cover
Contact Name
Vinsen B. Making, S.KM, M.KES
Contact Email
vinsen.makin@ucb.ac.id
Phone
+6281317162080
Journal Mail Official
admin@ojs.cbn.ac.id
Editorial Address
Jln. Manafe No.17 Kelurahan Kayuputih, Kec. Oebobo Kupang-NTT
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI)
ISSN : -     EISSN : 26211467     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Artificial Intelligence & Application, Computer Networking & Security, Computer-Based Multimedia Retrievel, Decision Suport System, Data Warehouse & Data Mining, E-System, Fuzzy Logic, Geographics Information System (GIS), Human & Computer Interaction, Image Processing, Information System, Mobile Computing & Application, Multimedia System, Neural Network, Pattern Recognition, Innovative works on the development of educational multimedia and e-learning.
Articles 26 Documents
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASRAMA PADA YAYASAN CITRA BINA INSAN MANDIRI Manu, Gerlan Apriandy
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI)
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.639 KB)

Abstract

Sistem informasi manajemen merupakan suatu sistem berbasis komputer yang mengolah data menjadi informasi yang berguna bagi para pengguna yang memiliki kebutuhan yang serupa. Yayasan Citra Bina Insan Mandiri (CBIM) memiliki sebuah asrama putri yang dihuni oleh mahasiswa dari STIKES CHMK dan STKIP CBN. Kedua Sekolah Tinggi ini berada di bawah naungan Yayasan CBIM. Dengan daya tampung asrama yang cukup besar sebanyak 200-250 orang, maka dalam pengelolaan asrama Yayasan CBIM memerlukan manajemen asrama yang baik. Saat ini pencatatan pembayaran Uang Asrama oleh penghuni Asrama/mahasiswa ditulis atau dicatat di sebuah buku jurnal umum oleh manajer asrama kemudian diserahkan ke bendahara setiap Sekolah Tinggi (STIKES CHMK & STKIP CBN) pada setiap akhir semester. Dengan pencatat yang bersifat manual seperti ini menyebabkan terdapat beberapa masalah seperti adanya Penghuni Asrama/mahasiswa yang tidak membayar uang Asrama selama berbulan-bulan. Juga terdapat beberapa masalah lainnya seperti tidak terdata dengan baik jumlah mahasiswa yang tinggal di Asrama dan juga tidak terkontrol pembayaran Uang Asrama oleh Orang Tua Penghuni Asrama/Mahasiswa. Oleh karena itu maka Yayasan CBIM memerlukan suatu Sistem Informasi Manajemen Asrama untuk dapat membantu Yayasan dan juga manajer Asrama dalam mengelola Asrama CBIM ini. Maka peneliti membuat rancangan desain Sistem Informasi Manajemen Asrama CBIM, merancang basis data (database), merancang arsitektur jaringan dan juga membuat Sistem Informasi Manajemen Asrama CBIM dengan Bahasa Pemrogram PHP yang akan dibahas dalam laporan penelitian ini.
IMPLEMENTASI MODEL-VIEW-CONTROLLER (MVC) PADA UJIAN ONLINE MELALUI PENERAPAN FRAMEWORK CODEIGNITER Kelen, Laberto
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI)
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.892 KB)

Abstract

Pendidikan termasuk salah satu bidang yang turut mengalami peningkatan dalam konteks penyelenggaraan ujian. Ujian konvensional yang masih menggunakan kertas perlahan-lahan mulai ditinggalkan. Penyelenggaraan ujian yang terkomputerisasi pun menjadi terobosan yang bukan lagi baru di zaman ini.Model, view, controller (MVC) merupakan sebuah arsitektur pengembangan aplikasi yang menekankan kepada 3 komponen penting. Ketiga komponen tersebut masing-masing memiliki fokus perhatian, tanggung jawab dan logika sehingga mempercepat kinerjanya. Framework codeigniter merupakan salah satu framework terkenal yang sudah mendukung MVC. Dengan framework codeigniter, pengembangan aplikasi web dapat dilakukan dengan cepat. Sekolah Menengah Kejuruan Informatika Uyelindo Kupang pun merupakan salah satu sekolah dengan basis kejuruan informatika komputer. Sekolah ini dapat menerapkan ujian yang terkomputerisasi dengan sebuah sistem yang dinamakan sistem ujian online. Sistem ini dibangun dengan framework codeigniter.Hasil implementasinya adalah sebuah sistem ujian yang berbasis web dengan framework codeigniter yang dapat mempermudah guru dan siswa dalam melaksanakan ujian yang fleksibel. Ujian ini dapat dilaksanakan dimana saja dengan waktu yang sudah ditetapkan oleh guru dan tidak lagi menggunakan kertas sebagai media pelaksanaan ujian. Harapan dengan adanya sistem ujian seperti ini, proses tatap muka di kelas menjadi lebih efektif dan guru dapat mengetahui kemampuan siswa dengan kuis yang bisa dikerjakan dari rumah.
PERANCANGAN SISTEM FILE ELEKTRONIK (E-FILLING) UNTUK UNIT PENGARSIPAN BALAI WILAYAH SUNGAI NUSA TENGGARA II Manu, Gerlan Apriandy
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI)
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.329 KB)

Abstract

Arsip merupakan kumpulan dokumen yang disimpan secara teratur, terencana dan mempunyai suatu kegunaan pada setiap kali diperlukan dapat cepat ditemukan kembali. Pengelolaan Arsip di Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II, menjadi tanggung jawab Kasubag Tata Usaha BWS NTII. Kondisi pengarsipan saat ini di Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II yaitu arsip masih dikumpulkan secara fisik pada ruang arsip yang terbatas dengan lemari arsip yang juga terbatas, sehingga arsip belum tertata dan terdata dengan baik, dan juga belum optimalnya pengamanan arsip, terdapat arsip dinamis maupun arsip inaktif yang tercecer dan hilang. Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II memandang perlu untuk mengoptimalkan penataan dan pengamanan arsip dengan Sistem E-Filling (Penyimpanan Elektronik). Pada penelitian ini, Sistem E-Filling (Penyimpanan Elektronik) dirancang untuk mampu menyimpan seluruh arsip Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II, disamping itu sistem pun dapat mengamankan arsip sesuai dengan hak akses pada arsip tersebut, dan memudahkan pencarian arsip saat diperlukan.
EFEK PERUBAHAN TEGANGAN (kV) DAN ARUS FILAMEN (mA) PADA TEKSTUR CITRA MIKRO RADIOGRAFI DIGITAL Wiguna, Gede Arya
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI)
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.997 KB)

Abstract

Teknik radiografi didasarkan pada perbedaan koefisien atenuasi antara jaringan biologis yang membentuk tubuh atau organ tertentu. Pengetahuan yang akurat tentang sifat atenuasi tersebut sangat penting untuk mengoptimalkan kualitas gambar, dan pada saat yang sama meminimalkan dosis yang diserap pada pasien. Oleh karenanya maka penting untuk mengetahui bagaimana perubahan tekstur citra terhadap perubahan tegangan (kV) dan arus filamen (mA) tabung sinar-X. Metode yang digunakan untuk menentukan tekstur citra adalah Gray Level Cooccurrence Matrix (GLCM) yang merupakan metode yang paling populer dan banyak digunakan untuk ekstraksi fitur tekstur gambar dalam berbagai jenis aplikasi. Hasil menunjukkan bahwa perubahan tekstur citra terlihat jelas pada perubahan tegangan (kV) sedangkan pada perubahan arus filmaen (mA) perubahan nilai matrik GLCM hanya terjadi pada tegangan 25 kV. Dari hasil juga diketahui bahwa terdapat perubahan tekstur citra pada perubahan tegangan (kV) dan arus filamen (mA) walaupun perubahannya tidak terlalu signifikan.
PENCARIAN JALUR TERPENDEK MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION Fallo, Diana Yanni
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI)
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.746 KB)

Abstract

Ant Colony Optimization (ACO) merupakan algoritma heuristic yang telah terbukti diterapkan ke sejumlah masalah Travelling Salesman Problem (TSP) dan mampu menemukan jalur terpendek dengan baik. Dari hasil uji coba yang dilakukan di temukan bahwa hasil jalur terpendek menggunakan ACO di temukan total waktu tempuh lebih cepat. ACO bekerja dengan sangat cepat dalam menemukan rute terpendek karena ACO tidak tergantung pada iterasi yang diberikan. Jika hasil nya telah di ketahui maka secara otomatis akan di tampilkan hasilnya.
RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PEMESANAN RUANG KELAS (SYSTEM BOOKING CLASS ONLINE) Manu, Gerlan Apriandy
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI)
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.186 KB)

Abstract

Tersedianya sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan pendidikan di Perguruan Tinggi diatur dalam UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 45 ayat 1. Salah satu dari sarana dan prasarana di Perguruan Tinggi adalah ruangan kelas. Dengan meningkatnya jumlah mahasiswa di suatu Perguruan Tinggi maka perlu ketersediaan ruangan kelas yang cukup atau perlu adanya penambahan jumlah ruangan kelas di Perguruan Tinggi tersebut. Namun terkadang ruangan kelas yang tersedia di Perguruan Tinggi belum efektif digunakan. Oleh karena itu perlu adanya suatu manajemen ruangan kelas yang baik. Dalam penelitian ini dibuat Rancang Bangun System Booking Class Online yang kemudian diimplementasikan di Yayasan Citra Bina Nusantara pada tahun ajaran 2017/2018 semester genap. Yayasan Citra Bina Nusantara memiliki dua Sekolah Tinggi yaitu STIKES CHMK dan STKIP CBN, dan menghadapi permasalahan dalam manajemen ruangan kelas. Dari kedua Sekolah Tinggi tersebut meminta untuk adanya penambahan ruangan kelas baru, namun kenyataan di lapangan penggunaan kelas masih belum efektif. Terdapat beberapa kelas yang kosong namun terjadwalkan. Berdasarkan implementasi sistem pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 diperoleh manajemen ruangan kelas dapat dilaksanakan secara efektif dan diperoleh data penggunaan kelas oleh masing-masing program studi. Dengan data tersebut Yayasan dapat mengambil kebijakan untuk melakukan penambahan sejumlah ruangan kelas yang dibutuhkan atau tidak melakukan penambahan ruangan kelas.
SISTEM DETEKSI KATARAK MENGGUNAKAN METODE EKSTRAKSI INDEKS WARNA DENGAN KLASIFIKASI JARAK EUKLIDEAN Wiguna, Gede Arya
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI)
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.818 KB)

Abstract

Mata merupakan bagian dari organ manusia yang berfungsi untuk melihat. Meningkatnya usia dapat menyebabkan menurunnya kejernihan lensa dan terjadinya katarak. Penyakit katarak tidak dapat dicegah, namun dapat disembuhkan melalui operasi. Di Indonesia, khususnya pada provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) prevalensi katarak sebesar 2,3% dengan tiga alasan utama penderita katarak belum dioperasi adalah karena ketidaktahuan (41,4%), ketidakmampuan (14,1%), dan ketidakberanian (5,7%). Hal ini akan membuat kebutaan akibat katarak cukup tinggi karena banyak penderita katarak tidak mengetahui dirinya mempunyai penyaki katarak, Oleh karena itu perlunya sistem deteksi katarak sehingga bisa dilakukan tindak lanjut lebih cepat. Tujuan penelitian ini merancang sistem deteksi katarak menggunakan metode ekstraksi indeks warna RGB dengan klasifikasi jarak Euclidean. Peralatan yang digunakan untuk menghasilkan citra digital adalah kamera Nikon D90 12,3 Megapixel dengan lensa AFD Nikon 50 mm F1.8. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa metode jarak Euklidean ini mampu untuk membedakan citra mata katarak matur, imatur dan mata normal dengan akurasi 89,47%. Sistem ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk deteksi penyakit katarak berbasis pengolahan citra digital.
METODE NAÏVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI PENGGUNAAN LISTRIK RUMAH TANGGA Fallo, Diana Yanni
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI)
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (977.86 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Na?ve Bayes untuk memprediksi penggunaan listrik setiap rumah tangga di Kota Kupang. Metode ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySql database. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian terhadap 50 data di Wilayah Kota Kupang. Penggunaan listrik dengan jumlah daya 1300 VA dan 900 VA sebagai berikut : pada keluarga yang berpenghasilan kisaran 2 juta sampai 3 juta serta memiliki tanggungan keluarga 4-7 orang, dengan jumlah peralatan listrik cukup dan jumlah pemakaian bola lampu tinggi, maka keluarga-keluarga tersebut tidak perlu melakukan penambahan daya (cukup). Sedangkan, jumlah daya 450 VA pada kepala keluarga dengan penghasilan lebih dari 3 juta, serta memiliki tanggungan keluarga 4-7 orang, dengan jumlah peralatan listrik banyak (tinggi), dan jumlah pemakaian bola lampu tinggi maka keluarga-keluarga tersebut perlu melakukan penambahan daya (tambah daya). Hasil pengujian menemukan bahwa sebanyak 22 rumah tangga perlu melakukan penambahan daya (tambah daya). Sedangkan, 28 rumah tangga tidak perlu melakukan penambahan daya (cukup).
PERBANDINGAN LUAS POLA WATERMAK GERABAH SEBELUM DAN SESUDAH PEMBAKARAN BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL barorroh, noer laelly
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI)
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.474 KB)

Abstract

Dupliksai sering terjadi pada barang seni karena bernilai jual tinggi. Duplikasi ini juga terjadi pada kerajinan gerabah. Untuk mengatasi duplikasi salah satu caranya yaitu menggunakan watermark. Pada gerabah yang rentan pecah waktu proses pembakaran mengharuskan material watermark yang digunakan tidak mempengaruhi keadaan gerabah saat dibakar. Oleh karena itu perlunya kajian tentang luas pola watermark pada gerabah, karena luasan ini mempengaruhi deformasi gerabah itu sendiri. Pada penelitian ini dilakukan perbandingan luas pola watermark gerabah sebelum dan sesudah dibakar berbasis pengolahan citra digital. Penelitian ini menggunakan seperangkat radiografi digital untuk memperoleh citra watermark di dalam gerabah. Pengolahan citra berupa proses treshold yang menghasilkan citra biner. Citra biner yang diperoleh dihitung luasan daerah watermark. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa persentase luasan gerabah sebelum dibakar 16,52% dan gerabah sesudah dibakar 11,96%. Ada perubahan luasan watermark sebelum dan sesudah di bakar. Hal ini berarti bahwa ruang watermark mengalami penyusutan sesudah dibakar sehingga material watermark yang digunakan tidak mempengaruhi kualitas gerabah.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REPOSITORY KARYA TULIS ILMIAH PADA STIKES CITRA HUSADA MANDIRI KUPANG Kelen, Laberto
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI)
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (781.669 KB)

Abstract

Perpustakaan merupakan basis infomasi untuk memenuhi kebutuhan intelektualitas. Derasnya arus informasi dan perkembangan teknologi saat ini, mengharuskan perpustakaan meningkatan mutu dan kemudahan akses informasi. Digitalisasi perpustakaan merupakan kunci jawaban atas masalah fasilitas dan sarana. Perpustakaan terpadu STIKes Citra Husada Mandiri Kupang dalam perkembangannya sudah memulai penerapan digitalisasi. Untuk karya mahasiswa berupa karya tulis ilmiah belum secara keseluruhan di kelola secara digital, sehingga terjadi penumpukan berkas pada perpustakaan. Alokasi tempat yang dibutuhkan untuk menyimpan berkas karya tulis ilmiah mahasiswa menjadi lebih banyak. Penelitian ini bertujuan untuk meranrancang bangun sistem informasi repository karya ilmiah. Sistem ini diciptakan berbasis web dengan framework codeigniter. Penerapan siRepo akan sangat membantu jika digunakan secara baik. Efek jangka panjang adalah pengarsipan digital dan bank data karya tulis ilmiah STIKes Citra Husada Mandiri Kupang.

Page 1 of 3 | Total Record : 26