cover
Contact Name
Agus Ruswandi
Contact Email
agus.ruswandi.pgpaud@gmail.com
Phone
+6281320713771
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Gedung FKIP Uninus Lantai 2 Ruang D.10 Jalan Soekarno Hatta No 530 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan
ISSN : 25987992     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Majalah Ilmiah Pendidikan EduChild Dini menerbitkan artikel penelitian, melaporkan studi lapangan, praktik terbaik dan kebijakan pembelajaran anak usia dini dan pendidikan sejenis di tingkat nasional dan internasional. Jurnal ini menerbitkan artikel peer-review yang meliputi kurikulum, program perawatan anak, administrasi, pengembangan staf, hubungan keluarga-sekolah, masalah ekuitas, unit multikultural, nutrisi kesehatan, fasilitas, kebutuhan khusus, perawatan yang disponsori majikan, program bayi / balita, pengembangan anak , advokasi, dan banyak lagi. Artikel menganalisis masalah, tren, kebijakan, dan praktik, serta menawarkan sudut pandang yang terdokumentasi dengan baik dan rekomendasi praktis.
Articles 7 Documents
PENDEKATAN INTEGRATED DAY SEBAGAI LAYANAN DASAR BIMBINGAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER BAKU (BAIK DAN KUAT) PADA ANAK USIA DINI DI TK KHAS DAARUT TAUHID, BANDUNG Octrianty, Evi
EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fase keemasan atau golden age bagi anak usia dini merupakan fase yang sangat fundamental bagi perkembangan mereka. Karena pada periode tersebut terjadi peluang yang sangat besar, penting dan berharga bagi kehidupan anak dalam membentuk dan mengembangkan pribadinya. Fase ini juga disebut sebagai fase awal pembentukan dalam kehidupan manusia. Dalam fasenya, sel-sel otak anak dalam usia ini berkembang dengan pesat menghasilkan berjuta-juta hingga bertriliun-triliun neuron, sel-sel neuron, dan cabang-cabang sel neuron (dendrit) yang terus- menerus berproses dalam pengaktivasian sel saraf melalui belajar dan berimajinasi. Untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal pada fase keemasan ini, anak usia dini perlu difasilitasi dengan berbagai layanan. Salah satu layanan yang dibutuhkan dalam membantu perkembangan anak usia dini adalah dengan kegiatan bimbingan di jenjang pendidikan anak usia dini, yakni di taman kanak-kanak. Kegiatan bimbingan dapat dilakukan dalam bentuk layanan dasar bimbingan yang dikemas dalam sebuah pendekatan bimbingan. Pendekatan bimbingan dilakukan melalui pendekatan integrated day yang merupakan bagian dari pendekatan perkembangan yang dapat dipandang sebagai pendekatan yang tepat digunakan dalam tatanan pendidikan formal dan nonformal, karena dapat memberikan perhatian terhadap perkembangan anak, juga melatih kemandirian, kepribadian, kebutuhan, minat serta membantu anak mempelajari keterampilan hidup. Seiring dengan kebutuhan tersebut, penulis menganalisis data melalui metode deskriptif kualitatif, dengan teknik berupa instrumen pengumpulan data dari hasil observasi layanan bimbingan di TK Khas Daarut Tauhid yang telah berupaya menerapkan pendekatan integrated day yang diwujudkan untuk membentuk nilai-nilai karakter baik dan kuat (baku).
PENGARUH KINERJA PENGAWAS TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU DI SMA NEGERI 1 KAUDITAN DI KABUPATEN MINAHASA UTARA Wagiu, Stien
EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengawasan merupakan salah satu fungsi dasar manajer. Fungsi ini berguna untuk memastikan bahwa aktivitas yang sedang berjalan sesuai dengan tujuan, rencana dan standar pendidikan yang telah ditetapkan. Maka penelitian ini bermksud mengkaji mengenai pengaruh kinerja pengawas terhadap kinerja mengajar guru di SMA Negeri 1 Kauditan di Kabupaten Minahasa Utara. Dari masalah pokok yang dibahas di atas, selanjutnya diuraikan lebih rinci ke tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan gambaran yang jelas mengenai kinerja pengawas terhadap kinerja mengajar guru di SMA Negeri 1 Kauditan di Kabupaten Minahasa Utara. Dalam penelitian ini, sesuai dengan masalah yang akan dipecahkan, maka peneliti menggunakan metode deskriptif dan juga dibantu dengan studi kepustakaan. Kinerja pengawas SMA dengan kategori sangat baik. Baiknya kinerja pengawas SMA tersebut didukung oleh kecenderungan umurn dari beberapa indikator yang yang telah dinyatakan dalam penelitian, yaitu: (a) Penyusunan program tahunan pengawasan sekolah termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 4,66; (b) Penilaian pada PBM termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 4,69; (c) Perbaikan dan pengembangan pengajaran yang dilakukan kepada guru termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 4,49. kinerja mengajar guru SMA dengan kategori sangat baik. Baiknya kinerja mengajar guru SMA tersebut didukung oleh kecenderungan umum dari beberapa indikator yang telah dinyatakan dalam penelitian, yaitu : (a) Perencanaan program pengajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 4,65; (b) Melaksanakan program pengajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 4,51; (c) Menilai hasil dan PBM yang telah dilaksanakan termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 4,49; (d) Tindak lanjut termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 4,42. Kinerja pengawas dengan kinerja mengajar guru memiliki korelasi atau hubungan yang signifikan. Kemudian didukung oleh persamaan regresi Y = 22,239 + 0,672 X; mengandung arti bahwa jika tidak ada pengaruh dan kinerja pengawas, maka kinerja mengajar guru sebesar 22,239 satuan regresi, dan setiap peningkatan kinerja pengawas, maka kinerja mengajar guru akan meningkat sebesar 0,672 satuan koefisien regresi. Kemudian didukung pula oleh hasil analisis koefisien determinasi yang menggambarkan besarnya pengaruh kinerja pengawas terhadap kinerja mengajar guru adalah 0,599 atau sebesar 59,9%, sedangkan sisanya 40,1% dipengaruh oleh faktor lain di luar kinerja pengawas.
PENERAPAN PENYELESAIAN SOAL SECARA SISTEMATIS (PS3) DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 MANADO TAHUN AJARAN 2014/2015 Palit, Maritje Olha
EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENERAPAN PENYELESAIAN SOAL SECARA SISTEMATIS (PS3) DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIIISMP NEGERI 10 MANADO TAHUN AJARAN 2014/2015
SHARED READING: SOLUSI PERILAKU PROSOSIAL PADA KELOMPOK ANAK USIA MIXED-AGE GROUPS Mulyadi Razak, Alifah Indalika; Ruswandi, Agus
EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antar teman sebaya memberikan pengaruh yang signifikan pada perilaku prososial anak.  Interaksi antar teman sebaya tersebut memungkinkan anak-anak untuk berinteraksi dan mengenal berbagai bentuk perilaku prososial. Interaksi antar satu anak dengan lainnya ditandai dengan adanya komunikasi dua arah, yang pada umumnya anak-anak mengemas komunikasi tersebut dalam bentuk cerita. Salah satu metode bercerita yang dianggap paling efektif untuk merubah perilaku anak adalah metode shared reading.  Secara teknis  shared reading melibatkan komunikasi aktif antara pembaca cerita dengan pendenger. Intervensi selama 10 hari yang dilakukan pada kelompok anak dengan usia beragam (mixed-aged group),  menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada awal sebelum penelitian perilaku prososial anak berada pada total presentase 42.8 % dan setelah diberikan intervensi meningkat sebesar 80,8%. Berdasarkan presentase tersebut, perilaku prososial mengalam peningkatan skor sebesar 38%
PENGARUH TOILET TRAINING TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKQ AL-HUDA ANTAPANI WETAN TAHUN AJARAN 2017-2018 Komariah, Kokom; Mulyanto, Agus; Nurapriani, Reni
EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh toilet training terhadap sikap kemandirian anak usia 4-5 tahun di TKQ Al-Huda Antapani Wetan. Kemandirian adalah suatu upaya yang dilakukan dan dimaksudkan untuk melatih anak dalam memecahkan masalahnya (Yuliani, 2007). Metode penelitian Pre-Experimental, dengan rancangan One group pretest-posttest design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan metode praktek langsung edukasi toilet training dan variabel terikat yaitu sikap kemandirian pada anak usia 4-5 tahun di TKQ Al-Huda Antapani Wetan tahun ajaran 2017-2018. Populasi penelitian yaitu siswa/i usia 4-5 tahun (kelompok A) yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan toilet training pre-test sebesar 1,8 dan nilai post-test sebesar 3,3 dengan hasil uji hipotesis t_hitung > t_tabel ( 11,666 > 1,782 ). Kemudian nilai rata-rata sikap kemandirian anak pre-test sebesar 2,5 dan nilai post-test sebesar 3,5 dengan hasil uji hipotesis t_hitung > t_tabel ( 12,676 > 1,782 ) dalam taraf signifikasi 5% (N=13). Oleh karena itu keduanya dinyatakan signifikan. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kegiatan toilet training pada anak usia 4-5 tahun di TKQ Al-Huda Antapani Wetan pada tahun ajaran 2017-2018 terbukti berpengaruh untuk meningkatkan sikap kemandirian anak.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN INKLUSI PADA ANAK USIA DINI kresnawaty, anita; Heliawati, Rina
EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelayanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) perlu dilaksanakan sejak dini, karena masa usia dini adalah masa dimana proses pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai aspek sedang mengalami masa yang pesat dalam rentang perkembangan hidup manusia. Melalui pendidikan inklusif, anak yang mempunyai hambatan, belajar bersama dengan anak pada umumnya dengan tujuan mengoptimalkan seluruh aspek perkembangan anak. Masalahnya tidak semua sekolah dapat menyelenggarakan pelayanan pendidikan terhadap ABK sesuai standar. Penelitian ini di fokuskan pada manajemen pembelajaran anak usia dini berkebutuhan khusus di Pendidikan Anak Usia Dini dilaksanakan. Tujuan penelitian diarahkan pada manajemen pembelajaran di PAUD bagi ABK oleh Kepala sekolah dan guru. Manfaat penelitian ini diharapkan Menambah khasanah ilmu manajemen pendidikan, khususnya dalam Manajemen Pembelajaran pendidikan inklusif  Pada Anak Usia Dini, Memberi masukan kepada guru dalam upaya mengimplememtasikan manajemen pembelajaran Pendidikan inklusif pada Anak Usia Dini. Prosedur penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi; data diuji dengan menggunakan metode trianggulasi sumber dan ketekunan pengamatan untuk mengetahui keabsahan data. Temuan penelitian ini yaitu: (1) Sekolah merumuskan perencanaan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus, tetapi karena polanya terintegrasi dengan kurikulum anak pada umumnya maka rumusannya mengacu pada pembelajaran pada umumnya. (2) Orang tua yang menutupi hambatan yang di miliki anak, bahkan orangtua tidak mau menerima bahwa anaknya memiliki kebutuhan khusus. (3) Tidak sejalannya pola bimbingan anak berkebutuhan khusus di sekolah dengan di rumah. Dari hasil penelitian ini disarankan,(1) Kepemimpinan kepala sekolah mempunyai peran penting dalam mewujudkan sekolah inklusi, terutama bagaimana mengembangkan budaya organisasi yang inklusif, mendorong kinerja guru lebih tinggi dalam mengembangkan kurikulum anak berkebutuhan khusus, memotivasi guru, melakukan kerjasama dengan berbagai pihak (orangtua, para ahli, dan stakeholder lainnya). Kepala sekolah perlu merumuskan peraturan sekolah tentang standar operasional prosedur untuk mendorong masyarakat sekolah dengan orang tua murid guna meningkatkan kerjasama yang lebih kondusif bagi sekolah inklusi. (2) Anak adalah titipan dari Allah SWT, tidak ada anak yang lahir ke dunia tanpa dibekali potensi, di balik keterbatasan, pasti tersimpan kelebihan yang tersembunyi. Untuk itu perlu dorongan dari orangtua dalam mengoptimalkan segala aspek perkembangan anak berkebutuhan sejak dini.
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SAINS ANAK USIA DINI Sari, Dianti Yunia; Maulani, Susan
EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan dan keterampilan sains anak usia dini (4-5 tahun). Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sains anak usia dini, guru perlu melakukan suatu inovasi, yaitu dengan melaksanakan suatu pendekatan yang bisa mengembangkan berbagai aspek pengetahuan dan keterampilan sains anak yang berpedoman pada hakikat sains sebagai proses, produk dan sikap. Salah satu pendekatan yang dapat dilaksanakan adalah pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi proses pembelajaran dan unjuk kerja. Setelah dilaksanakan proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik pada percobaan sains melalui tiga siklus, diperoleh peningkatan pengetahuan dan keterampilan sains anak yaitu pada siklus I meningkat sebesar 43,81% menjadi 53,33%, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 24,29% menjadi 68,10%, dan dari siklus II ke siklus III meningkat sebesar 20% menjadi 88,10%.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2019 2019