cover
Contact Name
Islamiani Safitri
Contact Email
eduscience@ulb.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
eduscience@ulb.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu Jalan SM. Raja No. 135 Aek Tapa, Rantauprapat Kode Pos 21415
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL EDUSCIENCE
ISSN : 2303355x     EISSN : 26852217     DOI : 10.36987/jes
Core Subject : Education,
Jurnal Eduscience (JES) terbit pada bulan Juli dan Desember, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, dosen dan mahaiswa dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran. Jurnal Eduscience (JES) diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Labuhan Batu. Dewan Editor menerima tulisan terpilih berupa hasil penelitian, review atau artikel bidang pendidikan, pembelajaran dan sains yang sudah diringkas untuk dipertimbangkan pemuatannya, dengan frekuensi terbit secara berkala 2 (dua) kali setahun.
Articles 80 Documents
KEMAMPUAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT SEBAGAI ADSORBEN UNTUK MEREGENERASI MINYAK JELANTAH Adam, Dini Hariyati
JURNAL EDUSCIENCE Vol 4, No 1 (2017)
Publisher : JURNAL EDUSCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.547 KB)

Abstract

Pada penelitian ini dipelajari kemampuan tandan kosong kelapa sawit sebagai adsorben, untuk menurunkan bilangan peroksida (PV), dan warna gelap minyak goreng bekas. Pengolahan dengan adsorben ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas minyak jelantah sehingga umur pemakaian minyak goreng dapat diperpanjang. Adsorben dari tandan kosong kelapa sawit disiapkan dibersihkan dan digiling, dilakukan proses aktivasi menggunakan asam phosphat (H3PO4). Selanjutnya serbuk dipanaskan dalam furnace pada temperatur 170oC selama satu jam, kemudian temperatur dinaikkan 500oC selama satu jam. Proses adsorpsi dilakukan dengan mengkontakkkan minyak goreng bekas dan adsorben pada suhu 75
PENGARUH PEMANFAATAN ALAT VISUALISASI GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MTS AR-RASYID PINANG AWAN Ritonga, Nurhakima
JURNAL EDUSCIENCE Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : JURNAL EDUSCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.734 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan mengetahui pengaruh pemanfaatan alat visualisasi terhadap hasil belajar biologi siswa MTs AR-Rasyid Pinang Awan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 Juni s/d 15 Juni 2014 di MTs AR-Rasyid Pinang Awan Kec. Torgamba Kab. Labuhanbatu Selatan. Populasi adalah kelas VIII yang terdiri dari 3 lokal dan yang di jadikan sampel adalah kelas VIIIb dan sebagi Kelas control adalah kelas VIIIa. Jumlah sampel 35 orang siswa yang dibelajarkan menggunakan alat visualisasi gambar dan 35 orang siswa dibelajarkan dengan pembalajaran konvensional. Setelah dan sebelum di lakukan proses belajar mengajar siswa diberikan tes yaitu pre-test 10 soal dan pos-test sebayak 5 soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan alat visualisasi gambar dengan niai rata-rata=76,57 dengan STDEV=12,71. Dengan demikian hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran Alat visualisasi gambar pengaruhnya sangat tinggi yaitu Ha di tolak dan Ho diterima sehingga terdapat Pengaruh Pemanfaatan Alat Visualisasi Gambar terhadap hasil belajar biologi siswa MTs AR-Rasyid Pinang Awan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Penerapan strategi pembelajaran inquiri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PPKn di kelas VIII SMP Pemda Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2017/2018 Hasibuan, Budi Winata
JURNAL EDUSCIENCE Vol 5, No 1 (2018)
Publisher : JURNAL EDUSCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.945 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Pelajaran PPKn sangat penting untuk diajarkan kepada siswa. Namun kenyataanya pembelajaran PPKn kurang disukai siswa sekolah karena banyak memuat konsep atau topik yang abstrak, yang sulit dipelajari oleh siswa. Rendahnya nilai ujian semester siswa kelas VIII SMP Pemda Rantauprapat pada pelajaran PPKn Guru hanya menggunakan metode ceramah yang kurang mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Kurangnya motivasi belajar siswa dalam belajar PPKn di kelas sehingga membuat hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Inquiri dalam meningkatkan motivasi belajar PPKn siswa di kelas VIII SMP Pemda Rantauprapat. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengarah kepada penggunaan strategi pembelajaran
ANALISIS TOTAL ANTOSIANIN DARI DAUN BAYAM MERAH (Alternanthera Amoena Voss.) BERDASARKAN PENGARUH PENAMBAHAN JENIS ASAM Adam, Dini Hariyati
JURNAL EDUSCIENCE Vol 2, No 2 (2015)
Publisher : JURNAL EDUSCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.245 KB)

Abstract

Bayam Merah (Alternanthera Amoena Voss.) merupakan salah satu jenis tanaman yang mengandung zat warna antosianin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui total antosianin dari daun bayam merah (Alternanthera Amoena Voss.) terhadap pengaruh penggunaan jenis asam. Daun bayam merah yang segar diekstraksi dengan pelarut etanol/HCl 0,1 M (A), etanol/asam sitrat 3% (B), etanol/CH3COOH 25 % (v/v) (C) dan pelarut etanol (D), ekstraksi dilakukan dengan metode maserasi dalam keadaan gelap selama 24 jam. Kemudian diidentifikasi dengan spektroskopi UV-Vis dan KLT. Dari analisis data spektroskopi didapatkan jenis antosianin yang terdapat pada bayam merah yaitu sianidin yang menyerap pada ? maksimum sebesar 290 nm (UV) dan 536 (tampak) yang sesuai dengan literatur. Kadar total antosianin ekstrak A, B, C, dan D berturut-turut 132,76 mg/L ; 121,56 mg/L ; 107,21 mg/L ; 76,98 mg/L. Berdasarkan hasil Uji KLT
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI KELAS VII SMP NEGERI 1 AEK NATAS Muti'ah, Rahma
JURNAL EDUSCIENCE Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : JURNAL EDUSCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.475 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMP. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil belajar dari suatu aktivitas belajar yang dilakukan berdasarkan pengukuran dan penilaian terhadap hasil kegiatan belajar dalam bidang akademik yang diwujudkan berupa angka-angka dalam rapor. Bila siswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, maka akan meningkatkan prestasi belajar. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini adalah ada pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMP dan Hipotesis nihil (Ho) adalah tidak ada Pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMP. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sedangkan Hasil belajar sebagai variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Aek Natas yang seluruhnya berjumlah 249 orang. Sampel penelitian adalah 71 siswa, menggunakan metode teknik random sampling. Dalam pengumpulan data digunalan metode skala untuk kecerdasan emosional berdasarkan teori Daniel Goleman yang terdiri dari mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain; dan untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan Pretest dan Postest. Nilai korelasi yang diperoleh pada analisis validitas instrumen dengan rumus korelasi Product Moment dari Pearson berkisar antara 0,74 - 0,85. Berdasarkan pada taraf signifikan 0,05 diperoleh 20 item valid dan 5 item gugur dari 25 item yang ada pada skala kecerdasan emosional. Nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh 0,818 dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai uji t sebesar 7,33 dengan ttabel 0,203 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada Pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Diskusi di Kelas VII SMP NEGERI 1 Aek Natas di Desa Perkebunan Aek Pamingke Kec. Aek Natas Kab. Labuhanbatu Utara Tahun Pelajaran 2015/2016.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP N 1 SILANGKITANG Harahap, Risma Delima
JURNAL EDUSCIENCE Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : JURNAL EDUSCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.041 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP N 1 Silangkitang. Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Subjek yang digunakan berjumlah 30 orang siswa SMP N 1 Silangkitang. Temuan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP N 1 Silangkitang, terlihat pada pelaksanaan siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 61,50, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 79.83. Model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP N 1 Silangkitang dan dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKAMATERI PECAHAN DAN PERBANDINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK DI KELAS V SDN 118168 SEI TAWAR TAHUN 2016 ishak, Ishak
JURNAL EDUSCIENCE Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : JURNAL EDUSCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.792 KB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar permasalahan sering muncul pada dari diri siswa maupun dari guru. Permasalahan sering muncul adalah dalam penggunaan metode yang tidak sesuai pada saat pembelajaran berlangsung, sehingga siswa mudah merasa bosan pada saat proses belajar mengajar. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilakukan peneliti pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan daya serap siswa yang mencapai ketuntasan belajar minimal, pada pra siklus hanya 23,81% atau 5 siswa dari 21 orang siswa. Pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I siswa yang mencapai ketuntasan minimal meningkat menjadi 57,14% atau 12 siswa dari 21 siswa. Kemudian pada perbaikan pembelajaran siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan minimal meningkat menjadi 85,71% atau 18 dari 21 siswa. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan peneliti dalam penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode talking stick pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PERAN ADVOKAT DALAM MEMBERIKAN BANTUAN HUKUM DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA DI INDONESIA Toni, Toni
JURNAL EDUSCIENCE Vol 4, No 1 (2017)
Publisher : JURNAL EDUSCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.673 KB)

Abstract

Menurut Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 menyatakan bahwa
PENTINGNYA PENDIDIKAN HUKUM TERHADAP SISWA MELALUI PELAJARAN PPKn (STUDI SMPS ISLAM BABUSSALAM KEC. BAGAN SINEMBAH) Toni, Toni
JURNAL EDUSCIENCE Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : JURNAL EDUSCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.087 KB)

Abstract

Maju mundurnya suatu negara berada pada generasi yang mempunyai pendidikan yang lebih baik, terkhusus kepada siswa yang masih menimbah ilmu pendidikan disekolah. Maka untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik perlu diberikan pendidikan hukum terhadap siswa melalui pelajaran PPKn. Materi tersebut harus diberikan semenjak pendidikan disekolah formal. Dapat kita lihat berkembangnya zaman serba modern banyak generasi bangsa yang tidak dapat menyaring aspek negatif dan positif dari setiap perkembangan zaman. Banyak kita lihat pergaulan tidak baik yang menjadikan generasi hancur dari masa depanya. Jenis Penelitian ini Deskriftif Kualitatif, metode pengambilan data dilakukan dengan In-depth interview, dan pemberian angket kepada siswa kelas VII, VIII.dan IX tentang Pentingnya Pendidikan Hukum melalui pelajaran PPKn. Data akan dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian didapatkan bahwa siswa cukup memahami pelajaran pendidkan hukum dengan baik walaupun masih adanya beberapa siswa yang masih belum paham tentang hukum. Dapat dilihat dalam angket siswa yang melakukan Sering total: ( 10,2%) , Kadang-kadang total: (23,2% ), Selalu total: ( 14,2% ), dan Tidak perna: ( 17,8% ). Dapat disimpulkan dari angket bahwa siswa cukup memahami dan dapat dilihat dari keterangan angket tentang pendidikan hukum.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI POKOK SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN TANYA JAWAB KELAS IV SD NEGERI 112136 RANTAUPRAPAT KECAMATAN RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Erminawaty, Erminawaty
JURNAL EDUSCIENCE Vol 3, No 1 (2016)
Publisher : JURNAL EDUSCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.892 KB)

Abstract

Tujuan penelitian perbaikan pembelajaran ini untuk mendeskripsikan cara meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 112136 Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara dengan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab pada materi pelajaran Sistem Pemerintahan Pusat Tahun Pembelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di SD Negeri 112136 Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu pada semester 1 tahun pembelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 31 orang. Adapun pelaksanaan penelitian pada bulan Agustus sampai Nopember 2015. Diperoleh hasil pada Pra Siklus dari 31 siswa menunjukkan bahwa rata- rata kelas 61,13 dan ketuntasan klasikalnya hanya 25,81%; pada Siklus I rata- rata kelas 69,68 dan ketuntasan klasikalnya hanya 41,94%. Dan pada Siklus II rata- rata kelas 77,42 dan ketuntasan klasikalnya hanya 87,10%. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri No. 112136 Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara dengan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab pada materi pelajaran sistem pemerintahan pusat Tahun Pembelajaran 2015/2016.