
Evaluasi Strategi pada PT Elco Indonesia Sejahtera Menggunakan Analisis Servo M Nuroni, Andri
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 16, No 3 (2017): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini persaingan bisnis berlangsung sangat ketat, dengan kompleksitas yang tinggi akibat perubahan lingkungan yang cepat dan tumbuh. Berbagai strategi kemudian dikembangkan oleh berbagai perusahaan untuk mengantisipasi hal tersebut. Strategi yang dikembangkan oleh setiap perusahaan sangat beragam tergantung pada tuntutan yang dihadapi. Pada kenyataannya, ada beberapa perusahaan yang sukses dengan strategi yang diterapkannya, akan tetapi tidak sedikit yang gagal akibat dari tidak efektifnya strategi yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui strategi yang digunakan oleh PT Elco Indonesia Sejahtera saat ini dan mengevaluasi strategi tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan narasumber wawancara menggunakan teknik purposive sampling. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) PT Elco Indonesia Sejahtera Jaya menggunakan strategi bisnis berupa strategi fokus Porter; (2) strategi bisnis perusahaan saat ini masih relevan atau fit (3) perusahaan perlu melakukan perbaikan untuk meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan strategi bisnis, melalui penambahan jumlah karyawan produksi, peningkatan kompetensi dan kinerja karyawan pemasaran, serta periklanan produk melalui media digital.
Analisis Kinerja Keuangan pada Koperasi Karyawan Pertamina Lapangan Kamojang (Koperlak) Kabupaten Bandung K, Kurnaeli
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 15, No 2 (2016): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Koperasi di Indonesia jumlahnya merupakan salah satu yang terbanyak di dunia, namun kontribusinya masih sangat kurang bagi masyarakat. Kinerja keuangan koperasi adalah salah satu hal yang perlu disoroti, karena dengan mengetahui kinerja keuangan suatu koperasi, maka dapat diketahui bagaimana kinerja yang baik untuk kemajuan koperasi yang juga akan berdampak bagi masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja keuangan pada Koperasi Karyawan Pertamina Lapangan Kamojang (KOPERLAK) Kab. Bandung periode tahun 2011-2015. Alat yang digunakan dalam menganalisis kinerja keuangan ini dengan menggunakan analisis rasio yaitu analisis rasio likuiditas, analisis rasio solvabilitas, dan analisis rasio profitabilitas. Data yang digunakan yaitu laporan keuangan Koperasi Karyawan Pertamina Lapangan Kamojang (KOPERLAK) Kab. Bandung periode 2011-2015. Untuk mengetahui tingkat likuiditas menggunakan perhitungan Current Ratio dan Cash Ratio. Untuk mengetahui tingkat solvabilitas menggunakan perhitungan Debt To Total Assets Ratio dan Debt To Equity Ratio. Untuk mengetahui tingkat profitabilitas menggunakan perhitungan Return On Investment dan Return On Equity. Objek penelitian ini yaitu Koperasi Karyawan Pertamina Lapangan Kamojang (KOPERLAK) Kab. Bandung. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Current Ratio berada dalam keadaan yang sehat artinya aktiva lancar koperasi dapat menjamin kewajiban jangka pendeknya (likuid), Cash Ratio berada dalam keadaan yang tidak sehat artinya kas dan bank koperasi tidak dapat menjamin kewajiban jangka pendeknya (ilikuid), Debt To Total Assets Ratio berada dalam keadaan yang tidak sehat artinya total aktiva koperasi belum mampu menjamin total hutang koperasi (insolvabel), Debt To Equity Ratio berada dalam keadaan yang tidak sehat artinya total modal koperasi belum mampu menjamin total hutang koperasi (insolvabel), Return On Investment berada dalam keadaan yang kurang sehat artinya koperasi belum mampu menggunakan aktiva secara produktif untuk menghasilkan sisa hasil usaha yang maksimal, dan Return On Equity berada dalam keadaan yang sehat artinya bahwa modal yang dimiliki koperasi sudah dapat menghasilkan sisa hasil usaha yang maksimal.
Peranan Penyusunan Anggaran Biaya Produksi dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Produksi pada PT Elco Indonesia Sejahtera Garut Hamzah, Cecep
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 16, No 2 (2017): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul: ?Peranan Penyusunan Anggaran Biaya Produksi dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Produksi pada PT. Elco Indonesia Sejahtera Garut?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan penyusunan anggaran biaya produksi dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya produksi pada PT. Elco Indonesia Sejahtera Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Analisis data dan pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis kualitatif, dan sumber data adalah data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa efektivitas pengendalian biaya produksi pada PT. Elco Indonesia Sejahtera Garut sudah tercapai karena selisih anggaran dan realisasi biaya produksi tidak melebihi batas toleransi pada umumnya yaitu 10%.
Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Proses Keputusan Pembelian pada PD Marmara Garut Susilawati, Wati
Jurnal Wacana Ekonomi Vol 16, No 1 (2016): Jurnal Wacana Ekonomi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada PD. MARMARA Garut. Adapun hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada PD.MARMARA Garut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS From window 20.0. Hasil pengujian secara parsial menunjukan bahwa bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian selanjutnya untuk pengujian secara simultan menunjukan bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh terhadap proses keputusan pemebelian pada PD. MARMARA Garut.