cover
Contact Name
Nirna Nirmala
Contact Email
nnirmala@unis.ac.id
Phone
+6281807060025
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Maulana Yusuf Babakan Kota Tangerang
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
JIPIS
ISSN : 02162830     EISSN : 26860147     DOI : https://doi.org/10.33592/jipis
Core Subject : Education,
JIPIS diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang dengan P-ISSN 0216-2830 dan E-ISSN 2686-0147. JIPIS terbit dua kali setiap tahun, yaitu edisi Januari-Juni dan Juli-Desember. JIPIS menerima artikel berbahasa Indonesia atau Inggris yang berupa hasil penelitian maupun telaah teoritis di bidang ilmu pendidikan dan ilmu sosial.
Articles 24 Documents
ANALISIS TEORI RELEVANSI DALAM ACARA ‘INI TALKSHOW’ SEBAGAI KRITIK TERHADAP PRINSIP KERJASAMA GRICE Megawati, Megawati
JIPIS Vol 26, No 2 (2018): Januari - Juni 2018
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v26i2.91

Abstract

AbstractThis article aims to analyze ?Ini Talkshow? programme as a criticism toward Grice?s Cooperation Principle in communication. The data was collected from recording of Net television station, it is ?Ini Talkshow? programme. Data analysis used qualitative descriptive by data transcript and was analyzed using Theory of Relevancy of Daniel Sperber dan Deirdre Wilson. The result indicates the utterances in ?Ini Talkshow? program is relevant and meaningful utterances although these utterances step out of line of four maxim of communication in Grice?s Cooperation Principle. ?Ini Talkshow? utterances have a contextual effect and extension of similarity cognitive environment as the result of interaction of new information and previous information between addresser and addressee. Keywords: cognitive environment, contextual effect, Grice?s cooperation principle, theory of relevancy AbstrakArtikel ini bertujuan untuk menganalisis program ?Ini Talkshow? sebagai kritik terhadap prinsip kerjasama Grice dalam komunikasi. Data Dikumpulkan dari rekaman stasiun televisi Net, program yaitu Ini Talkshow. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan transkrip data dan dianalisis menggunakan Teori Relevansi dari Daniel Sperber dan Deidre Wilson. Hasilnya mengindikasikan bahwa ujaran-ujaran dalam program Ini Talkshow adalah ujaran yang relevan dan bermakna walaupun ujaran-ujaran tersebut diluar dari teori komunikasi dari Prinsip kerjasama Grice. Ujaran-ujaran Ini Talkshow memiliki pengaruh kontekstual dan perluasan kesamaan lingkungan kognitif sebagai hasil dari interaksi informasi sebelumnya antara pengirim dan penerima.Kata kunci: lingkungan kognitif, pengaruh kontekstual, prinsip kerjasama Grice, Teori relevansi.
STUDENTS’ PERCEPTION TOWARDS NATIONAL EXAMINATION: COMPUTER-BASED TEST OR PAPER-BASED TEST Sumiati, Sumiati
JIPIS Vol 27, No 1 (2018): Juli - Desember 2018
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v27i1.93

Abstract

AbstractToday, technological development has given a new lease of life in language learning and teaching field. Particularly in terms of evaluation, some schools in Indonesia conduct national examination using computer-based test. Traditionally, testing in a class involves paper-based test which is familiar to students. A substantial number of studies have been conducted to compare both of the tests. The researcher investigated what activities were performed by the students throughout the tests, what kind of multiple choice tests the students prefer to do, and what the positive and negative side of those tests. This study presents a wonder share quiz creator (WSQC) program to facilitate the teachers to design a test. The data was collected by questionnaire, interview, observation, and quiz. In this study, the authors concluded that students in senior high school of Yaspih Rajeg prefer paper-based test for national examination.Keywords: computer-based test, National Examination, paper-based test AbstrakSaat ini, perkembangan teknologi memberikan perubahan dalam dunia pengajaran dan pembelajaran bahasa. Khususnya dalam hal evaluasi, beberapa sekolah di Indonesia melakukan ujian nasional menggunakan tes berbasis komputer. Secara tradisional, pengujian di kelas melibatkan tes berbasis kertas yang akrab bagi siswa. Sejumlah besar studi telah dilakukan untuk membandingkan kedua tes. Peneliti menyelidiki kegiatan apa yang dilakukan oleh siswa selama tes, jenis tes pilihan ganda apa yang siswa sukai, dan apa sisi positif dan negatif dari tes tersebut. Penelitian ini menyajikan a wonder share quiz creator (WSQC) untuk memfasilitasi para guru untuk merancang tes. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara, observasi, dan kuis. Dalam penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa siswa di SMA Yaspih Rajeg lebih suka ujian berbasis kertas untuk ujian nasional. Kata kunci: tes berbasis komputer, Ujian Nasional, tes berbasis kertas
PENGARUH REVIEWS ONLINE TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI SHOPEE.CO.ID MELALUI KEBUTUHAN KOGNISI (SURVEI PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN GAMA TANGERANG) Widiarti, Aniek; Yulia, Ati
JIPIS Vol 28, No 2 (2019): Juli - Desember 2019
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v28i2.323

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reviews online tehadap minat beli (1) pengaruh kebutuhan kognisi terhadap minat beli (2) pengaruh reviews online dan kebutuhan kognisi secara bersama-sama terhadap minat beli (3). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei yang bersifat deskriptif-korelasional dengan pendekatan elaboration likelihood models (ELM). Populasi pada pelajar SMK Gama Tangerang yang menggunakan aplikasi Shopee.co.id. sampel sebanyak 120 responden dengan teknik judgement sampling. Uji validitas menggunakan Pearson sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis jalur (path) dengan bantuan analisis regresi berganda dan uji sobel menggunakan SPSS versi 21.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reviews online berpengaruh positif terhadap minat beli dengan tingkat signifikansi 0.000?0.05. Elaboration likelihood models dalam pendekatan deskripsif yang dikembangkan dalam penelitian menunjukkan bahwa pelajar di SMK Gama Tangerang lebih mengandalkan central route. Kebutuhan kognisi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan tingkat signifikansi 0.062?0.05. Reviews online dan kebutuhan berpengaruh positif terhadap minat beli dengan tingkat signifikansi 0.000?0.05 dan terdapat pengaruh tidak langsung reviews online terhadap minat beli yang di mediasi secara parsial oleh kebutuhan kognisi sebesar 0.154.
THE EFFECTS OF MIND MAPPING TECHNIQUE TOWARDS STUDENTS` WRITING ARTICLE SKILL AT SMA NEGERI 14 KABUPATEN TANGERANG IN ACADEMIC YEAR 2017/2018 Fachrurrozy, Achmad
JIPIS Vol 26, No 2 (2018): Januari - Juni 2018
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v26i2.86

Abstract

Abstract This paper reports a study the effect of Mind Mapping technique towards students` writing article skill. The population in this research is all 10th grade students of SMAN 14 Kab. Tangerang. They are 240 students. The sample of this research is about 30 students which is taken from students who join English Club in the school. The research used experiment method where pre-test post test model was implemented. There were two kinds of tests; pre-test and post test to collect the data.Keywords: mind mapping, writing articles, writing skill  AbstrakMakalah ini menyajikan laporan pengaruh dari teknik Mind Mapping terhadap keterampilan menulis artikel siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 10 SMAN 14 Kab. Tangerang. Mereka adalah 240 siswa. Sampel penelitian ini adalah sekitar 30 siswa yang diambil dari siswa yang bergabung dengan Klub Bahasa Inggris di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dimana model pre-test post test diimplementasikan. Ada dua macam tes; pre-test dan post test untuk mengumpulkan data.Kata kunci: keterampilan menulis, menulis artikel, mind mapping
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X IIS 5 SMA NEGERI 1 MALILI (STUDI PADA MATERI POKOK IKATAN KIMIA) Umar, Andi Taufik
JIPIS Vol 28, No 2 (2019): Juli - Desember 2019
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v28i2.320

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana mengimplementasikan Learning Together (LT) dengan pendekatan Konstruktivisme untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa Kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Malili. Ada empat tahapan dalam penelitian ini, yaitu: (1) perencanaan, (2) implementasi (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil data menunjukkan bahwa pembelajaran LT dengan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Malili, Kabupaten Luwu Timur yang terdiri dari 6 fase, yaitu: (1) fase pendahuluan, (2) fase penyajian materi, (3) fase diskusi, (4) fase presentasi, (5) fase penghargaan, dan (6) ) fase pemberian kesimpulan. Persentase aktivitas siswa meningkat sebesar 28,20%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 85,24 dengan hasil belajar penguasaan meningkat sebesar 59,52%.
Using Clustering Technique in Teaching Writing Ramalia, Tenia; Nirmala, Nirna
JIPIS Vol 28, No 1 (2019): Januari - Juni 2019
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v28i1.231

Abstract

AbstractWriting is categorized as a productive skill which means learners doing these to produce language. It is the process of developing the idea, arranging the words becoming a good writing. As a productive skill, writing is considered as a complex one. The following article tries to discuss the technique which can be used in teaching writing, The Clustering Technique. The aim of this study is to discuss the use of clustering technique in teaching writing based on the teories or previous researches. Based on the literature review of the previous research and expert opinion, it is found that clustering technique is very effective to be used in teaching writing.  This technique allows the students to generate their ideas easily, group them correctly, and develop them into an organized paragraph. The method of this research is a literature review. The result shows that this technique can improve students writing skill. It helps students develop their idea before they writing. Besides, they also feel motivated and fun in writing.Keywords:  Clustering technique, Teaching, Writing skill. AbstrakMenulis merupakan keterampilan produktif dimana peserta didik melakukannya untuk menghasilkan bahasa. Menulis adalah proses mengembangkan ide, mengatur kata-kata menjadi tulisan yang bagus. Sebagai keterampilan produktif, menulis dianggap sebagai keterampilan yang kompleks. Artikel berikut mencoba membahas teknik yang dapat digunakan dalam pengajaran menulis, The Clustering Technique. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas penggunaan teknik pengelompokan dalam pengajaran menulis berdasarkan cerita atau penelitian sebelumnya. Berdasarkan tinjauan pustaka dari penelitian sebelumnya dan pendapat ahli, ditemukan bahwa teknik clustering sangat efektif untuk digunakan dalam pengajaran menulis. Teknik ini memungkinkan siswa untuk menghasilkan ide-ide mereka dengan mudah, mengelompokkannya dengan benar, dan mengembangkannya menjadi paragraf yang terorganisir. Metode penelitian ini adalah tinjauan pustaka. Hasilnya menunjukkan bahwa teknik ini dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Ini membantu siswa mengembangkan ide mereka sebelum mereka menulis. Selain itu, mereka juga merasa termotivasi dan senang dalam menulis.Kata kunci: Clustering, pengajaran, keterampilan menulis.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PREVIEW, QUESTION, READ, STATE, DAN TEST (PQRST) Suyana, Nana
JIPIS Vol 28, No 2 (2019): Juli - Desember 2019
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v28i2.308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca melalui metode PQRST . Metode PQRST merupakan metode pembelajaran yang mempunyai beberapa tahap. Pembelajaran membaca sangat penting bagi pengembangan pembelajaran bahasa. Siswa masi minim dalam minat membaca, dan kurangnya variasi dari metode pembelajaran membaca di kelas. Metode yang digunakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu (1) lembar observasi untuk menilai keaktifan siswa, (2) angket untuk mengetahui minat siswa (3) tes tulis untuk mengetahui hasil belajar,khususnya membaca pemahaman. Analisa data menggunakan prosentase untuk menggambarkan keaktifan siswa, minat, dan prosentase ketuntasan klasikal dalam satu kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode PQRST dapat meningkatkan kemampuan membaca. Metode ini dapat diterapkan dalam proses pembelajaran yang dominan belajarnya yaitu harus membaca, seperti pelajaran Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Dengan penerapan metode PQRST dapat meningkatkan keaktifan siswa baik secara individu maupun kelompok, sehingga pemahaman siswa terhadap bacaan mengalami peningkatan
TIPE DAN POLA PEMBENTUKAN SIKAP WATHANIYAH (KEBANGSAAN) YANG DILAKUKAN DI LINGKUNGAN PESANTREN AL-HIKAMUSSALAFIYAH CIPULUS PURWAKARTA Hubi, Zindan Baynal
JIPIS Vol 26, No 2 (2018): Januari - Juni 2018
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v26i2.65

Abstract

Pesantren tradisional sebagai sebuah basis kultural Nahdaltul Ulama, selama ini lembaga pendidikan tertua di Indonesia tersebut, didalam konteks akademis seringkali ditampikkan peranannya dan cenderung mempunyai ?prasangka ilmiah?). Hal itu justru berbanding terbalik dengan pengkajian lembaga pendidikan Islam yang berafiliasi dengan kalangan Islam  modernis. Kalangan pesantren yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama, padahal didalam konteks sejarah mempunyai peranan yang signifikan, utamanya dalam menanamkan sikap kebangsaan serta persatuan dan kesatuan bangsa. Tercatat didalam sejarah beberapa peristiwa yang diprakaarsai  kelangan tradisionalis pesantren, baik sebelum dan sesudah kemerdekaan Indonesia, seperti piagam kebangsaan, resolusi jihad, keputusan muktamar mengenai dasar negara dan sebagainya. Didalam membina  sikap kebangsaan serta persatuan dan kesatuan, uniknya rasa sikap tersebut justru dikuatkan berdasar kepada tradisi ajaran Islam yang selama ini cenderung diperdebatkan. Fokus penelitian ini adalah untuk mengkaji  lebih jauh bagaimana tipe pola pembentukan sikap wathaniyah (kebangsaan) yang dihabituasikan di lingkungan pesantren, terlebih lagi bagaimana penyelarasan sikap kebangsaan yang dilegitimasikan oleh ajaran Islam tersebut dilingkungan pesantren. Pendekatan peneitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus Purwakarta. Pesantren tersebut dipilih tidak lain merupakan salah satu pesantren tradisional terbesar dan tertua di Jawa Barat berdiri sejak 1840. Kemudian ditengah menurunnya rasa akan sikap kebangsaan serta rasa persatuan dan kesatuan, sudah seharusnya bahwa penanamaran rasa sikap kebangsaan dan penguatan persatuan kesatuan sebagai sebuah bangsa, harus terus dikuatkan kembali terhadap setiap individu..Keywords:Tipe Pola, Nilai Islam, Pesantren
Analisis TindakTutur Direktif dan Ekspresif serta Kesantunan Berbahasa dalam Percakapan Tokoh Novel Pulang Karya Tere Liye Sebagai Bahan Pembelajaran Siswa Kelas X SMAN Kabupaten Tangerang Fajrin, Verawati
JIPIS Vol 28, No 1 (2019): Januari - Juni 2019
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v28i1.101

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tuturan percakapan tokoh dalam Novel Pulang karya Tere Liye yang didalamnya digambarkan dengan situasi dan kondisi yang berbeda-beda sehingga sangat memungkinkan terjadi ujaran-ujaran yang mengandung makna tersirat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan wujud tindak tutur direktif yang terdapat dalam percakapan tokoh novel Pulang karya Tere Liye; (2) Mendeskripsikan wujud tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam percakapan tokoh novel Pulang karya Tere Liye; (3) Mendeskripsikan wujud strategi kesantunan berbahasa Brown dan Levinson yang terdapat dalam percakapan tokoh novel Pulang karya Tere Liye; dan (4) Mendeskripsikan penerapan hasil penelitian tindak tutur direktif, ekspresif, serta kesantunan berbahasa yang terdapat dalam percakapan tokoh novel Pulang karya Tere Liye sebagai bahan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia siswa Kelas X SMAN Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Pulang karya Tere Liye, cetakan keempat Oktober tahun 2015. Data dalam penelitian ini adalah tuturan-tuturan yang termasuk tuturan ilokusi yang berwujud direktif dan ekspresif serta kesantunan berbahasa. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh 229 data. Berdasarkan pembahasan hasil analisis data, dikemukakan simpulan sebagai berikut: (1) Wujud tindak tutur direktif yang ditemukan sebanyak 99 tuturan; (2) Wujud tindak tutur ekspresif yang ditemukan sebanyak 58 Tuturan; (3) Wujud strategi kesantunan berbahasa yang ditemukan sebanyak 72 data; dan (4) Hasil analisis dan temuan penelitian ini dapat dimanfaatkan khususnya untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di SMA Kelas X semester 2.Kata kunci : tindak tutur, strategi kesantunan berbahasa, novel Pulang AbstractThis research was background by their utterances conversation figures in the novel Pulang works of Tere Liye in which depicted the situation and conditions different so it is possible occur utterances which contain implied meaning. The purpose of this research are (1) to describe a form of directive speech acts contained in conversational figures in the novel Pulang works Tere Liye, (2) to describe a form of expressive speech acts contained in conversational figures in the novel Pulang works Tere Liye, (3) to describe a form of strategy politeness Brown and Levinson contained in conversational figures in the novel Pulang works Tere Liye, and (4) Describe the application of research results of directive, expressive speech acts and politeness contained in conversational figures in the novel Pulang works Tere Liye as a learning Indonesian language and literature class student X SMAN Tangerang District. This research used descriptive qualitative method. The data collection technique used is the technique of literature, refer techniques and note technique. Data analysis technique used is content analysis. Sources of data in this research is novel Pulang work Tere Liye, fourth printing in October 2015. The data in this research are speechs that includes tangible directive illocutionary speech and expressive as well as politeness. Based on research findings show there are 229 data. Based on the discussion of the results of the data analysis, put forward the following conclusions: (1) The form of a directive speech acts found there are 99 utterances; (2) The form of expressive speech acts found there are 58 utterances; (3) The form of politeness strategies found there are 72 of the data; (4) The results of the analysis and findings of this research can be used in particular to create a lesson plan (RPP) High School Class X wrote in the 2nd half.Keywords: speech acts, politeness strategies, novel Pulang
THE EFFECT OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TECHNIQUE ON STUDENTS’ WRITING SKILL Forsia, Lastry
JIPIS Vol 27, No 1 (2018): Juli - Desember 2018
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v27i1.85

Abstract

AbstractThe aim of this research is to compare the effect of two methods in improving students? writing skill. Those were between conventional method that was usually used in that school and Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) technique. This research was conducted at SMAN 15 Tangerang by using experimental research. The population of the research was 321 students and the sample was 76 students from the tenth grade. The data collected by the pre test, treatment and post test. The data was analyzed by using t-test formula. The result of the research showed that t count (2,72) was higher than ttable (2). It could be concluded that there was a significant effect of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)Technique in teaching writing recount text on the students? writing skill. Then, CIRC technique could help students to focus and develop their product writing.Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition, CIRC, experimental research, writing skillAbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan efektifitas dua metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa, yaitu antara metode konvensional dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini dilakukan di SMAN 15 Tangerang dengan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah 321 siswa kelas sepuluh dan 76 siswa dipilih sebagai sampel. Data penelitian ini dieoleh dari pre test, perlakuan, dan post-test. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (2,72) lebih tinggi dari ttabel (2). Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memberikan efek signifikan tuntuk meningkatkan kemampuan menulis teks recount pada siswa. Selain itu, teknik CIRC membantu siswa lebih fokus dan dapat meningkatkan kemampuan menulisnya.Kata kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, CIRC, penelitian eksperimen, kemampuan menulis

Page 1 of 3 | Total Record : 24