cover
Contact Name
Aen Fariah
Contact Email
aenfariah1995@gmail.com
Phone
+6282214018102
Journal Mail Official
syntaxidea@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Syntax Idea
Published by Ridwan Institute
ISSN : 26846853     EISSN : 2684883X     DOI : -
Syntax Idea. Jurnal Ilmiah Indonesia adalah jurnal yang diterbitkan oleh Ridwan Institute. Syntax Idea akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu umum. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah kritis dan komprehensif atas isu penting dan terkini atau resensi dari buku ilmiah. Syntax Idea merupakan jurnal yang dikelola oleh non lembaga pendidikan di wilayah Jawa Barat yang progress untuk menjadi wadah bagi publikasi ilmiah didaerah dan nasional.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 259 Documents
Al-Hiwalah dan Implementasinya pada Perbankan Syariah Di Titinjau dari Kaidah Fiqih Hardiati, Neni; Januri, Januri
Syntax Idea Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v3i1.932

Abstract

Hiwalah means a contract of help or tabarru, hiwalah is effectively applied to Islamic banking because there are rules contained therein, which provide benefits between the customer and the bank. This hiwalah activity requires fees from the first party to the second party the bank as a third party. Tabarru means giving sincerity from one individual to another without any imbalance affecting the ownership of the given person. Tabarru is carried out in providing assistance to individuals who are in conditions of economic difficulty, or to a social or religious institution that needs funds for the progress of society and religion. Therefore, tabarru 'is highly recommended in Islamic law. However, in a bank, there are services that are agreed upon as a risk from accounts payable, namely between the customer and the bank institution. Hiwalah activity itself means that activities on the responsibility of a muhil or in banking are called debtors to people who are obliged to pay debts that have such debts. Technically, Islamic banking is based on sharia principles in helping each other to ease the burden on parties who are having difficulty paying their debts, so as not to interfere with the financial cycle of economic activities in society. In transferring funds, this must be avoided from ribawi. In this article, we use literature study in al-hiwalah activities in Islamic banking according to fiqh principles.
Pengaruh Tingkat Pertumbuhan Penjualan dan Perputaran Piutang terhadap Likuiditas pada Perusahaan Kimia Aprian, Muhamad Dwi; Lestari, Dwi Indah
Syntax Idea Vol 2 No 12 (2020): Jurnal Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh tingkat petumbuhan penjualan dan perputaran piutang terhadap likuiditas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018 sebanyak 13. Sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sebanyak 11 perusahaan dan periode pengamatan selama 5 tahun sehingga menghasilkan 55 sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistic dengan alat bantu software SPSS Statistic 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial tingkat pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap likuiditas, lain halnya dengan perputaran piutang tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap likuiditas. Sedangkan secara simultan tingkat pertumbuhan penjualan dan perputaran piutang secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap likuiditas
Analisis Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Terhadap Image Masyarakat Sekitar (Studi Kasus Pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Cirebon) Hermansyah, Hermansyah
Syntax Idea Vol 2 No 6 (2020): Jurnal Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v2i6.383

Abstract

Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Cirebon berdampak positif bagi masyarakat sekitarnya, dari dampak tersebut maka PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Cirebon mempunyai citra yang positif dikalangan masyarakat sekitar. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Cirebon berupaya untuk menjadi perusahaan yang lebih maju dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh CSR terhadap persepsi Masyarakat di sekitar industri. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatory research atau penjelasan. Berdasarakan hasil penelitian, penerapan program CSR menurut pendapat masyarakat desa gempol yang menjadi desa binaan PT. Indocement dapat digambarkan melalui tingkat kepuasan masyarakat desa binaan atas keberhasilan pengaruh penerapan program CSR yang telah dijalankan, hal ini dapat didukung dengan skor rata-rata hasil kuisioner pelaksanaan program CSR PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Cirebon yang tergolong baik sehingga dengan adanya CSR tersebut dapat diterima baik oleh masyarakat.
HUBUNGAN PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA PUTRI TERHADAP KEJADIAN MENGHADAPI PREMENSTRUAL SYNDROME Puspasari, Heny
Syntax Idea Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Kesehatan reproduksi pada remaja adalah suatu hal sangat harus diperhatikan oleh setiap individu khususnya remaja itu sendiri. Karena dengan perhatian akan muncul rasa sayang akan masa depan dirinya dan generasinya. Dengan demikian harus adanya pengetahuan akan kesehatan reroduksi remaja guna menghindari Premenstrual syndrome yaitu suatu kondisi berupa gejala terjadi secara rutin dan berhubungan dengan siklus menstruasi, gejala biasanya muncul 7-10 hari sebelum menstruasi dan menghilang ketika menstruasi dimulai. Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan cross sectional adalah suatu penelitian yang mempelajari dinamika korelasi antara faktor-faktor risiko dan efek, dengan cara pendekatan, observasional atau pengumpulan data sekaligus pada saat (point time approach). Adapun hasil yang diperoleh hubungan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja putri terhadap kejadian menghadapi premenstrual syndrome adalah sebanyak12 (85,7%) responden yang cemas karena tidak mengetahui pengetahuan PMS. Karena kurang tahunya remaja tentang pendidikan kesehatan reproduksi dan kurangnya penyuluhan dari tenaga kesehatan. Sedangkan responden yang mengetahui pengetahuan PMS dan tidak cemas terdapat 14 (87,5%). Mereka mendapatkan pengetahuan kesehatan reproduksi dari sekolah dan internet serta penyuluhan dari tenaga kesehatan. Kata Kunci : Reproduksi, Observasional, premenstrual syndrome
Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Transportasi Online Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pengguna Ubermotor Di Provinsi Banten Mawar, Gabriel Pehang; Otu, Markus Ndapa; Suprayatna, Nyoman
Syntax Idea Vol 2 No 3 (2020): Jurnal Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v2i3.156

Abstract

Ubermotor merupakan salah satu layanan transportasi online yang dimiliki perusahaan Uber. Kepuasan konsumen merupakan apa yang dirasakan konsumen setelah membeli produk atau menggunakan sebuah layanan jasa. Kepuasan konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan mahasiswa pengguna Ubermotor di provinsi Banten. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan mahasiswa pengguna Ubermotor di provinsi Banten. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik uji instrument, regresi linear berganda, pengujian hipotesis, dan koofisien determinasi dengan menggunakan SSPS 17. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen serta ada pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen dan ada pengaruh dari kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan konsumen sebesar 48,7% sedangkan 51,% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
ANALISA PENYEBAB TURNOVER INTENTION KARYAWAN PADA SEKTOR PERBANKAN SYARIAH Handoko, Tri; Soeling, Pantius Drahen
Syntax Idea Vol 2 No 9 (2020): Jurnal Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v2i9.562

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh leader-member exchange, perceived organizational of support terhadap turnover intention memalui job satisfaction sebagai variable mediasi. Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi tambahan referensi bagi penelitian sejenis untuk menilai pengaruh leader-member exchange, perceived organizational of support terhadap turnover intention memalui job satisfaction sebagai variable mediasi. Data diperoleh melalui survey dengan cara menyebarkan kuesioner kepada salah satu kantor cabang perbankan syariah yang terdapat di Jakarta dan diperoleh 96 karyawan sebagai responden dan diolah dengan analisis kuantitatif dengan memeakai bentuk model SEM dengan mengguankaan program aplikasi dengan software SmartPLS 3.2.7. Penelitian ini menemukan bahwa Leader-Member Exchange dan Perceived Organizational Of Support memiliki pengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap Turnover Intention karyawan, variabel job satisfaction mampu memediasi pengaruh secara tidak langsung antara Perceived Organizational Of Support dengan Turnover Intention karyawan. Sedangkan variabel Job Satisfaction tidak dapat memediasi hubungan antara variabel Leader-Member Exchange terhadap Turnover Intention karyawan.
Model Rancangan Balance Scorecard (BSC) Bank Syariah Menuju Bank Yang Profesional Dalam Sistem Operasionalnya Maryati, Maryati
Syntax Idea Vol 1 No 8 (2019): Jurnal Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v1i8.111

Abstract

Bank syariah ialah bank yang operasionalnya mempunyai pedoman pada usaha yang dilakukan seperti pada zaman Rasullullah SAW. Bentuk-bentuk usaha yang sudah ada sebelumnya yang diperbolehkan oleh Rasul atau dalam bentuk-bentuk usaha baru yang merupakan hasil ijtihad dari para tokoh agama yang tidak melenceng dari AL Qur’an dan Al Hadist. Pada Bulan Mei 2019 pemerintah mengeluarkan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024, dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Penguatan halal value chain dengan fokus sektor yang dinilai potensial dan berdaya saing tinggi, (2) Penguatan sektor keuangan syariah dengan rencana induk yang sudah terdapat dalam Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia (MAKSI), (3). Penggerak utama halal value chain adalah dengan penguatan sektor UMKM, dan (4) Perdagangan dan keuangan adalah penguatan utama di bidang ekonomi digital. Untuk mewujudkan bank syariah seperti yang diharapkan menjadi lembaga bank yang diharapkan mampu menyesuaikan dengan MEKSI, maka diperlukan metode dalam kinerjanya, salah satunya yaitu Metode perancangan balance scorecard yang akan diimplementasikan sebagai sistem dari pengukuran kinerja yang dilakukan secara terus menerus dapat memantau keberhasilan baik dari penerapan ataupun strategi perusahaan dan secara komprehensif mengukur kinerja dari perusahaan dan dapat setiap saat kinerja perusahaan dapat dikerjakan dengan seimbang sehingga mampu diketahui secara jelas dan relevan untuk memperkuat keberadaan perbankan syariah. Model yang digunakan adalah perancangan balance scorecard untuk perbankan syariah, meliputi tahap-tahap: (1) Evaluasi dan konsensus visi, misi dan strategi bank syariah, (2) Penentuan strategi bank syariah, (3) Pemilihan perspektif dan penentuan sasaran strategi bank syariah, (4) Tolok ukur balance scorecard bank syariah, dan (5) Analisis hubungan sebab akibat dan juga peta strategi.
Marketing Glocalization Concept Dalam Menarik Minat Beli Kalangan Bridgehead Aisha, Salsabil; Ramdan, Asep Muhamad; Jhoansyah, Dicky
Syntax Idea Vol 2 No 7 (2020): Jurnal Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v2i7.456

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Marketing glokalisasi (X1) dan Daya tarik konten iklan (X2) restoran cepat saji terhadap minat beli kalangan Bridgehead. Dimana kalangan Bridgehead yang dimaksud pada penelitian ini adalah kalangan Mahasiswa yaitu Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Jenis metode penelitian pada penelitian ini ialah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Asosiatif. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan sebaran Kuisioner kepada 200 orang responden. Hasil penelitian menggambarkan bahwa melalui Uji F dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang serentak dan signifikan. Melalui Uji T dapat diketahui bahwa Marketing glokalisasi (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y). Daya tarik konten iklan berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y).
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Pokok Bahasan Qurban Melalui Metode Team Quiz Surtina, Surtina
Syntax Idea Vol 1 No 5 (2019): Jurnal Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu cara meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih adalah menerapkan metode pembelajaran Team Quiz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas terdapat 4 langkah, meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Penelitian tindakan kelas minimal dilakukan sebanyak 2 (dua) kali siklus mulai dari perencanaan sampai dengan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar, jumlah siswa yang telah memperoleh sama dengan atau lebih dari nilai KKM 75 berjumlah 12 orang dengan prosentase 85,7 %.
Pelayanan Maternal pada Periode Intranatal Di Rumah Sakit Tipe B Tahun 2019 Darmayanti, Darmayanti
Syntax Idea Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v3i1.931

Abstract

AKI di Indonesia masih tinggi yaitu pada tahun 2015 sebesar 305 per 100.000 kelahiran hidup. Kematian ibu di periode maternal salah satunya periode intranatal atau saat persalinan banyak terjadi di Rumah Sakit (RS), namun pada kenyataanyTujuan penelitian adalah memperoleh gambaran tentang bagaimana proses pelayanan intranatal dikerjakan dan mengeksplorasi pandangan petugas kesehatan mengenai masalah dan hambatan secara individual terhadap pelayanan yang diberikan. Rancangan penelitian menggunakan metode kombinasi (mixed methods) dengan model sequential explanatory. Tahap petama penelitian menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui gambaran pelayanan asuhan keperawatan maternitas di RS Dustira Cimahi menggunakan lembar observasi dan kuesioner yang dianalisis secara univariat. Jumlah sampel 16 orang, menggunakan teknik proporsionate stratified random sampling. Tahap kedua dengan metode kualitatif menggunakan teknik wawancara ke petugas kesehatan berjumlah 4 partisipan untuk memperkuat data kuantitatif dan dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan tahapan analisis data model Miles dan Huberman. Pengambilan data dilaksanakan dari bualan Juni-Juli 2019. Hasil peneltian didapatkan data bahwa pelayanan Asuhan Keperawatan (Askep) Maternitas pada pelayanan intranatal spontan didapatkan data, rata-rata 92,73% dengan rentang antara 90,91%-95,45%, sedangkan pada pasien SC rata-rata pelayanan yang telah diberikan hanya 86,2% dari semua proses pelayanan dengan rentang antara 80% – 96%. Sedangkan rata-rata kualitas pelayanan berdasarkan unsur kepuasaan pasien pada intranatal spontan yaitu 70,7% dan pada intranatal SC 71.8%. Dapat disimpulkan bahwa proses pelayanan pada periode intranal di salah satu RS. Tipe B Kota Cimahi ini belum optimal, atau masih ada beberapa yang belum dilaksanakan sesuai dengan standar dan belum mencapai target standar pelayanan sebesar 100% sedangkan kepuasan pasien menunjukan bahwa kualitas pelayanan intranatal di RS. Dustira berada pada kategori baik. Saran pada penelitian ini adalah menerapkan pelayanan asuhan keperawatan maternitas yang diintegrasikan dengan pelayanan kebidanana pelayanan yang diberikan RS belum optimal, seperti pengambilan keputusan klinik tidak tepat, dan terlambat dilakukan eksekusi/operasi, serta mengalami ketidakakuratan di dalam monitoring, namun informasi terkait dengan pemberian pelayanan maternal salahstunya pada periode intranatal dan di RS masih terbatas. Tujuan penelitian adalah memperoleh gambaran tentang bagaimana proses pelayanan intranatal dikerjakan dan mengeksplorasi pandangan petugas kesehatan mengenai masalah dan hambatan secara individual terhadap pelayanan yang diberikan. Rancangan penelitian menggunakan metode kombinasi (mixed methods) dengan model sequential explanatory. Tahap petama penelitian menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui gambaran pelayanan asuhan keperawatan maternitas di RS Dustira Cimahi menggunakan lembar observasi dan kuesioner yang dianalisis secara univariat. Jumlah sampel 16 orang, menggunakan teknik proporsionate stratified random sampling. Tahap kedua dengan metode kualitatif menggunakan teknik wawancara ke petugas kesehatan berjumlah 4 partisipan untuk memperkuat data kuantitatif dan dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan tahapan analisis data model Miles dan Huberman. Pengambilan data dilaksanakan dari bualan Juni-Juli 2019. Hasil peneltian didapatkan data bahwa pelayanan Asuhan Keperawatan (Askep) Maternitas pada pelayanan intranatal spontan didapatkan data, rata-rata 92,73% dengan rentang antara 90,91% – 95,45%, sedangkan pada pasien SC rata-rata pelayanan yang telah diberikan hanya 86,2% dari semua proses pelayanan dengan rentang antara 80% – 96%. Sedangkan rata-rata kualitas pelayanan berdasarkan unsur kepuasaan pasien pada intranatal spontan yaitu 70,7% dan pada intranatal SC 71.8%. Dapat disimpulkan bahwa proses pelayanan pada periode intranal di salah satu RS. Tipe B Kota Cimahi ini belum optimal, atau masih ada beberapa yang belum dilaksanakan sesuai dengan standar dan belum mencapai target standar pelayanan sebesar 100% sedangkan kepuasan pasien menunjukan bahwa kualitas pelayanan intranatal di RS. Dustira berada pada kategori baik. Saran pada penelitian ini adalah menerapkan pelayanan asuhan keperawatan maternitas yang diintegrasikan dengan pelayanan kebidanan.

Page 1 of 26 | Total Record : 259