cover
Contact Name
Setiangga Fachrurrozi
Contact Email
setiangga.f@gmail.com
Phone
+6289667660998
Journal Mail Official
jurnalmaritim@stimart-amni.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta No. 180 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM
ISSN : 14126826     EISSN : 26232030     DOI : http://dx.doi.org/10.33556/jstm
Jurnal Sains dan Teknologi MARITIM berisi tulisan ilmiah di bidang Kemaritiman baik itu ilmu kenautikaan, Teknika maupun bidang maritim lainnya. Jurnal Sains dan Teknologi MARITIM juga membahas mengenai bidang Transportasi baik itu transportasi darat, laut maupun udara yang kesemuanya merupakan hasil penelitian maupun kajian pustaka.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 2 (2021): Maret" : 9 Documents clear
EVALUASI PELAKSANAAN INERT GAS SYSTEM (IGS) PADA KAPAL TANKER (Studi Kasus Di Kapal MT. Winson No.5 Milik Perusahaan Winson Oil Singapore) Audi, Alan; Setiyantara, Yudhi; Astriawati, Ningrum; Suganjar, Suganjar
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 21, No 2 (2021): Maret
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v21i2.276

Abstract

Inert Gas System adalah suatu sistem dengan memasukan gas inert atau gas lembam yang biasanya di dapat dari gas buang kemudian di masukan ke dalam tanki muatan untuk mendesak udara atau  mengurangi kadar oksigen dari dalam tangki, dengan tujuan mencegah kebakaran atau ledakan di dalam tanki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan Inert Gas System pada kapal tanker baik dalam perawatan dan pengoperasian oleh crew kapal MT. Winson No.5 milik Perusahaan Winson Oil Singapore. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan jenis konten pendekatan kualitatif. Cara pengumpulan data melalui metode observasi, metode interview, metode dokumentasi dan studi pustaka. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan Inert Gas System di kapal MT. Winson No.5 sudah berjalan dengan baik sesuai dengan manual book, hal ini dapat mengurangi resiko-resiko yang dihasilkan pada saat pengoperasian bongkar muat yaitu bahaya-bahaya kebakaran, ledakan dan kerusakan pada muatan.Kata kunci :  Inert Gas System, Kapal Tanker, Kapal MT. Winson No.5
ANALISIS PEMANFAATAN GAS BUANG PADA MESIN GENERATOR SET MELALUI SISTEM ORGANIC RANKINE CYCLE Mustain, Iing
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 21, No 2 (2021): Maret
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v21i2.271

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran pemanfaatan gas buang dari mesin diesel generator set sebagai sumber panas. Pemanfaatan sumber panas digunakan untuk memanaskan air sebagai fluida kerja yang pada sistem ORC. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan menganalisis pemanfaatan gas buang dari mesin diesel generator sets kapal Type GFS – 20 No. A737009 yang dihubungkan dengan sistem perpipaan untuk diketahui besar temperatur aliran fluida kerja pada sistem ORC temperatur rendah melalui diagram T-S. Berdasarkan hasil penelitian bahwa diperoleh temperatur luaran dari evaporator mencapai 90 oC, sementara temperatur pada recuperator mencapai 80 oC dan 30oC pada temperatur luaran dari kondensor. Besar temperatur pinch point pada suhu 85 oC dan selisih point temperatur aliran panas dan aliran dingin (DT) sebesar 10 oC. Besar energi yang direcovery diperoleh 40 kW.  Kata Kunci: Evaporator, Mesin diesel, Generator sets, ORC, WHR
ANALISIS FAKTOR PENENTU DAYA SAING BISNIS MELALUI TECHNOVATION PADA PERUSAHAAN KEAGENAN DI SEMARANG Winarni, Endra
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 21, No 2 (2021): Maret
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v21i2.278

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor penentu daya saing bisnis pelayaran melalui technovation. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian deskriptif menggunakan metode pengamatan dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat dimensi faktor penentu daya saing bisnis pelayaran yaitu: kondisi permintaan, kondisi faktor sumber daya, kondisi industri terkait dan industri pendukung serta kondisi struktur persaingan dan strategi perusahaan. Berdasarkan penilaian dari informan yang ditinjau dari: Technology Innovation, Entrepreneurship dan Technologi Management: perusahaan keagenan di Semarang secara berkelanjutan mampu mentransformasikan teknologi dan inovasi untuk efisiensi pelaksanaan kegiatan keagenan kapal guna meningkatkan produktivitas pelayanan dan kinerja manajemen perusahaan dapat semakin meningkat dan secara keseluruhan, manfaat terlihat dari respon yang lebih cepat, biaya lebih rendah dan lebih inovatif, dampak kinerja bisnis yang menguntungan secara keseluruhan, dan dimensi global merupakan tantangan yang besar dalam menghadapi kompleksitas dan risiko global.
MENINGKATKAN KOMPETENSI NAVIGASI MAHASISWA POLITEKNIK MARITIM NEGERI INDONESIA MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRONIC CHART AND DISPLAY INFORMATION SYSTEM (ECDIS) SIMULATOR Santoso, Hero Budi; Noviarianto, Noviarianto
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 21, No 2 (2021): Maret
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v21i2.279

Abstract

ECDIS atau Electronic Chart Display and Information Systems telah disepakati sebagai peralatan baru yang diwajibkan diatas kapal-kapal niaga. ECDIS adalah pengalihan penggunaan peta kertas konvensional menjadi peta elektronik dan sistem informasi. Konsep desain pembelajaran ECDIS yang efektif dan terukur perlu dikembangkan sehingga standar kinerja sesuai IMO dapat tercapai dan meningkatkan kompetensi navigasi mahasiswa untuk  menunjang  keselamatan pelayaran dan keamanan lingkungan maritim. Pendekatan metode penelitian research and development melalui pengembangan desain pembelajaran menggunakan model desain pembelajaran ADDIE. Hasil uji validitas konstruk dan Validitas Isi dalam penelitian mendapatkan  persentase kelayakan total media pembelajaran ECDIS sebesar 86,90% dan masuk dalam kategori sangat layak. Kata kunci : Peta elektronik, Initial position, Safety parameter, Route plan, Over reliance, Standar kinerja.
ANALISIS PENGGUNAAN LAYANAN VESSEL TRAFFIC SYSTEM TERHADAP KESELAMATAN PELAYARAN DI ALUR PELAYARAN BARAT SURABAYA PELINDO 3 Mudiyanto, Mudiyanto; Febriana, Elva
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 21, No 2 (2021): Maret
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v21i2.272

Abstract

Vessel Traffic System  (VTS)  merupakan sistem komunikasi yang dapat memberikan informasi dan pesan bagi kapal. fasilitas yang terdapat dalam VTS yaitu menyediakan layanan traffic organization service yaitu layanan yang memberikan pengaturan pergerakan lalu lintas kapal didalam wilayah Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi aturan penggunaan layanan VTS terhadap keselamatan pelayaran di alur pelayaran Surabaya. Manfaat penelitian Penelitian yang akan menghasilkan analisis penggunaaan layanan VTS terhadap keselamatan pelayaran. Metodologi penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif jumlah responden 109 dengan hasil penelitian nilai R berganda 0.944 bahwa layanan INS dan alat penunjang navigasi berpengaruh sangat kuat terhadap keselamatan pelayaran. Kata Kunci: Vessel Traffic System, Keselamatan Pelayaran
SIKAP DAN TANGGUNG JAWAB CREW SAAT TUGAS JAGA KAPAL BERLABUH (ANCHOR WATCH) SESUAI STANDARD OF TRAINING CERTIFICATION AND WATCHKEEPING (STCW) AMANDEMEN 2010 Mawardi, Kholid
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 21, No 2 (2021): Maret
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v21i2.277

Abstract

Anchor wacth sesuai aturan Standard of Training Certification and Watch keeping (STCW) amandemen 2010 Chapter VIII section A-VIII/I tentang  pedoman yang  berkaitan  dengan  kemampuan  bertugas  dan pencegahan kelelahan pada waktu dinas jaga dengan waktu istirahat  paling sedikit 10 jam setiap periode 24 jam. Perwira atau ABK harus memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin saat melaksanakan tugas jaga berlabuh jangkar (Anchor Watch) agar lebih terorganisir dan dapat dilaksanakan dengan baik untuk menghindari bahaya yang tidak diinginkan sesuai aturan  STCW Amandemen 2010. Mualim senior harus memberi contoh kepada mualim lainnya dalam pelaksanaan dinas jaga saat kapal berlabuh jangkar sesuai jadwal dan harus dilaksanakan secara disiplin dan penuh rasa tanggung jawab. Permasalahan yang terjadi disebabkan karena kurangnya rasa tanggung jawab dan sikap disiplin dalam pelaksanaan dinas jaga di MT. Success Fortune XL pada saat kapal berlabuh yang tidak sesuai dengan aturan yang di terapkan oleh STCW Amandemen 2010. Pembagian tugas jaga di MT. Success Fortune XL sesuai peraturan internasional tetapi dalam pelaksanaannya terdapat penyimpangan, karena Mualim I sebagai senior officer tidak bertanggung jawab saat melaksanakan tugas jaganya, rasa kurang percaya diri Mualim III sebagai fresh graduate serta kurangnya rasa disiplin dalam melaksanakan dinas jaga oleh para mualim menyebabkan hasil yang didapat tidak maksimal. Kata Kunci : Dinas jaga berlabuh jangkar, Tanggung Jawab, Kedisiplinan
ANALISA PERHITUNGAN DAYA MESIN KAPAL MENGGUNAKAN METODE GULDHAMER-HARVALD pramono, sri; Pangidoanta, Ahmad Torkis
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 21, No 2 (2021): Maret
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v21i2.273

Abstract

Dalam sistem penggerak kapal dengan Metode Guldhammer – Harvald adalah suatu metode untuk menentukan besarnya daya mesin yang sesuai dengan propeller pada kapal. Tahapan metode Harvald dimulai dari menentukan : Effective Horse Power (EHP), Delivered Horse Power (DHP), Shaft Horse Power (SHP), Brake Horse Power (BHP). Dari hasil pencarian tersebut didapat daya  sebesar 5.820,071 HP, sehingga daya mesin tersebut sesuai yang beredar di parasan merk CAT 280-16. Dengan menentukan daya yang sesuai kebutuhan kapal, maka kapal dapat bergerak dengan kecepatan yang  di inginkan.                                                                  Kata kunci : Daya Mesin, Metode Guldhammer – Harvald
Pengaruh Pembelajaran Metodologi Penelitian Terhadap Karya Tulis Ilmiah Taruna Politeknik Bumi Akpelni ( Studi Kasus Pada Prodi Nautika Politeknik Bumi Akpelni Semarang ) Indriyati, Retno
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 21, No 2 (2021): Maret
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v21i2.250

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah karena adanya pergantian kurikulum dimana mata kuliah Metodologi Penelitian dihapus sehingga peneliti tertarik untuk menganalisis seberapa besar pengaruh dan hubungan Mata Kuliah Metodologi Penelitian terhadap Karya Tulis Ilmiah. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan besarnya pengaruh  dan hubungan Pembelajaran Metodologi Penelitian Terhadap Karya Tulis Ilmiah di Prodi Nautika Politeknik Bumi Akpelni. Selain itu, untuk mengetahui upaya Lembaga Politeknik Bumi Akpelni dalam menyikapi fenomena tersebut. Penelitian ini menggunakan desain korelasional, yaitu mencari pengaruh antara variabel satu (X = Pembelajaran Metodologi Penelitian ) terhadap variabel lain (Y = Karya Tulis Ilmiah). Adapun pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, yaitu pengumpulan data yang didasarkan pada instrumen yang disebarkan kepada sejumlah responden untuk mendapatkan tanggapan  secara kuantitatif, kemudian digambarkan secara deskriptif sebagai penarikan simpulan. Populasi dari penelitian ini adalah Taruna/i Politeknik Bumi Akpelni Semarang, dengan mengambil sampel sebanyak 56 responden dari Program Studi Nautika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner langsung artinya kuesioner diberikan secara langsung kepada responden yang diminta pendapat dengan cara mengisi pernyataan atau pertanyaan yang tersedia. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Ada Pengaruh Mata Kuliah Metodologi Penelitian Terhadap Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. Selain itu juga ditemukan Hubungan antara Mata Kuliah Metodologi Penelitian Terhadap Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan Uji linearitas yang merupakan syarat untuk uji korelasi maupun regresi linear sederhana. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang linear antara Pembelajaran Metodologi Penelitian dengan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah.
OPTIMIZATION ACTIVITIES IN A CONTAINER TERMINAL TO REDUCE IDLE TIME IN LOADING-UNLOADING OPERATION Andromeda, vega F; Purwantini, Sri
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 21, No 2 (2021): Maret
Publisher : STIMART "AMNI" Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v21i2.274

Abstract

In line with the implementation of development in Indonesia, whose main target is in the field of economic development, trade activities are one of the sectors of economic development, constantly developing their role. Therefore, it is necessary to have adequate transportation facilities, both by land, sea, and air. The dynamics of the construction can be seen clearly both in terms of the number of high-rise buildings, vehicles, activity facilities, residential areas, and other infrastructure. This condition requires careful, fast, and precise anticipation from the Regional Governent and various policies in a spatial structure feasibility plan that considers the ability of transportation support as one of the main supports. This study seeks to study and analyze the related handling of idle time at PT Samudera Indonesia Jakarta by optimizing loading and unloading activities on container ships. By using descriptive qualitative methods and samples taken from PT Samudera Indonesia Jakarta, the following results are obtained: Problems in the system The cargodoring are: Difficult to direct the location of container dropping from the ship, The slow process of container dropping from the ship, Limited number of cranes, The occurrence of transportation queues, Limited ability to carry containers for each transport, Required trucks in large quantities, There was a clash between trucks that carry out the process of loading and unloading containers, the difficulty of directing the location of containers if it must be stacked with other containers, the development idea is to make a cargodoring handling system using a headless semi-automatic train, which utilizes seawater power and the conveyor system. Keywords : Idle time,Optimization, Loading, Container, Samudra Indonesia

Page 1 of 1 | Total Record : 9