cover
Contact Name
Mira Mirnawati
Contact Email
miramirnawati@ung.ac.id
Phone
+6281356708379
Journal Mail Official
redaksiideaspublishing@gmail.com
Editorial Address
Jalan Prof. Joesoef Dalie/Pangeran Hidayat/JDS (Jalan Dua Susun) Nomor 110 Kota Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Published by Ideas Publishing
ISSN : 2442367X     EISSN : 2656940X     DOI : https://doi.org/10.32884
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus kajian keilmuan Jurnal Ideas terbagi menjadi tiga ruang lingkup yang setiap ruang lingkupnya membatasi pada beberapa kajian saja. Berikut ini secara detail dijelaskan.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 4 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November)" : 16 Documents clear
FENOMENA STRUKTUR DAN LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI GORONTALO Akib, Fitri Hadi Yulia; Baruwadi, Mahludin H.
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 4 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengkaji perkembangan sector-sektor ekonomi penyusun PDRB kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo; 2) menganalisis struktur dan laju pertumbuhan sector-sektor ekonomi di kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo; dan 3) mengkaji fenomena teori perubahan structural pada ekonomi wilayah kabupaten dan kota Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan data sekunder dalam bentuk time series. Survei dilakukan pada pemerintah dan kabupaten kota di Provinsi Gorontalo dengan sampling ada Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Pohuwato dan Kota Gorontalo. Metode analisis data menggunakan analisis ekonomi wilayah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Secara kumulatif sector-sektor ekonomi penyusun kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo mengalami perkembangan dari tahun  ke tahun, hal ini sebagai indikasi perekonomian di wilayah ini mengalami pertumbuhan.; (2) Berdasarkan struktur dan laju pertumbuhan ekonomi sector pertanian, kehutanan dan perikanan memberikan kontribusi yang dominan di Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Pohuwato, sedangkan di Kota Gorontalo sector ini bukan merupakan sector yang dominan. (3) Fenomena teori perubahan structural dalam pembangunan ekonomi terjadi  pada kabupaten dan kota Provinsi Gorontalo, dimana sektor primer kontribusinya semakin menurun dengan majunya pembangunan di wilayah tersebut.
Penerapan Reward And Punishment Dalam Upaya Peningkatan Disiplin Kehadiran Mengajar Guru Di SDN 03 Duhiadaa Monoarfa, Rapi
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 4 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mencari alternatif pemecahan masalah sebagai upaya meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar dikelas melalui penerapan Reward and Punishment. Penelitian tindakan ini dilakukan oleh Kepala sekolah pada guru ? guru  di SDN 03 Duhiadaa Kabupaten Pohuwato pada tahunpelajaran 2016/2017. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan sekolah yang alurnya, yaitu membuat siklus  yaitu dari rencana tindakan, melaksanakan tindakan, observasi dan refleksi pelaksanaan tindakan  selama dua  siklus. Hasil refleksi tersebut digunakan sebagai pedoman untuk pengambilan keputusan mengambil keputusan melanjutkan atau menghentikan penelitian.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena dari hasil penelitian dan analisa data, ternyata pada siklus kedua, kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam  kehadiran  dikelas  pada  kegiatan  belajar  mengajar  dapat  dilakukan  dengan penerapan Reward and Punishment kepada guru.  
Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran TIK Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Botupingge Hamzah, Ningsih
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 4 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah yang sering dihadapi guru ketika mengajar pada siswa. Masalahnya adalah (1) pembelajaran TIK dikelas masih berjalan monoton, (2) belum ditemukan strtegi pembelajaran yang tepat, (3) belum ada kolaborasi antara guru dan siswa, (4) metode yang digunakan bersifat konvensional, (5) rendahnya kualitas pembelajaran TIK, dan (6) rendahnya prestasi siswa untuk mata pelajaran TIK. Dalam menghadapi masalah ini penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran TIK melalui pembelajaran koperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam  dua siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 69,56%, ketika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini maka hasil belajar siswa meningkat menjadi 91,30%. Jadi, berdasarkan penelitian ini model pembelajaran koperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran TIK.
Pengaruh Dinamika Ekonomi Terhadap Proses Penegakan Hukum Anisa, Darania; Septiani, Anggun
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 4 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan kehidupan manusia cenderung memiliki perubahan yang dinamis, hal ini bukanlah tanpa alasan karena kehidupan manusia akan berubah sesuai dengan zamannya, apalagi manusia diberikan kodrat sebagai makhluk yang memiliki akal pikiran cenderung menjadi salah aktor perubahan zaman. Proses yang demikian membentuk sistem yang diamplikasikan tersebut tertinggal dengan sendirinya seiring perkembangan zaman. Permasalahan perkembangan zaman yang muncul salah satunya dipengaruhi oleh ekonomi. Perkembangan ekonomi sangat mempengaruhi proses penegakan hukum yang berjalan.Banyaknya kepentingan yang muncul untuk mencari keuntungan ekonomi, sehingga  proses penegakan hukum dapat dipengaruhi oleh banyak pihak. Dengan demikian hukum dapat dibeli dan dipakai kapan saja tanpa melihat kehidupan masyarakat secara umum. Karena bagi kapilatis hukum adalah alat yang bisa dijadikan untuk melanggengkan kekayaan serta kekuasaan dalam menduduki kelas sosial yang paling mulia dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini untuk melihat Bagaimana Pengaruh Ekonomi terhadap hukum di Indonesia serta Bagaimana menghilangkan pengaruh kelas dalam penegakan hukum di Indonesia.
Pelaksanaan Bimbingan Berkelanjutan Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SDN 01 Popayato Panigoro, Imran
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 4 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kopetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan di SDN 01 Popayato Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) dalam dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanan, tahap pengamatan dan Refleksi. Hasil penelitian membuktikan bahwa Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Hal itu dapat dibuktikan  dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan  kompetensi guru dalam menyusun RPP dari siklus ke siklus. Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP 70,17%,  pada siklus II nilai rata-rata komponen RPP 86,08%, terjadi peningkatan 15,91%.
Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berbentuk Procedure Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Botupingge. Djafar, Sispan
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 4 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kesulitan siswa dalam menulis yang merupakan salah satu aspek dalam pembelajaran Bahasa Inggris menjadi alasan utama dilaksanakannya penelitian ini. Disamping itu penggunaan metode pembelajaran yang konvensional oleh guru juga merupakan hal yang menggelitik penulis untuk mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam pembelajaran menulis. Dalam menghadapi masalah ini peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk procedure. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam  dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Botupingge. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisa didapatkan bahwa kemampuan menulis teks berbentuk procedure siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, dimana  Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 63,33%, ketika diterapkan model pembelajaran ini maka hasil belajar siswa meningkat menjadi 90%. Jadi, berdasarkan penelitian ini model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk procedure serta dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Deskripsi Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo Kau, Murhima A.; Idris, Misnawati
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 4 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penyesuaian sosial siswa di kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyesuaian sosial siswa di kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sampel adalah 48 siswa. Hasil penelitian deskripsi penyesusaian sosial siswa di kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo menggambarkan bahwa memperoleh data hasil persentase dengan berdasarkan indikator 1 Penampilan Nyata menunjukan nilai rata- rata persentase senilai 82%. Berdasarkan indikator 2 Penyesuaian diri terhadap berbagai kelompok menunjukkan nilai rata ? rata persentase senilai 75%. Berdasarkan indikator 3 Sikap Sosial menunjukan nilai rata ? rata persentase senilai 79%. Berdasarkan indikator 4 Kepuasan Pribadi menunjukan nilai rata ? rata  persentase senilai 84%.
Analisis Perilaku Muzakki Terhadap Kewajiban Membayar Zakat Mal Dalam Perspektif Ekonomi Islam Khoiri, Irvan; Syamsiyah, Nur
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 4 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Zakat adalah salah satu rukun Islam bercorak sosial ekonomi dari lima rukun Islam. Kata zakat berarti menumbuhkan, memurnikan (mensucikan), memperbaiki, yang berarti pembersihan diri yang didapatkan setelah pelaksanaan kewajiban membayar zakat. Seseorang dikatakan berhati suci dan mulia apabila ia tidak kikir dan tidak terlalu mencinta harta (untuk kepentingan dirinya sendiri). Perilaku muzakki adalah cara muzakki dalam melakukan kewajiban atas harta yang ada pada dirinya guna menunaikan kewajiban sebagai seorang muslim. Di Kecamatan Tulang Bawang Udik terdapat beberapa muzakki yang belum melaksanakan kewajibannya dalam membayar zakat perkebunan karet, hal ini dikarenakan mereka yang wajib zakat tidak mengetahui akan zakat perkebunan karet, dimana mereka hanya melaksanakan kewajiban atas zakat fitrah. Hal-hal yang menjadi pendorong para muzakki dalam melaksanakan kewajiban membayar zakat perkebunan karet, yaitu: karena zakat adalah kewajiban umat muslim, zakat sendiri merupakan salah satu dari rukun Islam; pengetahuan serta pemahaman para muzakki tentang jenis harta yang wajib dizakati; pengetahuan dan pemahaman para muzakki tentang nisab dari hasil usaha perkebunan karet; dan untuk membantu para mustahik. Adapun hal-hal yang menjadi penghambat realisasi zakat hasil usaha perkebunan karet di Kecamatan Tulang Bawang Udik adalah: kurangnya pemahaman pemilik perkebunan karet tentang jenis harta yang wajib dizakati; kurangnya pemahaman muzakki tentang nisab dari hasil usaha perkebunan karet; faktor kebiasaan; belum adanya sosialisasi tentang zakat; belum adanya lembaga khusus yang mengelola zakat; serta rendahnya tingkat pendidikan.
Peningkatan Budi Pekerti Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas IX E SMP Negeri 1 Botupingge Rujua, Irfan
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 4 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan budipekertiyangselama ini dilakukan olehguru belum memperhatikan konsep-konsep  atauide-idedarianak,yang cenderung mendekte danmemaksakan anak melakukan ataumentaati. Sehingga semakin tnenurunnya  pribadi siswa dalam budi pekertinya.Olehkarenaituguru bimbingan dankonseling perlu melakukanpenelitian tindakankelas melalui layanan bimbingan dankonselingyangmelibatkan siswasecara langsung melalui dinamika kelompok, yaitu layanan bimbingankelompok.Tujuan penelitian tindakankelasinidilakukan untuk meningkatkan bud;pekerti siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitiantindakan kelas ini dilaksanakan dengan menerapkan salah satujenis  pemberian layanan bimbingan dankonselingyaitujenis layananbimbingan kelompok, pada proses layanan bimbingan siklusImaupunsiklusII.Setiappelaksanaan dilakukan  kolaborasi dengan guru sejenis untukmengetahuipeningkatan pemahaman budipekerti siswa. Setelah selesailayanan bimbingan kelompok dilakukan rejleksi untuk mengevaluasi efektifitas penerapan jenislayanansertauntuk menentukan bentuk  tindakan yang akan dilaksanakan dalamproses layanan berikutnya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket danlembarpenilaian.Analisisdata menggunakanteknikdiskripsikualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklusIaktivitassiswa dalam layanan bimbingankelompokmencapai rata-rata56,94%(sedang) denganketuntasan postes pokokbahasan budi pekerti (Siswayang mendapatnilai 65atau lebih) mencapai80,56%.PadasiklusIIaktivitassiswadalam layananbimbingankelompok   mencapai rata-rata66,90%(baik)danketuntasanpos tesmateri budipekerti   88,88%.Dengan demikian layananbimbingankelompok dapatmeningkatkan   pemahaman tentang budipekerti siswaIXESMPNegeri 1 Botupingge, diperoleh darihasilnilaipreteskeposttes sebesar35,88%menjadi88,88%atauterjadi peningkatan sebesar 50%.
Olahraga Dan Penyakit Zaman Modern Lamusu, Zulkifli
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 4 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap orang mengimpikan tubuh yang sehat, ideal, hal ini wajar-wajar saja, akan tetapi banyak yang menjalani pola hidup sehat dan idal dengan cara yang kurang tepat sehingga tubuh terlihat sehat dan ideal tapi tidak bugar dan kuat. Oleh karena itu, sangat penting bagi mereka yang menjalani pola hidup seperti dimaksud perlu untuk mereviu kembali pola dan metode dalam menjalani konsep hidup sehat dan bugar melalui aktivitas olahraga yang teratur maupun terencana serta terstruktur. Kecanggihan teknologi merupakan salah satu yang sangat mempengaruhi cara hidup manusia moderen saat ini, sehingga membuat manusia melalaikan pola kehidupan produktif, yang sebenarnya pola hidup dimaksud sangat berperan dalam menjaga maupun meningkaktkan kesehatan dan kebugaran fisik mereka. di samping itu gaya hidup yang sangat berpotensi terhadap berpenyakit saat ini kurang dipedulikan, seperti konsumsi makanan dan minuman yang berindikasi ragam jenis penyakit.

Page 1 of 2 | Total Record : 16